Moksibution untuk memperbaiki presentasi sungsang

Moksibution untuk memperbaiki presentasi sungsang

Ketikakehamilan berlangsung dan bayi terus tumbuh, ruang yang tersedia dalam rahim sehingga mengurangi sedikit ruang bagi bayi untuk bergerak. Kepala bayi akhirnya menjadi lebih berat dan turun ke bawah dan dalam keadaan normal sekitar 32 minggu kehamilan kepala bayi berada di bawah, masuk ke dalam panggul dan melakukan persiapan untuk kelahiran.


 


Presentasi Sungsang:


Antara 29-32 minggu 15% dari semua bayi akan berada dalam posisi sungsang. Ini berarti bahwa lutut pantat atau kaki bayi berada di bawah, pada dasarnya siap untuk keluar terlebih dahulu. Hanya 3-4% dari presentasi ini akan tetap berada dalam posisi ini sampai persalinan.


Presentasi sungsang tersebut dianggap normal pada kehamilan prematur dan umumnya tidak terdiagnosa medis sampai beberapa minggu terakhir kehamilan.


Kapan presentasi sungsang menjadi masalah?


Semakin lama bayi berada dalam posisi sungsang dengan kondisi ruangan rahim yang menjadi lebih sempit, maka semakin kecil kemungkinan akan mengubah posisi atas kemauannya sendiri.


kelahiran pervagina untuk bayi sungsang ini jarang terjadi,  Kebanyakan dokter merekomendasikan kelahiran caesaran untuk bayi sungsang. Walaupun sebenarnya presentasi sungsang dapat dilahirnakn secara spontan pervaginam.


Obat untuk situasi ini adalah menemukan cara yang efektif untuk mengubah bayi dengan cepat dan aman ke posisi kepala dibawah.


Apa itu moxibustion?


Moxibustion adalah pengobatan tradisional china yang diterapkan menggunakan ramuan Cina disebut Moxa (Artemisia argyi), umumnya dikenal sebagai ‘mugwort’. Untuk pemakaian luar Moxa dikompresi dan digulung menjadi sebuah tongkat herbal berbentuk cerutu. Tongkat moxa kemudian menyala dan diadakan selama titik akupunktur. Panas radiasi yang dihasilkan memiliki efek merangsang titik tersebut sehingga dapat membantu memutar posisi janin ke posisi normal. Beberapa praktisi akan menggunakan “Moxa”,


Bagaimana moxa digunakan untuk memutar bayi sungsang?


Temukan titik-titik akupunktur yang tepat. Titik akupunktur UB 67 adalah titik utama yang dipilih untuk digunakan karena itu adalah titik yang paling dinamis untuk mengaktifkan rahim dalam mengubah malpositioned bayi.


Menurut teori pengobatan tradisional china, moxa memiliki efek tonifying dan pemanasan yang mempromosikan gerakan dan aktivitas. Sifat panas juga meningkat.  efek pemanasan dan menaikkan digunakan untuk mendorong bayi untuk menjadi lebih aktif dan mengangkat bagian bawahnya untuk mendapatkan momentum memadai untuk berjumpalitan ke posisi kepala di bawah.


Teknik ini juga dapat digunakan untuk memposisikan presentasi melintang, situasi di mana bahu bayi dibawah, atau berbaring menyamping di seluruh perut.


Seberapa efektifkah itu?


studi yang diterbitkan dalam AJCM (2001) meneliti 1.437 ibu hamil dengan posisi sungsang, ternyata Mereka menerima 30 menit moksibusi untuk UB67 harian dan akupunktur, namun tidak ada manipulasi latihan atau eksternal cephalic. Mereka memiliki tingkat koreksi 92%. Hanya wanita 10% yang hamil atau 28 minggu kemudian didiagnosis dengan presentasi sungsang. Studi menyimpulkan bahwa akupunktur dan moksibusi adalah modalitas yang aman dan efektif untuk memperbaiki presentasi sungsang dalam pengaturan klinis.


Dasar instruksi penggunaan


1. Sebelum mulai moxibustion, pastikan ruangan berventilasi memadai sebagai moxa akan menghasilkan asap berlimpah bau mirip dengan asap rokok


2. Ibu hamil harus duduk dalam nyaman, posisi berbaring dengan pakaian longgar pas di perutnya. Pasangannya harus dimulai dengan membakar dua moxa dan menahan mereka secara bilateral melalui UB67 sekitar 2-3cms dari kulit, cukup dekat untuk merasa senang hangat. Moxibustion harus dilakukan sekitar 15 s.d 20menit setiap hari selama 10 hari berturut-turut.


3. Usahakan ibu berada dalam posisi kepala lebih rendah dari kaki Anda. Tekuk lutut Anda,


4. Mulailah dengan mengambil nafas dalam dan santai dalam posisi ini, dan hindari ketegangan dalam tubuh Anda. Lakukan relaksasi hypnobirthing agar Anda rileks, pusatkan pikiran pada hitungan napas Anda. Menarik napas selama 4 hitungan dan lepaskan dalam 4 hitungan , sehingga panjang inhalasi sesuai dengan panjang pernafasan.


5. getaran suara juga tampaknya membantu mengaktifkan bayi dalam posisi ini. Sensasi dengung dan kebisingan dari speaker i-pod diletakkan yang di atas tulang kemaluan dengan memainkan musik klasik mungkin juga dikombinasikan ketika dalam posisi ini.


6. Moxibustion ini sebaiknya dilakukan di malam hari untuk mengambil keuntungan penuh dari posisi istirahat.


7. Moxa harus dihentikan segera setelah wanita itu tahu dengan pasti bahwa bayinya telah berubah.


8. Lakukan pada saat perut kosong.


Moxibustion sangat efektif yang aman, dan merupakna pengobatan non-invasif


Silahkan mencoba


Salam Hangat


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar