Atasi Keluhan Ibu Hamil dengan Relaksasi Hypno-birthing

Atasi Keluhan Ibu Hamil dengan Relaksasi Hypno-birthing

Senangnya mengetahui diri Anda Hamil, pada Kehamilan trimester pertama ( 3 bulan pertama) ditandai dengan perubahan-perubahan yang mengagumkan, walaupun perubahan ini tidak terlihat. Dengan mengenal perubahan-perubahan ini akan membuat kita menjadi lebih PeDe menghadapi bulan-bulan kehamilan selanjutnya


 


Perubahan-perubahan tubuh tersebut antara lain:


· Mual – muntah. Banyak yang mengalami mual dan muntah di awal kehamilan – hal ini juga diakibatkan peningkatan hormon estrogen. Mual cenderung parah di pagi hari. Untuk mengatasi gejala ini, makan sedikit-sedikit tetapi sering. Pilih makanan yang rendah lemak serta mudah dicerna. Hindari makanan serta bau-bau yang merangsang muntah, Minum air hangat yang banyak juga membantu. Coba minum rebusan jahe. Sedangkan secara alternatif bisa di coba dengan hypno-birthing atau akupunktur/akupresure untuk mengurangi gejala-gejala mual ini.


· Sering Buang Air Kecil (BAK). Sering BAK diakibatkan oleh rahim yang membesar, menekan kandung kemih. Untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kencing, jangan menahan-nahan BAK. Apabila sering BAK di malam hari sehingga mengganggu pola tidur, maka kurangi minum mulai dari sore hari, terutama hindari minuman yang ber-kafein. Karena minuman yang berkafein bersifat deuresis, sehingga merangsang buang air kecil.


· Nyeri/tegang pada payudara. Meningkatnya produksi hormon estrogen membuat payudara menjadi lebih sensitif. Payudara terasa penuh dan berat. Hal ini dapat dibantu dengan memakai bra pendukung (supportive bra) atau bra untuk olah raga (sports bra).


· Capek. Capek akan dirasakan selagi tubuh mempersiapkan untuk mendukung kehamilan. Jantung akan memompa lebih kuat dan cepat, dan denyut jantung akan lebih cepat. Untuk mengatasi rasa capek, istirahatlah sebanyak mungkin dan berlatihlah relaksasi, sehingga kualitas istirahat bisa menjadi lebih baik. Pastikan asupan zat besi dan protein yang yang cukup.


· Nyeri ulu hati dan susah buang air besar (sembelit). Gerakan mendorong makanan dari kerongkongan ke dalam lambung berjalan agak lambat dari biasanya. Lambung juga akan lambat kosongnya. Hal ini akan menyebabkan lambatnya penyerapan makanan dan serta lambat juga bayi mendapatkan asupan gizi dari ibu. Hal ini juga menyebabkan terjadinya nyeri ulu hati serta menjadi susah buang air besar. Untuk menghindari nyeri ulu hati, makan sering tapi sedikit. Hindari makanan gorengan, minuman bersoda, asam-asa serta makanan pedas. Untuk mencegah sembelit banyak minum dan makan makanan berserat.


· Pusing (sempoyongan). Pencetusnya bisa stres, kelelahan, juga lapar. Untuk mencegahnya hindari berdiri lama. Berdiri perlahan-lahan dari posisi duduk atau jongkok. Jika serangan pusing datang segera duduk atau berbaring.


Salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi bahkan menghilangkan keluhan-keluhan yang dialami ibu saat trimester pertama adalah dengan relaksasi hypno-birthing. Caranya adalah:


1. Ambil posisi mollinebonus.net yang paling nyaman untuk anda


2. Ciptakan suasana yang paling nyaman sesuai dengan keinginan anda, bisa diiringi dengan musik relaksasi


3. Tarik nafas panjang melalui hidung 5;5 (5 hitungan saat menghirup nafas, kemudian 5 hitungan saat menghembuskan nafas) lakukan beberapa kali putaran. Dengan teknik nafas ini suplai oksigen ke seluruh tubuh lebih banyak.


4. Kemudian rilekskan seluruh otot berturut-turut mulai dari otot-otot pada wajah, leher, kedua bahu kiri dan kanan, lengan dan kedua tangan, dada, perut, punggung, pinggang, paha, betis sampai ujung jari jemari kaki. Lakukan beberapa kali.


5. Visualisasikan anda berada tempat yang paling nyaman (bagi ibu yang type visual akan sangat membantu saat menggunakan metode rainbow/ pelangi yang akan di bahas di lampiran tersendiri dalam buku ini) namun pada type yang lain auditori misalnya atau kinestetik, anda bisa fokus ke nafas atau ke musik. dan anda mulai merasakan sensai relaksasi mengalir keseluruh tubuh anda.


6. Saat anda merasakan rileksnya seluruh otot didalam tubuh, mulailah mensugesti diri sendiri dengan menyehatkan bagian tubuh yang anda keluhkan sampai ke akar masalahnya. Sugesti harus positif dan diniatkan berulang-ulang.


7. Setelah dirasa cukup, akhiri latihan relaksasi dan ingat sebelum bangun selalu niatkan mulai sekarang sampai seterusnya anda sehat, nyaman dan tenang.


Nah bunda Tunggu Apalagi…lakukan relaksasi Hypnobirthing untuk mengatasi ketidaknyamanan selama kehamilan


Salam Hangat


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar