Delapan Cara untuk Meningkatkan Keselamatan dan Kenyamanan saat Melahirkan

Delapan Cara untuk Meningkatkan Keselamatan dan Kenyamanan saat Melahirkan

Selamat! Anda akan punya bayi. Atau mungkin Anda berpikir untuk menjadi hamil. Tidak pernah terlalu dini untuk mulai merencanakan untuk kehamilan dan kelahiran yang damai, aman, sehat. Di seluruh dunia, perempuan mempunyain memori bahwa melahirkan adalah proses alami, fisiologis normal. Perempuan memberdayakan diri mereka sendiri untuk memungkinkan kehamilan dan kelahiran terjadi dalam cara yang damai, nyaman, mencintai, bahkan suci.


 


Artikel ini akan menyarankan delapan cara untuk meningkatkan kenyamanan dan kesehatan Anda saat Anda sedang hamil dan ketika Anda “membawa” anak Anda yang berharga ke dunia. Ambil waktu beberapa saat untuk membaca setiap saran.



1. Mendidik diri sendiri.


Ingat pengetahuan itu penting dan bahkan KUNCI untuk mencai kehamilan dan persalinan yang nyaman. Karena ketika Anda tidat tahu menahu tentang kehamilan dan persalinan/kelahiran Anda akan semakin tidak bisa “connect” dengan diri dan tubuh Anda. Dan ketika itu terjadi maka yang ada adalah rasa takut, cemas, khawatir. Dan ketika selama hamil dan proses persalinan pikiran Anda diliputi rasa takut maka semuanya tidak akan berjalan dengan lancar. Ayo mulai BACA. Cobalah untuk merumuskan pendapat tentang bagaimana melahirkan dipandang oleh profesi medis dan bagaimana Anda melihatnya dari kacamata Anda sendiri. Berbicara dengan wanita yang telah melahirkan secara alami. Luangkan beberapa menit membayangkan bagaimana proses persalinan yang “sempurna” untuk Anda dan bayi Anda, dan apa yang diperlukan atau apa yang harus Anda pelajari dan persiapkan untuk memiliki pengalaman itu. Kembangkan daftar pertanyaan dan tanyakan kepada dokter, perawat, atau bidan agar mereka dapat menjawab dan menjelaskan secara detail kepada Anda. Salin artikel ini atau artikel –artikel lain yang sekiranya penting dan dapat dijadikan bahan diskusi lalu membawanya ke pertemuan prenatal Anda berikutnya.


Ingat bahwa penyedia layanan kesehatan adalah orang-orang yang memiliki keahlian medis mereka, namun juga sibuk sehingga kadang mereka hanya berkutat pada rutinitas dan tidak atau belum berkembang sesuai dengan perkembangan asuhan pelayanan yang berkembang saat ini. Contoh nyata saja, kita tahu bahwa hypnobirthing sangatlah penting untuk dipelajari ibu hamil dan juga bidan serta dokternya seharusnya semua ibu yang hendak bersalin didampingi dnegan metode hypnobirthing namunkenyataannya banyak bidan atau dokter yang belum tahu tentang apa itu hypnobirthing. Ini dikarenakan mereka masih ketinggalan informasi karena rutinitas yang begitu menyita waktu mereka.


2. Pilih penyedia layanan kesehatan Anda dengan hati-hati.


· Setelah membaca, berbicara dengan ibu baru di daerah Anda, saling sharing tentang jenis kehamilan dan perawatan kelahiran yang Anda inginkan, wawancara calon penyedia layanan kesehatan tentang perawatan. Jangan memilih provider hanya karena mereka dekat, atau anggota keluarga Anda pernah dia tolong. murah atau alasan-alasan lainnya. Anda harus jeli memilih provider yang pas untuk Anda.


· Pilih dokter, perawat, atau bidan yang akan mendukung keinginan Anda. Bicara ke banyak atau beberapa provider untuk mendapatkan rasa perbedaan dalam kepribadian dan pendekatan dalam memberikan pelayanan kepada ibu yang hendak melahirkan.


· Menulis rencana melahirkan (birth plan) dan mendiskusikannya dengan provider tentang prospektifnya. Ingat bahwa penyedia layanan kesehatan adalah manusia, sama seperti Anda. Jadi pasti ada yang “cocok” dan juga ada yang “kurang cocok” dengan Anda. Yang terpenting saat ini adalah cobalah untuk memberdayakan diri Anda untuk memiliki kelahiran yang Anda inginkan, sementara yang lain biarlah mereka melakukannya dengan cara mereka.


· Mempertimbangkan untuk melahirkan di rumah. Dokter dan perawat ang mau melayani untuk melahirkan di rumah memiliki keahlian sama seperti mereka yang bekerja di rumah sakit. Mereka membawa peralatan darurat, sehingga jika perlu atau ada situasi khusus maka Anda dan bayi Anda dapat diangkut ke rumah sakit.


· Menyewa bidan dan / atau doula. Doula bukan penyedia layanan medis: mereka hadir semata-mata untuk menjadi advokat dan orang yang mendukung. Periksa dengan rumah sakit atau lembaga rumah kelahiran untuk memastikan doula Anda akan diizinkan untuk tinggal bersama Anda setiap saat. Jika Anda memilih bidan, jangan lupa untuk mewawancarai dia.


· Pertimbangkan untuk melahirkan bayi dalam air. Air adalah lingkungan yang sangat menenangkan untuk persalinan.  Pastikan untuk meminta penyedia layanan kesehatan Anda jika mereka mendukung Anda dalam hal ini dan apakah mereka memiliki bak khusus untuk melahirkan dan bersedia untuk menggunakannya.


3. Makan makanan yang sehat bdan bergizi seimbang


Wanita hamil makan untuk dua orang, tetapi bayi Anda tidak membutuhkan kalori sebanyak orang dewasa. Jangan gunakan kehamilan Anda sebagai alasan untuk makan makanan junk food.  Mulailah mengkondumsi makan organic, Pastikan Anda mendapatkan jumlah yang cukup dari asam lemak esensial, Konsumsilah juice setiap hari, jus sayuran drgsr adalah sumber nutrisi. Hindari kafein dan alcohol.


4. Kendalikan emosi Anda.


Mengakui dan melepaskan kecemasan, ketakutan, atau emosi lain yang bisa dipicu selama persalinan dan mengganggu proses persalinan alami. EFT (emotional Freedom Technique), TAT dan relaksasj adalah cara yang sederhana, efektif untuk melepaskan emosi atau masalah yang mengganggu Anda.


5. Belajarlah untuk rileks.


Dr Grantley Dick-Read, seorang dokter Inggris pada tahun 1930-an, menciptakan istilah “fear factor sindrom.”  ini berarti bahwa perempuan dalam persalinan bisa menjadi takut seperti takut akan rasa sakit, rumah sakit, takut jika ada sesuatu yang salah dengan bayi, dll Ketakutan memicu respon fight-or-flight stres, yang membuat tubuh berpikir sedang diserang. Hal ini memperlambat proses sehingga perempuan bisa melawan atau melarikan diri dari ancaman, sehingga kontraksi justru tidak efektif dan proses persalinan terhambat.


Rasa takut selama persalinan biasanya tidak dirangsang oleh bahaya fisik yang sebenarnya, tetapi oleh kecemasan internal seperti takut jarum, takut di jahit atau pemikiran tentang proses persalinan yang menyakitkan. Respon fight-or-flight menciptakan ketegangan dalam tubuh, yang menciptakan rasa sakit. Rasa sakit menimbulkan rasa takut yang lebih, yang menciptakan lebih banyak ketegangan, lebih sakit … dan seterusnya.


Apa cara terbaik untuk belajar bagaimana untuk bersantai? Favorit saya adalah Hypnobirthing sebuah kelas yang dirancang untuk mengajarkan wanita untuk bersantai begitu dalam sehingga tubuhnya benar-benar rileks dan tenang selama persalinan. Saya telah melihat ibu dalam persalinan yang begitu damai saat melahirkan, mereka terlihat seperti mereka sedang tidur. Dan semua berjalan dengan lancar


Yoga, meditasi, bernapas dalam, dan metode relaksasi lainnya yang indah untuk mengajar tubuh untuk tetap tenang.  berikut ini adalah beberapa manfaat apabila Anda santai ketika melahirkan :


§ Sebuah persalinan aman bagi ibu dan bayi


§ Lebih nyaman melahirkan dan mungkin persalinan yang lebih pendek (durasinya)


§ Mengurangi kebutuhan obat anesthesia


§ Mengurangi kasuas presentasi sungsang


§ Mengurangi komplikasi


§ Seorang ibu tetap terjaga, segar, dan berenergi saat melahirkan


§ Lingkungan, melahirkan menjadi lebih tenang damai



6. Perhatikan Bahasa Anda


Bahasa adalah hal yang rumit. Di satu sisi, masyarakat memberikan arti yang jelas kata-kata sehingga orang dapat berkomunikasi satu sama lain. Kata-kata tampaknya didefinisikan dengan baik dan tidak ambigu. Di sisi lain, banyak kata memiliki konotasi emosional yang halus yang kadang secara tidak sadar menyinggung dan terekam di bawah sadar menjadi sugesti negatif.


Pikirkan tentang kata “kontraksi.” Semua orang memahami bahwa ini adalah tindakan yang dilakukan oleh otot-otot rahim selama persalinan. Tapi apa tentang makna emosional yang mendasari? Ucapkan kata ini beberapa kali dengan keras. Lalu kalukan kontraksi di bahu dan dada. Rasakan efek dalam tubuh Anda. Kontraksi memegang energi ketakutan dan penarikan. Ini mengandung makna emosional yang halus dan tersamar. Selain itu secara tidak sadar kata “kontraksi” sering kali identik dengan rasa ketidaknyamanan. Ini mempengaruhi Anda dan bayi Anda setiap kali Anda mendengar atau mengatakan itu, apakah Anda menyadari efek. Apakah ini jenis energi yang Anda ingin bayi Anda rasakan saat melahirkan? Akan sangat berbeda efeknya apabila Anda mengganti kata kontraksi menjadi gelombang alami rahim.


Semua kata itu memiliki potensi untuk mempengaruhi orang-orang pada tingkat bawah sadar. Penyampaian kata-kata yang kasar atau tidak sopan pada ibu yang bersalin akan sangat mempenbgaruhi pikiran bawah sadar mereka


Sadarilah bahwa semakin sering Anda mengulangi kata-kata atau pikiran, semakin besar efek pada tubuh dan pikiran bawah sadar. Jika Anda berpikir atau berbicara terus-menerus tentang ketakutan Anda bahwa Anda mungkin perlu bedah Caesar, Anda mungkin menyiapkan harapan di bawah sadar bahwa Anda AKAN membutuhkan tidankan SC. Jangan menilai diri sendiri jika Anda telah menciptakan jenis afirmasi negatif: cobalah untuk mengendalikan emosi Anda, lepaskan mereka, dan ulangi afirmasi positif yang membuat harapan tentang melahirkan yang indah dan damai.


Mulailah menggunakan kata-kata lembut dan afirmasi positif. Perhatikan perbedaan dalam pikiran dan tubuh Anda. Anda akan menyukai perubahan tersebut!


7. Olahraga


Lakukan olahraga yang sehat bagi wanita hamil dan bayi mereka. Menurut penelitian , ibu hamil yang berolahraga tiga atau empat kali seminggu tampaknya memiliki kesempatan terbaik untuk memiliki bayi dengan berat badan yang ideal dan sehat. lakukan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, renang dan yoga.


Mulailah dengan 15 sampai 20 menit lalu lakukan olahraga selama 30 sampai 45 menit. Berjalanlah minimal 3-4 kali seminggu. .


8. Percaya!


Percayai kekuatan tubuh dan bayi Anda itu sangat penting. Pentingnya koneksi antara tubuh jiwa dan pikirtan ketika melahirkan itu dibutuhkan. Seringkali ibu merasakan kecemasan tiba-tiba menyeruak ketika muncul gelombang alami rahim. Ada rasa tidak nyaman ada rasa ingin segera berakhir ada rasa dimana waktu seolah-olah berjalan mundur atau berjalan sangat lambat. Itu semua wajar sekali namun cobalah untuk tetap focus pada tubuh dan bayi Anda. Ketika gelombang rahim itu hadir saatnya Anda menutup matadan terfokus pada pernapasan, berikan sugesti positif dan visualisasikan bayi anda segera laghir dengan normal dan lancar. Ketika Anda ingin istirahat..istirahatlah..yang penting ikuti irama tubuh Anda.


Nah demikianlah 8 cara untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan saat melahirkan.


Cobalah untuk memulainya sedari sekarang. Sedini mungkin. Mari berdayakan diri Anda.


Semoga bermanfaat


Salam Hangat


Yesie


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts