Manfaat Belajar Teknik Relaksasi Untuk Persalinan Normal

Manfaat Belajar Teknik Relaksasi Untuk Persalinan Normal


 


Belajar teknik relaksasi untuk persalinan normal memberikan banyak keuntungan/ manfaat – baik mental maupun fisik. Sebenarnya, teknik relaksasi merupakan keterampilan yang penting dan patut di pelajari oleh setiap orang.


Dalam dunia sekarang ini, tingkat stres kita jauh lebih tinggi daripada pada jaman dahulu. Bukan karena hidup kita lebih sulit, tetapi karena jenis stres yang menekan kita dan kita hadapi ini berbeda.  Sebagian besar stres kita berasal dari hal-hal yang berada di luar kendali kita seperti – inflasi, kurangnya keamanan, biaya perawatan kesehatan yang tinggi, keadaan ekonomi yang tidak stabil, dan lain-lain.


stres mental dan fisik dapat berefek pada kondisi fisik seseorang. Ketika tingkat hormone dalam tubuh seperti adrenalin dan kortisol meningkat, seperti halnya tekanan darah Anda. Stres bahkan dapat mengacaukan fungsi otak Anda, sehingga menimbulkan masalah dengan penyembuhan, fungsi sistem kekebalan tubuh, kualitas tidur, bahkan memori anda.


 


Stress merupakan mimpi buruk bagi setiap orang, dapat sangat berbahaya untuk kehamilan. Dengan tekanan darah tinggi berarti pertanda datang bahaya eklampsia. Dengan kekebalan menurun dan kekuatan penyembuhan, tubuh Anda kurang dilengkapi “senjata” untuk menangani dan segera pulih dari pasca bersalin. Ini juga penting untuk dicatat bahwa ketika stres mempengaruhi Anda secara fisik, perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh Anda kemudian dapat mempengaruhi kehamilan Anda dan tumbuh kembang janin Anda. Hal ini dapat dilihat dari detak jantung janin dan pola pertumbuhan nya dalam kandungan.


 


Nah kabar gembiranya adalah saat ini untuk mengatasi stress ada solusinya : banyak penelitian telah menunjukkan bahwa dengan sering menggunakan teknik relaksasi dapat: Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Meningkatkan keterampilan Anda dalam menghadapi masalah. Mengurangi kejadian serangan jantung stroke /, terutama pada kasus yang berulang. Meningkatkan memori jangka pendek. Bahkan Meningkatkan kualitas tidur Anda.


 


Dan Bila Anda menggunakan teknik relaksasi untuk proses persalinan yang normal dan alami maka , tingkat stres dan kecemasan Anda akan berkurang sehingga hal ini dapat bermanfaat lain seperti: Mencegah atau menurunkan risiko Anda mengalami eklampsia. Mengurangi komplikasi pada kehamilan. Memperpendek waktu terutama pada kala I persalinan. Persalinan anda lebih nyaman dan lancar. Mengurangi waktu pemulihan pasca-melahirkan.  Meningkatkan kepuasan Anda secara keseluruhan dan tingkat kenyamanan selama kehamilan Anda.  Bahkan meningkatkan produksi ASI anda.


 


Karena manusia itu unik, maka teknik relaksasi yang digunakan untuk setiap individu sangat bervariasi tergantung dari keluhan dan akar masalah dari individu tersebut. Menemukan apa yang terbaik bagi Anda adalah kuncinya, dan itu menyenangkan juga. Untuk itu cobalah cari teknik relaksasi yang paling pas bagia anda, dan anda dapat meminta bantuan kepada fasilitator relaksasi yang ada di sekitar anda, cari  bidan atau dokter yang sudah mengikuti dan mendapatkan pelatihan tentang relaksasi hypnobirthing, karena itu sangatlah penting.


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts