Latihan Stimulasi Prenatal

Latihan Stimulasi Prenatal

Masih berbicara tentang stimulasi prenatal, seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa menurut hasil penelitian, bayi yang dirangsang dengan metode seperti bernyanyi dan berbicara saat masih dalam kandungan, cenderung menunjukkan perkembangan visual, linguistik dan motor yang lebih baik. Stimulasi prenatal merupakan “hadiah” pertama dan terbaik yang bisa orang tua berikan kepada bayi mereka. Nah saat ini saya akan mengupas tentang bagaimana cara atau latihan yang bisa di lakukan orang tua di setiap trimester kehamilannya.


Menyiapkan lingkungan, merangsang SEBELUM serta setelah kelahiran sangatlah aman dan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan bahkan keberhasilan jangka panjang.


 


berkomunikasi dengan Janin di dalam kandungan merupakan bentuk ikatan awal, kepercayaan dan cinta, dan menyediakan lingkungan yang mendukung janin untuk belajar dan tumbuh.


 


 


Trimester Pertama Kehamilan


Banyak yang tidak menyadari bahwa sebenarnya sejak trimester pertama, janin sudah memiliki memori dan sudah bisa diajak komunikasi. Tiga fakta besar tentang periode dinamis dari konsepsi sampai lahir memperingatkan kita untuk mulai mengasuh sebelum konsepsi Adalah:


Pertama, periode kehamilan mungkin lambat, tetapi ilmu pengetahuan mengungkapkan sebenarnya proses kehamilan bergerak seperti kecepatan pesawat jet.


Hanya dalam 21 hari setelah pertemuan sel telur dan sperma, jantung akan mulai bekerja sehingga darah beredar.


Delapan minggu dari konsepsi, organ tubuh sudah di mulai terbentuk.


Kualitas sistem jantung dan semua organ tubuh akan sangat tergantung pada hidup kesehatan kedua orang tua dan kualitas hidup dari diet ibu saat itu-


Dan ini Anda mungkin tidak tahu Anda sedang hamil.


Kedua, orang tua adalah arsitek otak . Waktu kritis dalam perkembangan otak normal dan sumsum tulang belakang adalah Hari 23 dan 24 dari konsepsi ketika tabung saraf harus ditutup pada kedua ujungnya untuk menghindari cacat.


Gen bekerja di sini, tetapi Lingkungan (terutama kesehatan dan kasih orang tua) mengirim mereka sinyal untuk mengaktifkan atau menonaktifkan.


Pada setiap saat, cinta memberikan sinyal keselamatan untuk pertumbuhan.


Ketiga adalah bahwa bayi adalah  komunikator yang kuat dan hebat dan ini lebih dari yang kita bayangkan.


Komunikasi tidak akan menunggu: makhluk dari semua ukuran dan usia mengirim dan menerima sinyal.


Bukti ilmiah sudah menunjukkan bahwa komunikasi dengan janin dalam kandungan akan mempengaruhi kualitasnya.


Jadi perlu diingat bahwa janin Anda sekarang dapat mengalami banyak sensasi dan dapat mulai berkomunikasi dengan Anda. Dia memiliki potensi besar menunggu untuk dirangsang dan dikembangkan. Pada saat ini Anda dapat mulai melakukan latihan relaksasi hypnobirthing dan latihan visualisasi.


Trimester Kedua Kehamilan


Beberapa latihan stimulasi akan memungkinkan janin untuk:


1. Berkomunikasi dengan orang tua mereka melalui gerakan-gerakannya


2. Untuk belajar untuk mengasosiasikan, yaitu, untuk membangun hubungan antara stimuli tertentu dan respon tertentu


3. Untuk mengenali suara dan nada


4. dan akhirnya, untuk belajar memperhatikan dan mengembangkan memori


Dalam rangka untuk merangsang pendengaran janin, Anda dapat berbicara atau membuat musik merdu di dekat perut Anda. Selain itu, Anda dapat berkomunikasi dengan janin Anda melalui sentuhan, setiap kali Anda merasa tendangan, menyentuh sisi berlawanan (ini adalah tempat kepala berada) dan membelai daerah itu saat Anda berbicara.


Trimester Ketiga Kehamilan


Latihan stimulasi yang kami sarankan untuk trimester akhir akan:


1. membantu ornag tua untuk bisa berkomunikasi bayi sebelum kelahiran


2. mengajarkan bayi untuk memusatkan perhatian


3. Mengajarkan bayi untuk membedakan berbagai suara yang berasal dari rahim dan dari dunia luar


4. Menunjukkan bahwa suara memiliki arti dan dapat digunakan untuk berkomunikasi


5. Mengajarkan bayi konsep ritme


6. Meningkatkan keseimbangan


7. Mengjarkan hubungan spasial


8. Mengembangkan dan melatih memori


Latihan-latihan ini akan merangsang kecerdasan bayi dan keterampilan sosialisasi, meningkatkan kemampuannya untuk berkomunikasi dan mengekspresikan kasih sayang. Bayi dirangsang dengan cara ini sangat waspada, penuh perhatian, santai, tersenyum dan ramah.


Saat memberikan sugesti atau berbicara, kata-kata ini harus kata kerja, kata sifat, atau kata benda yang maknanya terkait dengan gerakan atau perubahan kondisi yang dapat dengan mudah dirasakan oleh janin dalam kandungan. Jaga nada suara Anda: antusias, menghibur dan sabar.


Cara yang paling efektif untuk mulai mengajar bayi asosiasi/hubungan antara kata dan tindakan adalah untuk mengucapkan kata/kalimat dengan suara keras dan jelas sementara tindakan tersebut berlangsung. Misalnya, dengan lembut tekan perut Anda di mana letak kepala bayi dan berkata: “. Tap, tap, tekan”


Orang tua harus terlibat aktif, menggunakan suara mereka sendiri, membuat permainan mereka sendiri.Itulah cara kita mengoptimalkan ikatan. Tujuannya adalah untuk menyampaikan cinta, bukan hanya informasi.


Cara orang tua berinteraksi dengan bayi mereka bahkan sebelum mereka dilahirkan memiliki dampak pada perkembangan anak di kemudian hari. Orang percaya diri karena ia / dia tahu bahwa orang tua mereka telah mencintainya sejak mereka dikandung.  Berkomunikasi dengan anak yang belum lahir menyediakan lingkungan yang stabil, mendukung bahwa setiap anak perlu untuk belajar dan tumbuh.


Nah mari mulai rajin berkomunikasi dengan janin Anda


Salam Hangat


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar