Infertil? Waspadai PCOS!

Infertil? Waspadai PCOS!

 


PCO / PCOS merupakan kumpulan gejala yang terjadi karena adanya gangguan keseimbangan metabolisme hormon. Gejala-gejala itu dapat berupa: tidak ada mens atau mens tidak teratur, obesitas terutama dibagian perut, jerawat, pertumbuhan rambut yang lebat, sampai adanya gangguan tidur.


 


Hormon yang terganggu disini biasanya adalah Androgen dan Estrogen. Didalam Ovarium, Androgens akan dirubah menjadi Estrogen dengan pengaruh dari hormon FSH. Estrogen (yang dalam jumlah tertentu)lah yang akan mempengaruhi terjadinya Ovulasi, dengan adanya Ovulasi maka akan terjadi mens dan dapat terjadi kehamilan. Namun, pada pasien PCO, kadar FSH relatif rendah, sehingga Estrogen pun menjadi relatif menurun, sehingga akan terjadi gangguan Ovulasi.  Derajat terjadinya gangguan Ovulasi tiap-tiap orang akan berbeda, tergantung berat ringannya gangguan hormon tersebut diatas.


 


PCO juga berhubungan dengan gangguan hormon Insulin, artinya Insulin dalam tubuh tidak dapat digunakan secara maksimal. Gangguan ini biasa terjadi pada orang dengan Diabetes. Namun tidak dapat berarti adanya gangguan menstruasi berarti menderita PCO.


PCO biasanya mudah dikenali dari pemeriksaan USG, jadi tidak memerlukan pemeriksaan khusus untuk tahu PCO atau tidak..baru kemudian jika sudah (+), akan dicari penyebabnya atau akan langsung diberikan obat untuk mengatasinya.


Wanita dengan ovarium polikistik dan masalah kesuburan:


· Jarang melepaskan telur (ovulasi) secara teratur


· ovarium berisi banyak ovum dengan struktur kistik kecil, sekitar 2-9 m


Bagaimana cara kerja ovulasi normal?


Dalam siklus haid normal dengan ovulasi, folikel matang – yang juga merupakan struktur kistik – berkembang. Ukuran folikel matang yang siap untuk ovulasi adalah sekitar 18 sampai 28mm diameter.


Sekitar 14 hari setelah ovulasi wanita akan diharapkan untuk mendapatkan menstruasi jika dia tidak hamil.


Perbedaan mendasar antara dan normal ovarium polikistik adalah bahwa meskipun ovarium polikistik mengandung banyak kecil folikel antral dengan telur di dalamnya, folikel tidak berkembang dan matang benar – sehingga tidak ada ovulasi.


Karena wanita dengan ovarium polikistik tidak berovulasi teratur, mereka tidak mendapatkan periode menstruasi yang teratur.


Resistensi insulin merupakan AKAR PENYEBAB PCOS


 


PCOS dan resistensi insulin


Sindrom ovarium polikistik adalah ketidakseimbangan hormon yang terkait dengan cara tubuh memproses insulin setelah itu telah diproduksi oleh pankreas untuk mengatur gula darah (glukosa). Insulin Resistance, merupakan penyebab yang mendasari PCOS, memiliki banyak faktor yang berkontribusi terhadap kehadirannya dalam tubuh. Pada intinya, lingkungan kita dan gaya hidup telah berevolusi terlalu cepat bagi tubuh kita untuk mengikuti.


Beberapa orang juga mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk Resistensi Insulin, sementara yang lain dapat menderita hal ini karena dipicu kondisi stres tinggi dan gaya hidup tidak sehat.


Seiring waktu, faktor di atas telah merusak kemampuan kompleks sel-sel tubuh untuk benar memanfaatkan insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi.


Proses ini menciptakan Insulin Resistance.


Resistensi insulin sangat mengurangi sensitivitas insulin sel, yang merusak pengolahan glukosa melalui dinding sel untuk dikonversi menjadi energi. Akibatnya, glukosa tetap dalam aliran darah, menyebabkan peningkatan kadar gula darah, yang dikirim ke hati. Sesampai di sana, gula diubah menjadi lemak dan disimpan melalui aliran darah ke seluruh tubuh. Proses ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan obesitas.


Resistensi insulin juga dapat menyebabkan PCOS adalah dengan meningkatkan kadar insulin dalam aliran darah. Gaya hidup tidak sehat dan kondisi genetik dapat menyebabkan insulin pankreas overproducing. Kelebihan insulin ini merangsang ovarium untuk menghasilkan sejumlah besar hormon testosteron pria, yang dapat mencegah dari ovarium melepaskan telur setiap bulan, sehingga menyebabkan infertilitas. Tingginya kadar insulin juga meningkatkan konversi androgen (hormon pria) menjadi estrogen (hormon wanita), mengganggu keseimbangan antara dua dan memiliki efek langsung pada berat badan dan pembentukan folikel ovarium kistik atau kista.


Gejala sindrom ovarium polikistik


Gejala cenderung ringan pada awalnya. Anda mungkin hanya memiliki beberapa gejala. Gejala yang paling umum adalah:


a. Jerawat.


b. Siklus haid tidak teratur


c. Tidak menstruasi


d. Infertilitas


e. Peningkatan pertumbuhan rambut terutama pada wajah, dada, punggung, perut, kaki, ibu jari


f. Kulit berminyak


g. Ketombe


h. Nyeri panggul


i. Berat badan berlebih/Kegemukan dan kesulitan menurunkan berat badan


j. Sleep apnea


k. Diabetes tipe II


l. Peningkatan kolesterol


m. Tekanan darah tinggi


n. Rambut menipis / kebotakan


o. Bercak kulit lengan, tebal leher, paha


p. Kulit tag / lipatan kulit berlebih di ketiak dan leher


q. Ekstra rambut pada wajah dan tubuh. Seringkali wanita mendapatkan rambut yang tebal dan gelap wajah dan rambut lebih pada dada, perut, dan punggung.


r. Penipisan rambut di kulit kepala.


s. Masalah Kesuburan. Banyak wanita yang memiliki PCOS mengalami kesulitan hamil ( infertilitas ).


t. Depresi atau mudah marah, sedih, tersinggung.


u. Kebanyakan wanita dengan PCO tumbuh kecil kista pada indung telur mereka. Itulah sebabnya disebut sindrom ovarium polikistik . Kista tidak berbahaya tetapi menyebabkan ketidakseimbangan hormon


v. Wanita dengan ovarium polikistik sering memiliki sejumlah kelebihan dari hormon testosteron laki-laki dan androstenedione – mengakibatkan kadar testosteron tinggi dalam darah. Wanita dengan PCO dan testosteron yang tinggi dapat mengalami peningkatan pertumbuhan rambut wajah dan tubuh – yang disebut hirsutisme.


Diperkirakan bahwa sindrom ovarium polikistik mempengaruhi sekitar 8-10% dari wanita usia reproduksi. Hal ini sangat umum.


Bagaimana Anda didiagnosa PCOS?


Untuk mendiagnosis PCOS, dokter akan:


a. Ajukan pertanyaan tentang kesehatan masa lalu Anda, gejala, dan siklus menstruasi, karena biasanya siklus mens tidak teratur


b. Melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari tanda-tanda PCOS, seperti rambut tubuh tambahan dan tekanan darah tinggi. Dokter juga akan memeriksa Anda tinggi dan berat badan untuk melihat apakah Anda indeks massa tubuh (BMI) nya seimbang


c. Melakukan sejumlah tes laboratorium untuk memeriksa gula darah, insulin, dan kadar hormon lainnya.


d. Anda juga mungkin di USG untuk mencari kista pada ovarium Anda. Dokter Anda mungkin dapat memberitahu Anda bahwa Anda memiliki PCOS tanpa USG, tetapi tes ini akan membantu dia atau aturan keluar masalah lain.


Berapakah tingkat kemandulan dengan PCOS?


Tingkat infertilitas dengan ovarium polikistik sangat tinggi. wanita ini biasanya akan mengalami kesulitan untuk hamil – dan biasanya membutuhkan perawatan untuk meningkatkan peluang untuk kehamilan.


Beberapa wanita dengan sindrom ovarium polikistik akan berovulasi (melepaskan telur yang matang) terkadang – orang lain tidak pernah ovulasi. Dalam rangka untuk hamil, sperma harus menemukan dan membuahi telur yang matang – jadi kita perlu ovulasi.


Dapatkah saya hamil dengan PCOS?


Kabar baiknya adalah bahwa kesempatan untuk hamil dengan sindrom ovarium polikistik menggunakan perawatan kesuburan (diet, pengobatan, hypnosis) sangat baik.


pengobatan PCO


Pilihan Pengobatan


Ada beberapa cara yang mungkin untuk mencoba induksi ovulasi pada wanita dengan ovarium polikistik, termasuk:


· Clomid, clomiphene sitrat


· Metformin


· Clomid dan metformin bersama


· Femara, letrozole


· Suntik gonadotropin


· IVF, In Vitro Fertilisasi


PCOS dan Metformin (Glucophage)


Apa Metformin (Glucophage)?


Metformin adalah obat yang telah digunakan untuk membantu tingkat kontrol glukosa darah pada orang dengan Diabetes Tipe 2. Meskipun Glucophage telah digunakan di Eropa selama lebih dari 25 tahun, itu tidak tersedia di Amerika Serikat sampai tahun 1995. FDA telah menyetujui hanya metformin untuk pengobatan Diabetes Tipe 2. Akibatnya, beberapa dokter tidak memiliki banyak pengalaman klinis dengan Glucophage, atau enggan untuk menggunakannya kecuali pasien memiliki penyakit diabetes.


Metformin bekerja dalam tiga cara. Pertama, mengurangi penyerapan karbohidrat makanan melalui usus.


Kedua, mengurangi produksi glukosa oleh hati. hati menggunakan bahan baku dalam makanan Anda untuk membuat cadangan pasokan gula darah.Ketika tubuh Anda mengalami stres, hati melepaskan cadangan glukosa untuk memasok otak dan otot dengan sumber energi langsung untuk mengatasi stres. Glucophage menekan produksi dari bahan bakar cadangan.


Ketiga, dan mungkin yang paling penting, metformin meningkatkan sensitivitas sel otot terhadap insulin. Insulin adalah hormon yang memberikan glukosa ke dalam sel Anda untuk dibakar sebagai bahan bakar, atau disimpan. Wanita dengan PCOS sering memiliki “resistensi insulin”, suatu kondisi dimana jumlah insulin yang berlebihan yang diperlukan dalam rangka untuk mendapatkan glukosa darah pindah ke dalam sel, di tempatnya. Glucophage membantu tubuh Anda untuk transportasi glukosa dengan insulin relatif kurang, sehingga menurunkan tingkat insulin Anda.Tingkat kronis tinggi baik glukosa atau insulin dalam darah memberikan kontribusi untuk obesitas, penyakit jantung, kemandulan, dan kanker tertentu, serta perkembangan diabetes.


Metformin tersedia dalam tiga bentuk yang berbeda:


· Generik metformin HCl


· Glucophage (nama merek)


· Glucophage XR (nama merek)


Glucophage tersedia dalam 500 mg, 850 mg, atau 1.000 mg tablet. Dosis biasa adalah 850-1,000 mg dua kali sehari. Dosis yang aman maksimum dianggap 850 mg tiga kali sehari. Untuk meminimalkan marah GI atau diare, itu disarankan agar Anda mulai dengan dosis rendah dan bekerja dengan cara Anda sampai dosis yang dianjurkan.


Glucophage XR, versi extended-release dari Glucophage, memungkinkan Anda untuk mengambil hanya satu dosis sehari. Pelepasan lebih lambat dari long-acting Glucophage XR dapat membantu untuk mengurangi sakit perut yang mungkin terjadi dengan Glucophage biasa atau metformin.


Glucophage secara kimiawi identik dengan metformin generik, sehingga Anda dapat menghemat uang dengan menggunakan metformin generik.


Manfaat Metformin (Glucophage)


. PENURUNAN kadar insulin, Testosteron, DAN GLUKOSA Cukup banyak penelitian menunjukkan Glucophage mengurangi tingkat insulin, testosteron dan glukosa – yang mengurangi jerawat, hirsutisme, obesitas perut, amenore dan gejala lainnya. Dalam satu penelitian yang dilakukan di Virginia Commonwealth University, 24 obesitas PCOS perempuan diberi metformin atau plasebo. Ke-11 wanita yang menerima metformin mengalami penurunan kadar insulin, yang memperlambat aktivitas enzim dalam ovarium yang merangsang kelebihan produksi testosteron. Akibatnya, kadar testosteron juga turun.


Glucophage muncul untuk melakukan hal yang sama untuk non-obesitas wanita PCOS, menurut sebuah studi dari University of Medical Sciences di Poznan, Polandia. Tiga puluh sembilan PCOS perempuan diberi Glucophage selama 12 minggu. Mereka memiliki perbaikan dalam insulin, testosteron hirsutisme, dan jerawat.


PENCEGAHAN ATAU PENUNDAAN DARI timbulnya diabetes.Glucophage dapat membantu untuk mencegah diabetes, menurut sebuah studi di George Washington University Dalam studi ini., 3234 non-diabetes dengan glukosa darah diberikan metformin, plasebo, atau rekomendasi gaya hidup. Kejadian diabetes dalam kelompok metformin adalah 31% lebih rendah dibandingkan pada kelompok plasebo.


KESEMPATAN PENINGKATAN DARI KEHAMILAN. Sebuah studi dari 48 wanita dengan PCOS dan infertilitas dilakukan di Baylor College of Medicine.Mereka pertama diberikan metformin dan 19 dari mereka kembali menstruasi dan menunjukkan indikasi ovulasi. Tapi 10 klomifen diperlukan (obat fertilitas) di samping metformin dalam rangka untuk menunjukkan bukti ovulasi. Dua puluh perempuan dari 48 (42%) menjadi hamil. Namun, 7 dari 20 keguguran.


Penurunan risiko KEGUGURAN. Aspek lain yang berhubungan dengan PCOS infertilitas adalah kecenderungan untuk keguguran berulang. Sebuah studi dari Rumah Sakit de Clinicas Caracas di Venezuela memandang 65 perempuan yang menerima Glucophage selama kehamilan mereka vs 31 yang tidak. Kehamilan awal (trimester pertama) loss rate dalam kelompok metformin adalah 8,8% dibandingkan dengan kerugian 41,9% pada kelompok yang tidak diobati. Dari para wanita yang sebelumnya mengalami keguguran, 11,1% dari kelompok metformin keguguran lagi, sementara 58,3% dari kelompok yang tidak diobati lagi mengalami keguguran.


Mengurangi risiko diabetes gestational. Dalam studi lain di Rumah Sakit Yahudi di Cincinnati, risiko diabetes kehamilan dievaluasi dalam dua kelompok perempuan PCOS. Kelompok pertama adalah 33 non-diabletic wanita yang telah mengandung saat mengambil metformin atau mengambilnya selama kehamilan mereka. Kelompok ini dibandingkan dengan kelompok dari 39 wanita PCOS yang tidak mengambilnya. Hanya 3% dari kelompok metformin dikembangkan gestational diabetes dibandingkan dengan 31% pada kelompok non-metformin.


BERAT KEHILANGAN DAN MANFAAT LAIN. Metformin dapat menyebabkan penurunan berat badan pada beberapa pasien diabetes. Namun, penurunan berat badan tidak muncul untuk menjadi salah satu manfaat utama. Glucophage juga mungkin beberapa nilai meningkatkan keberhasilan dengan fertilisasi in vitro, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan energi.


Efek Samping Metformin (Glucophage)


Malaise. 10% – 25% dari perempuan yang mengambil Glucophage hanya tidak merasa baik. Mereka mengalami perasaan sakit malaise, kelelahan dan sesekali umum yang berlangsung untuk berbagai panjang waktu. Malaise sinyal bagi dokter untuk memonitor sistem tubuh dipengaruhi oleh metformin, termasuk hati, ginjal, dan saluran pencernaan. Hitung darah harus diambil dari waktu ke waktu, karena metformin dapat menginduksi B Kekurangan vitamin yang dapat menyebabkan bentuk anemia.


Gangguan Gastro Intestinal. Sekitar sepertiga dari wanita yang mengalami gangguan pencernaan metformin, termasuk mual, muntah sesekali dan longgar, buang air besar lebih sering, atau diare. Masalah ini terjadi lebih sering setelah makan kaya lemak atau gula. Mengurangi gejala dari waktu ke waktu, jadi jika Anda dapat mentolerir GI untuk beberapa minggu, mungkin pergi. Beberapa wanita menemukan hal ini membantu untuk memulai dengan dosis yang sangat rendah dan secara bertahap meningkatkannya.


malabsorpsi Vitamin B12. Dari pasien yang mengambil obat ini, 10% -30% menunjukkan bukti mengurangi penyerapan vitamin B12. Sebuah substansi yang terbentuk di perut yang disebut “faktor intrinsik” menggabungkan dengan vitamin B12 sehingga dapat ditransfer ke dalam darah. Metformin mengganggu kemampuan sel untuk menyerap faktor-vitamin ini intrinsik B12 kompleks.


Selama jangka panjang, insufisiensi vitamin B12 menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan. B12 penting untuk pertumbuhan yang tepat dan fungsi setiap sel dalam tubuh Anda. Ini diperlukan untuk sintesis DNA dan untuk banyak fungsi biokimia penting. Ada juga hubungan antara kekurangan vitamin B12 dan penyakit kardiovaskular.


PERINGATAN KEHAMILAN. Banyak wanita penggunaan metformin dalam mengejar mereka dari kehamilan yang sukses. Namun, Glucophage merupakan obat kategori B, berarti keamanan untuk penggunaan selama kehamilan belum ditentukan. Hal ini ditemukan dalam ASI sehingga tidak dianjurkan untuk menyusui saat mengambil Glucophage.


Anemia. Dengan mencegah penyerapan optimal vitamin B12 dan asam folat, metformin bisa mendorong atau berkontribusi pada anemia megaloblastik. (23) Anemia megaloblastik terjadi ketika sumsum tulang Anda tidak memiliki cukup vitamin B untuk memproduksi sel darah merah.Sumsum tulang Anda kemudian melepaskan sel-sel darah yang belum matang dan disfungsional merah ke dalam sirkulasi.


Meskipun anemia tidak umum di kalangan orang yang memakai metformin, tetap berisiko bagi mereka yang kadar B12 dan asam folat sudah rendah bila terapi metformin dimulai.


HATI ATAU MASALAH GINJAL. Jika Anda memiliki masalah hati atau ginjal dalam bentuk apapun, metformin bisa menimbulkan masalah, karena mengubah fungsi hati dan diekskresikan melalui ginjal. Sebuah hati yang sehat dan ginjal akan meningkatkan hasil Anda dengan metformin. Hati dan fungsi ginjal harus dinilai sebelum memulai metformin dan diperiksa ulang setidaknya setahun sekali saat mengambil itu. Sebuah kimia darah layar dan jumlah darah lengkap akan memberitahu dokter Anda seberapa baik sistem Anda lakukan dengan obat ini.


Kerontokan RAMBUT. Metformin dapat berkontribusi untuk rambut rontok pola laki-laki di pelipis dan bagian atas kepala. Meskipun tidak ada dalam literatur medis untuk mendukung hubungan ini, beberapa wanita telah melaporkan bahwa kerontokan rambut adalah diperburuk oleh metformin.


KONSULTASIKAN DENGAN DOKTER ANDA UNTUK MEMINIMALKAN RISIKO. Dokter Anda harus selalu melakukan riwayat medis menyeluruh dan penilaian metabolik sebelum menempatkan Anda pada metformin. Anda harus diperiksa ulang setidaknya sekali setahun selama Anda mengambil obat ini. Pastikan untuk menanyakan dokter Anda apa manfaat yang unik dan risiko metformin akan untuk Anda. Jika dokter Anda meresepkan Glucophage tanpa seksama terhadap status kesehatan Anda dan tanpa melibatkan Anda dalam keputusan, mencari dokter lain.


Apa yang harus dilakukan jika Anda Apakah Mengambil Metformin (Glucophage)


MENINGKATKAN DIET ANDA DAN OLAHRAGA. Jika Anda memperbaiki pola makan Anda dan meningkatkan tingkat latihan/OLAHRAGA, Anda mungkin dapat mengurangi atau menghilangkan terapi Glucophage Anda.


Penelitian telah menunjukkan bahwa mengurangi berat badan dan meningkatkan aktivitas olah raga meningkatkan tingkat ovulasi dan mengurangi kadar hormon laki-laki. Tidak ada pertanyaan bahwa diet sehat, olahraga dan gaya hidup kebiasaan secara signifikan akan meningkatkan PCOS-masalah kesehatan terkait, serta mengurangi risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.


PERTIMBANGKAN TERAPI KHUSUS Gizi. Ada herbal, vitamin dan mineral, dan makanan khusus lainnya alami dan suplemen yang memiliki efek mirip dengan Glucophage. Nutrisi ini memiliki catatan keamanan yang sangat baik dan merupakan pelengkap yang berharga untuk olahraga teratur dan diet sehat.


Sebagai langkah pertama, kami sarankan Anda melindungi diri dari potensi malabsorpsi dan hilangnya vitamin B yang dibutuhkan untuk mengendalikan homosistein dan menjaga Anda tetap sehat dengan mengambil berkualitas tinggi vitamin B-kompleks.


Kadar gula darah, resistensi insulin, dan tingkat hormon laki-laki dapat baik dipengaruhi oleh kromium, vitamin E


Diet sehat dan gaya hidup lebih efektif daripada metformin (Glucophage) saja.


Diet sehat dan gaya hidup lebih murah daripada metformin (Glucophage).


Pendekatan holistik membangun kesehatan Anda sedangkan metformin (Glucophage) tidak.


Pendekatan holistik tidak memiliki efek samping obat dan lebih aman daripada metformin (Glucophage).


Apa Solusi untuk Berat Badan, Infertilitas dan Gejala PCOS?


Solusi jangka panjang terbaik yang kita ketahui adalah untuk mengembangkan satu set kebiasaan


Diet PCOS


Sebuah rencana diet yang sukses PCOS terdiri dari beberapa tindakan penting:


a. Singkirkan junk food


b. Meningkatkan kualitas dan jenis karbohidrat makanan.


c. Mengubah lemak yang Anda konsumsi.


d. Makanlah sayuran.


e. Kontrol porsi makan.


Self-Hypnosis Untuk PCOS Dan Berat Badan


Self-Hypnosis Membantu Wanita dengan PCOS: Optimalkan Berat Anda


Banyak wanita dengan PCOS dapat memperbaiki kesehatan mereka dengan mengurangi sedikitnya 7% sampai 10% dari berat badan mereka. Namun kompleksitas metabolik PCOS dapat membuat menurunkan berat badan sebagai sebuah perjuangan. Self-hypnosis di rumah adalah alat yang efektif dan mendukung wanita dengan PCOS untuk mencapai berat badan yang ideal, dan secara signifikan meningkatkan kesehatan mereka.


Self-hypnosis adalah cara untuk mempelajari perilaku baru dengan cepat dan mudahuntuk ​​Menurunkan berat badan dan. Self-hypnosis adalah cara yang aman menyenangkan untuk mempercepat proses belajar Anda. Anda akan mengalami hasil yang sangat cepat, yang selanjutnya akan meningkatkan minat Anda dalam belajar dan motivasi Anda untuk melanjutkan usaha Anda


Hipnosis, atau lebih khusus, self-hypnosis, dapat membantu Anda belajar, dan MENIKMATI hidup, Hipnosis adalah proses mencapai keadaan relaksasi yang mendalam di mana kemampuan Anda untuk belajar adalah sangat ditingkatkan.


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar