KENA WASIR SAAT HAMIL?

KENA WASIR SAAT HAMIL?

Wasir ! Ughhh… ini adalah penyakit yang paling menyiksa dan menjengkelkan bagi banyak wanita. Dan ada banyak wanita yang akhirnya menderita wasir ketika mereka hamil apalagi melahirkan .


Adanya Perubahan hormonal yang berbeda memperlambat sistem pencernaan yang kemudian dapat menyebabkan sembelit – yang kemudian mengarah ke mengejan saat buang air besar . Belum lagi karena Anda saat hamil tua beratnya kandungan kadang menekan beberapa pembuluh darah besar di bawahnya sehingga sirkulasi darah tidak lancar termasuk membuat muncul wasir. Belum lagi kalau saat melahirkan, proses mengejan yang terlalu besar, dan lama seringkali meningkatkan tekanan di anus dan menyebabkan wasir.


Ahh..mungkin dipikiran Anda terbersit kalimat ini :


“duh penyakit yang memalukan, apalagi ketika membicarakannya di depan dokter. Dokternya laki laki lagi!”


Tapi kalau tidak dibicarakan, kok ya mengganggu banget yak?


Ya wis kita blak blakan aja dech ya…


Terus terang saya juga penderita wasir.


Sejak kecil malah, karena riwayatnya dari kecil saya tidak suka sayuran,. Saya suka sayur tuch belum genap 14 tahun belakangan ini. Itupun karena saya musti melatih anak saya untuk suka sayur, karena dia juga tidak suka sayur.


Sejak kecil saya tidak pernah bisa rutin buang air besar tiap pagi, sembelit menjadi makanan sehari hari. Sehingga waktu SMP pun rasanya saya sudah punya wasir. Cuman tidak mengganggu. Nah saat hamil keluhan itu semakin parah tapi karena akhirnya saya memaksakan diri untuk doyan sayur. Karena saat tidak hamil saja pencernaanku bermasalah apalagi pas hamil dimana ada perubahan hormonal, bisa di duga sembelit ku semakin menjadi donk, dan itu pasti akan memperparah wasirnya .


Setelah melahirkan wasirnya semakin lumayan, tapi karena typenya Internal (wasir bagian dalam) jadi tidak terlalu mengganggu selama wasirnya “bisa dimasukkan”


Cuman tetep saja tidak nyaman, nah bagaimana mengatasi supaya tidak semakin parah?


Selama ini saya selalu latihan nafas, selain untuk melatih para klien saya agar persalinannya lancar, latihan nafas terutama nafas perut membuat saya tidak perlu mengejan saat buang air besar sehingga wasir saya tidak semakin parah.


Karena terus terang saya males kalau harus operasi wasir. Gak bisa ngebayanginnya aku, tidur miring di meja operasi dan di operasi wasirnya…hiiii…amit amit…;)..rasanya ngebayangin aja kok risih amat.


Nah selain melatih nafas dan semakin memperbanyak konsumsi sayur buah, sejak mengenal Young Living Essential Oils dan belajar bahwa ada minyak dan produk lainnya yang dapat membantu meringankan penderitaan saya. Akhirnya baru jalan 2 minggu ini saya memutuskan untuk mencoba sesuatu yang berbeda dengan minyak essential saya, yaitu membuat SUPPOSITORIA


Supositoria adalah cara lain untuk menggunakan minyak esensial jika sistem pencernaan anda terganggu.


Suppositoria adalah sediaan padat berbentuk menyerupai peluru atau torpedo yang digunakan melalui rektal (anus). Suppositoria ini mudah meleleh, melunak atau melarut pada suhu tubuh. Nah biasanya obat untuk wasir secara umum juga dalam bentuk suppositoria juga 😉


Dan beberapa kali saya pernah menggunakannya, tapi selain lumayan mahal, tapi juga tidak banyak membantu. Maka dari itu lalu kepikiran dalam benak saya mengapa tidak membuat sendiri dengan minyak esensial saya ? siapa tau membantu?


Nah akhirnya Itulah yang saya lakukan!


setelah membaca baca beberapa blog, lalu beberapa info terkait dengan wasir dan young living serta membaca beberapa artikel saya menemukan bahwa saya bisa membuat supositoria dengan bahan yang cukup sederhana dan murah dengan menggunakan Young Living Essential Oils dan minyak kelapa. Dan karena Saya tidak memiliki peralatan khusus untuk membuat cetakan supositoria , jadi saya harus kreatif .


Inilah yang saya lakukan :  saya mencoba beberapa resep dan sepertinya ber efek


a. Ini resep bisa bantu ngurnagi rasa sakit, atau kadang gatal di bagian anus gegara wasir:



  • 2-3 sdt minyak kelapa ( bisa untuk membuat sekitar 2 supositoria )

  • 8-10 tetes minyak esensial * ( saya menggunakan Lavender dan Peppermint )

  • Wax Paper/ kertas lilin

  • Ini untuk mengurangi wasirnya (untuk 1 suppositoria) :


Campuran -1:


– 4 tetes basil essential oil


– 1 tetes wintergreen essential oil


– 1 tetes of cypress essential oil


– 1 tetes of helichrysum essential oil


Campuran -2 :


– 1 tetes Peppermint essential oil


– 2 tetes Helicrysum essential oil


– 2 tetes Geranium essential oil


– 2 tetes Cypress essential oil


Awalnya ramuan ini hanya ku campurkan dan ku oleskan di wasirnya setiap hari pagi, siang , sore (minimal pagi dan sore saat mandi atau setelah buang air besar)


Tapi karena type wasirku adalah “internal” makanya saya agak “nekad” membuat suppositoria sendiri. Caranya mudah kok :


Anda tinggal mencampur semua ramuan tadi ke dalam mangkuk keramik.


Lalu saya masukkan ke dalam sedotan cincau yang besar, yang mana sudah satu tutup satu lobangnya, sehingga ketika minyak tersebut saya masukkan, maka tidak mbeleber kemana mana. Lalu tutup di kedua sisi lubangnya, Kemudian dengan posisi tegak berdiri saya masukkan kedalam freezer biarkan hingga beku.


Setelah sudah beku baru dipotong kecil kecil di perhalus bentuknya seperti peluru. Lalu di bungukus dengan alumunium foil dan tetap disimpan di freezer, jadi kalau butuh tinggal ambil. Karena ini mudah banget mencair jika suhunya hangat.


Ingat minyak kelapa akan meleleh setelah dimasukkan ke dalam tubuh. Nah disitulah harapannya agar memungkinkan tubh kita menyerap essential oil yang digunakan dalam suppositoria tersebut.


Nah apa yang terjadi pada wasir saya setelah 2 minggu pemakaian?


Rasanya lebih nyaman, dan berkurang banyak sekali. Ini baru 2 minggu apa lagi kalau 2 bulan yah?! Semoga bisa sembuh total dech. Nah bagaimana dengan Anda? Mau mencoba?


Selamat mencoba ya?


Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah wasir :



  • Makan makanan yang banyak mengandung banyak serat

  • Hindari produk makanan yang tidak sehat , seperti soda – ini dapat mendatangkan malapetaka pada sistem pencernaan , terutama soda untuk diet .

  • Minum banyak air . Ingatlah bahwa hanya menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik dapat mencegah banyak penyakit dan komplikasi kesehatan .

  • Jadilah aktif . Yoga akan membantu memperkuat otot dalam tubuh Anda – termasuk di daerah dubur Anda . Aktivitas fisik juga membantu dalam proses pencernaan .

  • hati-hati saat mengangkat barang-barang berat . Ketika tubuh berada di bawah tekanan dari mengangkat barang berat, dapat menyebabkan menggembung di daerah dubur yang dapat menyebabkan wasir .

  • Menjaga berat badan yang sehat . Diet , gizi dan olahraga adalah KUNCI !

  • Jika Anda mengalami konstipasi , hindari mengejan . Bangun dan bergerak . Tingkatkan asupan air Anda . Dan , coba membuat supositoria buatan sendiri dengan minyak kelapa dan essential oil dari young living.


Saran essential oil untuk hal yang berurusan dengan wasir :


Esensial Singles Oil : Lavender , Peppermint , Geranium , Cypress , Basil , Wintergreen, Myrtle , Roman Chamomile , Cistus , Myrrh , Helichrysum


Blends : Melrose , purification ®


Suplemen Diet : Ningxia Red


salam hangat


Yesie


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar