10 Cara Mengatasi Rasa Bosan Saat Harus Bed Rest

10 Cara Mengatasi Rasa Bosan Saat Harus Bed Rest

Bed rest atau istirahat total di tempat tidur biasanya di resepkan kepada para ibu yang mengalami komplikasi dalam masa kehamilan. Ini sering kali diresepkan jika Anda beresiko mengalami persalinan prematur atau untuk  bagi Anda yang menderita serviks incompetent dan beresiko untuk abortus. Kebanyakan ibu hamil rela mematuhi perintah dokter ‘untuk istirahat di tempat tidur, namun bagi banyak orang apalagi para wanita yang aktif hal ini adalah ketidaknyamanan tersendiri. Dimana dia merasa bosan, jenuh namun mereka tidak punya pilihan lagi jika ingin janinnya tetap sehat.  Nah beberapa tips dan saran yang bisa anda terapkan antara lain:


1. TAHU PERSIS APA YANG BOLEH DAN TIDAK BOLEH ANDA LAKUKAN.


Pastikan Anda memahami apa dan mengapa Anda di anjurkan atau di haruskan ber rest oleh bidan atau dokter Anda. Anda dapat cukup banyak sosok yang istirahat di tempat tidur berarti menahan diri dari kegiatan yang paling dilakukan di luar rumah. Periksa untuk memastikan Anda mengetahui apakah dokter anda menyarankan istirahat tidur total, yang berarti mandi spons di tempat tidur dan pispot, atau apakah Anda mendapatkan hak istimewa kemewahan kamar mandi dan sesekali berjalan kaki ke dapur.Tanyakan apakah Anda perlahan-lahan bisa berjalan naik dan turun tangga, atau jika Anda terbatas pada satu lantai. Kebanyakan dokter meresepkan lebih dari tingkat istirahat, menyadari bahwa kebanyakan makhluk manusia tidak mudah beradaptasi dengan perubahan drastis seperti dalam gaya hidup dan kadang-kadang akan menipu. Ajukan pertanyaan khusus untuk dokter Anda, sehingga Anda bisa menghabiskan berjam-jam bertanya-tanya apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak, dan kemudian jengkel tetap melakukannya. Dapatkah Anda berurusan dengan pekerjaan kantor melalui telepon? Bagaimana dengan anak-anak Anda yang lain? Melukis gambaran yang jelas sehingga penyedia perawatan terang-terangan hati-hati akan mengerti apa yang layak dan apa yang meminta terlalu banyak untuk gaya hidup Anda. Juga bertanya tentang seks dan spesifik: Anda harus tinggal jauh dari penetrasi dan hubungan seksual, atau juga orgasme. Tergantung pada kondisi Anda bahkan orgasme terlarang. Ketika Anda berada di tempat tidur pastikan Anda sering mengubah posisi dan tempat beberapa bantal di sekitar Anda dan di antara kaki Anda.


2. MENGATUR “SARANG” YANG NYAMAN.


“Sarang” disini artinya tempat tidur. Jika Anda harus benar-benar ded ret atau istirahat di tempat tidur, buatlah tempat tidur Anda senyaman mungkin. Mungkin Anda bisa  mengatur ulang agar penempatan tempat tidur Anda  dekat atau menghadap jendela sehingga memungkinkan untuk Anda jika ingin menghirup  udara segar dan pemandangan. Masukan apa saja yang akan Anda butuhkan letakkan di tempat yang strategis dimana tangan Anda dapat menggapai semuanya tanpa Anda harus bersusah payah beranjak dari tempat tidur Anda. Seperti: letakkan buku alamat, buku telepon, jurnal Anda dan segala macam bahan bacaan di meja yang berdekatan. Pindahkan televisi atau DVD stereo dan komputer ke kamar tidur. Membeli lemari es kecil untuk meletakkan camilan disamping tempat tidur Anda. persiapkan buku-buku dan  CD yang membantu Anda untuk tidak stres seperti buku hypnobirthig, huga CD panduan bahkan bisa juga DVD Film-Film jika Anda hobi nonton film tentunya.


3. BERPIKIR POSITIF.


Daripada memikirkan “jangan-jangan saya keguguran, jangan-jangan bayi saya tidak bisa di selamatkan, dll”, mending pikirkan tentang apa yang Anda nikmati saat ini. Bahkan jika Anda menemukan diri Anda merasa bosan dan tertekan, biarkan dan usahakan perasaan ini pada akhirnya mereda, dan Anda akan memiliki hari-hari bahagia lagi. Fokus pada apa yang Anda lakukan untuk bayi Anda, dan manfaat beristirahat dan santai untuk Anda. Hal yang baik untuk menjaga kestabilan emosi Anda selama masa kehamilan.  Hypnotherapy, hypnobirthing  dan self-hypnosis yang sangat membantu. Ini adalah kesempatan besar untuk fokus pada diri sendiri, dan memulai percakapan dan bonding dengan bayi Anda.


4. SADARILAH BAHWA PERASAAN ANDA ITU NORMAL.


Dengan begitu banyak waktu bagi Anda dimana Anda hanya duduk dan berpikir, emosi Anda cenderung Akan liar. Anda mungkin khawatir tentang kesehatan bayi dan kelangsungan hidup, khawatir tentang bagaimana suami dan anak-anak mengatasi, akan bosan dengan terlalu sedikit kegiatan yang Anda kukan, merasa cemas tentang hal-hal yang seharusnya Anda lakukan, dan tidak suka merasa tergantung. Anda mungkin merasa marah dan kecewa tentang perjalanan kehamilan Anda. Setiap hari di tempat tidur akan membawa pada emosi baru, namun berusahalah terus fokus pada tujuan kehamilan Anda akan mengatasi kecemasan dan menjaga Anda teta nyaman di tempat tidur selama yang Anda butuhkan.


5. MENCARI BANTUAN PASANGAN ANDA.


Kondisi kehamilan yang memaksa Anda untuk Istirahat berkepanjangan selama kehamilan dapat membawa pasangan Anda juga stres. Dia akan kehilangan Anda dalam kegiatan-kegiatan yang biasanya Anda lakukan bersama-sama dan Anda akan merasa kesepian jika dia pergi tanpa Anda.  tapi ini adalah kesempatan luar biasa untuk memperkuat ikatan Anda. Ayo lakukan sesuatu yang kreatif ketika bersama pasangan, Anda masih dapat makan malam romantis (di tempat tidur!), Menonton film bersama-sama dan ya, Anda dapat bertukar pijat.  ini adalah waktu yang tepat untuk berlatih memberi tanpa syarat juga. Nah untuk itu komunikasi adalah kunci di sini. Tugas suami adalah menjaga istri dan emosinya. Nah lakukan demi bayi Anda.


6. TETAP BUGAR SAAT DI TEMPAT TIDUR.


Tetap merasa bugar walaupun Anda harus tetap berada di tempat tidur sangatlah penting. Silahkan konsultasikan dengan dokter atau bidan Anda, apa kira-kira olahraga yang bisa dilakukan sedari Anda bed rest di atas tempat tidur. Mungkin Anda bisa melakukan beberapa latihan di tempat tidur, seperti mengangkat kaki pelan-pelan, melakukan peregangan betis, lengan atas dan latihan dengan beban ringan. Berolahraga membantu meningkatkan sirkulasi, serta menjaga otot Anda (termasuk jantung Anda). Pastikan Anda melakukan beberapa latihan pernapasan juga, membuka jendela Anda setiap hari dan mengambil napas dalam dengan cara tarik nafas dengan lembut dan dalam  selama 5 hitungan, tahan selama 3 hitungan lalu hembuskan selama 7 hitungan. Menarik napas dalam cara ini akan menjaga paru-paru Anda dalam bentuk, oksigenasi lebih baik dan semangat Anda tinggi.


7. MANJAKAN DIRI ANDA.


Tinggal di tempat tidur tidak berarti menyangkal diri sendiri dengan semua kesenangan hidup. Menyewa terapis pijat (yang mengerti tentang massage pada masa kehamilan) untuk memijat dari kepala sampai kaki setidaknya sekali seminggu. Bisa juga memanggil penata rambut Anda jadi Anda tetap bisa creambath atau hair spa walaupun di tempat tidur bahkan manicure dan pedicure. Jika Anda memiliki teman yang suka bermain kartu Anda bisa mengundangnya dan mengajaknya main kartu bersama dengan Anda. Jangan menyerah dan hanya tidur sepanjang hari hingga Anda merasakan benar-benar bosan. Tetap manjakan diri Anda.


8. IKATAN DENGAN BAYI ANDA.


Banyak wanita yang harus bed rest berkepanjangan menghadapi dilema: meskipun ini tampaknya waktu yang ideal untuk merenungkan keajaiban kehamilan dan untuk benar-benar membangun ikatan dengan bayi, alasan biasa untuk berada di istirahat di tempat tidur berkepanjangan adalah adanya kemungkinan yang sangat nyata akan kehilangan bayi. Sehingga beberapa wanita merasakan bahwa meskipun mereka memiliki banyak waktu untuk memikirkan dan bangun ikatan dengan bayi, mereka mengalami kesulitan melakukannya karena mereka takut akan kehilangan bayi. Namun yang terpenting adalah ketika Anda stres ini tak akan membantu bahkan memperburuk. Jadi usahakan tetap tenang dan positif serta lakukan relaksasi sesering mungkin.


9. DAPATKAN DUKUNGAN.


Jika memungkinkan Mintalah dokter Anda untuk memberikan nomor telepon ibu-ibu lainnya yang bernasib sama dengan Anda, karena ini akan sangat menguatkan. Kadang-kadang Anda dapat berbicara satu sama lain melalui hari yang sangat membosankan. Atau ikutlah milis atau group di sosial media untuk mencari dukungan misalnya di bidankita atau Gentle Birth Untu Semua. temukan cara untuk menggunakan waktu luangnya untuk kebaikan perempuan lain dalam situasi itu.


10. Ayo KREATIF.


Cari pensil warna dan kertas dan menarik perasaan Anda. Kebetulan dulu saya juga mengalami masa dimana saya harus bedrest total. Dan yang saa lakukan selain melukis, menggambar adalah saya membuat kliping info2 tentang makanan bayi dan seputar kehamilan dan ini ternyata menyenangkan dan membuat saya tidak merasa bosan walauun bedrest.


Nah semoga ini bisa bermanfaat untuk Anda semua


Salam hangat


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar