Gambaran Tentang Sebuah Persalinan

Gambaran Tentang Sebuah Persalinan

Gambar ini … seorang dokter menolong proses kelahiran bayi dan dengan menangkap bayi dengan kepala dan menarik dia keluar dari vagina, sehingga dia tergantung dengan lehernya. Dapatkah Anda membayangkan reaksi ibu dan orang di sekitarnya? Namun tak seorang pun tenaga medis disana yang mengangkat alis ketika hal ini terjadi selama kelahiran/persalinan.


Jika kita setuju dengan sebuah pendapat bahwa bayi adalah manusia dan memiliki perasaan (baik fisik dan emosional) mengapa ketika menyambut bayi lahir dan menolongnya kita seringkali memperlakukannya secara sangat kasar? Lalu Menurut Anda bagaimana sudut pandang/pandangan/gambaran/bayangan si bayi tentang proses kelahirannya? kira-kira bisa menimbulkan trauma tidak? Nah Ini adalah contoh-contoh ekstrim yang ada dalam pelayanan persalinan. Namun pendekatan pelayanan atau perlakuan seperti ini sangat umum dilakukan di seluruh dunia.


 


 


 


 


 


 


 


Pendekatan medis untuk menyambut bayi lahir ke dunia


{youtubejw}C0QIAZJ_CuE{/youtubejw}


 


 


 


 


 


Dalam film ini awalnya semua baik mulai dari kepala crowning hingga hidung terlihat, namun saya sangat tidak setuju dnegan penggunaan suction untuk menghisap lendir si bayi. Berapa centimeter saja selang yang masuk ke saluran pernafasannya, kalau Anda menjadi bayinya dan diperlakukan seperti itu, nyamankah? Padahal sebenarnya lendir itu akan diserap secara otomatis oleh tubuh bayi.


{youtubejw}mUkX-zQtzvE{/youtubejw}


 


 


 


 


Di film ini setelah tubuh bayi lahir sepenuhnya, bayi langsung dipisahkan dari oibunya hanya untuk melakukan beberapa pemeriksaan yang sebenarnya bisa di tunda. Dan ini sebenarnya termasuk kekerasan bagi bayi.


Nah padahal sebenarnya kita perlu melakukan pendekatan secara lebih manusiawi untuk menyambut bayi ke dunia. Semua bayi memiliki kesempatan dan hak untuk:


– Membuat jalan mereka sendiri melalui tubuh ibu mereka dan masuk ke dunia (mis. tidak perlu menarik saat si bayi hendak lahir).


– Sentuhan pertama yang harus mereka rasakan adalah dari tangan orang yang mengasihi mereka (ibu, ayah, anggota keluarga, teman). Dan ini akan dia rasakan setelah melakukan sentuhan kulitnya ke kulit ibunya.


– Untuk dipertahankan plasenta mereka sampai plasenta berhenti berfungsi (mis. Tanpa menjepit dan memotong talipusat minimal sebelum talipusat berhenti berdenyut).


– Dibiarkan dalam damai tanpa gangguan dan dibiarkan untuk untuk mencari puting susu ibu mereka dan menghisapnya.


– Harus diperlakukan dengan lembut, dengan bermartabat dan hormat


INGAT Bayi juga Manusia.


Dan INGAT sebenarnya bayi bisa “meluncur” sendiri tanpa dipaksa dan ditarik keluar dengan sangat kasar.


Berikut adalah bayi lahir tanpa ditarik keluar:


{youtubejw}3JSRlZkg9qs{/youtubejw}


 


 


 


 


 


Semoga kita semakin bisa memanusiakan manusia kepada bayi yang mau dan baru lahir.


Salam Hangat


Bidan Kita


 


 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar