15 CARA UNTUK MENGURANGI NYERI SAAT BERSALIN

15 CARA UNTUK MENGURANGI NYERI SAAT BERSALIN

Nyeri dan sakit saat bersalin adalah ketakutan tersendiri bagi seorang ibu hamil.


nah ini ada 15 CARA UNTUK MENGURANGI NYERI SAAT BERSALIN, semoga bermanfaat


1. Lupakan ketakutan Anda.


Ada hubungan antara rasa takut dan rasa sakit. Efisiensi dari otot rahim tergantung pada sistem Anda hormonal, peredaran darah, dan syaraf semua bekerja bersama-sama. Rasa Takut akan mengganggu keseimbangan ketiga sistem tersebut. Ketakutan dan kecemasan menyebabkan tubuh Anda untuk memproduksi hormon stres kelebihan yang menangkal hormon yang membantu tubuh Anda memproduksi untuk meningkatkan proses persalinan dan mengurangi ketidaknyamanan. Hal ini menyebabkan rasa sakit meningkat dan proses persalinan akan berlangsung lebih lama. Ketakutan juga menyebabkan reaksi fisiologis yang mengurangi aliran darah dan dengan demikian suplai oksigen ke rahim akan berkurang sehingga otot-otot rahim akan semakin kencang berkontraksi dan semakin sakit.


2. Cari Penyebab ketakutan Anda.


Cari tahu apa yang menyebabkan rasa takut anda, atau apa yang sebenarnya anda takutkan? Apakah Anda takut sakit, misalnya, telah memiliki pengalaman negatif dengan rasa sakit di masa lalu? Apakah anda takut mengalami bedah caesar atau takut jika nanti Anda dilakukan episiotomi? Apakah Anda takut bahwa Anda akan kehilangan kontrol di pertengahan persalinan? Apakah Anda memiliki ketakutan tentang masalah dengan bayi? Nah buatlah Daftar semua ketakutan Anda dan setiap menulis apa yang dapat Anda lakukan untuk menghindari rasa takut tersebut agar tidak menjadi kenyataan. Sadarilah juga bahwa beberapa cara yang dapat mengubah semuanya diluar kekuasaan Anda, tidak perlu khawatir tentang hal-hal yang tidak bisa berubah.


3. Cari Informasi Sebanyaknya tentang Kehamilan dan Persalinan.


Semakin banyak Anda tahu, semakin sedikit ketakutan Anda. Ingatlah bahwa setiap kehamilan dan persalinan itu unik sehingga antara ibu satu dengan ibu lainnya pasti pengalaman atau apa yang dirasakan akan berbeda. Ada sensasi (alias “sakit”) yang selalu akan terjadi antara kontraksi pertama hingga lahirnya bayi. Namun Jika Anda memahami apa yang terjadi dan mengapa, dan apa yang mungkin akan anda rasakan, maka Anda tidak akan terkejut. Memiliki rasa apa yang diharapkan – dan kapan akan berakhir – membantu ibu merasa yakin bahwa mereka dapat menangani dan menghadapi persalinan dan kelahiran. Kelas melahirkan yang baik dapat membantu Anda memahami apa yang terjadi dan mengapa terjadi. Tidak ada kelas yang dapat memberitahu Anda apa yang akan khusus anda rasakan, karena ini akan tergantung pada situasi tertentu pada setiap wanita dan kemampuan untuk bekerja sama dengan kekuatan persalinan dalam tubuh. Perempuan dengan mudah dapat terpengaruh dengan “rasa” yang dia rasakan saat persalinan. Beberapa dari mereka memutuskan untuk tidak menyukainya dan menolaknya sehingga rasa takut justru semakin menguasai dirinya dan akhirnya si ibu menyerah.


4. Mempekerjakan seorang pendamping persalinan yang profesional yang dapat mendukung Anda.


Seorang wanita yang berpengalaman, kalau di luar negeri disebut “Doula” kalau di Bidankita disebut “Pendamping Persalinan”, akan membantu Anda menginterpretasikan sensasi Anda selama persalinan, menawarkan saran untuk mengelola rasa sakit Anda, dan membantu Anda memahami dan berpartisipasi dalam setiap keputusan medis.


5. Hindari rasa takut yang berulang.


Jangan membawa rasa takut dari masa lalu ketika Anda masuk ke ruang bersalin. Kelahiran dapat memicu kenangan ketidak nyamanan proses persalinan sebelumnya yang mungkin traumatis atau bahkan kenangan tentang trauma pelecehan seksual pada masa lalu (jika ada)


6. Ambil tanggung jawab atas keputusan persalinan Anda.


Tetapkan metode persalinan yang ingin anda jalani, ketahui untung ruginya.


7. Pilih dokter/bidan yang bijak.


1. Apakah dokter atau bidan mengambil peran aktif dalam mengajar Anda tentang proses kelahiran dan membantu Anda untuk mempercayai tubuh Anda untuk melahirkan?


2. Setelah setiap kunjungan Anda semakin percaya bahwa proses persalinan akan berjalan dengan baik?


3. Atau apakah dokter/bidan ini justru menciptakan pola pikir takut tentang kelahiran?


4. Atau apakah bidan/dokter ini memberitahukan kepada anda tentang segala kemungkinan positif daripada segala komplikasi?


8. Memahami proses persalinan


Apakah Anda tahu apa yang terjadi selama kontraksi? Apakah Anda memahami bagaimana menjadi tegak dan bagaimana cara mengubah posisi selama persalinan sehingga dapat mempengaruhi bagaimana Anda mersakan dan menghadapi kontraksi?


9. Memahami alat teknologi (seperti pemantauan janin elektronik) yang mungkin untuk digunakan selama persalinan Anda.


Apakah Anda yakin bahwa Anda memiliki pengetahuan cukup untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan tentang penggunaan alat teknologi persalinan Anda?


10. Sadar akan pilihan yang tersedia untuk menghilangkan rasa sakit secara medis, seperti obat dan anestesi epidural.


Ketahui keuntungan dan efek samping dari pengobatan ini. Selain itu carilah alternatif untuk mengurangi rasa sakit


11. Memahami pentingnya melepaskan dan menyerahkan ke tubuh Anda selama persalinan.


Anda harus tahu bagaimana caranya dan tehnik yang dapat anda lakukan untuk koping selama persalinan, sehingga Anda tetap merasa nyaman.


12. Belajarlah untuk mengendurkan otot Anda saat melahirkan.


Tenang adalah hal yang paling bijak yang harus Anda lakukan saat bersalin. Tapi apa yang harus Anda lakukan untuk membantu kemajuan persalinan Anda adalah santai /rileks. Saat Anda Bersantai maka semua otot-otot lain tetap rileks, sementara hanya otot rahim anda saja yang berkontyraksi. Ini akan memudahkan Anda untuk tetap santai dan mempercepat kemajuan persalinan. Jika ada ketegangan di mana saja di tubuh anda, terutama di wajah dan leher, ketegangan ini akan menyebar ke otot-otot panggul yang sebenarnya perlu tetap longgar selama kontraksi. perubahan kimia dalam sebuah otot, kelelahan akibat ketegangan sebenarnya menurunkan ambang nyeri otot, dan Anda lebih menyakitkan. Ketika otot-otot ketat melawan, kontraksi tanpa henti akan memaksa rahim Anda, hasilnya adalah rasa sakit. Lelah otot segera menyebabkan pikiran yang kelelahan, meningkatkan kesadaran Anda tentang rasa sakit dan mengurangi kemampuan Anda untuk mengatasinya.


13. Belajarlah untuk bersantai untuk menyeimbangkan hormon Anda untuk lahir.


Ada hormon membantu persalinan Anda berlangsung secara efisien. hormon adrenal (juga disebut hormon stres) memberikan tubuh Anda kekuatan ekstra yang dibutuhkan dalam situasi-situasi yang memerlukan upaya yang luar biasa, seperti mengejan juga prose persalinan. Hormon ini sering disebut sebagai “fight or flight” hormon, dan apakah ada perlindungan tubuh. Selama persalinan tubuh Anda membutuhkan cukup hormon stres untuk membantu Anda mengejan, tapi jika hormon ini di prosuksi terlalu banyak yang tubuh justru akan membuat Anda menjadi gelisah dan tertekan, menyebabkan pikiran dan otot untuk bekerja tidak efisien. hormon Stres bahkan mungkin mengalihkan darah dari rahim untuk organ-organ vital dari otak, jantung, dan ginjal.


14. Tenang untuk meningkatkan endorfin.


Satu jenis hormon juga bekerja untuk Anda selama persalinan dan secara alami menghilangkan rasa sakit-hormon, dikenal sebagai endorfin. (Kata ini berasal dari endogen, yang berarti diproduksi di dalam tubuh, dan morfin, kimia yang menghalangi rasa sakit). Ini adalah narkotika alami tubuh Anda, membantu untuk bersantai Anda ketika Anda sedang stres dan menghilangkan rasa sakit ketika Anda sakit. asisten fisiologis tenaga kerja ini diproduksi dalam sel saraf. Mereka melekat pada situs reseptor rasa sakit pada sel saraf, di mana mereka menumpulkan sensasi rasa sakit. latihan berat meningkatkan kadar endorfin, dan endorfin memasuki sistem anda secara otomatis selama latihan berat tenaga kerja, selama Anda tidak melakukan apapun untuk memblokir mereka. dengan Bersantai akan memungkinkan hormon pereda sakit alami inibekerja untuk Anda. Ketakutan dan kecemasan Anda dapat meningkatkan tingkat hormon stres dan melawan efek santai endorfin. Endorfin merangsang sekresi prolaktin, yang santai dan “ibu” hormon yang mengatur produksi susu dan memberikan dorongan psikologis terhadap kenikmatan ibu. Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat endorphin dapat dipicu dengan tertyawa.


15. Relaksasi Hypnobirthing


Ini adalah cara yang paling efektif untuk mengurangi rasa sakit saat bersalin. Sebaiknya ini dilatih sejak kehamilan sehingga saat bersalin tubuh akan secara otomatis bekerja dengan sangat harmonis. Sehingga proses bersalin berlangsung lancar dan menyenangkan


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar