Lahir Nyaman Berkat Semangat GBUS

Lahir Nyaman Berkat Semangat GBUS

Kisah persalinan yang unik dan indah lainnyapun terjadi lagi.


Saya sangat bersyukur dan terimakasih sekali karena di ijinkan dan dipercayai untuk menjadi bagian dari peristiwa besar dalam kehidupan.


adalah Bunda Shanti dan Pak Kuncoro, pasangan seru yang menginginkan untuk mendapatkan pengalaman positif saat persalinan. yang rela dari Kota metropolitan Jakarta “ngungsi” ke Klaten untuk mengikuti kelas hypnobirthing for Gentle Birth demi mempersiapkan proses persalinan yang terindah, yang Akhirnya stay di Jogja di minggu-minggu terakhir kehamilan, hingga saat kontraksi dan sudah ngeflek, masih ikut KOPDAR (Kopi Darat) Group Gentle Birth Untuk Semua yang saat itu diselenggarakan di Jogja.


berbekal semangat dan dukungan doa dari saudara-saudara di GBUS, akhirnya bisa bersalin dengan lancar dan nyaman 😉


berikut ini cerita nya, semoga menginspirasi:


TATA ku lahir diiringi doa dan semangat dari keluarga besar GBUS By Shanti Dwi Jaya Ningsih in Gentle Birth Untuk Semua (Files) ·  Setelah beberapa waktu cuma ingak inguk di group, sekarang mau berbagi kisah kelahiran Putri pertama kami yang kami beri nama ‘Pramushita Dahayu Widagdo’ yang memiliki arti seorang perempuan ayu yang berhati lapang dan tangguh. Aamiin….


 


Saat usia kehamilan 35minggu, saya dan suami berangkat menggunakan kereta dari Karawang menuju Semarang (sebenarnya tujuan kami Jogja tp karena dr Karawang hanya ada ke Semarang jadilah kami ke Semarang dulu). Perjalanan malam itu benar2 membuat saya sangat amat tidak nyaman dengan perut sebesar itu. Ternyata label executive tidak menjamin, keretanya jalan mundur, joknya keras, panas lagi dan yang lebih parah mau jalan dan berhenti tidak spt kereta executive dr Jakarta.. kasar sekali. Sampai di Semarang saya lanjut 3jam perjalanan menggunakan travel ke Boyolali. Bermalam disana dan paginya berangkat ke Klaten utk mengikuti kelas. Saya booking hari tgl 15 Juli sudah dari awal Juni, bolak balik tlp berharap supaya tgl tsb kosong karena saya mengambil kelas yang sehari.


 


Yup,sampai di Bidan Kita kami disambut hangat. Dan yang membuat saya kagum adl ibu saya boleh mengikuti kelas tsb (padahal bayare cuma utk 2 orang,hehehe). Jadilah kami ber3, saya-suami dan ibu mertua. Daripada saya dan suami, ibu yang paling banyak nanyanya (Alhamdulillah saya boleh lahiran di Klaten walaupun jauh *peluk mb Yesie yg sabar ngejelasin*). Saat mb Yesie mau ngajarin Pijat Perrineum pas di VT keluar darah. Waaaa saya langsung panik sepanik paniknya. Untung ibu udah pulang duluan jadi ga liat sesi ini. Badan saya langsung menggigil kedinginan tapi keringet keluar terus. Saya coba ditenangkan, diajari tarik nafas, diberi minum sampe kaki saya dipijat. Tetep aja kaki saya gemeteran terus,akhirnya saya direlaksasi. Bangun2 saya lumayan tenang.


 


5minggu menuju HPL saya mencoba merilekskan tubuh agar semua baik dan pendarahan berhenti. Ya,,kepanikan itu hanya 3hari menghantui saya. Suami di Karawang dan saya pulang ke rumah ibu saya di Jogja, perasaan jauh dr suami itulah yg kadang2 membuat saya kadang tak bisa mengontrol emosi..


 


Yaaaa,perut saya ngenceng terus hampir tiap hari dan tanpa jeda,,, UK juga sudah 39minggu. Kayaknya saya mau lahiran,suami langsung pulang ke Jogja dan libur melebihi jadwal cuti lebaran.. HPL,HPL +1, HPL+2, HPL+3 dedek belum keluar. Alhamdulillah saya dan suami bisa tenang walaupun hpl sudah lewat.


 


22 Agustus 2012


Pagi2 saya ngeflek, sempet bingung apa saya mau lahiran sekarang. Padahal saya mau ikut kopdar GBUS dulu tp saya berpikir lagi ‘kok ya saya tegamen kalo mentingin kopdar dibanding ngelahirin dedek yang udah saya tunggu sekian lama’… Saya sms mb Yesie,katanya boleh kalo mau langsung ke Klaten. Tapi baru ngeflek sedikit jd saya tunggu sampe agak banyakan atau ada lendir apalagi saya ga ngerasain mules.. (ini ibu saya yg malah mules2 terus selama 2hari)… Akhirnya suami ngebolehin ikut kopdar dan kami datang kategori awal jadilah duduk paling depan… *hayokkk yg ikut kopdar,saya yg kemarin duduk paling depan,, Yang ikut demo pake bola warna biru, yg suaminya pake kaca mata…hehehe*. Ketemu mb Yesie perut saya ngendo (aduhhh bahasa indonesianya apa ya).. Okeee saya masih bisa ketawa ketiwi, phota photo sana sini. Alhamdulillah saya dpt banyak doa dan semangat dari keluaraga besar GBUS yg datang saat itu… Maghrib acara selesai, saya pulang.. Sampe rumah perut ngenceng, jam 8 saya udah ngerasain ngenceng yg sebenarnya. Ternyata sangat berbeda bunda2,bukan sekedar perut ngenceng dan keras tp ngenceng dan spt mau mens.. Dari depan ketarik kebelakang dan rasanya wowwww bunda *agak lebay ya,hehehe*..


Akhirnya krn sudah makin terasa saya berangkat ke Klaten bersama suami dan ibu. Jam 11malam sampai disana, dicek baru pembukaan 2,akhire ibu saya minta pulang aja krn ibu panikan dan saya kasian krn ibu yg mules2 saya kasian. Sebenere ibu ga mau pulang,pengen nungguin putune lahir tp saya kalo ditungguin malah panik nanti. Akhire ibu pulang,huhuhu,,, sedih pas ibu pulang..


 


23 Agustus 2012


Saya udah ga bisa tidur sama sekali dan suamipun begitu. Jam 9pagi dicek pembukaan 5. Saya dimoxa sambil disuapin sarapan sm suami. Selesai sarapan saya bangun dr duduk ada yg keluar dan yakkk ketuban saya pecah. Saya dibuatkan oralit 3 gelas sm mb Ulya yg baik hati,menghabiskan 2 liter minuman isotonik dan entah berapa banyak air putih. Saya mandi dan siap2 menyambut dedek. Jam 11 pembukaan 7 dan boleh nyemplung ke kolam tp belum boleh mengejan. Ahhhh rasanya semakin narik2 aja dr depan kebelakang. Ga kekontrol juga,sempet teriak2. Nanya terus “mb Yesieeee,mb Ulyaa aku kudu piye iki? Rasane dedek udah mau keluar” mb Yesie sm mb Ulya dengan santai cuma jawab “ayo tarik nafas,,rileks.. sebentar lagi keluar kok dedeknya” *walahhhhh rasanya udah ga karu2an begini kok jawabe gitu thok ki piye*


Akhirnya pembukaan lengkap dan nafas saya mulai ga beraturan dan iyakk mengejan seenaknya… Dikasih cermin,udah ngelihat kepala dedek sedikit keluar tapi berkali kali masuk lagi… Dan Akhirnyaaaa TATA ku lahirr… Tangis akhire pecah.. Ga sakit sama sekali bunda2,benerrr deh.. saya berani sumpah,dedek keluar semua rasa itu ga ada artinya.. Sambil IMD saya disuruh ngatur nafas lagi untuk ngeluarin plasenta,, udah susah bahkan untuk ngejan pun lupa caranya gimana krn saking senengnya,akhirnya setelah batuk2 palsu 3x plasenta lahir.. Dapat jaitan (kata suami sih 4,cuma kok kayaknya banyak bgt)… Tetep ga berasa kok walau dijait2 gitu, TATA ku lebih berasa.. IMD berlangsung 2 jam.. akhire PRAMUSHITA DAHAYU WIDAGDO lahir tgl 23 Agustus 2012 jam 12.45 dengan panjang 47cm dan berat 3450gram. Penundaan tali pusat berlangsung 20jam dilanjutkan burning cord. Jam 4 sore saya sudah bisa pipis,banyak banget lagi. mandi besar dibantu suami dan dilanjut babymoon. Pokoknya rasa sakit udah ga ada bunda, tinggal nyeri jaitan aja kali ya… Cuma bahagia,,senang dan yang pasti bersyukur atas semuanya..


 


Terimakasih utk :


-Allah SWT, Alhamdulillah telah menciptakan semua seindah ini.. telah melancarkan semua.. telah mengirimkan pendamping2 yang sabar


-Suamiku Tercinta *pelukkkkk* yang sabar walaupun saya udah marah2 tanpa sebab (sadare waktu malam liat suami tidur bareng Tata,ya ampun tadi udah marah2 ya sama suami padahal ga salah apa2. Terimakasih udah sabar, selalu membimbing berdoa selama persalinan, selalu mengajari mengatur nafas dan semuaaaaa cubitan-cakaran-jambakan-gigitan..maaf ya sayangku)


-Ibuku dan keluarga yg senantiasa mendoakan dan maaf bikin khawatir karena ga angkat tlp dr pagi dan ga bales semua pesan yg masuk sebelum dedek lahir


-mb Yesie – mb Ulya yg tangannya aku plintir2.. maaf ya,, makasih udah sabar banget,, Lemah Teles ya mb, Gusti Allah sing mbales…


-mb Gaby, juru photo dan video… ditunggu ya mb hasilnya..


-ibuke mb Yesie,masakane enak bgt bu..


-mb yang rewang tempat mb Yesie,matur nuwun udah dicuciin bajunya..


Terimakasih utk keluarga besar GBUS yg memberikan doa dan semangat..


 


Salam


Shanti Dwi


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar