Kehamilan Nyaman dan Persalinan Lancar Berkat Relaksasi Hypnobirthing

Kehamilan Nyaman dan Persalinan Lancar Berkat Relaksasi Hypnobirthing

Belajar teknik relaksasi Hypnobirthing selama kehamilan akan memberikan banyak manfaat bagi Ibu dan bayi Anda.Yach itu yang sering saya katakan kepada klien saya. dan memang benar, 90% klien saya yang rajin belajar relaksasi hypnobirthing maka proses persalinan lebih cepat, proses pembukaan persalinan lebih singkat, ibu lebih tenang selama kontraksi bahkan masih bisa goyang inul sambil tertawa-tawa saat pembukaannya sudah lengkap. Mengapa bisa demikian?


 


Jika Anda sering berlatih relaksasi tentunya kondisi tubuh anda sekarang akan jauh lebih mudah untuk masuk ke dalam keadaan rileks selama persalinan – dan bahkan setelah bayi Anda lahir.


Untuk itu saya sangat merekomendasikan Anda untuk mengikuti kelas relaksasi hypnobirthing di daerah Anda. Namun apabila Anda kesulitan mencari praktisi hypnobirthing yang professional saya sangat merekomendasikan Anda untuk membeli CD audio panduan relaksasi hypnobirthing. Luangkan waktu setiap hari untuk mendengarkannya. Jika mungkin Anda dapat mendengarkan di pagi hari sesudah bangun tidur, atau di malam hari sebelum tidur atau beberapa saat setelah Anda merasa nyaman di rumah.


“Temukan waktu terbaik Anda! Luangkan beberapa menit dalam satu hari untuk berlatih relaksasi hypnobirthing sebagai upaya mendapatkan pengalaman persalinan yang positif, lancar dan nyaman.”


Mulailah dengan Kesadaran


Untuk mempelajari tehnik relaksasi hypnobirthing agar Anda dapat sepenuhnya bersantai, maka Anda perlu menyadari pentingnya dua hal: pernapasan Anda dan ketegangan dalam tubuh Anda.


Kedengarannya sederhana, tapi bagi banyak orang ini terasa sulit untuk memperhatikan hal-hal ini secara sepenuhnya.


Mulailah dengan mencari tempat yang tenang, santai untuk berbaring atau duduk.


Tutup mata Anda dan fokus pada pernapasan Anda.


Coba tenangkan pikiran Anda.


Perhatikan napas Anda masuk dan keluar.


Anda dapat fokus pada dada Anda yang naik dan turun.


Biasakan untuk secara sadar melihat pernapasan Anda.


Ambil satu napas dalam-dalam – napas pembersihan.


Kemudian mulai pernapasan berirama.


Tubuh Anda


Belajar bagaimana tubuh Anda bersantai bisa menjadi sangat sulit. Mulailah dengan latihan yang sederhana.


Ambil bola tinju dan pegang erat-erat.


Perhatikan ketegangan di tangan Anda.


Lakukan ini dengan sengaja dan perhatikan otot-otot di lengan bawah Anda.


Sekarang otot-otot di lengan atas Anda. Rasakan ketegangan.


Anda dapat melakukan ini dengan kelompok otot di seluruh tubuh Anda.


Mulai dari puncak kepala Anda ke ujung jari kaki Anda.


Sadarilah setiap kelompok otot Anda secara sukarela dapat mengontrol – bahkan yang tidak pernah Anda pikirkan.


Sekarang lakukan kembali kan hal yang sama.


kepalkan bola tinju lagi.Tapi kali ini tahan kepalan tangan Anda di bola selama beberapa detik – kemudian lepaskan.Lepaskan semua ketegangan, biarkan tangan Anda benar-benar rileks, menggantung dengan lembut, lemas, dan sebagian tertekuk.


Lakukan ini dengan semua kelompok otot di tubuh Anda.Dengan melakukan latihan ini, Anda belajar apa yang tubuh Anda rasakan ketika tegang, dan apa rasanya ketika Anda dalam keadaan benar-benar rileks. Beberapa kelompok otot (dahi, leher, dan bahu Anda mungkin) akan sangat sulit untuk bersantai.


Seperti yang Anda lakukan dengan pernapasan, anda harus menyadari bahwa pernafasan ini anda lakukan sepanjang hari. Perhatikan bagaimana Anda menanggapi situasi tertentu dan bagaimana tubuh Anda tegang.


Menggabungkan Pernapasan dan Relaksasi Otot


Mulailah dengan merasakan rasa nyaman. Anda dapat melakukan ini dalam posisi duduk, Atau berbaring. Jika Anda akan berbaring pastikan bahwa Anda berbaring miring, dan gunakan bantal untuk menopang tubuh Anda dan perut Anda jika perlu.


Mulailah dengan memperhatikan pernapasan Anda. Tutup mata Anda jika Anda bisa.Perhatikan napas Anda masuk dan keluar. Perhatikan ekspansi dan kontraksi paru-paru dan dada.


Mulailah dengan bagian atas kepala Anda. Ketika Anda bernapas dalam fokus di atas kepala Anda. Ketika Anda bernapas keluar, melepaskan semua ketegangan yang Anda telah ada. Ambil napas, lakukan beberapa kali jika perlu.


Selanjutnya beralih ke dahi Anda. Tarik napas dan fokus pada itu. Hembuskan napas dan biarkan ketegangan pergi keluar dengan napas Anda. Lanjutkan proses ini ke bawah sampai ujung jari kaki Anda.


Semakin rileks setiap bagian dari tubuh Anda. Maka Anda mungkin akan jatuh tertidur. Ini adalah hal yang baik. Luangkan waktu untuk melakukan relaksasi hypnobirthing ini setiap hari. Jika Anda terjebak dalam kemacetan lalu lintas dan frustrasi – mulai bernapas dan lakukan relaksasi. Jika Anda marah – mulai bernapas dan relaksasi. Jika Anda takut – mulai bernapas dan relaksasi. Maka Anda akan mendapatkan ide!


Dalam persalinan hal yang terpenting adalah tenang. Karena ketika Anda tenang maka semua system hormonal di dalam tubuh akan bekerja secara maksimal dan tubuh Anda akan melakukan tugasnya dengan sangat baik dan harmonis. Semuanya akan terjadi secara otomatis.


Satu Tips terakhir genggam Es


Saya mencoba untuk merekomendasikan Anda untuk mempraktekkan teknik penghilang rasa nyeri dengan menggunakan es batu.


Tahan es batu di tangan Anda saat Anda mencoba untuk menenangkan napas dan merilekskan tubuh Anda.Ini jauh terasa lebih sulit bukan! Es adalah gangguan konstan, dan bahkan dapat menyakitkan, ketika Anda mencoba untuk bersantai. Ini adalah praktik yang efektif untuk mengurangi rasa nyeri saat kontraksi dalam persalinan.


Jika Anda mampu menguasai tubuh Anda ketika Anda memegang es batu di tangan Anda, sekarang cobalam meminta tolong kepada pendamping Anda untuk meletakkan es batu di belakang telinga Anda lalu cobalah untuk melakukan relaksasi dan mengatur nafas Anda, bernafaslag dengan lembut dan biarkan rasa dingin tersebut berubah menjadi rasa nyaman. Nah jika Anda pun bisa menguasai tubuh Anda, maka lakukan hal yang serupa namun posisi es batu berada di leher Anda. merupakan latihan yang sangat baik!


Apakah Anda menguasai relaksasi? Pernafasan yang seperti apa yang membuat Anda tetap merasa nyaman disela ketegangan-ketegangan yang terjadi? Pelajari bagaimana memahami Anda seluruh tubuh dan mengambil kontrol selama kehamilan, persalinan, dan kelahiran.


Lakukan latihan relaksasi hypnobirthing sesering mungkin, CD panduan relaksasi dapat membantu Anda. Pesan segera di Bidan Kita dan rasakan manfaatnya


Salam Hangat


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar