Cara Alami Untuk Meng-Induksi Persalinan

Cara Alami Untuk Meng-Induksi Persalinan

tanda persalinan biasanya langsung penasaran dan cari tahu bagaimana caranya agar sesegera Cara Alami Untuk Meng-Induksi PersalinanKetika kehamilan seorang ibu, usia kehamilannya menginjak 40 minggu dan belum ada tanda-tanda persalinan biasanya langsung penasaran dan cari tahu bagaimana caranya agar sesegera mungki ada tanda-tanda persalinan, dengan berbagai alasan dan yang terbanyak adalah takut nanti harus di SC. Karena banyak diantara klien saya yang sudah ditakut-takutin oleh dokter ahli kandungannya dan diberi “death line” tanggal untuk SC.


Apalagi ketika sang provider sudah mengeluarkan Statement “Kalau ada apa apa kami tidak tanggung jawab lho!” seperti yang saya tulis disini


http://www.bidankita.com/kami-tidak-tanggung-jawab-lho/


Maka sang ibu, ayah dan keluarga seringkali dibuat panik sehingga mengambil keputusan secara gegabah dan kurang bijak.


Lalu bagaimana solusinya? Mungkin salah satu alternatifnya adalah melakukan induksi secara medis dengan menyuntikkan pitocin IM/IV/Oral.


Namun tak ada salahnya juga Anda perlu tahu bagaimana caranya menginduksi persalinan secara alami, karena seperti kita tahu bahwa induksi medis memang ada resiko dan efek sampingnya baik untuk ibu maupun untuk janin.


Induksi Alami


Ini bisa dilakukan sejak 38 minggu usia kehamilan Anda, mengapa? Karena pada dasarnya usia 38 minggu janin udah Viable/mampu hidup dan sudah matang/matur dnegan melakukan induksi alamis ejak 38 minggu di harapkan saat usia kehamilan Anda menginjak 40 minggu maka Anda bisa melahirkan.


Berikut ini beberapa TIPS dan TRIKs untuk melakukan induksi alami dalam persalinan Anda:


Pertama dan Paling Penting adalah Relax!


Persalinan tidak akan mulai jika Anda sedang tegang, khawatir atau berusaha keras untuk memulai persalinan. Cobalah mandi air hangat dalam cahaya lilin. Anda bisa pergi ke tempat pijat profesional (SPA ibu Hamil misalnya, atau ke layanan kesehatan yang menyediakan Pregnancy Massage) dengan tujuan Anda dapat melakukan relaksasi.


Akupunktur dan akupresur, karena fokus pada bidang utama tubuh, juga membantu menginspirasi persalinan. Selain itu, beberapa wanita mengandalkan aromaterapi, khususnya aroma menenangkan dari clary sage/lavender, untuk bersantai.


Cobalah untuk melakukan sesuatu yang istimewa untuk diri sendiri setiap hari-terutama jika Anda melewati tanggal “due date”.


Anda bisa melakukan manicure, coba makan malam di sebuah restoran baru, melihat film favorit atau pergi keluar untuk membeli es krim bersama pasangan Anda. Yang penting buatlah kegiatan yang benar-benar membuat Anda bersantai dan rileks.


RILEKS adalah KUNCINYA



Kedua, Anda juga bisa mencoba visualisasi atau meditasi.



  • Tutup mata Anda dan mengambil beberapa napas dalam-dalam melalui hidung dan keluar melalui mulut Anda.

  • Dapatkan konektivitas/hubungan dengan tubuh Anda (focus pada tubuh Anda), mulai dengan jari-jari kaki Anda sampai wajah Anda.

  • Bayangkan sebuah bunga yang hendak mekar, membuka perlahan tiap kelopaknya, ketika Anda bernapas masuk dan keluar.

  • Bayangkan wajah dan bentuk bayi Anda dan bayangkan dia dilahirkan dengan lembut dan damai.


Tidak hanya teknik bersantai/rileks saja yang Anda perlukan, namun memakai pikiran / koneksi tubuh. Melakukan visualisasi bayi yang lahir, bisa menjadi cara alami untuk memperlancar persalinan yang Anda butuhkan.


Ketiga, SEKS


Seks adalah trik yang paling terkenal lumayan Ampuh untuk memulai persalinan. Semen yang terkandung dalam sperma mengandung prostaglandin, sebuah hormone alami yang mampu menginduksi persalinan, karena dia dapat berfungsi untuk mematangkan dan melunakkan leher rahim Anda.


Jika Anda menggunakan teknik ini, jangan segera bangun dan mengangkat pinggul Anda untuk membantu air mani tetap pada leher rahim. Hal ini akan membantu untuk menipiskan dan melebar jalan lahir.


Namun, pada akhir kehamilan, banyak perempuan yang tidak mood untuk berhubungan. Padahal sebenarnya sederhana kok, buatlah kegiatan yang penuh kasih yang merupakan bagian dari foreplay normal yang akan membantu Anda membangkitkan Mood dan gairah.


Female orgasme telah dikenal mampu untuk membuka leher rahim hingga dua sentimeter. Anda juga dapat meminta pasangan Anda untuk merangsang puting susu Anda dengan lembut, atau meletakkan sebuah handuk kering yang hangat sekitar satu atau dua menit dan letakkan di payudara Anda. Ini mendorong pelepasan oksitosin.


Namun Jangan lakukan ini terus-menerus. Untuk beberapa wanita, kontraksi dimulai dalam waktu 20 menit setelah melakukan hal ini. Jika setengah jam atau lebih berlalu, berhenti dan mungkin mencobanya lagi lain hari.


Keempat, “Bump” atau “Swing” untuk bersalin


Ada juga trik yang melibatkan “bumping” atau “ayun” bayi ke dalam panggul. Ini termasuk anda melakukan ayunan di taman. Anda juga dapat mencoba mengendarai mobil di jalan bergelombang. Namun lakukan dengan lembut jangan sampai melompat-lompat lho! Yang pasti kegiatan ini bisa untuk mermacu bagian terendah janin turun ke dasar panggul.


Ke lima, Jalan kaki


Jalan kaki atau perlahan-lahan mengayuh sepeda mungkin mulai kontraksi. Posisi tubuh tegak akan menempatkan tekanan pada leher rahim, yang dapat mendorong untuk turun dan kontraksi.


Pastikan untuk minum banyak cairan, mempertahankan suhu tubuh Anda dan dengarkan tubuh Anda. Jika tubuh Anda lelah atau memberitahu bahwa Anda harus berhenti-ya dengarkan!


Keenam, Berbicara dengan Bayi Anda


Studi terbaru menemukan bahwa bayi mulai siklus hormon yang kompleks saat persalinan. berbicar dan pastikan dia merasa diterima.


Katakan padanya pada bayi yang masih di kandungan memang seolah-olah Anda melakukan hal yang konyol (masak berbicara sendiri?) namun ini ternyata sangat penting, lakukan sambil relaksasi dan katakana pada bayi Anda tentang harapan dan impian untuknya.


Ini akan menciptakan beberapa kenangan indah dan memberikan Anda kesempatan untuk membangun ikatan dengan bayi Anda saat Anda mencoba cara alami untuk menginduksi persalinan.


Ketujuh, Diet Penambahan


Ada juga diet perubahan yang mungkin akan tidak merangsang kontraksi, tetapi akan membantu melunakkan leher rahim Anda. buah-buahan tropis seperti kiwi, mangga dan nanas mengandung enzim yang dapat menyebabkan kontraksi ringan.


Red raspberry daun teh juga bisa memendekkan leher rahim dan ini sangat bagus bagi perempuan pada setiap tahap siklus reproduksi mereka. Penting bagi Anda untuk memastikan Anda tidak alergi terhadap salah satu dari mereka.


Beberapa wanita melaporkan bahwa makan makanan pedas juga telah membantu merangsang kontraksi. Jika tidak memberikan gangguan pencernaan, mungkin iini bisa menjadi cara alternative yang membantu.


Kedelapan, Lakukan Accupresure


Ini adalah cara yang sangat alami dan aman untuk merangsang adanya kontraksi. Karena dengan menekan titik-titik tertentu dalam tubuh seorang wanita , ini dapat merangsang adanya kontraksi. Lakukan dan minta bantuan ahlinya.


Ini beberapa point pada kaki Anda



Sedangkan ini dilakukan di bahu dan punggung Anda



Kesembilan, lakukan Endorphin Massage


Pijatan secara alami ini akan dapat membantu Anda merangsang munculnya oksitosin dan endorphin sekaligus sehingga kontraksi dapat dimulai.


Kesepuluh, Lakukan pelvic rocking dan birthing ball


Cara perawatan pijat alami ini juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil dengan melakukan hal ini Anda akan membantu bagian terendah janin segera masuk ke dasar panggul Anda.


Referency:



  • Natural Pregnancy: A Practical, Holistic Guide to Wellbeing from Conception to Birth is an in-depth view on the more natural ways to approach pregnancy and childbirth.

  • The founder of the Midwives Alliance of North America wrote Ina May’s Guide to Childbirth . It shares many methods and personal stories, and also imparts the importance of the mother’s positive mindset toward pregnancy and delivery.

  • Discovery Health has a comprehensive pregnancy center to find more facts and resources.


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar