MEDITASI SELAMA MASA KEHAMILAN

MEDITASI SELAMA MASA KEHAMILAN

Meditasi


Ketika Anda tidak lagi terganggu oleh rangsangan eksternal dan ketika pikiran Anda benar-benar terkontrol dan tetap fokus pada satu titik, ini disebut meditasi. Latihan meditasi secara teratur akan menginduksi perasaan yang mendalam tentang peremajaan dan relaksasi. Denyut nadi, tekanan darah dan kebutuhan oksigen turun. Pikiran menjadi lebih rileks dan reseptif sugestif.


 


Meditasi selama kehamilan memainkan peran yang sama penting dalam tumbuh kembang bayi yang sehat. Semua ibu hamil menginginkan yang terbaik untuk anak-anak mereka mulai dari makanan dan diet bergizi untuk ibu semua diberikan yang terbaik.Namun, kebutuhan ibu hamil bukan hanya kebutuhan fisik tetapi juga psikologis. Emosi memainkan peran penting dalam perkembangan bayi. Anda sering melihat contoh stres ibu melahirkan bayi dengan suasana hati berfluktuasi, dengan mudah akan berubah menjadi kemarahan atau depresi. Sangat penting bagi ibu untuk tetap santai, tenang dan bebas dari kecemasan atau stres. Dengan bantuan meditasi, Anda dapat menanamkan harmoni dalam diri Anda. Ini akan membantu Anda untuk tetap bebas dari stres dan depresi, terutama, jika Anda adalah orang yang emosional.


 


Meditasi selama kehamilan adalah cara terbaik untuk membuat Anda lebih kuat secara emosional dan mental. Dengan meditasi, Anda mendapatkan kemampuan untuk menahan rasa sakit yang membantu selama persalinan pada kehamilan. Tidak sulit jika Anda mencoba untuk berlatih meditasi sendiri selama kehamilan.


Apa itu Meditasi Kehamilan?


Meditasi Kehamilan adalah kemampuan untuk memfokuskan pikiran untuk mencapai keadaan damai, keheningan dan relaksasi yang mendalam, melalui teknik pencitraan dan pernapasan. Bermeditasi selama kehamilan adalah hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk Anda dan bayi Anda karena ketika Anda meluangkan waktu untuk merasa sepenuhnya santai, ini akan meningkatkan pasokan oksigen ke bayi Anda. Waktu yang Anda habiskan selama meditasi juga penting dalam membantu Anda “terhubung” dengan bayi yang belum lahir. Ini adalah waktu pengasuhan,dan Ini adalah waktu yang Anda tidak berada dalam kontrol. Meditasi Kehamilan anda adalah waktunya Anda merasakan cinta, refleksi dan perawatan. Lima belas sampai dua puluh menit sehari untuk merawat seluruh tubuh Anda, pikiran dan semangat, untuk memperbarui dan melepaskan kekhawatiran dan stres.


Mengapa Meditasi Kehamilan


Manfaat fisiologis dari meditasi kehamilan yang ditransmisikan secara langsung ke bayi dalam rahim Anda. Ketika Anda bermeditasi dan merasa nyaman, damai dan santai, Anda berkomunikasi intens dengan bayi yang belum lahir. Meditasi mempengaruhi produksi neurohormonnya dan neurotransmiter. Meditasi kehamilan harus menjadi bagian dari kesehatan prenatal Anda karena memiliki kemampuan untuk berkontribusi guna menyeimbangkan hormon dan mendukung sistem kekebalan tubuh.


Manfaat Meditasi Kehamilan


1. Mengurangi stres.


2. Memproduksi endorphines yang mengurangi rasa sakit fisik.


3. Peningkatan produksi DHEA (dehydroepiandrosterone), yang merangsang produksi limfosit T dan B, sehingga mendukung sistem kekebalan tubuh. DHAE juga membuat Anda merasa lebih baik dan meningkatkan biokimia otak, mencegah kesedihan dan depresi sebelum dan sesudah kelahiran.


4. Penurunan produksi adrenalin dan kortisol.


5. Meningkatkan kadar melatonin, sehingga mendukung sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, dan suasana hati membaik.


6. Peningkatan produksi endorfin, yang memiliki efek penghilang rasa sakit yang sangat kuat dalam persiapan untuk melahirkan.Semakin banyak waktu yang dikhususkan untuk praktek meditasi kehamilan semakin tinggi tingkat endorphines saat lahir. Produksi endorphin adalah penting untuk seorang wanita dalam menghindari risiko intervensi medis.


7. Mencegah pre-eklampsia.Meditasi dapat sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah dan denyut jantung, menurunkan risiko kerusakan otak pre-eklampsia dan potensi prematur.


8. Menghilangkan emosi negatif, yang jika berkepanjangan dapat mempengaruhi perkembangan bayi anda dalam rahim.


9. Melepaskan rasa takut tenaga kerja dengan memberdayakan Anda meskipun proses persalinan. Anda belajar bahwa setiap kontraksi adalah cara biologis bayi Anda berkomunikasi dengan Anda untuk memberitahu Anda ketika dia atau dia akan datang.ÂMenghadapi kontraksi masing-masing dengan kekuatan relaksasi yang mendalam dan bukan karena ketakutan adalah kunci untuk mencapai melahirkan alami.


10. Meningkatkan produksi susu, dan mencegah depresi postpartum. Hal ini penting untuk belajar bagaimana untuk hadir, berada di saat ini dan mencintai diri Anda dan bayi Anda tanpa syarat.


Latihan Meditasi untuk Kehamilan


 


1. Meditasi pada nafas


Ini adalah saat yang tepat untuk memulai jika Anda tidak memiliki pengalaman dengan meditasi.


Petunjuk:


Duduk atau berbaring dalam posisi nyaman. Taruh satu tangan di dada dan yang lainnya di perut Anda. Mulailah dengan hanya bernapas masuk dan keluar perlahan-lahan. Perhatikan gerakan tubuh Anda di bawah tangan Anda.


Cobalah untuk bernapas pada tingkat 12-15 napas per menit. Kadang-kadang membantu untuk memiliki orang lain melakukan penghitungan suara, sehingga Anda dapat memfokuskan semua energi Anda pada pernapasan itu sendiri.


Ketika Anda tidak lagi terganggu oleh rangsangan eksternal dan ketika pikiran Anda benar MEDITASI SELAMA MASA KEHAMILAN


 


2. Relaksasi Progresif


Untuk latihan ini, Anda akan menegangkan bagian-bagian berbeda dari tubuh Anda, dan kemudian secara sadar merilekskannya. Dengan menyadari perbedaan kontras antara ketegangan dan relaksasi tubuh, Anda akan bisa rileks sepanjang hari-setiap kali Anda merasa tegang.


Petunjuk:


Duduk atau berbaring dalam posisi yang mendukung leher dan tulang belakang.Ketika Anda tidak lagi terganggu oleh rangsangan eksternal dan ketika pikiran Anda benar MEDITASI SELAMA MASA KEHAMILAN


(Jangan ragu untuk menggunakan bantal.)


Bawa fokus Anda untuk setiap bagian dari tubuh Anda, mulai dengan kaki Anda, pergelangan kaki, kemudian betis Tegang setiap bagian, tahan beberapa saat, kemudian sepenuhnya rilekskan.


pusatkan perhatian khusus ke otot leher, punggung dan perut.


Lanjutkan sampai Anda mencapai kepala Anda, dan diakhiri dengan menegang dan mengendurkan otot-otot wajah Anda.


Bernapaslah dalam-dalam dan terus sepanjang latihan.


3. Fokus Pada Obyek


Dalam latihan ini, Anda akan bermeditasi pada gambar tertentu.Sebagai contoh: gambar bayi Anda lahir, menjadi sehat, tumbuh menjadi anak yang bahagia.


Petunjuk:


Pilih gambar yang Anda ingin fokuskan pandangan Anda padabgambar tersebut sambil bernapas dalam-dalam.


Coba bayangkan pengalaman positif yang terkait dengan gambar.


Libatkan seluruh indra Anda untuk sepenuhnya membenamkan diri dalam gambar.


Melepaskan energi negatif yang menempel pada setiap gambar.


Lanjutkan bernapas, bermeditasi pada gambar.


Satu Langkah lebih lanjut


Berlatih meditasi Anda akan lebih bermakna jika Anda menggabungkannya dengan napas dan asana yoga. Sebuah praktik yang mencakup ketiga akan membantu memperkuat Anda secara mental, fisik dan emosional untuk kelahiran anak Anda.


Cara Meditasi untuk Pemula


Belajar bagaimana bermeditasi mungkin salah satu tantangan terbesar bagi seorang perempuan, karena kita sering terlalu sibuk dengan kehidupan kita sendiri – pekerjaan kita , keluarga kita, keuangan kita – untuk dapat membiarkan pikiran kita menjadi diam sangatlah butuh tekad dan niat yang kuat.


Kabar baiknya adalah bahwa belajar bagaimana bermeditasi tidak sesulit seperti yang mungkin Anda lihat dan bayangkan. Dan sekali Anda memahami itu, maka akan menjadi terasa semakin mudah. Jadi di sini adalah beberapa teknik meditasi untuk pemula yang seharusnya membantu Anda baik pada cara Anda menuju kesehatan rohani yang lebih baik.


1. Menemukan ruang yang nyaman.


Meskipun meditator mampu berlatih fokus di setiap ruang atau situasi, ini dapat menjadi tugas yang paling sulit bagi pemula. Untuk mempermudah anda, penting untuk menemukan ruang di mana Anda merasa nyaman. Sebisa mungkin, ruang ini harus bebas dari setiap gangguan seperti televisi, telepon, komputer, dll. ini juga seharusnya tidak menjadi tempat yang terkait dengan pekerjaan, seperti kantor rumah. Jika cukup hangat, alam luar dapat menjadi tempat yang sempurna untuk bermeditasi.


Tergantung pada seberapa umur kehamilan Anda, Anda mungkin merasa lebih nyaman untuk mulai bermeditasi sambil berbaring, atau duduk bersandar di kursi. Apapun posisi yang Anda pilih, pastikan tulang punggung dan kepala lurus. Anda juga mungkin ingin meletakkan bantal di bawah punggung bagian bawah untuk menyangga agar tetap terasa nyaman.


2. Bernapas.  Belajar bagaimana untuk fokus pada pernapasan Anda sebenarnya adalah langkah pertama dari meditasi. Untuk pemanasan, cukup tutup mata Anda dan mengambil nafas panjang dan dalam beberapa kali. Setelah Anda merasa lebih santai, mulai bernapas perlahan-lahan melalui hidung sambil memfokuskan pada gerakan perut Anda saat Anda menghirup dan menghembuskan napas.


Anda mungkin pernah mendengar orang membuat suara-suara sementara mereka bernafas, ini disebut “chantting”, ini dapat menjadi cara yang efektif untuk lebih memfokuskan perhatian Anda. Beberapa ahli menyarankan untuk melafalkan kata “hum” jadi, Tarik napas panjang dan dalam lalu ketika mengeluarkan nafas bunyikan kata “hum” dengan panjang dan lama.Anda akan mampu menahan napas untuk waktu yang lebih lama karena tubuh Anda menjadi lebih baik dan  terbiasa.


3. Tetap Fokus pada latihan meditasi.


Jangan berkecil hati jika Anda menemukan kesulitan untuk memerintah pikiran Anda untuk tetap fokus. Ini adalah reaksi alami pikiran Anda terhadap perubahan yang mendadak. Anda hanya perlu memberikan waktu untuk menyesuaikan diri.Namun, ada cara untuk menjaga pikiran Anda tetap fokus pada latihan meditasi.Untuk melakukan ini, mencoba menghitung dari satu sampai sepuluh, saat menyebutkan nomor tersebut dalam pikiran Anda bersamaan dengan itu anda juga menghembuskan nafas. Akhirnya, Anda akan terlatih untuk lebih fokus lagi.


Langkah pertama:


a. Cari tempat di mana Anda tidak akan terganggu selama tiga puluh menit berikutnya,


b. duduk dengan nyaman dan tutuplah mata Anda.


c. Bayangkan Anda benar-benar rileks dari ujung jari-jari kaki Anda sampai ke mahkota di kepala Anda.


d. Carilah setiap tempat dalam tubuh Anda yang masih merasa tegang dan membiarkannya bersantai ke kursi atau sofa tempat Anda duduk.


e. Dengarkan napas Anda, ketika menghirup udara bayangkan cahaya masuk dan menenangkan Anda dan ketika menghembuskan napas hilangkan dan keluarkan semua ketegangan Anda


f. Sekarang bayangkan cahaya putih keemasan sekitar Anda, ambil napas dalam-dalam dan menghembuskan napas saat Anda melihat diri Anda seolah-olah mengambang di udara.


g. Sekarang bayangkan bahwa Anda berada di dalam rahim ibu Anda dan tanyakan pada diri sendiri, apa yang Anda rasakan? Cari tahu saat ini pikiran dan perasaan Anda adalah tentang ibu Anda dan dunia luar. Jika Anda menemukan diri Anda dalam banyak ketakutan, Katakan padanya bahwa Anda ingin menemaninya dalam perjalanan bersalin nya untuk menemukan apa yang terjadi dan untuk memperbaiki atau bersukacita dengannya. Katakan padanya bahwa Anda berada di sini untuk dirinya dan yang bersama-sama Anda akan menyaksikan kelahiran Anda dengan aman dan penuh kasih.


h. Jika Anda tidak dapat mengingat kelahiran maka bayangkan proses kelahiran yang ingin Anda rasakan


i. Bayangkan ibumu membawa Anda ke dalam pelukannya dan menyambut Anda ke dalam dunia ini. Itu adalah hak Anda untuk berada di sini dan untuk memiliki pengalaman yang Anda inginkan dan pantas anda dapatkan.


j. Menyembuhkan masa lalu atau bersukacita atas kelahiran indah yang sebenarnya Anda miliki.


k. Sekarang tarik nafas panjang


l. Kemudian sekarang buka mata Anda.


Ini adalah ide yang baik untuk menuliskan apa yang terjadi. Lalu berdamai dengan masa lalu Anda.


Langkah kedua:


Meditasi untuk berkomunikasi dengan janin Anda, Selama meditasi ini Anda akan belajar cara untuk terhubung ke bayi Anda dan bagaimana untuk merasa benar-benar rileks dan damai dengan kehamilan Anda.


a. Ambil napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan sesuai dengan kemampuan Anda.


b. Perlahan tutup kedua mata Anda.


c. Ambil napas panjang dan hembuskan perlahan-lahan hingga 4 hitungan


d. Lanjutkan bernapas dengan berfokus pada tiap hirupan dan hembusan nafas, Saat Anda menarik napas, rasakan perut Anda berkembang dan ketika Anda menghembuskan napas rasakan perut mengempis, dan lakukan beberapa kali.


e. Sekarang, saat Anda menarik napas visualisasikan sebuah energi turun ke perut Anda dan untuk bayi.


f. Dalam pikiran Anda ulangi kalimat berikut dengan sangat lambat dan lembut: “Aku cinta kamu.” Lakukan beberapa kali dengan kalimat yangs erupa yang mani intinya mengirimkan energi damai, energi ketenangan dan cinta kepada bayi di dalam rahim Anda.


g. Ketika Anda bernafas dalam dan mengeluarkan nafas, cobalah untuk memvisualisasikan cahaya putih dan merah muda yang indah sekitar Anda dan bayi Anda. Biarkan cahaya ini melindungi, membersihkan dan melingkupi diri dan bayi Anda.  Dan rasakan cahaya dan energi tersebut mengalir dan bergerak di dalam dan sekitar tubuh Anda.


h. Rasakan Santai aman dan nyaman saat melakukan visualisasi ini


i. Biarkan semua kekhawatiran dan kecemasan Anda tentang kehamilan Anda benar-benar hilang dan Anda merasakan ada kekuatan baru yang positif yang mengisi pikiran dan tubuh Anda.


j. Berkatalah kepada diri sendiri di dalam hati:


“.Aku aman dan bayi saya aman dan aku sangat mencintai bayiku.”


“Saat umur kehamilan ini semakin tua, saya merasakan kekuatan yang luar biasa dan Aku semakin tenang serta bersemangat menyambut kehadiran bayiku ini”


k. Lakukan beberapa kali dan sugestikan kalimat affirmasi yang positif yang sesuai dengan harapan dan cita-cita Anda, Dan  Ketika Anda merasa siap, buka mata Anda dengan lembut, bangun dan kembali ke aktivitas normal Anda sehari-hari.


Banyak ibu baru takut untuk kesehatan mereka dan kesehatan bayi mereka, selama kehamilan mereka. Jika Anda mengalami kecemasan lakukan meditasi. Silahkan, ingat bahwa kehamilan adalah proses yang sangat alami dan tubuh Anda sangat mampu menjaga dan melindungi bayi yang sehat.


Referensi


“Meditations for Pregnancy: 36 Weekly Practices for Bonding with Your Unborn Baby”; Michelle Leclaire ONeill; 2004


“Guided Meditations for Pregnancy & Birth”; Michelle Roberton Jones; 2009


“Magical Beginnings, Enchanted Lives: A Guide to Pregnancy and Childbirth Through Meditation, Ayurveda, and Yoga Techniques”; Deepak Chopra, MD et al.; 2005


“Psychology: An Exploration”; Saundra Ciccarelli, et al.; 2011


“The Physical and Psychological Effects of Meditation: A Review of Contemporary Research With a Comprehensive Bibliography, 1931-1996”; Michael Murphy; 1997


“Hacker & Moore’s Essentials of Obstetrics and Gynecology”; Neville Hacker, et al.; 2009


 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar