Kelas Relaksasi Hypnobirthing Bidan Kita

Kelas Relaksasi Hypnobirthing Bidan Kita

Siapa sich yang tidak ingin bersalin dengan lancar, nyaman apalagi tanpa rasa sakit??? Kami kira semua wanita di dunia ini punya keinginan yang sama yaitu bersalin lancar, nyaman, selamat dan tanpa rasa sakit. Berawal dari keinginan itulah maka dunia kesehatan sampai saat ini terus berusaha untuk mencari berbagai cara untuk memenuhi keinginan tersebut. Baik secara farmakologik maupun non farmakologik.


Dan saat ini pilihan mengurangi rasa sakit dengan metode non farmakologi cenderung lebih diminati daripada metode farmakologi, mengingat berbagai efek yang mungkin dapat di timbulkan dari metode farmakologi, tersebut. Salah satu cara yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat luas dan sedang berkembang dengan pesat adalah metode Hypno-Birthing.


Metode hypno-birthing merupakan salah satu tehnik outohipnosis (selfhypnosis) atau swasugesti, dalam menghadapi dan menjalani kehamilan serta persiapan melahirkan sehingga para wanita hamil mampu melalui masa kehamilan dan persalinannya dengan cara yang alami, lancar, dan nyaman (tanpa rasa sakit). Dan yang lebih penting lagi adalah untuk kesehatan jiwa dari bayi yang dikandungnya. Metode hypno-birthing ini dikembangkan berdasarkan adanya keyakinan bahwa dengan persiapan melahirkan yang holistic/menyeluruh (Body, Mind and Spirit) maka di saat persalinan, wanita dan juga pendampingnya (suami), akan dapat melalui pengalaman melahirkan yang aman, nyaman, tenang dan memuaskan, jauh dari rasa takut yang menimbulkan ketegangan dan rasa sakit.


Dengan kata lain, jika pikiran dan tubuh mencapai kondisi harmoni, maka alam akan bisa berfungsi dengan cara yang sama seperti pada semua mahluk lainnya Nah keuntungan apa yang akan anda daparkan saat belajar hypno-birthing???


Banyak sekali keuntungan dan manfaat yang akan anda peroleh ketika anda memutuskan untuk belajar hypno-birthing, baik bagi ibu….bagi janin dalam kandungan…bahkan bagi suami/pendamping persalinan Keuntungan& manfaat bagi ibu


1. Merupakan dasar dari Pain Management dan tidak memiliki potensi efek samping terhadap bayi kita (Brown, 2007; Elkins, 2007).


2. Mampu menghadirkan rasa nyaman, relaks, dan aman menjelang kelahiran (Brown, 2007).


3. Hypno-birthing membuat ibu rileks lebih dalam sehingga semua stress serta ketakutan & kekhawatiran menjelang kelahiran yang dapat menyebabkan ketegangan, rasa nyeri dan sakit saat bersalin dapat tereliminasi (Flamer, 2007).


4. Membuat ibu mampu mengontrol sensasi rasa sakit pada saat kontraksi uterus (Brown, 2007; Elkins, 2007).


5. Membuat ibu bersalin tetap pada kondisi terjaga dan sadar.


6. Dengan metode Hypno-birthing, maka dapat mempercepat Kala I Persalinan(± 3 jam pada primipara dan 2 jam pada multipara).


7. Mengurangi resiko terjadinya komplikasi, dan mempercepat proses penyembuhan pada post partum. (Gallagher, 2001; Gaffney, 2004; Martin, 2001)


8. Membuat ibu lebih rileks sehingga dapat menghemat energinya pada saat bersalin jadi dapat mencegah kelelahan saat persalinan (Garafalo, 2003)


9. Tidak memerlukan pelatihan yang lama atau suatu ritual khusus untuk dapat sukses mempraktekkan Hypno-birthing.


10. Meningkatkan kadar endorphin dalam tubuh untuk mengurangi rasa nyeri pada saat kontraksi. (Mantle F, 2003)


11. Persiapan hypno-birthing bermanfaat bagi semua keluarga, termasuk mereka yang karena memang mengalami suatu keadaan khusus, berada dalam kategori resiko tinggi jika persalinan mereka berlangsung tidak seperti yang diharapkan (Brown, 2007; Mehl-Madrona, 2004)


12. Hypno-birthing membuat orangtua menjadi lebih rileks, tenang ( Suasana hati yang tenang dan damai dapat membuat pemulihan ibu menjadi lebih mudah dan mengurangi komplikasi)


13. Membantu menjaga suplai O2 kepada bayi selama proses persalinan


14. Mampu mengurangi resiko komplikasi kehamilan dan persalinan terutama persalinan prematur dan BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah) (Field, 2008)


15. Mampu mengurangi intervensi farmakologi selama proses kehamilan, persalinan dan nifas (Allan M Cyna, 2006)


16. Mencegah post partum blues dan depresi post natal(Mantle F, 2003)


17. Mampu mengurangi keluhan-keluhan saat masa kehamilan seperti hypneremesis gravidarum (Neron, 2007; Tan, G, 2006)


18. Mampu melancarkan & meningkatkan produksi ASI


19. Bahkan dalam hypno-birthing klien di ajarkan untuk berkomunikasi dengan janin sehingga kelainan posisi janin (sungsang, lintang), lilitan tali pusat, bahkan plasenta letak rendah pun dapat dikoreksi.


20. Mencegah terjadinya robekan/ruptur jalan lahir serta kemungkinan episiotomy


Keuntungan & manfaat bagi Janin dalam kandungan


a. Getaran tenang dan damai akan dirasakan oleh Janin yang merupakan dasar dari perkembangan jiwa (SQ)


b. Pertumbuhan janin lebih sehat karena keadaan tenang akan memberikan hormon-hormon yang seimbang ke janin lewat plasenta.


c. Meningkatkan IQ,EQ dan SQ anak kita d. Mengurangi resiko birth trauma yang dapat mempengaruhi mental dan psikologis anak dimasa yang akan datang.


 


Keuntungan & manfaat bagi suami/pendamping persalinan


1. Dengan belajar hypnobirthing, suami/pendamping persalinan menjadi lebih tenang dalam mendampingi proses persalinan.


2. Emosi suami akan menjadi lebih stabil dalam kehidupan sehari-hari


3. Membantu memperbaiki dan memperkuat hubungan dan ikatan batin antara istri suami serta bayi yang dikandung.


4. Aura positif dan tenang yang dimiliki oleh suami/pendamping persalinan akan mempengaruhi aura ibu bersalin dan orang-orang disekitarnya.


Kapan para Ibu dapat memulai Latihan Hypno-birthing??


Idealnya adalah sedini mungkin, karena dengan demikian hasilnya bisa lebih optimal.Namun demikian, apabila ibu sudah memasuki trimester III / mendekati Hari H persalinan atau bahkan saat proses persalinanpun, dengan metode ini sangat sangat membantu. Sebenarnya manfaat yang paling nyata dan paling penting dalam hypno-birthing ini adalah Hasil akhirnya. Yaitu bayi kita menjadi lebih sehat baik fisik maupun mental dan spiritualnya…. Karena sering kali kita tidak menyadari bahwa proses persalinan sebenarnya sangat-sangat traumatis bagi bayi kita. Nah dengan belajar hypnobirthing…trauma saat proses persalinan ini dapat dieliminasi. Karena pada dasarnya birth trauma sangat mempengaruhi mental dan spiritual anak kita di kehidupan selanjutnya.


Testimonial klien:


– Ny. Winda (29th, G2, P1, A0) “Ketakutan saya saat hamil yang ke 2 ini adalah saya takut dijahit. Karena anak pertama dulu saya dijahit banyak banget, kayak di obras. Dan itu sangat menyakitkan rasanya lebih sakit dibanding proses bayi keluar. Nah saat belajar hypno-birthing dan bu yesie menolong persalinan saya dengan memberikan sugesti positif maka alhamdullilah proses persalinan anak kedua ini bnerjalan cepat, lancar dan jauh lebih nyaman. Dan yang terpenting adalah “Tanpa Jahitan”


– Ny. Winarti (27th, G1, P0, A0) Saya menikah sudah > 2 tahun, dan belum juga di karuniai momongan, setelah konsultasi, akhirnya saya di therapy bu bidan dan alhamdullilah saya berhasil hamil. Saat hamil saya selalu diajarkan relaksasi hypnobirthing sama bu bidan, dan hasilnya luarbiasa, persalinan saya nyaman dan lancar. Tanpa jahitan juga padahal bayi saya besar 4kg!!!.


– Ny. Puji (34th, G3, P2, A0) Saya menghubungi bu bidan setelah melihat tayangan di Jogja TV saat itu. Saya sangat berharap bisa ikut latihan hypnobirthing karena terus terang ke dua persalinan saya membuat saya sangat trauma. Apalagi dengan umur segini tentunya resiko semakin tinggi. Setelah 3 x pertemuan dan saya rajin melatih relaksasi hypno-birthing yang diajarkan ternyata pas hari H proses persalinan saya berlangsung begitu cepat dan lancar, nyaris tanpa rasa sakit. Jam 12 perut terasa mules saat di periksa suami (kebetulan suami perawat) ternyata sudah pembukaan 7cm. langsung dech cepet-cepet ke RS. Baru 1½ jam di RS mulesnya datang lagi dan ketuban pecah…saat diperiksa ternyata sudah pembukaan lengkap. Ngeden 3 x langsung dech keluar bayinya. Saya sendiri sampai heran….dan yang paling menggembirakan adalah, bayi saya gak rewel, ASI keluar lebih banyak, jadi saya bisa langsung IMD dan menyusui.


– Ny. Linda (24th, G1, P0,A0) Kebetulan saya baru saja bersalin tgl 5 Feb 2010 kemaren, karena saat itu bu Yesie lagi pelatihan di Jakarta alhasil saya harus cari Bidan lain untuk menolong persalinan saya. Untungnya saya sudah dibekali teknik relaksasi yang manjur. Jam 17.00 saya hanya merasa mules dikit saya pikir biasa karena hamil tua kan biasanya mules dan pegel di pinggang dan punggung. Saya masih bisa jalan-jalan, bahkan sempet belanja ke Matahari. Jam 20.00 waktu ke Kamar mandi kok ada flek di celana….ya langsung saja malam itu juga saya sms bu Yesie ternyata lagi pelatihan di Jakarta. Langsung saja saya ke Bidan Praktek Swasta terdekat. Saat bu bidan memeriksa ternyata sudah pembukaan 6. Saya tidak merasakan apapun, hanya mules-mules dikit. Dan saya merasa tenang sekali. Sampai bu bidannya malah bingung. Saking penasarannya sampai-sampai tiam ½ jam bu bidan memeriksa kontraksi saya dan Denyut Jantung Janin saya. “semua Normal” Jam 22.00 saya baru merasa mulesnya agak bertambah lalu berasa ingin BAB, waktru diperiksa ternyata sudah lengkap. lalu saya mengejan 2 kali tanpa perlu tenaga besar…saya merasa sepertinya bayinya ingin keluar sendiri. Gak sampai 10 menit… ehhh bayiku keluar dengan nyamannya. melahirkan memang mudah. Kelas Hypno-birthing & Layanan: Relaksasi hypno-birthing: – Pelatihan relaksasi hypno-birthing (3x pertemuan “couple”) Rp. 400.000,- @ 1,5-2 jam (Kami hanya melayani Privat, supaya hasilnya lebih maksimal) Setiap klien akan mendapatkan: CD Panduan Relaksasi dengan hypnobirthing DVD berisi Materi dan Film tentang Persalinan Pemeriksaan kehamilan gratis + USG (Tanpa cetak) Layanan Lain (*privat): a. Hypno-fertility (bagi Pasangan yang ingin segera punya momongan) b. Hypno-breastfeeding (Bagi ibu dengan masalah menyusui) c. Pijat bayi d. Pelayanan ANC (ante Natal care) e. Yoga For pregnancy Lokasi: Bidan Praktek Swasta Yesie Aprillia Jl Piere Tendean no 20, Sikenong, Klaten


Contact: +6281 329 017 009 / Hotline 0272 3111884


Email: elloianza2001@yahoo.com Website : www.bidankita.com Buka : Pelayanan :Setiap Hari ***Hanya dengan Perjanjian


 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar