Ayo Belajar Hypnobirthing

Ayo Belajar Hypnobirthing

Hypno-Birthing berasal dari kata “hypnosis dan birthing. Hypnosis dari kata Hypnos (bahasa Yunani) adalah nama Dewa Tidur. Arti tidur disini sesungguhnya adalah pikiran yang tenang. Birthing (bahasa Inggris) berarti proses persalinan.


 


Tidak perlu takut dengan Hypnosis/hipnosis, karena sesungguhnya hipnosis merupakan fenomena yang menarik dan bermakna untuk kesehatan seseorang.


 


Hipnosis sudah digunakan sejak jaman dahulu, hanya saja saat itu hipnosis lebih sering dikaitkan dengan magic, supranatural, bahkan mistik. Magic is only another word for unknown technic (Dr. Tubagus Erwin Kusuma SpKJ).


 


Saat ini hipnosis dapat dijelaskan secara ilmiah dan terprogram, sehingga untuk kepentingan terapi, hasil antara sebelum dan sesudah terapi hipnosis dilakukan bisa dilihat dan dibandingkan.


1. APAKAH HYPNO-BIRTHING ?


Metode HypnoBirthing awalnya dikembangkan oleh Marie F Mongan M.Ed sejak tahun 1959 berdasarkan teori Dr Grantley Dick-Read (seorang ahli kebidanan Inggris yang hidup di tahun 1890 – 1959), yang juga dikenal sebagai bapak kelahiran alami.


Tahun 2002 Hypno-birthing dikembangkan di Indonesia oleh Lanny Kuswandi.


Hypno-birthing merupakan salah satu teknik otohipnosis (self-hypnosis), yaitu upaya alami menanamkan niat positif/sugesti ke jiwa/pikiran bawah sadar dalam menjalani masa kehamilan dan persiapan persalinan. Dengan demikian setiap ibu hamil dapat menikmati indahnya masa kehamilan dan lancarnya proses persalinan.


Metode Hypno-birthing didasarkan pada keyakinan bahwa setiap perempuan memiliki potensi untuk dapat menjalani proses melahirkan secara alami, tenang dan nyaman (“tanpa rasa sakit”).


Program ini mengajarkan ibu hamil untuk menyatu dengan gerak dan ritme tubuh yang alami saat menjalani proses melahirkan, membiarkan tubuh dan pikiran untuk bekerja, dan meyakini bahwa tubuh mampu berfungsi sebagaimana seharusnya, sehingga rasa sakit menghilang.


Hypno-birthing juga ampuh dalam menetralisir dan memprogram ulang (“reprogramming“) rekaman negatif yang ada dalam pikiran bawah sadar dengan program positif. Dengan demikian, rekaman yang “terpatri” dalam pikiran bawah sadar bahwa persalinan itu menakutkan dan menyakitkan, bisa terhapus. Berganti dengan keyakinan bahwa persalinan berlangsung mudah, lancar dan tanpa rasa sakit (nyaman).


2. MANFAAT HYPNO-BIRTHING


Selama Kehamilan


Merupakan formula dasar yang alami dari pain management (teknik mengatasi rasa tidak nyaman selama hamil dan rasa sakit saat melahirkan) tanpa efek samping terhadap janin. Mengurangi rasa mual, muntah dan pusing di trimester pertama. Dapat membantu janin terlepas dari kondisi lilitan tali pusat bahkan bisa memperbaiki janin yang letaknya sungsang menjadi normal (letak belakang kepala). Membuat kondisi ibu hamil menjadi tenang dan damai selama kehamilannya. Ketenangan dan rasa damai ibu hamil akan dirasakan janin. Hasilnya janin pun mempunyai nilai kedamaian dalam dirinya (Spiritual Quotient). Ingat hukum Pak Tani, apabila menanam jagung, akan mendapatkan panen jagung. Menormalkan dan menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung Mengurangi berbagai keluhan yang lazim dirasakan ibu hamil selama masa kehamilannya


 


Menjelang Persalinan


Melatih relaksasi untuk mengeliminir kecemasan serta ketakutan menjelang persalinan yang dapat menyebabkan ketegangan, rasa nyeri dan sakit saat persalinan. Membuat ibu hamil mampu mengontrol sensasi rasa sakit pada saat kontraksi rahim. Meningkatkan kadar endorphin dalam tubuh untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri pada saat kontraksi dan pada saat persalinan (endorphin/ endogenic morphin adalah neuropeptide yang dihasilkan tubuh pada saat relaks/tenang).


 


Saat persalinan.


Memperlancar proses persalinan (kala 1 dan kala 2 lebih lancar) Mengurangi risiko terjadinya komplikasi dalam persalinan dan resiko terjadinya perdarahan. Hal ini karena kondisi yang tenang dapat membuat keseimbangan hormonal di dalam tubuh. Membantu menjaga suplai O2 pada bayi selama proses persalinan.


 


Setelah Persalinan


Meningkatkan ikatan batin antara bayi dengan ibunda dan ayahandanya. Mempercepat pemulihan dalam masa nifas Mencegah depresi paska persalinan (baby blues). Memperlancar produksi ASI.


 


jadi mengapa musti ragu? ayo bunda segera cari praktisinya atau bisa belajar sendiri dengan membeli buku panduan, CD nya disini.


salam hangat


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar