ATASI NYERI PERSALINAN Dengan SMART

ATASI NYERI PERSALINAN Dengan SMART


 


Persalinan sering kali menjadi momok terutama bagi ibu hamil pertama kali yang tinggal “menghitung hari” menanti persalinannya.


Rasa deg-degan, takut, khawatir bahkan stress saat hendak menghadapi proses persalinan.


 


Terdapat berbagai cara dan metode untuk mengurangi rasa nyeri pada saat proses persalinan. Namun yang terpenting adalah atasi nyeri persalinan tersebut dengan cara yang SMART.


Sederhana


Murah


Aman


Rileks


Tenang


Berikut ini A sampai Z cara alami untuk menghadirkan rasa nyaman saat proses persalinan



Ask Information


Tanyalah apa saja yang belum anda ketahui tentang proses persalinan, selain menanyakan kepada bidan atau dokter yang merawat anda, akan lebih bijak jika sebelumnya anda sudah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang kehamilan dan proses persalinan, anda bisa mendapatkannya melalui buku, majalah, maupun artikel-artilek di internet.


Breathe Rhythmically dan Rileks saat menghela nafas


Nafas sangatlah penting dalam proses persalinan. Karena dengan bernafas berpola maka mampu menghadirkan sensasi relaksasi disela-sela kontraksi yang anda rasakan selain itu dengan bernafas yang baik dan benar mampu menjaga suplai Oksigen ke janin anda.


Cuddle Your Partner / Peluk pendamping persalinan anda


Peluklah pasangan anda terutama saat anda merasakan kurang nyaman, dengan demikian anda akan merasakan support dan dukungan dari pasangan anda sehingga anda merasa lebih tenang.


Drink isotonik water in between contraction


Ini sangatlah penting, banyak sekali klien yang tidak mau minum saat menjalani proses persalinan. Dan akibatnya klien sering mengalami dehidrasi dan kehabisan tenaga untuk mengejan.


Untuk itu cobalah untuk minum disela kontraksi anda. Akan lebih baik cari minuman isotonic karena akan lebih mudah diserap tubuh.


Endorphin massage


Endorfin massage adala salah satu metode untuk merangsang munculnya hormone endorphin dalam tubuh saat prises persalinan. Dengan demikian proses persalinan akan lebih nyaman dan lancar.


Bagaimana caranya melakukan endorphin massage ini?


Anda dapat mengikuti kelas ibu hamil di BidanKita



Fan your self with a small electric fan


Seringkali ibu bersalin merasakan gerah pada saat bersalin. Anda dapat gunakan kipas angin elektrik yang kecil untuk menghadirkan rasa nyaman.


Groan and moan (Mengerang) sebagai strategi koping


Mengerang saat anda merasakan kontraksi dapat anda lakukan sebagai nkoping pengalihan perhatian, selain itu dengan mengerang ini memungkinkan anda untuk menghindari mengejan sebelum waktunya.


Hypnobirthing


Hypno-birthing sangatlah efektif digunakan untuk menghadirkan rasa nyaman saat bersalin, dengan rajin melatih tehnik-tehnik di hypno-birthing sejak hamil akan membuat hasilnya lebih maksimal.


Imagine your baby moving down every contraction



Visuslisasi ini sangatlah penting dan ini merupakan salah satu tehnik dari hypno-birthing. Dengan membayangkan kepala janin anda turun disetiap ada kontraksi ini akan sangat membantu anda untuk memperlancar proses persalinan.


Joke with your partner & your midwife


Hilangkan ketegangan dan kekhawatiran dengan bercanda baik dengan pasangan, pendamping atau bahkan dengan dokter/ bidan yang merawat anda. Dengan demikian anda daopat menikmati proses persalinan dengan lebih santai dan bebas dari rasa tegang.


Kisses


Berciuman dengan pasangan anda dapat merangsang hormone endorphin dan oksitosin. Dengan demikian kontraksi rahim menjadi lebih efektif namun anda tetap merasa nyaman.


Listen to Music


Musik adalah sarana untuk membantu anda lebih rileks, dan tenang. Dengarkan music-musik relaksasi yang membuat anda merasa tenang. Dengan demikian maka prose persalinan anda akan lebih mudah.


Move around to make comfortable


Saat memasuki kala satu persalinan atau pembukaan jalan lahir, lakukan mobilisasi atau perpindahan posisi tubuh. Karena ini akan sangat membantu Anda mengurangi keluhan-keluhan yang anda rasakan selama itu. Yang terpenting adalah buat tubuh anda terasa nyaman.


Nestle Down in large pillow (Bersandar pada bantal yang besar)


Ini dapat anda lakukan saat anda ingin istirahat dan tidur disela kontraksi dan ini sangat penting untuk memulihkan tenaga anda. Sehingga nantinya saat mengejan energy anda sudah kembali normal.


Open your pelvis by squatting position


Dengan posisi squatting atau berjongkok ini akan memperlebar bidang luas panggul anda dengan demikian bagian terendah janian anda akan lebih mudah turun ke jalan lahir.


Positive thingking


Ini yang paling penting!


Dengan tetap positif anda akan lebih siap menghadapi proses persalinan ini.


Question what you don”t understand


Bertanyalah kepada bidan/dokter yang merawat anda tentang apapun yang belum anda mengerti.


Rock your Pelvis with birthing ball


Lakukan pelvic rocking atau bergoyang pinggul. Ini bisa anda lakukan di atas bola persalinan. Berbagai manfaat akan anda dapatkan dengan melakukan pelvic rocking ini antara lain:


Ø Goyang panggul memperkuat otot-otot perut dan punggung bawah.


Ø Mengurangi tekanan pada pembuluh darah di daerah sekitar rahim, dan tekanan di kandung kemih ibu.


Ø Ini akan membantu ibu bersantai


Ø Meningkatkan proses pencernaan


Ø Membantu Mempersingkat proses persalinan


Ø Membantu ibu merasa nyaman saat persalinan


Ø Membuat bidang panggul lebih luas sehingga membantu penurunan bagian terendah janin


Ø Membantu ibu dalam posisi tegak sehingga janin cepat turun


Ø Mengurangi keluhan nyeri di daerah pinggang, inguinal, vagina dan sekitarnya


Sight out gently with every breath (Bernafas dengan lembut)


Bernafaslah yang dalam dan lembut saat anda merasakan kontraksi.


Trust Your Body


Percayalah pada kekuatan tubuh anda. Pada proses persalinan seorang ibu akan dituntut kesabarannya. Untuk itu anda harus sabar dan lebih mempercayakan prose persalinan kepada tubuh anda. Karena pada dasarnya tubuh anda diciptakan sangat sempurna.


Understand the treatment and what happen to your childbirth


Ini yang seringkali “terlupakan” saat menjalani proses persalinan anda harus mengerti obat atau tindakan apa saja yang akan bidan/dokter lakukan terhadap anda, cari tahu selengkap-lengkapnya tentang manfaat dan untung rugunya bagi proses persalinan anda. Dengan demikian maka resiko mal praktek dapat dihindarkan.


Visit toilet regularly



Pada saat persalinan seringlah ke kamar mandi untuk buang air kecil maupun air besar dengan demikian kepala / bagian terendah janin anda akan lebih mudah turun.


Walk around


Merjalan adalah salah satu mekanisme penghilang rasa nyeri yang efektif.


X” more kisses


Sesering mungkin lakukan ciuman dengan suami anda, agar endorphin dapat terpicu keluar dalam tubuh anda.


Yell Loud and Long (Berteriak keras dan panjang lalu bernafas lagi dengan pola yang baik)


Berteriaklah jika memang anda ingin berteriak namun ingat, anda tetap harus menjaga pola nafas anda jangan sampai energy anda terkuras karena anda berteriak


Zzzzz doze off in between contractions


Beristirahatlah atau tidur jika memungkinkan disela kontraksi anda ini akan menjaga energy anda tetap baik.


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts