Cara Memilih Rumah Sakit yang Mendukung Persalinan Normal Alami

Cara Memilih Rumah Sakit yang Mendukung Persalinan Normal Alami

Berbicara tentang proses persalinan dan kelahiran lagi-lagi saya akan selalu mengatakan bahwa tubuh seorang wanita sudah di rancang sangat sempurna untuk melahirkan secara normal alami. 90% dari proses persalinan adalah persalinan normal walaupun memang akhir-akhir ini angka itu kadang terbalik menjadi 90% persalinan SC atau dengan tindakan (Vacum, Forcep, Epidural atau induksi) dan ini sering terjadi di kota-kota besar. Memang sangat di sayangkan. Namun itulah kenyataannya. Semakin lama semakin kita kesulitan mencari Rumah Sakit yang benar-benar mendukung proses persalinan normal apalagi dengan filosofi GENTLE BIRTH. Wah di Indonesia masih bisa dihitung dengan jari.


Nah sebagai konsumen tentu saja Anda harus jeli. Jika Anda ingin memiliki proses kelahiran atau persalinan yang alami dirumah sakit, satu hal penting yang harus Anda lakukan adalah memilih rumah sakit dengan bijak. Ini berarti bahwa Anda harus memilih sebuah rumah sakit yang kebijakan yang tidak bertentangan dengan keinginan Anda untuk memiliki proses persalinan yang alami di rumah sakit.


Cara mencari Rumah Sakit yang mendukung persalinan normal alami


Katakanlah Anda memiliki 3 dokter kandungan untuk dapat dipertimbangkan. Perlu Anda ketahui setiap dokter biasanya praktek di 3 rumah sakit. Jadi jika Anda mempunya 3 dokter obsgyn berarti ada 9 rumah sakit/rumah bersalin yang bisa di pakai untuk bahan pertimbangan. Nah mulailah mewawancarai mereka. Memang agar repot, namun demi mendapatkan yang terbaik mengapa tidak?


Atau Anda mungkin bertanya, apakah ada cara untuk mempersempit ‘calon rumah sakit’ sehingga anda hanya wawancara 3 rumah sakit saja, misalnya. Jawabannya adalah ya. Anda Anda akan membutuhkan rekomendasi dari orang-orang yang sebelumnya pernah melahirkan di rumah sakit tersebut.


Sekarang, di mana anda dapat menemukan orang-orang ini? Ada beberapa cara untuk menemukan orang-orang ini:


– Di kelas Ibu hamil/Kelas persiapan persalinan. Seorang bidan atau dokter yang memberikan pendidikan persiapan melahirkan di kelas yang menekankan pada melahirkan/persalinan normal biasanya tahu siapa dan rumah sakit mana yang mendukung persalinan normal alami.


– Kelompok atau group di jejaring social, saat ini sudah semakin banyak group atau mailing list yang membahas tentang gentlebirth di harapkan dengan adanya group ini bisa saling menguatkan dan mendukung keinginan Anda untuk mengalami persalinan normal.


Memilah dan Memilih Rumah Sakit


Berikut adalah beberapa hal yang harus meminta rumah sakit sebelum memutuskan rumah sakit yang tepat bagi Anda untuk memiliki rumah sakit kelahiran alami:


1. Hindari Rumah Sakit yang punya kebijakan untuk melakukan pemantauan janin elektronik terus menerus dan hidrasi intravena rutin (infuse rutin).  Karena ketika Anda harus dilakukan pemantauan elektonik janin dan infuse rutin, maka secara otomatis Anda tidak mempunyai kebebasan untuk bergerak. Padahal ibu yang hendak bersalin harus dibiarkan bergerak bebas dan menemukan posisi yang nyaman untuk persalinannya dia sehingga proses persalinan dapat berjalan dengan lancar. Ketika tubuh Anda harus terpasang sistem pemantauan janin elektronik, digabungkan dengan hidrasi intravena secara terus menerus dengan posisi bedrest, maka ini justru dapat membuat persalinan kurang efektif, sehingga mereka meningkatkan kemungkinan dilakukan SC. Karena itu, jika Anda ingin memaksimalkan kesempatan Anda untuk memiliki proses persalinan tanpa pengobatan atau persalinan alami di RS, maka mulailah mencari rumah sakit yang mendukung persalinan normal.


2. Kebijakan-kebijakan RS untuk bisa mengkonsumsi makanan selama persalinan.Sebagian besar rumah sakit tidak akan membiarkan hal ini, ketika Anda berada di ruang bersalin Anda biasanya hanya menemukan bed, dan alat-alat tidak ada makanan dan minuman. Padahal ibu bersalin perlu sering minum untuk rehidrasi, semakin dia dehidrasi proses persalinan akan semakin lama. Untuk itu  Jika Anda tahu Anda tidak akan bisa makan dan minum di ruang bersalin di rumah sakit, pastikan Anda makan makanan yang cukup selama persalinan awal di rumah (kala 1) dan tinggallah di rumah selama yang Anda bisa sehingga Anda akan berada di rumah sakit untuk waktu sesingkat mungkin .


3. Kebijakan-kebijakan RS mendorong atau mengatur posisi tertentu saat mengejan/saat bersalin. Tanyakan apakah Anda akan diizinkan untuk mengejan selagi berjongkok, atau posisi lainnya (berdiri, nungging, duduk).


4. Kebijakan-kebijakan Rumah Sakit tentang induksi. Cari tahu apa saja indikasi dari induksi menurut kebijakan rumah sakit tersebut..


5. Kebijakan-kebijakan Rumah Sakit tentang pemecahan air ketuban untuk mempercepat persalinan.  Jangan pergi ke rumah sakit di mana ini adalah merupakan prosedur rutin.


6. Apakah mungkin untuk melahirkan normal setelah cesar (VBAC) jika Anda sebelumnya melahirkan dengan c-section dan tertarik untuk mencoba bersalin normal kali ini.


7. Jika Anda lebih suka melahirkan di air, pastikan bahwa rumah sakit memiliki bak air.


8. Tanyakan tentang prosedur penundaan pemotongan tali pusat atau bahkan lotusbirth di RS tersebut. Dan bagaimana pandangan mereka


9. Mintalah data berapa banyak atau berapa tingginya tingkat Sc, kelahiran normal dan induksi di RS tersebut.


Setelah Anda menyelesaikan bagian dari wawancara ini, Anda akan memiliki gambaran tentang bagaimana rumah sakit yang Anda tunjuk ini dalam menangani proses persalinan


Tapi ingat Anda belum selesai dengan prosedur wawancara lho. Sekarang Anda mungkin ingin tahu bagaimana rumah sakit tersebut menangani bayi baru lahir, terutama jika Anda tidak ingin dipisahkan dari bayi Anda, dan apakah rumah sakit mendukung Anda menyusui sesegera mungkin setelah melahirkan (IMD), ASI Eksklusif, maupun Rawat gabung. Rumah Sakit Terbaik adalah Rumah sakit yang juga mendukung ASI dan rawat gabung


Memilih rumah sakit terbaik untuk melahirkan secara alami di kota Anda dan dokter kandungan yang pro normal adalah penting jika anda ingin memiliki proses persalinan alami di rumah sakit.


Memilih Rumah Sakit Yang Mendukung, IMD, ASI Eksklusif dan rawat gabung


Berikut adalah hal yang perlu dipertimbangkan:


1. Apakah rawat gabung dengan bayi diperbolehkan di rumah sakit. Rawat gabung di rumah sakit adalah penting untuk meningkatkan ikatan ibu-bayi.


2. Apakah rumah sakit adalah mendukung ASI eksklusif dan apakah konsultan laktasi tersedia. Mulai cari tahu apakah rumah sakit secara rutin memberikan susu formula untuk bayi. Hindarilah jika memang demikian kenyataannya.


3. Cari tahu tentang kebijakan penanganan bayi baru lahir di Rumah Sakit. Tanyakan apakah mungkin untuk pemeriksaan bayi yang baru lahir dilakukan dekat dengan Anda.Tanyakan apakah orangtua diijinkan untuk menghabiskan waktu dengan bayi tanpa bayi harus segera dibawa pergi untuk dirimbang atau bahkan di mandikan. Jika Anda memiliki keberatan atas beberapa prosedur rutin baru lahir (circumcission, vitamin K, dan sebagainya), pastikan untuk menanyakan rumah sakit apakah mereka akan memberikan pengecualian.


4. Jika Anda punya risiko tinggi untuk persalinan prematur dan komplikasi lain yang dapat mempengaruhi bayi Anda, pilih rumah sakit dengan unit perawatan intensif neonatus (NICU).


5. Selain itu, ketika memilih rumah sakit terbaik untuk melahirkan, Anda mungkin ingin mengetahui apakah rumah sakit memperbolehkan keluarga dan teman-teman dapat hadir selama persalinan, kelahiran dan seterusnya


Wisata Rumah Sakit / Hospitality Tour


Sekarang Anda telah selesai dengan wawancara dan investigasi dalam rangka mencari rumah sakit terbaik untuk melahirkan yang juga mendukung ikatan IMD, Anda dapat mempersempit pilihan Anda dengan melakukan wisata ke 2 atau 3 rumah sakit pilihan Anda.


Jika anda berencana melahirkan di rumah sakit, saya sarankan Anda untuk memanfaatkan kesempatan ini sebelum memutuskan dimana tempat Anda melahirkan nanti untuk alasan-alasan berikut:


– Untuk mengintip ruang persalinan dan ruang postpartum. Lingkungan di mana Anda akan melahirkan memainkan peran dalam menentukan efektivitas persalinan Anda dan menentukan apakah Anda akhirnya akan mendapatkan kelahiran alami yang Anda inginkan. Jika Anda merasa nyaman dengan lingkungan di sekitar Anda, maka persalinan Anda akan lebih lancar. Karena transisi dari rumah ke rumah sakit dengan sendirinya sudah membuat Anda cukup stres, adalah ide yang baik untuk memilih rumah sakit dengan lingkungan dan suasana yang nyaman di ruang melahirkan.Ketika Anda diperbolehkan untuk berwisata di rumah sakit tersebut, tanyakan apakah itu dibolehkan untuk membawa barang-barang dari rumah untuk membuat anda merasa lebih nyaman, misalnya: CD atau kaset musik favorit Anda, sesuatu untuk membuat ruangan bau akrab bagi Anda, bantal atau guling kesayangan dan sebagainya.


Nah demikianlah beberapa tips atau saran yang bisa saya sampaikan bagi Anda yang ingin merasakan indahnya persalinan alami di rumah sakit.


Good luck


Salam Hangat


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts