Aturan Sugesti

Aturan Sugesti

 



Sugesti adalah sebuah pesan atau usulan yang dibuat untuk menimbulkan atau mempengaruhi respons dalam pikiran maupun tindakan.


 


Sugesti terapi adalah sugesti yang disusun dan disampaikan kepada jiwa bawah sadar klien dalam sesi hipnoris, untuk mencapai perubahan yang diinginkan.


 


 


Faktor yang menjadi penghambat terbesar dalam sugesti adalah adanya rasa takut.


Beberapa Aturan membuat sugesti:


1. Pilihlah kata-kata instruksi positif. Sugesti positif lebih diterima oleh pikiran bawah sadar.


2. Ulangi sugesti secara teratur untuk memaksimalkan efeknya; hindari kata-kata klise.


3. Buatlah sugesti sesuai kebutuhan anda agar berhubungan langsung dengan tujuan anda


4. Gunakan pendekatan terperinci dan logis dalam membuat sugesti. jika tujuan anda dapat diukur, berikan tambahan yang tepat.


5. Pastikan bahwa semua sugesti jelas, sederhana mudah dimengerti, spesifik dan jika memungkinkan, dalam bentuk waktu sekarang. Contoh: “Setiap hari tubuh dan oikiran saya bekerjasama menghilangkan keinginan makan gula.” Daripada, ” saya akan menjadi lebih kurus.”


6. Gunakan penggambaran, dan tambahkan kata-kata yang menggambarkan emosi, seperti bersemangat, bersinar, gemetar, luarbiasa, hebat.


7. Berkesan meyakinkan


8. Nada rendah monoton tanpa dialek yang asing bagi pasien


9. Arti tunggal, sehingga tidak meragukan atau salah ditafsirkan


10. Untuk kasus-kasus yang terkait dengan permasalahan atau nilai lainnya, maka penyelesaian harus dimulai dari permasalahan atau nilai yang paling mendasar.


11. Pengulangan


Pikiran bawah sadar dapat menerima Sugesti yang akan menjadi nilai baru, sepanjang nilai tersebut tidak bertentangan dengan nilai dasar.


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar