Bagaimana mengatasi ketakutan melahirkan?

Bagaimana mengatasi ketakutan melahirkan?

Melahirkan adalah salah satu pengalaman yang terbesar yang dapat mengubah hidup Anda  Bagaimana mengatasi ketakutan melahirkan?


Melahirkan adalah salah satu pengalaman yang terbesar yang dapat mengubah hidup Anda … sebuah pengalaman yang selalu terekam dengan kuat di pikiran atau ingatan setiap orang apalagi seorang ibu. sehingga tidak mengherankan bahwa banyak calon ibu yang khawatir tentang proses persalinannya apalagi ketka mereka hendak memiliki bayi untuk pertama kalinya. Ketika kita berpikir tentang melahirkan, kata “sakit” adalah salah satu hal yang pertama datang ke pikiran sebagian besar dari kita. Apalagi, jika ini adalah untuk pertama kalinya bagi Anda. Ini Tidaklah mengherankan mengingat bahwa kebanyakan wanita pernah terkena over-dramatisasi, tentang proses persalinan pada film dan acara TV. Kita lihat saja, di televisi entah di film layar lebar ataupun di sinetron, penggambaran adegan proses melahirkan biasanya begitu menyeramkan dan menakutkan, seolah-olah penuh dengan jeritan, kesakitan, sarat akan komplikasi dan berdarah-darah. Saya merasa hingga saat ini saya belum pernah melihat adegan persalinan yang indah menyenangkan, nyaman dan romantis digambarkan di sebuah film atau sinetron.


di Bidan Kita saya menyediakan pelayanan kelas persiapan persalinan yaitu kelas Hypnobirthing For Gentle Birth yang dilakukan secara privat kepada para calon ibu dan bapak yang menginnginkan mendapatkan pengalaman persalinan yang lancar, normal, lembut dan minim trauma baik trauma pada ibu maupun trauma pada bayinya.


Nah saat pertemuan pertama biasanya saya isi dengan penyamaan persepsi tentang proses persalinan terlebih dahulu. Dan ketika saya menanyakan kepada mereka (pasangan suami istri) tentang apa ketakutan yang dirasakan dan di fikirkan tentang proses melahirkan, maka banyak sekali terungkap berbagai ketakutan yang dialami mereka.


Dan ternyata setelah mengikuti kelas hypnobirthing for gentle birth dan mereka mendapatkan pengetahuan dan persiapan persalinan yang cukup, maka proses persalinan merekpun berjalan sangat lancar bahkan indah dan romantis.


Dan saat ini saya akan mencoba menyusun daftar ketakutan, kekawatiran para calon ibu dan bapak terhadap proses persalinan mereka dan tips tentang bagaimana Anda bisa mengatasinya:


1. Takut rasa nyeri saat persalinan


Setiap wanita yang akan melahirkan untuk pertama kalinya akan khawatir tentang hal ini karena sulit untuk membayangkan bahwa proses akan bebas rasa sakit. Mereka sebagian besar masih bingung dan takut dnegan apa yang akan mereka alami nanti saat proses persalinan, “kontraksi saja saya tidak tahu bagaimana rasanya bu bidan, tetapi kata semua teman saya kontraksi itu rasanya sakit sekali, dan saya sangat takut, apalagi saya itu type orang yang tidak tahan sakit.” Ungkap ibu Ade ketika pertama kali mengikuti kelas Hypnobirthing di Bidan Kita. Mengambil kelas persiapan melahirkan, seperti Hypnobirthing dapat membantu menenangkan dan mengeliminasi kekhawatiran Anda dan mempersiapkan Anda untuk lebih siap ketika proses persalinan nanti. Karena sebenarnya rasa nyeri bukan merupakan bagian dari proses persalinan sendiri, tetapi merupakan hasil pengaruh sosial, budaya, dan faktor emosi ibu.


2. Takut proses persalinannya tidak lancar dan terlalu lama. Hampir Setiap orang telah mendengar cerita-cerita horor tentang seseorang yang mengalami proses persalinan yang panjang dan lama hingga berhari-hari, namun pada kenyataannya, proses persalinan rata-rata berlangsung 18 jam. Apalagi jika sang ibu tenang dan rileks proses persalinan bisa saja berlangsung kurang dari 5 jam.


3. Takut proses persalinannya tidak lancar sehinga harus di Pacu atau di induksi


Cerita tentang rasa sakit yang lebih ketika seseorang ibu mendapatkan intervensi induksi sudah bukan merupakan hal yang jarang lagi. Hampir sebagian besar ibu yang dilakukan induksi mengeluhkan hal yang sama yaitu merasakan kontraksi yang luar biasa sakitnya. Mengapa bisa demikian? Ini saya bahas di artikel lain di website www.bidankita.com ini, jadi jika tidak ingin merasakan sakitnya induksi ya usahakan supaya Anda tidak meminta atau bahkan tidak dilakukan induksi.


4. Takut menjadi lumpuh oleh suntikan epidural


Risiko kelumpuhan permanen, serta kematian atau serangan jantung, dari epidural adalah dalam kisaran satu di banding 20.000 sampai satu dibanding 1.000.000. Dokter-dokter yang melakukan epidural setiap hari adalah dokter anestesi sangat terlatih. Jadi tidak perlu khawatir akan hal tersebut.


5. Takut kehilangan kontrol


Entah itu rasa takut buang kotoran di atas meja persalinan atau bak air (jika waterbirth) atau takut berteriak dan menangis tak terkendali, kemungkinan tidak memiliki kontrol total atas fungsi tubuh dapat benar-benar mengerikan. Namun, tenang saja karena dalam proses persalinan dan melahirkan perawat, dokter kandungan dan bidan telah sering melihat dan mendengar semuanya, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengejutkan mereka. Jika Anda benar-benar khawatir tentang kehilangan kontrol buang air besar, Anda selalu dapat memilih untuk melakukan enema pada saat awal persalinan.


6. Takut vagina robek atau dirobek (episiotomy)


Ini merupakan masalah yang sangat umum di kalangan calon ibu dan memang demikian, karena robekan di perineum (daerah antara vagina dan anus) sangat umum terjadi, terutama pada ibu yang baru pertamakali melahirkan. Dan banyak sekali ibu yang mengalami trauma saat perineumnya di gunting/dirobek (episiotomy), robek sendirinya lalu di jahit. Namun Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah sebelum melahirkan yang dapat membantu mencegah perineum robek, seperti melakukan latihan kegel untuk membuat otot-otot perineum kuat, dan memijat perineum Anda untuk meningkatkan aliran darah dan elastisitas otot.


7. Takut melahirkan mendadak sebelum tiba di Rumah sakit/ RB (ketika Anda berharap untuk melahirkan di RS)


Misalnya takut “kebrojolan” di Jalan. Ketika Anda sedang menuju RS misalnya. Hal ini tampaknya menjadi satu insiden yang benar-benar hanya terjadi di film dan di televisi, tapi mungkin saja terjadi dalam kehidupan nyata. Namun kurang dari satu persen seorang wanita hamil yang tiba-tiba merasakan dorongan untuk mengejan tanpa gejala persalinan atau kontraksi. Jika Anda menemukan diri Anda dalam situasi ini, di web ini saya sudah memberikan clue atau petunjuk bagi Anda jika persalinan darurat terjadi. Dan memberikan langkah-demi-langkah petunjuk tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi keadaan darurat.


8. Takut tali pusat mencekik bayi (jika terjadi lilitan tali pusat)


Ingat tali pusat sudah dirancang sedemikian rupa oleh Tuhan sang pencipta untuk tetap bagus walaupun posisinya melingkar di leher bayi. Dan ingat bahwa bayi mengetahui apa yang harus dilakukan ketika mendapati tubuhnya terlilit tali pusat.


9. Takut terjadi komplikasi dalam persalinan sehingga berakhir ke operasi sesar atau bahkan kematian.


Inilah perasaan yang seringkali terlintas di benak setiap calon ibu yang hendak melahirkan. Nah mengikuti kelas persiapan persalinan dapat mengiliminasi ketakutan ini.


Nah supaya Anda tidak takut berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan ketakutan dan menciptakan pengalaman persalinan yang indah dan menyenangkan:


Kenali Tubuh Anda Ketahui Proses Persalinan dengan benar Siapkan Fisik Anda, Siapkan Mental dan Spiritual Kenali Isyarat Bayi Percayai kekuatan Tubuh &Bayi Disiplin Hypno-birthing dan lakukan Reprogramming Healing Birth Trauma Disiplin Latihan Nafas Cegah Cascade Intervensi Ketahui dan Pahami Filosofi Gentle Birth Cari Provider yang mengenal Gentle Birth


Kami berharap bahwa artikel ini telah membantu dalam memadamkan ketakutan Anda saat melahirkan dan kami berharap Anda mendapatkan pengalaman yang terbaik.


Salam Hangat


Yesie


Referensi:


Buku Gentle Birth karya Yesie Aprillia , 2011


Buku Gentle Birth Balance karya Yesie Aprillia , 2013


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar