Cara berkomunikasi dengan dokter Kandungan

Cara berkomunikasi dengan dokter Kandungan

Mengikuti Kelas persiapan melahirkan adalah tempat yang ideal untuk belajar tentang pilihan Anda dalam melahirkan. Karena dengan mengikuti kelas ini Anda dapat menanyakan berbagai hal seputar kehamilan dan persiapan persalinan Anda nanti.


Idealnya, Anda memiliki hubungan positif dengan dokter Anda sejak awal kehamilan.  Membangun hubungan yang positif dan rasa percaya dengan Anda dokter kendungan sangatlah penting. Karena dnegan adanya hubungan baik dan rasa percaya, Anda akan merasa semakin tenang dan kunci untuk memiliki pengalaman melahirkan yang positif adalah adanya rasa percaya antara Anda dan dokter- bahkan jika sesuatu tidak berjalan persis seperti yang Anda mungkin harapan, dengan adanya rasa saling percaya maka semuanya akan terasa nyaman


Berikut adalah beberapa tips untuk berkomunikasi dengan dokter Anda:


1. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan


Jika dokter kandungan Anda bertanya “Apakah Ada pertanyaan?” Pada pertemuan berikutnya, jawaban Anda harus “ya!” Beberapa dokter kandungan menyediakan banyak waktu dengan pasien, namun banyak juga yang hanya memiliki sedikit waktu untuk konsultasi dnegan kliennya. Pastikan untuk mengajukan pertanyaan – anda bisa membuat checklist daftar pertanyaan dahulu sebelumnya sehingga Anda bisa menanyakan kepada dokter saat periksa!


Beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan mungkin seperti ini:


– Bagaimanakah pengalaman Anda dengan persalinan normal, persalinan alami (bebas dari obat sakit)?


– Seberapa banyak pasien yang di induksi di RS tempat Anda bekerja?


– Seberapa banyak pasien yang di lakukan epidural di RS tempat Anda bekerja?


– Berapa banyak pasien yang dilakukan SC?


– Apakah pernah menangani pasien dengan VBAC (melahirkan normal setelah sebelumnya pernah melahirkan SC)?


– Apakah protokol atau prosedur yang Anda lakukan apabila ketuban pecah duluan sebelum persalinan saya dimulai?


2. Ingatkan diri Anda untuk mengajukan pertanyaan


Apabila pertanyaan Anda muncul ketika Anda barusaja keluar dari ruang periksa, maka catatlah di ponsel, atau notebook kecil Anda dan simpan pertanyaan tersebut untuk pertemuan berikutnya. Banyaklah membaca baik dari buku maupun dari internet. Apabila ada yang kurang Anda pahami silahkan catat pertanyaannya dan tanyakan pada pertemuan berikutnya.


3. Jangan tunggu sampai persalinan


Mengambil dan mengikuti kelas melahirkan. Tour ke rumah sakit bahkan ruang persalinan dan temukan yang paling sreg dan paling nyaman bagi Anda untuk persiapan persalinan nanti. Membaca buku-buku yang baik tentang kelahiran. Bicaralah dengan ibu-ibu lain tentang pengalaman mereka. Mulai mencari tahu bagaimana mencapai sebuah pengalaman persalinan seperti yang Anda inginkan – dan membicarakannya dengan dokter Anda. Bahkan jika Anda menginginkan dokter tersebut mendampingi Anda dalam persalinan, Anda harus berkomunikasi dengan lebih intens. dan Anda harus mencari dokter cadangan apabila ternyata ketika hari H ternyata dokter kepercayaan Anda berhalangan mendampingi Anda.


5. Ingat, Anda hanya akan memiliki pengalaman ini sekali


Bahkan jika Anda masih ingin memiliki lebih banyak bayi, Anda hanya mendapatkan satu kesempatan ini, jadi persiapkan sebaik-baiknya agar Anda memiliki pengalaman persalinan yang menyenangkan.


Salam hangat


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar