Keberhasilan Hypnofertility

Keberhasilan Hypnofertility

Hypnofertility adalah metode hypnosis atau hypnotherapy yang ditujukan untuk membantu klien dengan masalah infertility.


Infertility adalah Ketidakmampuan pasangan suami istri untuk mencapai konsepsi / kehamilan setelah satu tahun melakukan sanggama teratur tanpa kontrasepsi atau ketidakmampuan untuk hamil sampai melahirkan bayi yang mampu hidup


infertilitas tidak hanya  menyangkut fisik saja, dan sudah waktunya untuk mengakui bahwa  komponen mental dan emosional memainkan peran penting dalam menciptakan konsepsi. perasaan, emosi, khawatir, stress, frustasi, kegelisahan, merupakan faktor utama dari semua dalam proses yang sangat rumit ini.


 


Infertilitas telah didefinisikan oleh World Health Organization sebagai “ketidakmampuan pasangan untuk mendapatkan kehamilan untuk jangka waktu setelah satu tahun atau lebih dengan hubungan seksual biasa tanpa kondom “. Sekitar 10-15 persen pasangan usia subur mempunyai pengalaman infertilitas.


Dampak psikologis dari infertilitas dapat menyebabkan gejala depresi pada wanita subur. Sekitar 10 persen wanita subur memenuhi kriteria untuk didiagnosa depresi, 30-50 persen melaporkan gejala awal depresi, dan 66 persen laporan merasa tertekan setelah gagal melakukan pengobatan untuk mengatasi infertilitas. Mayoritas wanita infertil menyatakan bahwa infertilitas merupakan pengalaman yang paling menyakitkan dalam hidup mereka.


Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tekanan psikologis dapat mengganggu kesuburan dan bahwa gejala depresi dapat mengurangi efektivitas pengobatan pada kasus infertilitas. Beberapa studi yang dilakukan dalam tiga tahun terakhir mendukung teori bahwa tekanan psikologis dapat berdampak buruk secara signifikan keberhasilan program fertilisasi in vitro (IVF). Para peneliti menyimpulkan bahwa tingkat keberhasilan pengobatan infertilitas dengan teknologi tinggi dapat terganggu oleh stres psikologis.


pengobatan Mind / body pada pasien infertilitas telah terbukti baik meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan serta mengurangi tekanan psikologis.


Dr Ernest L. Rossi seorang ahli psychobiology dan body mind connection, telah melakukan penelitian yang luas untuk menunjukkan bahwa gen manusia harus dalam keadaan kesiapan secara fisik maupun psikologis ketika proses pembuahan berlangsung, dan bahwa sugesti hypnosis- dapat mengaktifkan tipe gen-gen spesifik, termasuk IL-1, c-FOS, dan CYP17.


perasaan negatif yang terekspresikan dan / atau energi yang cukup besar yang belum terselesaikan (block energy negative) dapat menghalangi terjadinya konsepsi. emosi terekspresikan seperti rasa bersalah, kesedihan mendalam atau malu karena belum hamil, atau sedih setelah terjadi keguguran dan merasa bersalah karena telah melakukan aborsi dapat membuat konflik emosional yang ekstrim, yang mempengaruhi setiap sel tubuh dan dapat menyebabkan terproduksinya senyawa khusus yang akan mempengaruhi kesehatan reproduksi.


Self-talk Negatif memiliki efek langsung pada sistem (hormonal) endokrin. Hal ini terjadi karena adanya stimulasi langsung amydgdala, dan keterkaitan dengan hypothalamus, dan bagian dari otak yang terlibat dengan emosi. Isu yang melibatkan trauma dapat menyebabkan seorang perempuan untuk hidup dalam keadaan ketakutan. Meskipun pikiran sadar memutuskan untuk lupa atau berusaha melupakan kejadian negatif, namun pikiran bawah sadar (bagian emosional dari pikiran) saling bertentangan. Ketidakharmonisan antara sistem saraf simpatis dan parasimpatis, menyebabkan berbagai gejala stres terkait termasuk “ketidaksuburan yang tidak dapat dijelaskan.”


Rentetan neurokimia yang dikaitkan dengan respon “fight atau flight” di seluruh tubuh manusia, yang dapat dipicu oleh ancaman untuk harga diri atau martabat, akan diterjemahkan dalam tubuh sebagai kontraksi dari otot-otot, percepatan sistem kardiovaskular , dan pelepasan hormon “darurat” seluruh tubuh.


Ketika ketidakseimbangan dari sistem saraf otonom terjadi begitu lama (kronis), maka hanya latihan rutin dan konsisten relaksasi hypnofertility yang akan memfasilitasi pemulihan sistem saraf parasimpatis tersebut. Hypnotherapy/Hypnofertility menyediakan sarana yang efektif untuk pemulihan itu dan memungkinkan perempuan untuk menyehatkan system reproduksinya


Dr Elizabeth Muir, seorang psikolog klinis yang mempraktekkan hipnoterapi untuk infertilitas menjelaskan hipnosis mempengaruhi hipotalamus-pusat saraf di dasar otak yang berhubungan dengan kelenjar pituitary dan mengontrol aliran hormon dalam tubuh.


Hipotalamus sensitif terhadap stres dan bertindak sebagai jembatan antara emosional dan fisik, mengubah pesan emosional menjadi respon fisik yang mempengaruhi tingkat hormon.


Stres dan kurang percaya diri cenderung menjadi penyebab utama yang harus ditangani dalam hypnofertility.


Tehnik dasar yang dapat digunakan (pedoman untuk klien):


1. Cari tempat yang tenang di rumah Anda di mana Anda dapat merasa nyaman.


2. Cobalah untuk Mengatur waktu sehingga Anda tidak akan terganggu oleh anggota keluarga, binatang peliharaan atau telepon.


3. Pilih waktu yang teratur dan tetap dan masukkan dalam jadwal keseharian Anda, seingga menjadi sebuah kebiasaan. Anda bias memasang alarm pengingat untuk membantu kedisiplinan


4. Duduk atau atur posisi yang disukai, berbaring baik-baik saja selama Anda tidak tertidur.


5. Waktu yang dihabiskan dalam respon relaksasi umumnya 15-25 menit


6. Lakukan Praktek respon relaksasi setiap hari – dua kali sehari jika stres sangat tinggi.


Di Bidan Kita Anda Akan di ajarkan bagaimana cara untuk meningkatkan kesempatan Anda untuk Hamil dengan cara:


1. FOKUS pada NAFAS


2. BODY SCAN


3. RELAKSASl OTOT PROGRESIF


4. MEDITASI


5. Imajinasi Terpimpin


TIME LINE dan ACTION PLAN untuk persiapan terjadinya Konsepsi :


Step 1: Reduce Stress/ mengurangi stress


Tak ada yang lebih penting daripada mengurangi stress ketika klien berusaha untuk hamil. Kegiatan ini harus menjadi rutinitas dalam kehidupan sehari-hari, bisa dengan melakukan relaksasi melalui CD panduan.


Step 2: cari akar masalah dari stress


Gunakan tehnik hypnotherapy untuk mengidentifikasi penyebab dan akar masalah dari stress klien, ini bisa dengan menggunakan regresi, maupun relaksasi ideomotor.


Step 3: hindari rokok dan minuman keras, kopi, sofdrink dan gula buatan


Kafein dapat menyebabkan efek adiktif dan melemahkan kelenjar adrenal. Padahal kelenjar adrenallah yang berhubungan dengan hipotalamus.


Step 4: lakukan diet yang sehat dan olehraga rutin


Step 5: Lakukan healing trauma dan energy atau emosi negative dengan hypnosis


Step 6: Akupunktur


Dalam hypnofertility Sesi terapi yang disesuaikan untuk setiap klien, berdasarkan kebutuhan individu keluarga. Wawancara awal membantu therapis untuk mengidentifikasi masalah atau factor yang dapat diatasi terlebih dahulu.


Tiga faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan therapy ini adalah:


1. kesediaan untuk dihipnosis,


2. keinginan untuk membahas dan memahami proses,


3. dan kemampuan untuk mengikuti petunjuk sederhana.


 


HypnoFertility Session:


Anda akan belajar bagaimana …


· Identitas emosional blok dan bagaimana untuk caranya agar terbebas dari blok energy negative tersebut


· Mengelola stres, ketakutan dan kecemasan


· Melatih relaksasi dalam segala situasi


· Berhubungan kembali dengan pasangan Anda


· Memenuhi kebutuhan emosional masing-masing


Awal Konsultasi: · Pengumpulan informasi dan penyusunan


· Riwayat penyakit (medis)


· Penjelasan tentang bagaimana hipnosis bekerja


· Penjelasan tentang bagaimana hipnosis dapat membantu Anda hamil


· Melakukan relaksasi untuk mengidentifikasi blok bawah sadar


Konsultasi berikutnya: Setiap wanita berbeda, sehingga sifat tindak lanjut konsultasi tergantung pada Anda dan kebutuhan saat mereka muncul. Topik-topik berikut yang paling mungkin untuk dieksplorasi:


Stres:


· Sifat stres & khawatir, dan yang mempengaruhi pada tubuh secara umum dan pada kesuburan


· Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres


· Belajar ‘Relaxation Response’ melalui self-hypnosis


· Visualisasi


· Relaksasi ideomotor untuk menyehatkan chakra


· Journal untuk mengekspresikan diri ini tuntunan untuk panduan menuliskan perjalanan fertilitas


Menghilangkan rasa Takut:


· Tehnik relaksasi dan ideomotor untuk melepaskan ketakutan dan merubah keadaan emosional


· Belajar ‘Fokus’ metode mengidentifikasi ketakutan


Membangun dan memperbaiki hubungan dengan pasangan:


· Apakah Anda berdua menginginkan hal yang sama?


· Apakah Anda memiliki ruang dalam hidup Anda untuk bayi?


· Hubungan stres?


· Apakah kebutuhan emosional Anda terpenuhi?


· Mengatasi penolakan seksual


Sesi akan disesuaikan dengan kebutuhan unik Anda, dengan penekanan pada identifikasi blok potensial dan mengajarkan Anda untuk mempunyai keterampilan untuk mengatasinya.


Tersedia pula CD panduan Relaksasi Hypnofertility untuk Istri dan Suami


TESTIMONI:


Ny Septi Endang Winarsih & Tn. Sutardi


(1 kali Abortus, 2 kali Bligted Ovum dengan 3 tahun menikah)


” Saya mengenal bidan Yesie dari teman saya Winarsih yang kebetulan juga berhasil hamil setelah dilakukan therapy hypnofertility. Kalau teman saya Win dia 2 tahun menikah dan belum mendapatkan momongan, selain itu saya juga semakin mantap setelah teman saya Leni dari Surakarta pun berhasil hamil setelah di therapy bidan Yesie.


Saya mengikuti relaksasi hypnofertility selama 5 kali pertemuan dan 6 bulan setelah itu saya dinyatakan positif hamil. Selama hamil saya rajin melatih relaksasi hypnobirthing dan yoga. Alhamdullilah saya berhasil melahirkan dengan selamat pada tanggal 22 September 2011, dengan metode Gentle Birth Lotus Birth di Bidan Kita. Semoga semakin banyak ibu yang seberuntung saya.


Trimakasih.”


 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts