Essential Oil / Aroma Therapy untuk ibu hamil dan melahirkan

Essential Oil / Aroma Therapy untuk ibu hamil dan melahirkan

Siapa sich yang tidak suka wangi wangian? Kurasa semua orang suka, termasuk saya.


Sudah lama saya tertarik dengan essential oil namun baru beberapa minggu ini saya mencoba untuk belajar mendalaminya dengan membeli berbagai buku tentang essential oil dan mencoba berbagai produk tentang essential oil bahkan sudah lama (sejak bidan kita berdiri) selalu menggunakan aroma therapy sebagai pewangi ruangan entah dalam bentuk stick atau minyak.


Mengapa saya suka hal seperti itu? Karena saya suka SPA! Lho apa hubungannya dengan SPA? Saat setiap kali saya masuk ke klinik SPA baru masuk ruangan saja, yang saa rasakan adalah “Adhem” & “Calm” & “damai”….tak ada kesan horor. Yang ada hanya rileks dan nyaman. Dan itu pula yang ingin saya rasakan setiap kali saya masuk ke klinik saya. Saya bisa merasakan nyaman, merasakan damai dan tenang. Kalau saya sebagai pemiliknya saja merasakan energi positif tentunya klien dan pengunjung bidan kita akan merasakan hal yang sama bukan?


Kehamilan adalah sebuah proses yang sangat menarik (dan kadang-kadang tak terduga !) Dan itu adalah masa dimana terjadi perubahan emosional dan fisik yang sangat besar. Hingga seringkali dirasakan ada beberapa ketidaknyamanan kecil , dan aromaterapi sangatlah membantu ! Nah kali ini saya akan berbagi tentang essential oil yang aman bagi ibu hamil dan ibu bersalin/melahirkan.


 


terapi minyak esensial/essential oil /minyak atsiri adalah bagian harum dari tanaman yang memiliki sifat yang dapat membantu kita secara fisik dan emosional. Cara yang paling populer untuk menggunakan minyak ini adalah melalui pijat, dan ini meningkatkan efek dari minyak dengan sangat tubuh dan pikiran santai , tapi minyak juga dapat digunakan dalam beberapa cara lain dan masih menghasilkan keuntungan yang besar. Keamanan : Sebagian besar essential oil aman untuk digunakan pada dosis yang tepat , namun HINDARI jenis essential oil berikut selama kehamilan : Basil , Kamper , Hyssop , Pennyroyal , Sage , Savoury , Thuja , Wintergreen . Jika Anda khawatir tentang keamanan dalam menggunakan minyak esensial , Anda bisa mulai menggunakannya setelah tiga bulan .


Essential oil dapat bekerja di dalam tubuh dengan beberapa cara yang berbeda antara lain:


1. Pijat /Massage


Pijat / massage sangat membantu mengurangi stress dan ketegangan, pijat juga dapat membuat seseorang menjadi jauh lebih rileks dan membuat otot otot menjadi lebih nyaman dan lembut.


Ketika Anda menggunakan essential oil untuk massage, tambahkan minyak pembawa atau carrier oil seperti minyak almond, minyak jojoba, atau minyak kelapa murni (virgine cocconut oil) sebagai campuran sebelum menggunakannya sebagai minyak pijat.


2. Mandi menggunakan Aroma (Aromatic Baths)


Mandi menggunakan aroma merupakan bagian penting dalam aromatherapy, karena ini bisa digunakan sebagai detoksifikasi dan sangat menyegarkan ketika di gunakan saat mandi di pagi maupun sore hari. Bahkan ketika digunakan di malam hari ini dapat sangat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas tidur Anda juga mengurangi rasa ketidak nyamanan di dalam tubuh.


Caranya pun mudah sekali cukup campurkan 2 -4 tetes essential oil ke dalam air hangat yang Anda gunakan untuk mandi kemudian berendamlah selama 15 menit. Nikmati aroma yang ada dan biarkan bekerja di dalam tubuhmu.


3. Kompres /Compresses


Kompres adalah salah satu treatment yang luar biasa saat Anda mengalami rasa ketidak nyamanan. Kompres juga dapat membuat otot otot menjadi rileks dan nyaman.


Untuk radang yang mendadak atau acute inplammation seperti sakit kepala, bengkak, kesleo Anda bisa menggunakan kompres dingn, sedangkan untuk sakit pinggang, sakit otot, sakit saat melahirkan, anda bisa menggunakan kompres panas atau hangat. Nah essential oil dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk kompres tersebut.


4. Di Hirup / Inhalations


Ada banyak cara dimana Anda bisa menggunakan alat inhalasi, atau bisa juga hanya dengan menggunakan tissue atau saputangan.


5. Untuk Pengharum ruangan dan memurnikan udara / purify the air


Essensial oil bisa juga digunakan untuk mengharumkan ruangan bisa dengan menggunakan air panas dimana Anda tinggal meneteskan 2-6 tetes essential oil di mangkuk yang berisi air panas dan membiarkan uapnya mengharumkan ruangan Anda atau bisa menggunakan alat diffuser atau juga di bakar (in burner)


6. Di oleskan langsung ke kulit


Dan terkadang Andapun bisa langsung mengoleskan di kulit Anda, namun beberapa jenis essential oil seperti citrus dapat menyebabkan iritasi jika langsung di teteskan atau oleskan ke kulit Anda.


Salam Hangat


Yesie


Sumber :


Allison england, Aromatherapy and massage for mother and baby, healing arths press rochester, vermont, 2000


 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar