Nyeri Panggul saat hamil dan melahirkan

Nyeri Panggul saat hamil dan melahirkan

Beberapa Klien di Bidan Kita mengeluh mengalami nyeri panggul ketika mereka melakukan ANC  Nyeri Panggul saat hamil dan melahirkan


Beberapa Klien di Bidan Kita mengeluh mengalami nyeri panggul ketika mereka melakukan ANC (Ante Natal care/ Pemeriksaan kehamilan. Nah dalam kesempatan ini saya akan bahas tentang Nyeri panggul atau Symphisis Pubis Disfunction (SPD)


 


Harap dicatat: Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang disebut sebagai Pain Girdle Pelvis (PGP). Mereka berdua adalah kondisi yang sama. Tidak ada perbedaan antara keduanya. Namun “simfisis pubis disfungsi” atau “spd” masih umum digunakan


 


Apa Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP).?


Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP) adalah suatu kondisi yang menyebabkan nyeri pada satu atau lebih sendi panggul dan kesulitan berjalan. Hal ini paling sering berhubungan dengan kehamilan tetapi juga dapat terjadi pada wanita yang tidak hamil dan laki-laki juga, kadang-kadang sebagai akibat dari cedera atau trauma.


Beberapa Klien di Bidan Kita mengeluh mengalami nyeri panggul ketika mereka melakukan ANC  Nyeri Panggul saat hamil dan melahirkan


Beberapa Klien di Bidan Kita mengeluh mengalami nyeri panggul ketika mereka melakukan ANC  Nyeri Panggul saat hamil dan melahirkan


 


Diagram panggul di atas menunjukkan posisi sendi sakro iliaka dan simfisis pubis. sendi Ini didukung oleh ligamen yang kuat dan lebih dari 35 otot yang melekat pada berbagai titik pada panggul dan tulang belakang.


Panggul terkait erat dengan tulang belakang dan dasar pinggul juga sakrum yang membentuk tulang belakang dan panggul yang mengakomodasi sendi pinggul, di kedua sisi. Oleh karena itu fungsi panggul juga dapat dipengaruhi oleh masalah yang mempengaruhi daerah-daerah seperti cedera sebelumnya di punggung bawah atau masalah pinggul.


Apa saja gejala dari SPD, PGP?


Gejala ini dapat dimulai pada setiap titik kehamilan, beberapa wanita merasakan selangkangannya berdenyut tidak nyaman dan di wanita lainnya mengalami sakit parah hingga mereka merasa sulit untuk berjalan, gejala nya antara lain:


1. kemaluan sakit


2. kemaluan tidak nyaman ketika disentuh walaupun menyentuhnya dengan lembut; disini ibu hamil biasanya merasa tidak nyaman ketika dilakukan pemeriksaan atau pengukuran tinggi fundus


3. Tulang ekor sakit, terutama di daerah sakro-iliaka


4. Merasa kesulitan / nyeri saat berguling di tempat tidur atau merasa nyeri ketika beralih posisi dari miring kekiri ke kanan saat tidur.


5. Kesulitan / nyeri ketika naik turun tangga, masuk dan keluar dari mobil, duduk atau berdiri, mengenakan pakaian, membungkuk, mengangkat, berdiri di satu kaki, mengangkat benda berat, dll


6. linu pada panggul (nyeri di pantat dan menuruni kaki)


7. Bunyi “Mengklik” di panggul saat berjalan


8. kesulitan mulai berjalan, terutama setelah bangun tidur


9. perasaan seperti pinggul tidak pada tempatnya atau harus pop sebelum berjalan


10. disfungsi kandung kemih (inkontinensia sementara pada saat perubahan posisi)


11. nyeri lutut atau nyeri di daerah lain terkadang juga dapat menjadi efek samping masalah panggul


12. perasaan Sesak di punggung bagian atas Rasa sakit biasanya diperburuk ketika Anda memisahkan kaki/meregangkan, berjalan, naik atau turun tangga atau bergerak di sekitar di tempat tidur. Dan rasa ini biasanya sering jauh lebih buruk pada malam hari dan dapat membuat Anda merasa kesulitan tidur. Bangun untuk pergi ke toilet di tengah malam bisa sangat menyakitkan.


Apa yang menyebabkan Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP)?


Tidak ada yang tahu penyebab pasti tetapi sejumlah faktor yang berbeda telah diidentifikasi yang meliputi


1. Pada kehamilan terjadi peningkatan dalam jumlah jumlah hormon relaksin yang menyebabkan pelunakan ligamen seluruh tubuh. Akibatnya otot-otot sekitar punggung bawah dan panggul harus bekerja lebih keras untuk mendukung tubuh dan dalam beberapa kasus, karena in maka otot-otot harus bekerja keras sehingga mengakibatkan rasa sakit.


2. perubahan Postural yang terjadi pada kehamilan karena ukuran pertumbuhan dan berat bayi


3. Otot panggul yang biasanya mendukung panggul tidak bekerja secara efffectif seperti ketika tidak dalam kondisi hamil karena berat bayi menekan dasar panggul


4. Otot-otot perut dan tulang rusuk yang membentang karena bayi yang sedang tumbuh


5. Perbedaan antara gerakan sendi panggul terutama sendi iliaka sakro di bagian belakang panggul dapat dikaitkan dengan nyeri


6. Penelitian telah menemukan bahwa pada semua wanita pasca melahirkan ada beberapa yang mengalami pelebaran simfisis pubis dan ini sangat bervariasi dari wanita satu ke wanita lain. seorang Wanita mengalami pelebaran simfisis pubis yang banyak dapat mengalami rasa sakit.


Hal yang BELUM terbukti berhubungan adalah



  • Pil kontrasepsi oral

  • Lamanya waktu sejak kehamilan terakhir

  • Menyusui


Bagaimana diagnosis Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP)?


Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP) ini didiagnosis berdasarkan deskripsi Anda sendiri di mana Anda mengalami rasa sakit dan gejala lain apa yang telah Anda gabung dengan serangkaian tes yang dirancang untuk melihat stabilitas, gerakan dan nyeri di sendi panggul Anda dan penilaian tentang bagaimana otot dan fungsi saraf.


Nyeri panggul dapat mulai pada setiap tahap kehamilan atau setelah melahirkan. Banyak ibu hamil merasakan gejala mereka untuk pertama kali sekitar pertengahan kehamilan mereka.


Apa obat untuk Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP)?


Tidak ada untuk Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP).



  1. Banyak ibu hamil yang telah melaporkan perbaikan gejala mereka setelah melakukan yoga yang dirancang secara individual untuk meningkatkan stabilitas panggul

  2. Sebuah sabuk untuk mendukung/menyokong panggul juga dapat berguna sebagai tindakan antisipasi atau pertolongan sementara. Jika Anda mengalami rasa sakit yang meningkat ketika menggunakan sabuk, coba temui fisioterapis karena hal ini dapat mengindikasikan masalah misalignment. Jika satu-satunya pengobatan Anda ditawarkan adalah sabuk dan Anda masih mengalami masalah dengan nyeri dan / atau mobilitas kembali dan meminta untuk diperiksa kembali.

  3. Terapi lain yang mungkin berguna termasuk osteopati dan chiropractic tetapi penting bahwa Anda melihat praktisioner terdaftar yang berpengalaman dalam mengobati nyeri panggul.

  4. Beberapa pose yoga bisa dilakukan untuk meringankan keluhan ini, dan ini akan saya bahas di artikel lain silahkan check di sini:


Dapatkah saya melahirkan secara normal alami atau saya harus SC?


Jawabannya adalah DAPAT! Karena melahirkan alami adalah pilihan terbaik untuk sebagian besar ibu yang menderita Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP) dengan pengecualian jika ibu tersebut menunjukkan gejala yang berat dan tidak dapat atau tidak mampu mempertahankan setiap posisi melahirkan yang nyaman, maka SC dapat dianggap sebagai pilihan.


Adalah penting bahwa bidan dan setiap orang yang terlibat dalam persalinan mengetahui posisi tertentu yang sebaiknya dihindari saat melahirkan Cobalah untuk menghindari melahirkan berbaring telentang. Pastikan bahwa pasangan Anda menyadari bagaimana Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP) Anda mempengaruhi Anda dan apa posisi yang nyaman untuk Anda.


Apakah yang bisa saya lakukan untuk meringankan rasa sakit?


Dengarkan tubuh Anda, jika sesuatu yang menyakitkan, jangan lakukan, jangan tergoda untuk mengejan ketika belum waktunya karena hal ini bisa meningkatkan rasa sakit dan dapat memakan waktu lebih lama.


Lakukan mobilisasi sesering mungkin dan berusaha selalu beralih posisi.


Istirahat teratur, walaupun Anda mungkin merasa sangat sakit sekarang.


Jangan takut untuk meminta bantuan.


Hindari mengangkat berat atau mendorong (mendorong troli supermarket dapat sangat menyakitkan).


Ketika berpakaian, duduklah ketika anda hendak memakai pakaian seperti celana dalam atau celana panjang. Tarik pakaian atas kaki Anda dan kemudian berdiri untuk menarik mereka. Jangan mencoba untuk menaruh kaki Anda ke dalam celana panjang, rok atau celana sambil berdiri.


Jika Anda harus menaiki tangga, melakukannya satu langkah pada satu waktu.


Terkadang, tidur pada permukaan yang lembut dapat membantu. Cobalah menempatkan selimut di bawah panggul Anda.


saat berenang menghindari gaya dada, dan mengurus dengan stroke lain, meminta nasihat dari fisioterapis Anda.


berolahraga dalam air dapat membantu dan kadang-kadang hanya merendam dalam air dapat meredakan rasa sakit yang baik. Banyak wanita telah melaporkan air metode yang efektif menghilangkan rasa sakit dalam persalinan jadi pada penderita Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP) sangat dianjurkan melakukan waterbirth.


Akupunktur dan TENS dapat berguna untuk menghilangkan rasa sakit.


Kompres hangat atau dingin (pilih yang Anda rasa paling nyaman)dibagian yang merasa sakit


Sesering mungkin lakukan kegel untuk memperkuat otot dasar panggul


Seberapa cepat saya sembuh dari gejala Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP) setelah saya melahirkan?


Banyak wanita menemukan bahwa tingkat rasa sakit mereka dan mobilitas akan membaik setelah kelahiran bayi mereka meskipun ini sangat bervariasi, beberapa wanita mungkin langsung sembuh, sedangkan yang lain mungkin mengalami pemulihan lebih bertahap selama beberapa hari atau minggu.


Ligamen Anda dalam beberapa waktu akan ketat lagi sebagai efek dari hormon-hormon kehamilan yang secara bertahap memudar dan otot Anda, terutama perut dan dasar panggul yang meregang oleh kehamilan dan persalinan jadi hindari melakukan hal-hal yang berlebihan dalam beberapa bulan pertama setelah bayi Anda lahir.


ekstra hati-hati dengan mengangkat dan menghindari angkat berat. I


sesering mungkin lakukan latihan kegel.


Jika Anda mengalami gejala Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP) pada saat postnatal jangan tunda untuk meminta rujukan kepada seorang fisioterapis yang berpengalaman dalam mengobati nyeri panggul.


Semakin awal masalah Anda ditemukan dan diobati, maka lebih cepat mobilitas Anda dan mengurangi rasa sakit Anda.


Saya memiliki gejala mirip dengan Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP)tapi saya tidak hamil. Apakah ini mungkin?


Ya. Meskipun panggul Girdle Nyeri / simfisis pubis disfungsi lebih sering berhubungan dengan kehamilan dapat terjadi pada wanita yang tidak hamil dan laki-laki juga. Adalah penting bahwa Anda meminta rujukan ke fisioterapi dengan pengalaman dalam mengelola nyeri untuk penilaian lebih lanjut dan diagnosis gejala.


Berikut ini Pemeriksaan fisik dari, panggul, tulang belakang dan pinggul



  • Tes darah

  • sinar X – ini melibatkan sinar x diambil dari panggul sambil berdiri di satu kaki dan berguna untuk mendeteksi gerakan symphyis pubis bersama.

  • Ultra sound atau MRI scan

  • Kadang-kadang scan tulang


References


1. Damen L, Buyruk HM, Guler-Uysal F, Lotgering FK, Snides OJ, Stam HJ, Pelvic Pain during pregnancy is associated with asymmetric laxity of the sacro-iliac joints Acta Obstet Gynecol Scand 2001 80(11) 1019-1024


2. Stuge B, Laerum E, Kirkesola G, Vollestad N 2004 The efficacy of a treatment program focusing on specific stabilising exercises for Pelvic Girdle Pain after pregnancy. Spine 29 (4) : 351


Semoga bermanfaat


Salam Hangat


Yesie


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar