Keuntungan Melirik Hypnobirthing

Keuntungan Melirik Hypnobirthing

Semua Wanita di dunia meyakini bahwa melahirkan itu sakit.


Rasa Takut, tegang dan panic selalu menghantui proses ini. Dan ternyata panic, takut dan stress bisa membuat proses persalinan menjadi terasa semakin sakit.


Dan Saat ini ada metode yang bisa Anda terapkan untuk membantu proses persalinan anda supaya menjadi nyaman dan menyenangkan.


Metode hypno-birthing ini dikembangkan berdasarkan adanya keyakinan bahwa dengan persiapan melahirkan yang cukup, calon ibu dan pendampingnya saat persalinan akan dapat melalui pengalaman melahirkan yang aman, tenang, nyaman dan memuaskan, jauh dari rasa takut dan cemas yang menimbulkan ketegangan dan rasa sakit.


hypno-birthing adalah salah satu dari penggunaan hypnosis untuk mencapai kondisi yang maksimum melalui relaksasi, kenyamanan dan kelegaan semasa kehamilan. Sehingga para pasutri dapat menjalani proses kelahiran dengan tanpa rasa sakit.


 


hypno-birthing merupakan sebuah paradigm baru dalam pengajaran melahirkan secara alami. Teknik ini mudah dipelajari, melibatkan relaksasi yang mendalam, pola pernafasan yang lambat dan dengan memanfaatkan hormone alami dalam tubuh manusia yaitu endhorfin yang memungkinkan calon ibu menikmati proses kelahiran dengan aman, lembut,dan nyaman,


 


hypno-birthing mengungkap ketidak benaran dari mitos bahwa melahirkan harus dan pasti sakit. Saat perempuan yang melahirkan terbebas dari rasa takut, otot-otot ditubuhnya termasuk otot-otot rahin akan mengalami relaksasi, yang membuahkan proses kelahiran yang lebih mudah dan bebas stress.


Metode hypnobirthing ini dikembangkan berdasarkan adanya keyakinan bahwa dengan persiapan kehamilan, dan persalinan yang holistic/menyeluruh (Body, Mind and Spirit) maka di saat proses persalinan, wanita dan juga pendampingnya (suami), akan dapat melalui pengalaman bersalin yang aman, nyaman, tenang dan memuaskan, jauh dari rasa takut yang menimbulkan ketegangan dan rasa sakit. Dengan kata lain, jika pikiran dan tubuh mencapai kondisi harmoni, maka alam akan bisa berfungsi dengan cara yang sama seperti pada semua mahluk lainnya.


Melalui latihan-latihan yang diberikan oleh bidan/dokter, wanita hamil mampu mengkondisikan tubuh dan jiwa/pikiran secara harmonis selama kehamilan hingga mempersiapkan diri menghadapi proses persalinan. Dengan demikian, tercipta rasa tenang, damai dan rasa yakin bahwa tubuhnya akan mampu berfungsi secara alami dalam proses tersebut. Sebab setelah belajar memasuki kondisi relaksasi yang dalam, wanita hamil akan mampu menetralisir rekaman negatif yang ada di alam/jiwa bawah sadarnya serta menggantinya dengan memasukkan program positif/ reprogamming.


Bukan itu saja, dalam latihan hypnobirthing ini wanita hamil juga akan terlatih untuk lebih peka terhadap janinnya, sehingga akan mampu berkomunikasi dengan janin, bahkan bekerjasama ketika menjalani proses persalinan. Karena sesungguhnya janin atau bayi di dalam kandungan juga memiliki body, mind dan spirit. Meski body/tubuhnya masih kecil, mind/jiwa baru punya unsur perasaan, janin sudah memiliki spirit/roh. Dan, justru karena pada bayi baru memiliki unsur jiwa perasaan, dengan rajin melakukan relaksasi, ibu akan lebih mudah berkomunikasi dengan “Spirit babynya”.


Proses Hypnobirthing bekerja berdasarkan kekuatan sugesti. Proses ini menggunakan afirmasi positif, sugesti dan visualisasi untuk menenangkan tubuh, memandu fikiran, serta mengendalikan nafasnya. Klien ibu hamil dapat melakukan ini sendiri (self hypnosis) atau dengan pimpinan pendamping persalinan/ bidan.


Dalam beberapa kasus, tahap proses kelahiran juga menjadi lebih cepat, mengurangi kelelahan selama berjuang melahirkan bayi dan ibu akan tetap segar, penuh energy setelah melahirkan.


Teknik ini mudah dipelajari. Ada empat langkah yang harus dilakukan:


1. Mula-mula kepala dimiringkan diatas bahu kanan lalu diputar sampai atas bahu kiri, kembali ke bahu kanan sampai 8 kali hitungan. Setelah itu tangan kanan diatas bahu diputar ke belakang sebanyak 8 kali. Lalu tangan tetap diatas bahu diputar kedepan sebanyak 8 kali pula.


2. Relaksasi otot. Berbaringlah santai, lengan disamping kanan dan kiri, telapak kanan menghadap keatas. Lalu tegangkan telapak kaki hingga menjalar kebetis, paha, pinggul dan dada. Pundak ditarik keatas dan kedua telapak tangan dikepal kuat-kuat. Kerutkan dahi lidah ditarik kea rah langit-langit.


3. Relaksasi pernafasan. Dalam keadaan berbaring, otomatis nafas akan terdorong kearah perut. Tarik nafas panjang melalui hidung sambil hitung sampai 10, kemudian hembuskan nafas perlahan melalui mulut. Lakukan sepuluh kali.


4. Relaksasi pikiran, langkah ini diwakili oleh indra mata. Pejamkan mata sejenak, buka perlahan-lahan sambil memandang satu titik tepat diatas mata, makin lama kelopak mata makin rileks, berkedip, dan pada hitungan kelima mata akan menutup.


 


Dengan mengikuti kelas relaksasi hypno-birthing yang didesain khusus dengan program audio dan visual yang canggih, maka ibu hamil belajar mencapai deep relaxation dengan cara yang divisualisasikan dan melakukan self hypnosis. Sehingga proses persalinan nanti dapat berjalan dengan lancar dan nyaman.


 


Keuntungan yang didapat ibu hamil:



  • Mengurangi rasa sakit dengan kadar yang sangat besar hingga tidak terasa sama sekali

  • Mengurangi kemungkinan adanya komplikasi kehamilan yang dipengaruhi factor stress dan depresi

  • Proses persalinan akan berjalan nyaman, lancar dan relative lebih cepat Mengurangi kemungkinan diambilnya tindakan episiotomy

  • Ibu akan lebih merasakan ikatan batin dan emosi dengan janinnya.

  • Ibu dapat merasakan ketenangan dan kenyamanan saat proses persalinan Ibu lebih dapat mengontrol emosi dan perasaannya

  • Mencegah kelelahan saat proses persalinan

  • Bayi yang lahir tidak akan kekurangan oksigen sehingga menjadi lebih sehat

  • Melatih ibu untuk dapat berkomunikasi dengan janinnya

  • Meningkatkan produksi ASI

  • Mencegah terjadinya baby blues


Keuntungan yang didapat janin:


Getaran tenang dan damai akan dirasakan oleh janin. Dan ini merupakan dasar dari perkembangan jiwa (Spiritual Quotient) Ø Pertumbuhan janin lebih sehat karena keadaan tenang akan merangsang hormone dalam tubuh untuk bekerja secara seimbang ke janin melalui plasenta


 


Keuntungan yang didapat suami:



  • Lebih tenang dalam mendampingi istri menghadapi proses persalinan

  • Emosi suami menjadi lebih stabil dalam kehidupan sehari-hari

  • Mengurangi stress suami

  • Aura positif dan tenang yang dimiliki suami akan mempengaruhi aura istri dan orang lain disekitarnya.


 


Keuntungan yang didapatkan bidan / dokter:



  • Dapat lebih focus dan konsentrasi bekerja karena tidak perlu menghadapi emosi labil sang ibu yang hendak melahirkan

  • Kemungkinan timbulnya komplikasi dan masalah saat proses persalinan sangat kecil

  • Tidak perlu menggunakan obat bius untuk ibu yang hendak bersalin

  • Lebih mudah menangani ibu hamil karena lebih tenang dan rileks saat bersalin


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar