Menemukan afinitas dengan air

Menemukan afinitas dengan air

 


Kita tahu bahwa proses persalinan dengan Waterbirth sangat banyak sekali manfaatnya baik bagi ibu maupun bagi bayi. Jika Anda berencana waterbirth maka anda pasti tahu semua tentang manfaat air untuk persalinan dan kelahiran. Tapi bagaimana dengan manfaat air selama kehamilan?


 


Nah apa saja manfaat air selama kehamilan Anda?


 


Relaksasi – air memiliki efek yang sangat menenangkan bagi kebanyakan orang, yang berendam dalam air hangat dan belajar teknik relaksasi seperti latihan pernapasan benar-benar dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Air juga memberikan efek meditatif dari berenang lembut naik turun kolam renang tanpa gangguan lainnya benar-benar dapat membantu relaksasi dan mengurangi tingkat stres. Selain itu dengan berendam atau berenag di air Anda menjadi bebas bergerak dan bisa bergerak dengan sangat ringan tak peduli seberapa besar dan beratnya tubuh Anda saat hamil.


Olahraga – melakukan olahraga di air ternyata juga sangat menyenangkan, menenangkan dan sangat baik. Berolahraga di air sangatlah ideal untuk ibu hamil, karena memungkinkan Anda untuk mendapatkan beberapa latihan kardio-vaskular tanpa memberikan tekanan tambahan pada sendi. Ditambah dengan efek toning, melakukan aerobik di kolam renang merupakan cara yang bagus untuk tetap bugar. merendamkan diri Anda dalam air sangat baik untuk otot inti, cobalah melakukan latihan dasar panggul Anda juga, semua membantu untuk mempersiapkan Anda untuk persalinan dan pemulihan. ligamen Anda menjadi lebih lembut selama kehamilan dan sendi dapat menjadi lebih lentur.


Membuat Posisi janin lebih optimal – berenang, khususnya gaya dada , adalah cara terbaik untuk mendorong bayi Anda untuk berada pada posisi oksiput anterior. Dengan perut menggantung di bawahnya menciptakan tempat “tidur gantung” untuk bayi Anda untuk melakukan manuver dan memutar sehingga mereka berbaring menghadap ke tulang punggung ibu (tengkurap). gerakan kaki katak-dapat mendorong panggul untuk membuka sehingga memungkinkan lebih banyak ruang untuk bayi Anda untuk menetap di posisi terbaik.


Gambaran bentuk Tubuh – Ketika umur kehamilan semakin tua dan badan Anda menjadi lebih besar dan mungkin lebih kaku Anda mungkin merasa harus bersembunyi dan mengenakan baju yang besar untuk menyembunyikan benjolan-benjolan Anda. Berada di dalam air adalah cara yang mengagumkan untuk melupakan bentuk tubuh Anda dan menikmati perasaan ringan dan anggun lagi! Air ini mendukung semua kurva dan berat badan ekstra sehingga memberikan Anda kesempatan untuk membangun ikatan dengan dalam pertumbuhan bayi. Begitu juga ketika Anda menggunakan kolam persalinan, banyak ibu menyukai cara air membuat mereka merasa aman dan nyaaman, memberikan mereka tempat untuk menjadi satu dengan bayi mereka yang belum lahir.


Minumlah air – kita semua tahu bahwa kita harus minum banyak air, berapa banyak dari kita benar-benar minum 8 gelas sehari? Bagi ibu hamil ada alasan tambahan mengapa air minum adalah penting: membantu mencegah infeksi saluran kemih, menjaga stabilitas air pada tubuh Anda, hormon-hormon kehamilan membuat Anda menahan air, minum lebih banyak air membantu mencegahnya, air memfasilitasi aliran nutrisi melalui darah ke bayi, akan membantu mengisi kembali cairan ketuban, karena volume darah Anda dua kali lipat dan mengental selama bulan kedelapan kehamilan, air minum membantu mencegah hipertensi dan penyakit kardiovaskuler, membantu mencegah sembelit dan wasir, air minum dapat mengurangi morning sickness, dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi sehingga air minum dapat mengurangi risiko persalinan prematur.


Temukan afinitas dengan air – jika anda merencanakan waterbirth apakah di rumah atau di rumah sakit, menghabiskan waktu di dalam air terlebih dahulu, menemukan posisi yang nyaman untuk Anda dan menikmati sensasi rasa nyaman yang didukung oleh air. Ini semua akan membantu mempersiapkan Anda untuk waterbirth Anda. Jika Anda memiliki kolam bersalin di rumah, atau kolam renang, gunakanlah untuk latihan relaksasi, latihan praktek pernapasan atau teknik relaksasi lainnya di kolam renang dan mendapatkan tubuh dan pikiran Anda terbiasa dalam air.


Pasca melahirkan – sifat terapi air dapat sangat membantu Anda pulih setelah melahirkan apakah Anda menggunakannya untuk relaksasi dan / atau untuk membangun ikatan dengan bayi Anda.


Perlu diketahui bahwa jika air ketuban Anda sudah pecah, Anda tidak harus berenang di kolam renang umum – ?


* Jika Anda menderita masalah punggung bagian bawah atau simfisis pubis Disorder silahkan konsultasi dengan bidan atau dokter umum tentang berenang gaya dada. Jika Dilakukan dengan benar gaya dada menyebabkan lengkungan pada punggung bawah yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan bagi mereka dengan SPD tendangan kaki gaya dada dapat meregang ligamen panggul dan sendi secara berlebihan. Seperti halnya olahraga lainnya, jika Anda merasa rasa tidak nyaman maka berhentilah dan mencari nasihat.


Nah berikut ini beberapa olahraga air untuk ibu hamil


Silahkan mencoba.


{youtubejw}fxvMoFdV6iY{/youtubejw}


 


 


{youtubejw}E6TzbXbTqjs{/youtubejw}


 


 


{youtubejw}PdX1XdjqcLM{/youtubejw}


 


 


{youtubejw}Z2yDfZzTkAU{/youtubejw}


Semoga bermanfaat


Salam hangat


Yesie Aprillia S.Si.T, M.Kes


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar