Hypnobreastfeeding, Solusi Cerdas Meningkatkan Produksi ASI

Hypnobreastfeeding, Solusi Cerdas Meningkatkan Produksi ASI

 



 


Hypnobreastfeeding adalah upaya alami menanamkan niat ke pikiran bawah sadar kita, untuk menghasilkan ASI yang cukup untuk kepentingan bayi. Caranya adalah yakin bahwa Anda bisa menyusui bayi secara eksklusif tanpa tambahan susu formula. Hal ini bisa diperoleh dengan memikirkan hal-hal positif yang dapat menimbulkan rasa kasih dan cinta kepada si bayi. Hypno-breastfeeding adalah metode yang sangat baik untuk membangun niat positif dan motivasi dalam menyusui.


 


Pikiran, tubuh dan ASI


ASI Anda produksi dan rilis bergantung pada kedua yaitu faktor fisiologis dan psikologis. Stres dan kesibukan sehari-hari menjaga anak-anak lain atau terus bekerja dapat mempengaruhi produksi ASI Anda. Jadi bagaimana pikiran Anda akan mempengaruhi system di dalam tubuh Anda. Untungnya hypno-breastfeeding adalah cara yang bagus untuk mendorong pola pikir dalam menyusui yang tepat.


Ada banyak studi penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI  terlindungi dari sebagian  besar penyakit anak-anak dan memiliki perkembangan otak lebih baik. Selain itu wanita yang menyusui memiliki resiko lebih rendah dari kanker payudara, kanker ovarium dan bahkan patah tulang panggul (akibat osteoporosis) di kemudian hari. Jadi menyusui adalah kesehatan yang saling menguntungkan bagi Anda dan bayi Anda.


Menyusui dan relaksasi


Relaksasi yang dalam dan teratur membuat sistem endokrin, alran darah,  persyarafan dan system lain di dalam tubuh anda  akan berfungsi lebih baik. Menjaga sikap positif sangatlah penting seperti merasa tenang dan rileks selama menyusui. Karena saat uibu rileks dikala menyusui maka hormone endorphin yang diproduksi ibu pun akan mengalir ke bayi Anda melalui ASI, dan ini membuat bayi anda akan merasakan kenyamanan, ketenangan yang Anda rasakan.


Relaksasi hypnobreastfeeding mampu menghadirkan rasa santai, nyaman dan tenang selama menyusui dengan demikian maka seluruh system di dalam tubuh Anda akan berjalan jauh lebih sempurna sehingga proses menyusui-pun menjadi proses yang penuh arti dan menyenangkan baik bagi anda maupun bagi bayi anda. Bahkan hypnobreastfeeding mampu membantu ibu yang mengalami kesulitan saat menyusui juga dapat membuat ibu mampu untuk relaktasi.


‘Dengarkan suara bayi, perhatikan dengkuran nafasnya. Maka akan terjadi baby bonding atau rasa sayang  yang akan memicu hormon endorfin (hormon yang membuat ketenangan) sehingga tubuh pun lebih rileks. Jika sudah terbangun niat positif dari si ibu, maka pikiran akan semakin tenang, seluruh sel akan semakin sehat, dan produksi ASI cukup untuk kebutuhan bayi sampai usia 6 bulan. Sebenarnya bayi bisa disusui eksklusif hingga dua tahun. Sebab otak bayi mengalami perkembangan paling pesat di usia tersebut.


Hindari hal-hal yang bisa mengurangi ASI seperti rasa khawatir, stres, rasa nyeri saat menyusui, dan rasa ragu bahwa Anda bisa menyusui bayi secara eksklusif. sesi hypnobreastfeeding hanya diberikan dua kali saja. Setelah itu pasien bisa mencoba sendiri di rumah. Masuklah ke dalam ruangan yang tenang, nyalakan musik untuk relaksasi, aroma therapy, dan panduan relaksasi otot, nafas, dan pikiran.


Mirip dengan hypnobirthing, kita juga menggunakan pikiran bawah sadar dengan mengistirahatkan alam atau jiwa sadar kita. Proses ini dilakukan dengan teknik relaksasi. Pikiran bawah sadar kita akan membimbing kita untuk melakukan hal seperti percaya diri bahwa kita bisa menyusui. Teknik relaksasi untuk menetralisir pikiran-pikiran negatif yang terlanjur terekam di alam bawah sadar. Caranya, dengan memasukkan sugesti positif ketika sang ibu berada dalam keadaan relaks.


Dalam hypnobreastfeeding, perubahan yang diinginkan adalah segala hal yang mempermudah dan memperlancar proses menyusui. Contoh kalimat sugesti atau afirmasinya: “ASI saya cukup untuk bayi saya sesuai dengan kebutuhannya“, “Saya selalu merasa tenang dan rileks disaat mulai memerah


Pikiran, tubuh dan ASI


ASI Anda produksi dan rilis bergantung pada kedua yaitu faktor fisiologis dan psikologis. Stres dan kesibukan sehari-hari menjaga anak-anak lain atau terus bekerja dapat mempengaruhi produksi ASI Anda. Jadi bagaimana pikiran Anda akan mempengaruhi system di dalam tubuh Anda. Untungnya hypno-breastfeeding adalah cara yang bagus untuk mendorong pola pikir dalam menyusui yang tepat.


Ada banyak studi penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI terlindungi dari sebagian besar penyakit anak-anak dan memiliki perkembangan otak lebih baik.


Selain itu wanita yang menyusui memiliki resiko lebih rendah dari kanker payudara, kanker ovarium dan bahkan patah tulang panggul (akibat osteoporosis) di kemudian hari. Jadi menyusui adalah kesehatan yang saling menguntungkan bagi Anda dan bayi Anda.


Menyusui dan relaksasi


relaksasi yang dalam dan teratur membuat sistem endokrin, alran darah, persyarafan dan system lain di dalam tubuh anda akan berfungsi lebih baik. Menjaga sikap positif sangatlah penting seperti merasa tenang dan rileks selama menyusui. Karena saat uibu rileks dikala menyusui maka hormone endorphin yang diproduksi ibu pun akan mengalir ke bayi Anda melalui ASI, dan ini membuat bayi anda akan merasakan kenyamanan, ketenangan yang Anda rasakan.


Relaksasi hypnobreastfeeding mampu menghadirkan rasa santai, nyaman dan tenang selama menyusui dengan demikian maka seluruh system di dalam tubuh Anda akan berjalan jauh lebih sempurna sehingga proses menyusui-pun menjadi proses yang penuh arti dan menyenangkan baik bagi anda maupun bagi bayi anda. Bahkan hypnobreastfeeding mampu membantu ibu yang mengalami kesulitan saat menyusui juga dapat membuat ibu mampu untuk relaktasi.


Teknik relaksasi tersebut, terdiri atas tiga tahap. Pertama, relaksasi otot mulai dari puncak kepala sampai telapak kaki, termasuk wajah, bahu kiri dan kanan, kedua lengan, daerah dada, perut, pinggul, sampai kedua kaki.


Kedua, relaksasi nafas. Hidup di kota besar membuat orang sering dilanda stres karena dituntut untuk melakukan segala sesuatu serba cepat dan terburu-buru. Apalagi, zaman sekarang banyak perempuan yang memiliki peran ganda sebagai seorang ibu sekaligus wanita karier. untuk mencapai kondisi relaks, tarik nafas panjang melalui hidung dan hembuskan keluar pelan-pelan melalui hidung atau mulut (fokuskan pernafasan di perut). Lakukan selama beberapa kali sampai ketegangan mengendur dan hilang.



Ketiga, relaksasi pikiran. karena pikiran orang sering kali berkelana jauh dari lokasi tubuh fisiknya. Untuk itu, belajarlah memusatkan pikiran agar berada di tempat yang sama dengan tubuh fisik kita. Untuk mendukung relaksasi, perlu diciptakan suasana tenang, misalnya dengan memutar musik atau menggunakan aroma terapi untuk memberikan atmosfer relaks.


Relaks saat menyusui itu penting dan harus


Jadi mari sama-sama belajar


Berikan yang terbaik untuk buah hati anda


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar