Birthing Ball untuk Perlancar Persalinan

Birthing Ball untuk Perlancar Persalinan

Saya membeli birthing ball sejak saya menjadi trainer Hypnobirthing Indonesia Birthing Ball untuk Perlancar Persalinan


Saya membeli birthing ball sejak saya menjadi trainer Hypnobirthing Indonesia, dan ketika sya terapkan ke bebarapa klien saya, ternyata hailnya mereka jauh lebih bugar dan proses persalinanpun terasa semakin cepat karena kepala bayi semakin mudah turun ke dalam panggul. Selain itu dengan olahraga ringan menggunakan birthing ball membuat otot-otot dan organ di daerah panggul lebih lentur dan sehat, dan oksigenasi ke janin lebih lancar dan dan yang terpenting otot asar panggul semakin kuat sehingga Andapun akan semakin siap menghadapi proses persalinan.


Dalam Mengatasi rasa sakit dan nyeri selama kehamilan terutama di trimester akhir- Beberapa olahraga dan gerakan pralahir yang dapat dilakukan pada bola memiliki manfaat tambahan mengurangi nyeri dan nyeri umum untuk kehamilan. Menjaga ligamen dan otot tetap santai dan kencang sehingga akan membantu tubuh Anda untuk beradaptasi dengan perubahan dramatis terjadi dalam diri Anda saat persalinan nanti


Selain itu, menggunakan birthing ball dapat membantu Menyelaraskan bayi selama kehamilan dan persalinan – menyeimbangkan tubuh pada bola membantu memperkuat punggung Anda, juga membantu untuk menyelaraskan bayi Anda dalam persiapan untuk kelahiran.


Membuka panggul dalam persalinan – Tidak hanya menjaga panggul Anda terbuka selama persalinan baik untuk posisi bayi, tetapi juga membuat lebih mudah bagi dia untuk turun melalui panggul – yang tentu saja adalah sangat penting untuk melahirkan normal. Ada beberapa posisi yang dapat Anda gunakan selama persalinan untuk mendapatkan efek yang sama, tetapi menggunakan bola membuat lebih mudah bagi Anda untuk beristirahat dan tetap dalam posisi tegak.


Posisi tetap tegak selama persalinan - Tetap tegak ketika dalam proses persalinan akan memungkinkan rahim untuk bekerja seefisien mungkin, dengan menggunakan gravitasi untuk mendorong bayi turun ke bawah dan keluar. Anda bisa melihat beberapa gerakannya seperti di video berikut:


Menghibur dan mengalihkan perhatian selama persalinan – Posisi yang baik untuk persalinan dan kelahiran adalah posisi yang paling nyaman . Kecuali Anda menggunakan epidural, maka Anda mau tak mau harus terlentang dan ini akan sangat menyakitkan karena rahim anda benar-benar harus bekerja lebih keras untuk menurunkan bayi ke bawah dan keluar. Beberapa ibu menyatakan bahwa bahwa menggunakan birthing ball selama persalinan membantu mereka untuk merasa lebih nyaman dan lebih mampu memegang kendali.


Dan ternyata birthing ball ini juga mampu digunakan untuk Menenangkan bayi yang rewel – munkin karena selama dalam kandungan bayi merasa nyaman ketika ibunya duduk bergoyang dengan lembut dan memantul-mantul di bola, sehingga ketika bayi tersebut sudah lahir, diapun merasakan damai yang sama ketika diletakkan diatas bola dan digoyang serta di pantul dengan lembut.


Dukungan - Dengan duduk di atas birthing ball ini dapat mengurangi stres pada kaki dan pergelangan kaki.


Meningkatkan Relaksasi - Duduk diatas bola kemudian di kompres hangat ditempatkan di atas bola memudahkan Anda untuk mengurangi sakit di dasar panggul dan membantu mengendurkan otot panggul.


Birthing Ball dapat memfasilitasi perubahan posisi dan digunakan sebagai alat kenyamanan bagi seorang ibu yang masuk dalam proses persalinan. Anda dapat duduk di atasnya lalu agak memantul dengan lembut dan ini dapat menurunkan tekanan perineum. Anda juga bisa bersandar di atas bola, yang memungkinkan bayi untuk menggantung ke bawah, untuk mengurangi rasa sakit punggung selama proses persalinan.


Nah hal yang terpenting disini adalah, Menemukan bola persalinan yang tepat untuk Anda. Ukuran bola yang umumnya baik dengan ibu yang melahirkan adalah 65 cm. Ukuran ini dapat beragam tergantung pada ketinggian pengguna. Nah Anda bisa membuka link ini untuk mengetahui ukuran bola yang sesuai dengan tinggi badan Anda:


http://www.bidankita.com/index.php?option=com_content&view=article&id=185:berlatih-yoga-ball-untuk-tetap-fit-selama-kehamilan&catid=40:monthly-guide&Itemid=34


Merawat birthing ball Anda


Bola untuk melahirkan (birthing ball) dapat dengan mudah dibersihkan dengan sabun biasa dan air.  scrub semua bagian, tempatkan bola di bak atau shower, usap dengan menggunakan kain sabun, kemudian bilas.


Amati beberapa tindakan pencegahan sederhana untuk menjaga bola persalinan Anda. Jauhkan benda-benda tajam dari bola, dan tidak menyimpannya dalam suhu lebih dari 80 derajat karena panas dapat mengecilkan bola.


Saat menggunakan birthing ball, Jika Anda mengenakan kaus kaki atau sepatu, pastikan aman dan tidak-slip.


Hal yang terpenting saat melakukan “goyang inul” di birthing ball adalah jaga keseimbangan, Anda boleh melibatkan pasangan Anda untuk berdiri di depan atau belakang Anda, supaya mereka siap membantu Anda jika Anda kehilangan keseimbangan.


Birthing ball sebenarnya dapat menjadi alat penting yang dapat digunakan dalam berbagai posisi saat bersalin dan dapat menjadi alternatif penting di tempat tidur. Birthing ball menawarkan rentang yang lebih besar dari gerakan kursi dan sehingga memungkinkan ibu bersalin untuk tidak terlalu fokus pada kontraksi dan dapat dengan mudah melakukan perubahan posisi yang diperlukan. Menjadi bebas bergerak dapat meningkatkan aliran darah ke plasenta dan karena itu membantu mencegah gawat janin.


Berikut ini, Berbagai gerakan yang dapat Anda lakukan di atas Birthing ball:


1. Duduk di birthing ball


 


· Dengan lembut bergoyanglah maju mundur pada birthing ball atau “goyang inul” ini akan membantu meringankan rasa sakit kontraksi. · Dengan duduk lurus di atas bola maka gaya gravitasi bumi akan membantu janin atau bagian terendah janin untuk segera turun ke panggul. · Dengan duduk pada birthing ball dan bersandar di kursi di depan Anda maka memungkinkan Anda untuk bersantai dan memungkinkan pasangan Anda untuk menggosok punggung atau memijat sepanjang tulang belakang Anda bahkan melakukan endorphin massage di punggung Anda disela kontraksi selama proses persalinan. · Duduk di birthing ball memberikan dukungan perineum dan otot panggul tanpa tambahan banyak tekanan dengan demikian dapat merangsang dilatasi dan memperlebar outlet panggul.


2. Duduk di bola persalinan bersandar ke depan


 


· Duduk nyaman di atas bola dan membungkuk ke tempat tidur atau kursi adalah cara yang nyaman untuk beristirahat di antara kontraksi. · Posisi ini membantu mengurangi tekanan dari sendi sacroiliac. · Hal ini memungkinkan ibu untuk bersantai di kelompok otot tertentu


 


3. Berdiri bersandar di atas bola kelahiran


 


· Ketika bola ditempatkan di tempat tidur atau kursi ibu bisa bersandar ke atas bola


· Ini dapat membantu Anda untuk melakukan goyangan panggul dan mobilitas


· Posisi ini juga dapat mengurangi tekanan pada punggung, pinggang dan tulang ekor sehingga Anda tidak merasakan terlalu sakit


· Dengan berdiri kokoh dan posisi kaki terbuka maka ini akan meningkatkan gaya gravitasi sehingga kepala janin terbantu untuk semakin turun ke panggul


 


4. Berlutut bersandar di atas bola kelahiran


 


· Ibu bisa berlutut di atas bola di lantai, mendorong gerakan panggul yang mungkin membantu janin posterior berubah menjadi posisi yang benar untuk dilahirkan.


· Jika bayi Anda ditempatkan dalam posisi oksiput posterior (bagian depan) ibu bisa membantu memutar bayi dengan memposisikan dirinya berlutut di lantai dan bersandar di atas bola.


· Melakukan goyang inul atau goyangan panggul dalam posisi ini dengan menyelipkan panggul Anda, akan membantu meringankan sakit punggung selama kehamilan dan persalinan.


5. Jongkok bersandar di birthing ball


 


· Bola persalinan akan mendukung posisi ibu ketika jongkok untuk memperluas outlet panggul.


· Latihan jongkok berdiri dengan bola diantara punggung dan dinding dengan kaki sedikit lebih dari lebar pinggul, dapat membantu memperluas outlet panggul dan mempercepat turunnya bagian terendah janin serta membantu menguatkan kaki


 


 


Pedoman Latihan birthing ball Selama Kehamilan


American College of Obstetricians dan Gynecologists memiliki rekomendasi berikut tentang olahraga dan kehamilan – menghentikan latihan atau olahraga ini apabila Anda berada dalam situasi berikut:


1. Faktor risiko untuk persalinan prematur


2. Perdarahan per Vagina


3. Ketuban pecah dini


4. Serviks Incopetent


5. Janin Tumbuh lambat


Sedangkan bagi ibu hamil dengan kondisi berikut ini diharapkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke bidan atau dokter yang merawat:


1. hipertensi


2. diabetes gestational


3. riwayat penyakit jantung atau kondisi pernapasan (asma)


4. riwayat persalinan prematur


5. plasenta previa


6. preeklamsia


Kebanyakan ahli menyarankan agar Anda mematuhi panduan yang disarankan yaitu:


– Frekuensi : 3 sampai 5 kali per minggu


– Intensitas : Intensitas Sedang


– Waktu : Maksimum 40 menit per sesi


Nah semoga bermanfaat


Selamat mencoba


Salam Hangat


Bidan Kita


Sumber:


http://www.babycentre.co.uk/pregnancy/antenatalhealth/physicalhealth/using-a-birth-ball/


http://www.exercise-ball-exercises.com


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar