PELATIHAN HYPNOBIRTHING BASIC UNTUK NAKES

PELATIHAN HYPNOBIRTHING BASIC UNTUK NAKES

Apa itu Hypnobirthing?


Animo masyarakat terhadap metode hypnobirthing saat ini begitu tinggi. Hypnobirthing seolah menjadi trend dan gaya hidup serta kebutuhan tiap ibu yang sedang hamil dan hendak mempersiapkan persalinan.


 


Berbondong-bondong mereka mencari praktisi hypnobirthing dengan harapan untuk membantu mereka mengurangi rasa takut menjelang persalinan dan bahkan hingga untuk mengurangi rasa sakit pada saat melahirkan nanti. Karena hypnobirthing memang telah terbukti mampu menghadirkan rasa nyaman saat proses persalinan dan nyaman adalah hal yang mutlak di butuhkan oleh ibu saat melahirkan nanti.


 


 


Kehamilan dan Persalinan adalah suatu proses sangat alami namun sangatlah transformasional dalam siklus kehidupan manusia dan keluarga. Sebuah proses yang tidak akan terlupakan bagi seseorang yang mengalaminya. Pengalaman positif selama proses kehamilan, persalinan dan kelahiran sangatlah penting karena proses ini sangat terekam di bawah sadar seseorang yang mengalaminya. Untuk mendapatkan pengalaman yang positif memang dibutuhkan ketenangan dan kenyamanan selama hamil, bersalin dan lahir. Relaksasi Hypno-birthing adalah upaya untukmeningkatkan ketenangan dan kedamaian selama hamil, proses melahirkan, masa nifas , masa menyusui hingga pada saat masa pengasuhan (parenting).


Dalam masa kehamilan, persalinan dan nifas, seorang ibu memerlukan persiapan secara fisik (jasmani), mental (jiwa) dan spiritual. Hypno-birthing bukan sesuatu yang baru. Di Indonesia sudah dilakukan sejak zaman dulu. Saat ini dilengkapi dengan penjelasan secara ilmiah dan terprogram sehingga hasilnya lebih optimal.


Hypno-birthing merupakan sebuah paradigma baru dalam metode persalinan secara alami. Metode Hypno-birthing adalah salah satu teknik otohipnosis (swasugesti) dalam menghadapi persiapan melahirkan yang berfungsi membantu calon ibu melalui masa kehamilan danpersalinannya dengan cara alami, aman, dan tanpa rasa sakit (nyaman). Dasar dari Hypno-birthing adalah relaksasi. Metode Hypno-birthing ini dikembangkan berdasarkan adanya keyakinan bahwa dengan persiapan melahirkan yang menyeluruh ( body,mind and soul ), calon ibu dan pendampingnya saat persalinan akan dapat melalui pengalaman melahirkan yang aman, tenang, dan memuaskan, jauh dari rasa takut yang menimbulkan ketegangan dan rasa sakit. Jika pikiran dan tubuh mencapai harmoni, alam akan bisa berfungsi dengan cara yang sama seperti pada semua makhluk lainnya.


Hypno-birthing adalah pilihan yang tepat sebagai sarana me “reprogramming” rekaman yang sudah ada dipikiran bawah sadar seseorang. Dasar dari Hypno-birthing adalah relaksasi yang mendalam, lewat pola pernafasan perlahan dan dalam sehingga tubuh secara otomatis melepaskan endorphin yang merupakan morfin alami didalam tubuh yang bermanfaat untuk mengurangi bahkan bisa menghilangkan rasa sakit pada saat kontraksi sehingga ibu menikmati proses persalinan yang aman, lembut, lancar dan nyaman.


Sayangnya hingga saat ini praktisi hypnobirthing masih sangatlah sedikit. Apalagi praktisi hypnobirthing yang berlatar belakang tenaga kesehatan. Untuk itu sudah selayaknya Dokter,bidan, dan tenaga paramedis menguasai metode ini. Karena Hypno-birthing mampu membantu ibu hamil untuk membingkai harapan yang positif dan mempersiapkan persalinan


Bagaimana Hypno-birthing Bekerja?


Proses Hypno-birthing bekerja berdasarkan kekuatan sugesti. Proses ini menggunakan afirmasi positif, sugesti dan visualisasi untuk menenangkan tubuh, memandu fikiran, serta mengendalikan nafasnya. Pasien ibu hamil dapat melakukan ini sendiri (self hypnosis) atau melalui perantaraan hypnotherapist. Kadangkala pasien melakukannya dengan seorang Certified Hypnotherapyst untuk mempelajari self-hypnosis. Mereka kerapkali memutar afirmasi verbal yang membantu untuk memasuki kondisi tenang (calm state) dari hypnosis. Bisa juga dilakukan melalui visualisasi (membayangkan bunga yang bermekaran, melihat apa yang akan terjadi kepada seseorang dll) untuk mencapai relaksasi. Seorang hypnotherapist bisa hadir atau tidak pada saat kelahiran, tergantung dari kebutuhan pasien. Self hypnosis dapat dilakukan dengan sendiri atau dengan bantuan orang lain (therapist)


Manfaat Relaksasi & Hypno – birthing:


1. Merupakan formula dasar yang alami dari Pain Management. Pengobatan ini tidak memiliki potensi efek samping terhadap bayi kita (Brown, 2007; Elkins, 2007).


2. Mampu menghadirkan rasa nyaman, relaks, dan aman menjelang kelahiran (Brown, 2007).


3. Hypnobirthing mengajarkan level yang lebih dalam dari relaksasi untuk mengeliminasi stress serta ketakutan & kekhawatiran menjelang kelahiran yang dapat menyebabkan ketegangan, rasa nyeri dan sakit saat bersalin (Flamer, 2007).


4. Membuat ibu mampu mengontrol sensasi rasa sakit pada saat kontraksi uterus (Brown, 2007; Elkins, 2007).


5. Membuat ibu bersalin tetap pada kondisi terjaga dan sadar.


6. Dengan metode Hypnobirthing, maka dapat mempercepat Kala I Persalinan(± 3 jam pada primipara dan 2 jam pada multipara), mengurangi resiko terjadinya komplikasi, dan mempercepat proses penyembuhan pada post partum. (Gallagher, 2001; Gaffney, 2004; Martin, 2001)


7. Hypnosis membuat ibu mampu menghemat energinya pada saat bersalin sehingga dapat mencegah kelelahan saat persalinan (Garafalo, 2003)


8. Tidak memerlukan pelatihan yang lama atau suatu ritual khusus untuk dapat sukses mempraktekkan hypnosis saat persalinan.


9. Meningkatkan kadar endorphin dalam tubuh untuk mengurangi rasa nyeri pada saat kontraksi. Endorphin memiliki kekuatan 200 kali lipat dari morphin untuk menekan rasa sakit pada saat melahirkan.


10. Pada saat stres endorphin terhalang oleh kortisol (Mantle F, 2003)


11. Mengurangi resiko terjadi komplikasi dalam persalinan, mengurangi resiko operasi dan mempercepat pemulihan ibu postpartum (Gay, 2007; Mehl-Madrona, 2004).


12. Persiapan hypnobirthing bermanfaat bagi semua keluarga, termasuk mereka yang karena memang mengalami suatu keadaan khusus, berada dalam kategori resiko tinggi jika persalinan mereka berlangsung tidak seperti yang diharapkan (Brown, 2007; Mehl-Madrona, 2004)


13. Hypnobirthing membuat orangtua menjadi lebih rileks, tenang dan memegang kendali saat mereka membahas berbagai pilihan yang ada, mengevaluasi situasinya, dan mengambil keputusan mengenai persalinan. Suasana hati yang tenang dan damai dapat membuat pemulihan ibu menjadi lebih mudah dan mengurangi komplikasi


14. Terapi ini mengajarkan para ibu untuk memahami dan melepaskan Fear-Tension-Pain Syndrome yang seringkali menjadi penyebab kesakitan dan ketidaknyamanan selama proses kelahiran


15. Membantu menjaga suplai O2 kepada bayi selama proses persalinan


16. Mampu mengurangi resiko komplikasi kehamilan dan persalinan terutama persalinan prematur dan BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah) (Field, 2008)


17. Mampu mengurangi intervensi farmakologi selama proses kehamilan, persalinan dan nifas (Allan M Cyna, 2006)


18. Mencegah post partum blues dan depresi post natal(Mantle F, 2003)


19. Mampu mengurangi keluhan-keluhan saat masa kehamilan seperti hypneremesis gravidarum (Neron, 2007; Tan, G, 2006)


Manfaat untuk Bidan/Dokter:


1. Dapat lebih fokus dan tenang dalam menghadapi ibu bersalin yang emosinya labil.


2. Dengan belajar hypnobirthing, bidan/dokter menjadi lebih tenang dalam membantu pertolongan proses persalinan.


3. Emosi bidan/dokter menjadi lebih stabil dalam kehidupan sehari-hari


4. Aura positif dan tenang yang dimiliki oleh bidan/dokter sangat mempengaruhi aura ibu bersalin dan orang-orang disekitarnya.


5. Dapat menjadi program unggulan dari pelayanan BPS/RS/RB.


6. Bidan/dokter memiliki kompetensi yang baru


7. Bidan/dokter dapat melakukan tindakan invasif ringan/sedang kepada klien tanpa mengurangi rasa nyaman klien


8. Contoh:


9. Pemasangan & Pencabutan implant tanpa anesthesia & tanpa rasa sakit


10. Pemasangan & Pencabutan IUD tanpa rasa sakit baik pada saat Pemasangan & Pencabutan maupun post Pemasangan & Pencabutan.


11. Dapat melakukan penjahitan perineum tanpa anesthesia & tanpa rasa sakit


Apa Hypnobirthing Indonesia?


Di Indonesia metode Hypnobirthing dikembangkan pertama kali oleh Lanny Kuswandi seorang Perawat Bidan dengan pendalaman Clinical Hypnoterapist sejak tahun 2002. Tergabung dalam sebuah organisasi yaitu HYPNOBIRTHING INDONESIA, bersama team-nya yang terdiri dari beberapa bidan, dokter dan psikolog mencoba menyebarkan ilmi hypnobirthing ini kepada para tenaga kesehatan di seluruh indonesia. Melalui berbagai seminar, workshop dan pelatihan-pelatihan yang tersusun dengan apik dan sistematis hingga saat ini sudah ada lebih dari 2500 bidan dan dokter yang terlatih menjadi praktisi hypnobirthing dan tersebar di seluruh penjuru tanah air.


Berikut ini team hypnobirthing indonesia:


1. Dr Erwin Kusuma SPKJ (K) yang merupakan bapak Hypnotherapi di Indonesia


2. Lanny Kuswandi pakar hypnobirthing di Indonesia


3. Yesie Aprillia , bidan dan praktisi hypnobirthing


4. Tantri maharani Setyorini, bidan dan praktisi hypnobirthing


5. Kristina Sembiring, bidan dan praktisi hypnobirthing


6. Fonda Kuswandi seorang sarjana psikologi Ahli hypnotherapy


Pelatihan Hypno-birthing merupakan pelatihan dasar yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi seorang Praktisi Hypno-birthing Dibawah tanggung jawab dr.Tb. Erwin Kusuma SpKJ (K) seorang psikiater anak/remaja yang mendalami medical hypnotherapy. Oleh team pengajar yang professional, bersertifikat dan juga berprofesi sebagai dokter dan bidan, maka pelatihan ini lebih bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan.


Untuk pelatihan ini pembagian sertifikat akan di berikan 2 kali:


1. Sertifikat in complation (sertifikat hadir)


2. Sertifikat Praktisi yang bernilai 3 SKP dari IBI Pusat dan diberikan setelah Anda memberikan 2 buah laporan praktek penerapan hypnobirthing kepada Klien Anda dan dikirimkan ke Hypnobirthing Indonesia melalui email: provital@cbn.net.id


Bagaimana Gambaran Kurikulum Pelatihan?


Pelatihan basic Hypnobirthing ini di kemas dalam 2 hari pelatihan saja. Namun penuh dengan materi dan praktek yang padat. Berikut ini Goal pencapaian peserta pelatihan:


– Mampu mengerti dan memahami filosofi hypnobirthing


– Mampu menerapkan relaksasi kepada Klien


– Mampu melakukan self Hypnosis


– Mampu melakukan hypnoanesthesia kepada klien seperti menyuntik klien, melakukan intervensi kepada klien (menjahit, memasang iud, implant dll) tanpa obat bius dan tanpa rasa sakit


– Mampu mendampingi klien bersalin dengan metode hypnobirthing sehingga ibu bersalin menjadi merasa lebih nyaman dan tenang selama menjalani proses persalinan


– Mampu meningkatkan energi positif dalam diri pribadi


– Mampu menyusun materi dan kreasi kelas hypnobirthing untuk klien


Sistem Pelatihan


Untuk meningkatkan hasil dan agar pencapaian goal pelatihan bisa di capai 100% oleh peserta pelatihan, pelatihan akan dikemas dengan apik dan di dominasi oleh praktek dan sharing.


Materi dan teori pengantar akan diberikan dalam bentuk word dan di kirimkan kepada peserta pelatihan melalui email masing-masing peserta dan untuk di pelajari sebelumnya. Sehingga proses pembelajaran akan lebih efektif.


Sedangkan materi dalam bentuk CD/DVD dan Hard copy akan diberikan saat proses pelatihan sebagai pegangan dan pedoman peserta pelatihan.


Biaya pelatihan


“Practice make Perfect” adalah slogan yang berlaku mutlak pada pelatihan praktisi hypnobirthing ini. Pelatihan BASIC ini adalah dasar dari Anda untuk bisa menjadi seorang praktisi hypnobirthing dan dengan dua hari pelatihan, Anda “di jamin” bisa melakukan hypnosis dan merelaksasi klien dan akan semakin mahir ketika Anda mempraktekkan sehari-hari secara terus menerus di tempat praktek Anda. sehingga sekali bisa melakukan relaksasi, maka untuk seterusnya Anda akan selalu bisa.


Form Pendaftaran:


Nama : …………………………………………………………………………………………………………….


Alamat : …………………………………………………………………………………………………………….


Profesi : …………………………………………………………………………………………………………….


Email : …………………………………………………………………………………………………………….


No Hp : …………………………………………………………………………………………………………….


Motivasi : …………………………………………………………………………………………………………….


Hotel : …………………………………………………………………………………………………………….


Cara Pendaftaran :


– Email : yesie@bidankita.com


– Telp 0272 3111884 / 081 329 017 009


 


Semoga bermanfaat


Sampai bertemu di Pelatihan Basic Hypnobirthing Indonesia


Salam hangat


 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar