Penyembuhan Emosional untuk ibu Post Caesar

Penyembuhan Emosional untuk ibu Post Caesar

 



Reaksi emosional dan penyesuaian seorang ibu setelah persalinan Caesar sangat bervariasi. Meskipun beberapa wanita pulih cukup cepat dan menerima proses persalinan SC nya sebagai langkah yang diperlukan untuk bayi dan ibu yang sehat atau untuk keselamatan ibu dan bayi, namun beberapa orang sering kali mengalami kesedihan, kekecewaan, kemarahan, kehilangan harga diri, rasa bersalah, depresi, dan kadang-kadang post-traumatic stress disorder (PTSD).


 


Beberapa wanita mengalami dan merasakan proses persalinan mereka sebagai suatu peristiwa yang traumatik. Seringkali mereka tidak menyadari bagaimana trauma telah mempengaruhi hidup mereka, diri mereka dan perasaan keibuan mereka. Bagi seorang ibu sering kali menghargai kenyataan bahwa dia melahirkan dengan Caesar, bayi mereka sehat namun mereka masih merasa sedih, bingung, atau marah dengan pengalaman persalinan mereka sendiri.


Dalam proses melahirkan SC terutama bagi SC yang tidak direncanakan, seringkali ibu mendapatkan pengalaman yang tak terduga, seperti dilakukan anesthesia umum, atau dipisahkan dari anaknya segera setelah anaknya lahir, tidak bisa melakukan IMD. Bahkan kesulitan bertemu dengan Anaknya karena prosedur dari RS yang menyulitkan, kadang juga seringkali menerima intervensi medis ia merasa tidak perlu. Tidak perlu menyesali yang sudah terjadi, apapun proses persalinan Anda, asalkan pandangan Anda atau paradigm Anda tentang proses persalinan adalah positif itu semua tidak akan mengurangi nilai dari proses persalinan itu sendiri.


Jika Anda berencana untuk memiliki anak lagi dan berencana untuk VBAC, AKan lebih baik jika Anda mencari akar masalah kenapa Anda mengalami Sc sekarang lalu Cari tahu bagaimana Anda mungkin dapat menghindari terjadinya kembali peristiwa-peristiwa tersebut.


Untuk membantu Anda menyelesaikan beberapa perasaan negatif Anda:


Ø Ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian, banyak ibu-ibu lain merasakan hal yang sama.


Ø Tingkatkan Kepercayaan diri Anda untuk tahu bahwa Anda seorang ibu yang baik, meskipun Anda mungkin memiliki perasaan yang sangat membingungkan tentang kelahiran bayi Anda


Ø Bicaralah dengan pasangan Anda tentang perasaan Andai (dia mungkin merasa tidak berdaya, marah, atau sedih). Ini dapat membantu Anda untuk memaafkan satu sama lain


Ø Berbagi pengalaman Anda dengan orang lain yang mungkin memahami perasaan Anda.


Ø Merekonstruksi pengalaman lahir Anda. Mengingat proses persalinan Anda secara detail menggunakan kata-kata membantu untuk mengurangi perasaan cemas yang mungkin Anda rasakan. Hal ini juga dapat mengubah cara Anda melihat diri Anda dan membantu Anda memahami apa yang sebenarnya terjadi yang bertentangan dengan apa yang Anda inginkan terjadi.Anda dapat menulis tentang kelahiran Anda atau merekamnya.


Ø Pegang bayi atau anak di tangan Anda dan berbagi perasaan positif dan peristiwa kelahiran Anda.


Ø Menulis atau menggambarkan perasaan Anda dalam jurnal.


Ø Menulis surat kepada orang-orang yang terkena dampak negatif Anda.


Ø Gabung kelompok pendukung bedah caesar / VBAC, atau menjadi bagian dari kelompok on-line dari ibu yang merasa seperti yang Anda rasakan.


Ø Pertimbangkan untuk mempersiapkan sebaik-baiknya proses kelahiran berikutnya.


Ø Ingat bahwa teman-teman atau keluarga Anda mungkin tidak mengerti perasaan anda namun mereka pasti mencoba untuk membantu Anda merasa lebih baik.


Ø Minta maat pada bayi Anda dan katakan padanya proses persalinan Anda


Ø Lakukan self healing atau relaksasi untuk menghilangkan perasaan negative Anda


Ø Berikan dan lakukan hypnoparenting untuk menghealing bayi Anda dari efek negative SC.


 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar