Bagaimana Agar Memiliki Proses Melahirkan yang Indah

Bagaimana Agar Memiliki Proses Melahirkan yang Indah

Persalinan adalah peristiwa yang sangat berarti bagi seorang ibu. Sebuah peristiwa yang bakalan dia kenang sepanjang masa, sebuah peristiwa yang tak terlupakan. Tentu saja, semua ibu menginginkan sebuah proses persalinan yang nyaman, indah dan menyenangkan. Namun sayangnya hal ini tidaklah mudah. Banyak sekali ibu yang justru dilanda ketakutan dan kecemasan yang luarbiasa menjelang proses kelahiran bayinya dikarenakan berbagai hal mulai dari takut nyeri, takut terjadi komplikasi, hingga takut bayi lahir cacat atau meninggal.


Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan supaya Anda mendapatkan pengalaman persalinan yang indah:


Mendidik Diri Sendiri


Baca semua jenis buku tentang kehamilan dan persiapan melahirkan serta IKUTILAH KELAS PERSIAPAN MELAHIRKAN!. carilah informasi sebanyak yang Anda bisa. Jika Anda mengambil kelas yang disediakan oleh rumah sakit Anda, silakan mempertimbangkan untuk mengambil kelas tambahan ke pihak ketiga seperti kelas relaksasi hypnobirthing dan kelas yoga untuk kehamilan. Jika Anda merencanakan bedah caesar berulang atau ingin mencoba Melahirkan Normal setelah melahirkan SC (VBAC), persiapkan sebaik baiknya.


 


Memelihara Diri Sendiri


Ini tidak hanya memenuhi nutrisi/gizi Selama kehamilan, Anda harus mencoba untuk memanjakan dan memelihara pikiran, tubuh dan spiritualitas Anda. Ini adalah waktu yang tepat untuk memulai kelas yoga, minum banyak, membaca sebuah novel yang indah, dan menguatkan iman Anda. Dengan menemukan ketenangan batin Anda benar-benar dapat membantu Anda dalam persalinan dan menjadi orangtua yang baik.  Singkirkan Kekhawatiran Anda


Apakah sesuatu yang mengganggu Anda selama persiapan melahirkan?


Apakah Anda memiliki ketakutan tentang persalinan?


Bagaimana reaksi Anda jika ternyata Anda harus melahirkan melalui bedah caesar?


Nah mulai catat dan diskusikan kecemasan dan kekhawatiran Anda, ungkapkan kepada pasangan, maupun bidan atau dokter yang merawat Anda. Kemudian mintalah pendapat bagaimana solusi yang dapat Anda tempuh untuk mengurangi bahkan menghilangkan kecemasan dan ketakutan yang Anda rasakan. Memendam ketakutan, dan kekhawatiran dapat menyebabkan kecemasan yang tidak semestinya selama persalinan dan justru hal ini benar-benar dapat menghambat kemajuan persalinan Anda nanti. Munculnya Hormon Fight atau Flight sangat dipengaruhi oleh emosi selama persalinan.


Pilih Bidan atau Dokter yang “Sreg” bagi Anda


Jangan Abaikan rasa sreg atau kurang sreg di hati saat memilih dokter atau bidan yang akan merawat Anda. Pastikan bahwa dokter atau bidan tersebut sepaham dengan filosofi Anda terhadap proses persalinan. Ciptakan hubungan yang harmonis dan intens kepada mereka dan pilih bidan atau dokter yang benar-benar bisa Anda percayai. Akan sangat berharga jika Anda punya kesempatan untuk mewawancarai bidan atau dokter yang akan mengasuh Anda sehingga keinginan Anda dapat di akomodasi. Komunikasikan “birth plan” Anda kepada mereka. Apalagi jika Anda memiliki “special request” dalam proses persalinan Anda nanti, seperti IMD, delayed umbilical cord atau bahkan lotusbirth.


Temukan Lingkungan Yang Tepat


Seriuslah mempertimbangkan pilihan tempat persalinan Anda. Ada banyak rumah sakit di kota yang berbeda-beda dalam sikap dan pandangan mereka terhadap melahirkan alami dan dalam persentase induksi atau bedah caesar (beberapa RS bahkan memiliki tingkat SC 80%!). Sangat penting untuk mengunjungi setidaknya beberapa dari RS, RB maupun BPS dan menemukan satu dimana Anda merasa nyaman. Jika Anda merencanakan melahirkan di rumah, hati-hati mempertimbangkan siapa yang akan berada di rumah Anda ketika Anda melahirkan nanti. Jika ada kerabat atau teman yang bermaksud baik yang menurut Anda ‘mungkin’ membuat marah atau mengganggu Anda, lebih baik biarkan mereka datang setelah bayi Anda lahir.


Tetaplah di rumah selama mungkin


Memang terlihat Agak Aneh saran saya yang satu ini. Ketika Anda memasuki proses persalinan, dan Anda menemukan bahwa sudah memasuki tahapan persalinan, maka tanyakan berapa cm pembukaan Anda, ketika pembukaan yang Anda alami masih sekitar pembukaan fase laten (1 s.d 4 cm), maka pulanglah. seorang Wanita biasanya lebih nyaman di rumah, karena dia bisa bergerak leluasa atau beristirahat lebih mudah dan mengambil makanan sesukanya (yang ini biasanya abstain di rumah sakit) yang dapat memberikan Anda energi yang Anda butuhkan untuk mendorong bayi keluar nanti. Hal ini juga mengurangi kesempatan Anda untuk diinduksi, karena kebanyakan wanita akan mengalami kemajuan sangat baik sementara mereka berada di rumah.Tentunya ada beberapa yang harus Anda pertimbangkan juga antara lain, jarak tempuh antara rumah dan RS/RB/BPS, dan alat transportasi yang tersedia.


Dan selama dirumah lakukan mobilisasi, dan relaksasi selain itu mintalah pasangan Anda untuk menghitung dan mencatat kontraksi yang Anda alami, baik frekuensi, durasi, intensitas dan teratur atau tidaknya kontraksi.


Namun jika Anda sudah mengalami ketuban pecah dini, tetaplah berhubungan dengan dokter yang merawat Anda. Dan tetap lakukan relaksasi dan bedrest. Tak perlu panic yang penting Anda minum air putih yang banyak untuk rehidrasi. Ketika Anda panic justru akan berakibat buruk pada proses persalinan Anda. Menurut penelitian pada kasus ketuban pecah dini persalinan sebenarnya akan segera di mualai setelah 48 jam. Namun biasanya pihak RS hanya punya tenggang waktu 24 jam itupun dengan pemanjauan kesejahteraan janin yang intens. Untuk itu konsultasikan semuanya kepada bidan dan dokter Anda.


* Fight atau Flight – Respon hormonal yang mana tubuh akan memompa adrenalin ketika Anda takut, cemas dan khawatir. Selama ini ketika adrenalin meningkat, tubuh Anda akan memompa lebih banyak darah ke organ utama Anda dan hal terjadi ketika Anda mengalami cedera. Sayangnya, rahim anda bukan salah satu organ utama, sehingga respon Fight atau Flight justru dapat menunda atau bahkan menghentikan persalinan Anda sepenuhnya.


Nah Para Calon Orangtua, siapkan semuanya dengan baik, untuk dapatkanlah pengalaman persalinan yang indah


Keep Spirit Of Gentle Birth


Salam Hangat


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar