Mempersiapkan Kehamilan dan Persalinan Terbaik?

Mempersiapkan Kehamilan dan Persalinan Terbaik?

Apa yang harus saya lakukan jika saya berencana untuk hamil Mempersiapkan Kehamilan dan Persalinan Terbaik?


Apa yang harus saya lakukan jika saya berencana untuk hamil?


Idealnya, persiapan secara holistik untuk kehamilan dan persalinan dimulai sebelum Anda hamil. Karena jika Anda sehat, maka bayi Anapun juga sehat. Dan ketika Anda dan bayi sehat, Anda memiliki lebih banyak pilihan saat melahirkan.


Jadwalkan janji untuk melakukan konseling dengan dokter atau bidan Anda untuk membahas rencana kehamilan Anda. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi kesehatan Anda, serta riwayat keluarga atau masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi kehamilan. Tenaga kesehatan akan tertarik untuk belajar tentang pekerjaan Anda atau hobi untuk membantu Anda mengidentifikasi apakah Anda berisiko untuk virus atau infeksi tertentu. Petunjuk ini memberi Anda kesempatan untuk membicarakan kondisi kesehatan apapun, seperti diabetes, asma, atau tekanan darah tinggi, dengan dokter Anda. Cobalah untuk mencapai berat badan normal untuk Anda.


Berolahraga. Jika Anda belum memiliki rutinitas olahraga teratur, ini adalah waktu untuk memulainya. Kebanyakan wanita mengakui keuntungan fisik yang di dapat dar olahraga, tetapi mungkin tidak menyadari bahwa olahraga juga membantu mengelola stres dan meningkatkan kesehatan mental yang baik. Anda dapat mempertimbangkan berbagai program olahraga, tergantung pada minat Anda, termasuk berjalan, berlari, berenang, atau bersepeda. Kelompok kelas, seperti yoga , pilates, atau aerobik, juga pilihan yang baik. Untuk menjadi paling efektif dalam menjaga kesehatan yang baik, Anda harus olahraga empat sampai lima kali per minggu, selama minimal 30 menit, tetapi jika anda tidak berolahraga sebelumnya, Anda harus melakukan secara bertahap. Misalnya, jika Anda mulai berjalan, mulai dengan berjalan sekitar 10 menit setiap kali Anda pergi keluar, dan kemudian meningkat ini dengan 5-10 menit setiap minggu. Ada juga latihan khusus untuk kehamilan, termasuk latihan otot panggul (kadang disebut latihan Kegel), goyang panggul, dan jongkok. Beberapa buku dan situs yang membahas ini terdaftar di bawah Bacaan tambahan di bagian bawah artikel ini.


Nutrisi sangat penting saat Anda mencoba untuk hamil. Diet yang seimbang dan sehat harus mencakup sumber protein (seperti daging, keju, kacang kering), biji-bijian, sayuran dan buah-buahan, dan sumber kalsium (seperti susu atau produk susu lainnya). Mendapatkan asam folat yang cukup dalam diet dapat mencegah cacat tabung saraf. Asam folat dapat ditemukan dalam sayuran hijau dan biji-bijian, tetapi karena jumlah yang dibutuhkan untuk mencegah cacat lahir cukup tinggi, Anda harus mengkonsumsi suplemen vitamin yang mengandung 400 mikrogram asam folat. Tabung saraf berkembang sebelum banyak wanita menyadari bahwa mereka hamil, sehingga kebanyakan dokter dan bidan merekomendasikan bahwa semua wanita mengkonsumsi suplemen asam folat, bahkan sebelum mereka menjadi hamil.


Secara umum, seluruh makanan segar lebih baik dari pada makanan yang diproses, dan Anda mungkin ingin mempertimbangkan makanan organik bila tersedia, terutama saat memilih buah-buahan segar dan sayuran. Komersial tumbuh anggur, stroberi, ceri, persik, apel, aprikot, bayam, paprika, seledri, kacang hijau, mentimun, dan melon adalah salah satu makanan paling sangat disemprot dengan pestisida dan herbisida, sehingga memilih tumbuhan organik sangat bermanfaat.


Hindari rokok, alkohol, dan narkoba. Sebagian besar wanita tahu bahwa ada yang berbahaya bagi bayi berkembang, tetapi mereka juga harus dihindari ketika mencoba untuk hamil. Kebiasaan ini sulit untuk dihentikan, tetapi ingin memiliki bayi sering menjadi motivasi yang sangat baik. Jika Anda berpikir Anda mungkin mengalami kesulitan, mulailah berfikir untuk mengikuti program-program untuk membantu Anda berhenti melakukan kebiasaan buruk tersebut.


Periksa obat-obatan, suplemen, atau obat herbal karena ini juga dapat membahayakan bayi berkembang. Kaji obat, suplemen, atau herbal yang Anda ambil dengan, bidan apoteker dokter, atau. Terkadang, jika perlu untuk terus memakai obat, seperti obat asma, untuk melindungi kesehatan Anda sendiri. Kadang-kadang, Anda dapat mengganti obat yang lebih aman selama pra kehamilan -dan periode kehamilan. Ada beberapa obat, yang tidak boleh dikonsumsil sama sekali selama kehamilan atau saat berusaha untuk hamil. Jika Anda mengkonsumsi obat untuk kondisi kesehatan kronis, memberitahu dokter Anda bahwa Anda ingin hamil, sehingga ia dapat membantu Anda memilih obat yang paling aman selama kehamilan.


Sebuah catatan akhir pada persiapan kehamilan: membuat rencana untuk dukungan emosional. Anda mungkin khawatir tentang bagaimana Anda atau pasangan Anda akan merawat anak, Anda akan menjadi orangtua seperti apa, bagaimana anak-anak Anda yang lain akan bereaksi terhadap bayi baru. Anda mungkin mengenali bagaimana kelahiran anak berarti hilangnya kontrol atas tubuh Anda dan waktu Anda. Anda mungkin berencana untuk bekerja paruh waktu, tinggal di rumah bersama anak Anda, atau untuk menyeimbangkan penuh waktu bekerja dengan mengasuh anak Anda. Semua ini adalah stres, dan akan sangat membantu jika Anda berbicara terus terang dengan pasangan Anda tentang apa yang Anda berdua pikirkan karena Anda akan membutuhkan satu sama lain, dari anggota keluarga lain, dan dari teman. Jika penanganan stres adalah sulit bagi Anda atau jika Anda memiliki riwayat depresi, mungkin ini saat yang tepat untuk mencari terapi dengan tujuan untuk mengidentifikasi masalah dan cara untuk mengelola stres.


Apa yang harus saya lakukan jika saya sudah hamil?


Selamat! Anda telah memulai perjalanan yang penuh dengan keajaiban, tetapi akan disertai dengan beberapa kerja keras. Perasaan ambivalensi atau khawatir mungkin menyertai perasaan kebahagiaan. Semua normal.


Perawatan prenatal sangat penting bagi Anda dan bayi Anda. Meskipun penyebab dari komplikasi kehamilan sedikit yang diketahui, dan beberapa tidak bisa terkontrol, namun banyak komplikasi dapat dihindari atau diminimalkan dengan merawat diri sendiri. Dengan tetap berisiko rendah dan sehat, Anda memaksimalkan pilihan Anda untuk melahirkan.


Nutrisi yang baik sangat penting untuk kehamilan yang sehat dan untuk pertumbuhan bayi. Selain suplemen asam folat 400 mikrogram, kebanyakan wanita bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari makanan mereka dipilih dengan cermat dan tidak perlu mengambil vitamin. Namun, jika Anda mengalami anemia, bidan atau dokter dapat merekomendasikan suplemen zat besi. Beberapa wanita hamil yang mengalami kesulitan memperoleh cukup kalsium, besi, protein, dan sayuran berdaun hijau.


Nutrisi penting lainnya termasuk asam lemak esensial (terutama asam lemak Omega 3) dan kolin, yang keduanya membantu otak dan sistem saraf bayi berkembang. Anda mungkin perlu melakukan penyesuaian jika Anda mengalami mual atau muntah yang signifikan pada kehamilan Anda.


Berat badan diharapkan ideal selama kehamilan, Periksa dan tentukan apakah berat badan Anda adalah normal atau di atas atau kekurangan berat badan. Jika Anda sudah mulai keluar kehamilan pada berat badan normal, berencana untuk memperoleh peningkatan antara 25 dan 35 kilogram. Jika Anda kelebihan berat badan, berencana untuk mendapatkan sekitar 15 kilogram. Jika Anda kekurangan berat badan, berencana untuk memperoleh antara 28 dan 40 kilogram. Jumlah makanan tambahan wanita hamil perlu tidak besar. Jika berat Anda adalah rata-rata dan cukup aktif, Anda memerlukan jumlah kalori yang sama di trimester pertama Anda seperti yang Anda lakukan sebelum Anda hamil. Pada trimester kedua, Anda perlu tambahan 350 kalori dalam sehari, dan dalam trimester ketiga Anda, hanya 500 kalori tambahan yang dibutuhkan per hari. (Tiga ratus kalori adalah setara dengan tiga gelas susu non fat atau sandwich selai kacang.)


Olahraga dan makan dengan baik dapat membantu menjaga gula darah dalam kisaran normal dan dapat membantu Anda menghindari bayi yang sangat besar. Olahraga juga membantu Anda membangun kekuatan dan daya tahan, yang penting pada saat persalinan.


memperhatikan kesehatan emosional Anda selama kehamilan juga sangatlah penting. Stres sangat umum dalam masyarakat kita, dan, perempuan sering mengalami kekhawatiran dan ketakutan tambahan selama kehamilan. Anda mungkin menemukan bahwa Anda khawatir tentang bayi Anda, menjadi ibu, keuangan, perubahan status dalam keluarga Anda, atau banyak hal lainnya. adalah ide yang baik untuk menemukan suatu teknik pengurangan stres yang Anda sukai dan mulai berlatih pada awal kehamilan Anda. Beberapa opsi yang baik meliputi relaksasi hypnobirthing, meditasi, tai chi atau yoga dengan instruktur yang berpengalaman dalam mengajar wanita hamil.


Berikut daftar singkat yang harus dihindari:


1. Toksoplasmosis: gunakan sarung tangan bila berkebun, tidak mengkonsumsi produk daging mentah, ada orang lain mengubah kotak kotoran kucing jika Anda memiliki kucing, dan cuci tangan setelah bermain dengan kucing anda.


2. Lysteria: Hindari susu yang tidak dipasteurisasi.


3. Mercury: Hindari ikan tuna dan ikan besar lainnya.


4. Hot tubs / sauna: Panas yang berlebihan dapat mempengaruhi sistem saraf pusat perkembangan bayi.


5. Alkohol: Tidak ada jumlah alkohol yang aman selama kehamilan dan dapat berkontribusi pada sindrom alkohol janin.


6. Tembakau: Penggunaan tembakau dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi dan mempengaruhi tekanan darah Anda. Sebisa mungkin kurangilah, jika Anda tidak dapat berhenti total.


7. Obat: Diskusikan obat, suplemen, dan herbal yang Anda ambil dengan dokter Anda untuk mendiskusikan alternatif yang aman.


8. Virus: cuci tangan teratur sangat penting untuk semua orang, tetapi terutama penting jika Anda bekerja dengan anak muda (untuk membantu mencegah terkena penyakit sitomegalovirus, cacar air, dan rubella).


Bagaimana saya bisa membuat diriku lebih nyaman?


Ikuti saran di atas pada makan makanan yang sehat seimbang, menghindari penambahan berat badan berlebihan, dan berolahraga. Ini akan membantu Anda tetap sehat. Selain itu juga penting untuk berlatih teknik pengurangan stres secara teratur.


Berikut adalah beberapa saran untuk mengatasi ketidaknyamanan tertentu:


Mual. Cobalah untuk makan dalam porsi kecil namun sering. Gigitan kecil kerupuk, permen jahe, teguk jus dapat membantu. Pertimbangkan akupresure atau akupunktur .


Sakit punggung. Perhatikan postur tubuh saat berdiri, duduk, mengemudi, atau bekerja. Jangan berdiri dengan berat badan Anda pada satu kaki dan menghindari menyilangkan kaki anda saat duduk. berhati-hati saat mengangkat barang: tekuk lutut Anda, tahan dekat objek untuk tubuh Anda, dan menggunakan otot-otot di kaki Anda untuk membantu Anda dalam mengangkat. Jika Anda menghabiskan banyak waktu berdiri, pertimbangkan berdiri dengan satu kaki di sebuah blok tiga tingkat atau empat inci, dengan berat badan Anda secara merata seimbang pada kedua kaki.


kompres dingin atau panas dapat memberikan beberapa bantuan rasa nyaman, Pertimbangkan yoga atau kelas latihan prenatal, akupunktur, pijat, terapi fisik, atau perawatan chiropractic.


Kelelahan. Prioritaskan kegiatan. Pertimbangkan periode singkat istirahat atau tidur siang di siang hari (tetapi tidak membuat terlalu lama atau Anda mungkin sulit tidur di malam hari). Mintalah bantuan orang lain. Pertimbangkan terapi komplementer, seperti hypnobirthing.


Wasir atau sembelit. Pastikan Anda memperoleh 10 sampai 12 gelas air non-berkafein setiap hari. Air hangat terutama membantu merangsang perut. Diet anda harus meliputi buah-buahan segar dan sayuran dan biji-bijian.


Edema (pembengkakan). Istirahat dengan kaki diangkat secara periodik di siang hari. Pertimbangkan pijat, terutama kaki dan pijat kaki.


Mulas. Pertimbangkan makan makanan kecil. Setelah makan, tetap tegak selama sekitar 45 menit. Anda mungkin mengidentifikasi beberapa makanan, seperti makanan tinggi lemak, yang membuat mulas menjadi bertambah buruk – memperhatikan pesan tubuh Anda dan menghindari mereka!


Perubahan suasana hati. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Praktek pengurangan stres, seperti meditasi atau relaksasi, mungkin bisa membantu, mungkin sebagai terapi komplementer, seperti pijat atau Reiki. Tentu saja, ini juga berguna untuk berbicara tentang kekhawatiran Anda dengan pasangan Anda, teman lain yang mendukung atau anggota keluarga, atau seorang profesional kesehatan.


Carpal tunnel. Tunnel syndrome dapat menyebabkan kesemutan di jari atau nyeri pada pergelangan tangan dan tangan, dan disebabkan oleh pembengkakan jaringan di pergelangan tangan Anda menempatkan tekanan pada saraf karpal. Anda dapat melakukan pijat tangan dan jari sendiri untuk meningkatkan aliran darah ke tangan dan mengurangi bengkak. Anda juga dapat mengangkat lengan ke atas kepala. Terapi fisik dan akupunktur juga telah terbukti efektif.


Tambahan Bacaan


Olahraga:


Essential Exercises for the Childbearing Year, 4th ed. Elizabeth Noble. 2003. You can read about this book .


Exercises to ease pregnancy aches and prepare you for childbirth. BabyCenter.


Kegel Exercises. Information available at Childbirth.org


Nutrisi:


Nutrition and Pegnancy: A Complete Guide from Preconception to Postdelivery. Judith E. Brown and Howard N. Jacobson. 1998.


What to Eat While Pregnant. U.S. Department of Health and Human Services.


Key nutrients during pregnancy.


Kesehatan emosi:


The Woman’s Comfort Book: A Self-Nurturing Guide for Restoring Balance in Your Life. Jennifer Louden. 2005. An excerpt from this book can be found


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar