Ketakutan yang sering muncul menjelang persalinan

Ketakutan yang sering muncul menjelang persalinan

Bagi kebanyakan orang, stres adalah bagian dari kehidupan modern sehari-hari, tetapi wanita hamil sering mengalami stres yang secara khusus berhubungan dengan kehamilan, di atas semua hari-hari stressor lainnya. Meskipun stres yang berhubungan dengan kehamilan sangat umum, dan sangat normal, namun tetap saja meresahkan wanita, apalagi mereka yang berjuang untuk memiliki pengalaman kehamilan dan melahirkan yang positif.


Berikut adalah beberapa ketakutan dan kekhawatiran yang paling umum:


1. Takut tidak mampu mengelola rasa sakit saat persalinan.


Mengelola rasa sakit saat persalinan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa sakit saat bersalin adalah:


a. Siapkan diri Anda dengan membaca buku-buku tentang persiapan persalinan dan untuk belajar tentang semua pilihan anda.


b. Selidiki dan ikuti kursus persiapan melahirkan di rumah sakit, rumah bersalin, puskesmas, atau bidan praktek swasta di daerah Anda, Anda juga dapat mengikuti seperti kelas senam hamil, yoga untuk ibu hamil, kelas hypnobirthing, dll dengan Mengambil atau mengikuti kelas melahirkan, Anda dapat berbicara dengan ibu-ibu baru lainnya, dokter atau bidan dan siapa saja yang akan berbagi sedikit cerita mereka akan dapat membantu.


c. Ikutilah komunitas-komunitas pendukung ibu hamil normal, banyak sekali di Fb, milis atau di daerah Anda, dengan demikian Anda akan bias saling share dan support dengan ibu-ibu lain.


d. Bicarakan tentang masalah ataupun keluhan yang Anda alami atau rasakan kepada bidan maupun Anda dan orang-orang yang selalu mendukung dalam hidup Anda.


e. Belajar dan berlatih teknik relaksasi yang paling cocok untuk Anda. (mengikuti kelas hypnobirthing sangat banyak manfaatnya untuk Anda, pasangan, maupun bayi Anda)


f. Jika anda seorang ibu yang pertama kali melahirkan, Anda mungkin perlu diyakinkan bahwa tubuh Anda dirancang untuk melahirkan secara normal. Jadi bangunlah conectivitas dengan tubuh Anda, pahami perubahan yang terjadi dan kenali tubuh Anda.


g. Beberapa orang memilih untuk menggunakan  obat alami untuk mengatasi rasa nyeri seperti pijat, relaksasi, pernapasan dan keterampilan bermanfaat lainnya untuk melalui proses persalinan dengan rasa yang nyaman. Ini mungkin termasuk berendam, mandi di bawah shower, kompres hangat, dukungan dari keluarga, teman, dll


2. Takut kehilangan kontrol selama persalinan.


Kehilangan kontrol dalam persalinan dapat diartikan berbeda beda untuk setiap ibu. Ini mungkin berarti bahwa Anda khawatir akan merasa malu tentang kehilangan kesopanan (telanjang misalnya, padahal dokternya laki-laki). Ini juga mungkin berarti bahwa Anda takut berteriak-teriak dan menjerit saat proses persalinan nanti. Beberapa ibu juga takut kehilangan control untuk buang air besar mereka. Semua ini adalah ketakutan yang umum dan normal. Bicarakan dengan dokter Anda tentang semua kekhawatiran Anda tentang hal ini.


3. Takut sesuatu yang tidak beres saat melahirkan, sehingga memerlukan intervensi medis. apalagi saat ini intervensi medis terus meningkat.


Saat ini angka SC di Indonesia juga meningkat tajam. Teknologi lainnya seperti induksi, augmentasi, Forcep, dan Vaccums juga semakin banyak. Kadang-kadang pemberian obat-obatan, justru dapat meningkatkan kemungkinan bahwa Anda akan memerlukan intervensi tambahan. Bicarakan dengan dokter atau bidan tentang intervensi umum, kekhawatiran Anda dan bagaimana Anda dapat menghindari mereka ketika mereka mungkin tidak diperlukan. Adanya pendamping persalinan yang professional dapat membantu menurunkan tingkat intervensi medis. Dan yang terpenting adalah ketahui apapun obat atau intervensi yang akan di lakukan kepada Anda. Peretimbangkan keuntungan, manfaat, resiko bahkan alternative lain.


4. Takut ada sesuatu yang salah dengan bayi.


Kabar baiknya adalah bahwa dengan perawatan kehamilan yang tepat dan gizi yang seimbang, banyak masalah yang umum terlihat pada dekade-dekade sebelumnya telah hampir diberantas.  Jika Anda memiliki masalah genetik atau kekhawatiran mulai bicarakan hal ini dengan dokter atau bidan untuk skrining genetik atau kehamilan. Hal ini juga dapat membantu meringankan kecemasan.


5. Takut di Episiotomy atau takut robek


Beberapa wanita secara khusus khawatir atas kemungkinan dilakukan episiotomi (sayatan dari vagina ke rektum) ketika proses persalinan. Kabar baiknya adalah saat ini kecenderungan melakukan episiotomi rutin sudah banyakberubah di kebanyakan rumah sakit. Dokter akan mengambil pendekatan yang lebih konservatif untuk prosedur ini, karena menurut pengakuan bahwa episiotomi dapat mengakibatkan periode pemulihan yang jauh lebih menyakitkan bagi ibu, dan dalam beberapa kasus, dapat berhubungan dengan jaringan dan kerusakan otot yang lebih banyak dan parah. Untuk mencegah terjadi robekan atau kemungkinan episiotomy, mulailah lakukan pijat perineum dan senam kegel juga yoga untuk mengurangi resiko episiotomy.


Dokter dan bidan dapat menggunakan berbagai metode untuk menghindari episiotomi. Mendorong perempuan untuk menggunakan duduk, berbaring miring kiri, atau berlutut/merangkak, dapat membantu mereka menghindari overdistension (merobek) perineum (area vagina dan dubur). Teknik lain yang digunakan untuk menghindari episiotomi termasuk pijat pralahir di daerah perineum (perineum massage), kelahiran terkendali dan memperlambat keluarnya kepala bayi (super crowning), dan dukungan pada perineum dengan menggunakan kompres hangat.


6. Jika Anda memiliki masalah tentang kemungkinan bedah caesar darurat: Cari tahu berapa tinggi tingkat SC rumah sakit Anda. Apakah pada atau di bawah rata-rata? (Rata-rata nasional saat ini sekitar 25 persen dari semua kelahiran.) Jika dokter Anda atau rumah sakit menangani sejumlah besar perempuan yang dianggap berisiko tinggi, tingkat caesar mungkin lebih tinggi dari rata-rata. Tanyakan apa indikasi mereka memutuskan untuk SC.


7. Takut mati, perdarahan atau terjadi komplikasi dalam persalinan.


Jika ada ketakutan ini berlebihan dalam hidup Anda, Anda perlu berbicara dengan dokter Anda. Kadang-kadang konseling diperlukan untuk membantu Anda berurusan dengan ketakutan Anda. Niatkan hal yang positif. Saat Anda mempersiapkan segalanya dengan sebaik-baiknya baik body, mind, soul maka komplikasi dan kelamatian dalam persalinan sangat bias di tekan kemungkinan kejadiannya.


Banyak hal yang dapat di persiapkan untuk menuju persalinan normal.:


1. Siapkan Body/fisik


2. Mind/Mental


3. Soul /spiritual


Mulai dari gizi, olahraga juga pikiran yang positif.


Tentang bagaimana tips agar bias melahirkan secara normal dan alami, silahkan baca: https://dennypedia.com/index.php?option=com_content&view=article&id=318:tips-untuk-memiliki-persalinan-alami&catid=44:natural-childbirth&Itemid=56


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar