Petunjuk Tips agar berhasil VBAC

Petunjuk Tips agar berhasil VBAC

Saat pertama kali saya posting artikel tentang VBAC (Vaginal Birth After Caesarean) atau melahirkan normal setelah Operasi Sesar Sebelumnya, Saya bersyukur banyak sekali para ibu yang akhirnya semakin termotivasi untuk melakukan VBAC dan mau memberdayakan diri untuk mencapai “Goals” tersebut. Nah artikel berikut ini adalah beberapa petunjuk atau tips yang dapat membantu menghindari masalah dengan bekas luka di rahim saat proses persalinan, dan membantu mensukseskan “planning VBAC” Anda:


 


1. Jika memungkinkan, Tunggu setidaknya 9 bulan sebelum mencoba hamil lagi: penelitian menunjukkan kemungkinan terjadinya ruptura uteri akan meningkat ketika jarak persalinan kurang dari 18 bulan.


2. Hindari induksi persalinan, bila memungkinkan: Para ahli tidak setuju tentang beberapa alasan umum yang diberikan untuk induksi (misalnya, kehamilan telah melampaui 41 minggu), dan lain-lain tidak didukung oleh penelitian (misalnya, induksi untuk dugaan bayi besar). Karena induksi dapat meningkatkan risiko pecahnya bekas luka dan meningkatkan kemungkinan bahwa proses persalinan akan berakhir dengan SC kembali. Dalam banyak kasus, menunggu proses persalinan berjalan sealami mungkin merupakan pilihan paling aman.


3. Jika Anda mengalami induksi persalinan, hindari obat untuk pematangan serviks: Misoprostol, juga disebut prostaglandin E1, kandungan ini ditemukan di Cytotec, tampaknya menjadi pilihan paling berisiko dan sekarang dianggap kontra-indikasi (para ahli sepakat sebaiknya tidak digunakan) dalam VBAC.


4. Percaya pada Diri Sendiri:kunci dari keberhasilan VBAC adalah PeDe, beberapa pasien yang berhasil VBAC pun menyatakan bahwa mereka berniat untuk VBAC karena sesuatu dalam dirinya “tahu” bahwa dia bisa melakukannya. Percayalah Anda bisa melakukannya dan dan berarti Anda sudah 90% berhasil!


5. DUKUNGAN DUKUNGAN DUKUNGAN! Pilih pengasuh (bidan & dokter) Anda dengan bijak


6. Cari Rumah Sakit yang mendukung walaupun agak sulit untuk menemukan RS yang mendukung VBAC namun jangan langsung putus asa, berupayalah dahulu.


7. Jika Anda memiliki kenangan yang sangat traumatis di rumah sakit sebelumnya- sembuhkan trauma itu dulu, apapun traumanya, sembuhkan akar masalah dari trauma itu. mungkin Anda akanmempertimbangkan untuk melahirkan di rumah? Namun pastikan ada bidan atau dokter yang dapat mendampingi Anda untuk melakukan VBAC!


8. Ambillah kelas Gentle Birth Balance, minimal kelas Hypnobirthing: Kelas ini membantu saya untuk mempelajari teknik-teknik relaksasi dan meditasi positif. Ini benar-benar membantu Anda belajar tentang fokus pada pernapasan dan memahami aspek fisiologis sebenarnya untuk rasa sakit dan bagaimana memerangi rasa sakit membuat proses persalinan Anda lebih nyaman.


9. Jaga dirimu.Jaga pikiran Anda … meluangkan waktu, terutama selama trimester terakhir. Saya merekomendasikan kepada Anda untuk rajin melakukan yoga prenatal  untuk menyiapkan fisik dan mental menghadapi VBAC


10. Carilah Chiropractor ini akan membantu mengurangi keluhan-keluhan Anda dan menyelaraskan energi Anda.


11. Upayakan Posisi janin agar Optimal: Teori ini didasarkan pada rute termudah bayi mengeluarkan diri dari tubuh anda!  Hal ini sangat penting selama kehamilan, jaga posisi tubuh saat duduk, berdiri dan bersalin agar proses persalinannya lancar. Dan saya membahas nya dalam beberapa artikel di www.bidankita.com silahkan di baca untuk meningkatkan pengetahuan Anda.


12. Baca Kisah Inspiratif tentang keberhasilan VBAC, baik di dalam negeri maupun darluarnegeri karena ini benar-benar penting dan inspiratif! Mengetahui bahwa ada banyak wanita yang telah berhasil sebelum Anda Akan membuat Anda merasa dikuatkan dan termotivasi, selain itu ini bisa menjadi bahan pembelajaran Anda tentang apa yang telah mereka lakukan dan apasaja upaya mereka sehingga mereka berhasil melakukan VBAC.


13. Atur pola makan Anda, jangan sampai bayi Anda lebih besar dari anak sebelumnya, menciptakan kebiasaan pola makan yang sehat dan seimbang itu perlu sekali, untuk menciptakan “habit”. sehingga Anda tidak kelabakan ketika di suruh untuk diet.


14. Latihlah NAFAS Anda. Nafas adalah Kuncinya. ikuti kelas Gentle Birth Balance di Bidan Kita maka Anda akan di ajari banyak hal , KNOWLEDGE is POWER.


 


Apakah ada beberapa praktek/tindakan/perlakuan di lapangan yang digunakan dalam proses VBAC yang mungkin/harus menghindari?


1. larangan makan dan minum saat proses persalinan: rasa takut adalah bahwa jika ibu makan dan minum, maka seandainya nanti terjadi “sesuatu” yang mengharuskan ibu untuk segera di lakukan tindakan operasi dengan anestesi umum, maka dia mungkin bisa mendapatkan risiko infeksi serius oleh muntah dan menghirup muntahan ke dalam paru-parunya. Tapi bedah caesar jarang dilakukan dengan anestesi umum. Ketika anestesi umum digunakan, tabung dimasukkan untuk melindungi jalan napas. Jika staf rumah sakit enggan untuk mengizinkan makanan padat, kompromi kan untuk makan makanan cair yang dengan cepat diserap ke dalam aliran darah.


2. Pemasangan infus secara rutin: pemasangan infus tanpa indikasi yang jelas akan sangat merugikan Anda, karena secara otomatis ini akan membatasipergerakan Anda,jadi kompromikan hal ini dengan provider Anda.


 


Jika tujuan saya adalah VBAC, bagaimana saya bisa meningkatkan kemungkinan melahirkan melalui vagina?


Salah satu kuncinya adalah PILIH PROVIDER /Dokter yang PRO NORMAL dan Pro VBAC. Memang ini akan terasa rumit dan mungkin sulit menemukan provider yang benar-benar Pro VBAC, namun jangan putus Asa karena ketika Anda Niat dan berusaha untuk mencari pasti Alam semesta akan membantu. Optimis dan Positif adalah Modal utama.


 


Apa saja Ciri-ciri Provider yang pro VBAC:?


1. Dokter atau bidan tersebut harus percaya bahwa SETIAP Perempuan BISA Melahirkan Normal. Kecuali ada alasan kuat dan indikasi yang jelas bahwa dia tidak mampu melahirkan normal. Bahkan dalam kasus ini, provider harus menghormati hak perempuan untuk membuat keputusan akhir.


2. Tidak memiliki kebijakan yang menghambat VBAC


3. Pernah menolong VBAC dan tingkat kebrhasilan VBAC setidaknya 70% dari wanita yang berencana VBAC.


4. Provider tersebut mengijinkan Anda untuk menyewa atau bahkan menyediakan doula atau bidan pendamping bagi Anda: Karena Anda dan pasangan mungkin mengalami kecemasan tinggi dan keraguan selama VBAC. Kehadiran terus menerus dari seorang wanita yang terlatih dan berpengalaman dapat membantu Anda menangani hal ini. Dia akan tahu cara untuk membantu Anda rileks, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kemajuan. Jika Anda merasa kesulitan untuk mencari pendamping persalinan yang terlatih Anda bisa menghubungi kami (Bidan Kita) atau Anda bisa mengajak Bidan atau perawat yang Anda tunjuk untuk mengikuti pelatihan sebagai pendamping persalinan bersama kami.


5. Tunda waktu masuk ke Rumah Sakit hingga kontraksi benar-benar teratur dan Anda memasuki fase kala I Aktif dan untuk mengetahui kala I aktif ini Anda bisa bekerja sama dengan bidan/perawat yang Anda tunjuk tadi. Namun jika Anda tidak punya bidan/perawat yang mampu membantu Anda berikut ini salah satu ciri-ciri jika Anda memasuki kala I Aktif (Anda mengalami kontraksi kuat, teratur, setidaknya 5 menit sekali dengan durasi >40 detik, dengan rasa kurang nyaman di pinggang bawah atau dekat dengan tulang ekor)


6. Hindari prosedur induksi persalinan, bila mungkin: ketika pengasuh menggunakan obat atau teknik lain untuk mencoba untuk memulai persalinan buatan, maka resiko SC semakin naik


7. Komit pada diri Anda untuk kelahiran normal: Niat dan komitmen Anda harus tinggi dan kuat


8. Jika operasi sesar diusulkan dan Anda tidak dalam situasi darurat: Tanya tentang (1) mengapa itu dianjurkan, (2) manfaat dan risiko operasi, (3) kemungkinan solusi lain untuk masalah ini, termasuk menunggu lebih lama, dan (4) manfaat dan risiko dari hal / tindakan tersebut. Jika Anda tidak dalam proses persalinan pada saat masalah muncul, Anda harus memiliki waktu untuk melakukan riset Anda sendiri dan membicarakan segalanya dengan pasangan Anda dan pengasuh sebelum membuat keputusan.


9. Jika bayi Anda berada dalam posisi bokong atau kaki- (sungsang): maka dokter atau bidan Sangat sedikit yang akan setuju untuk kelahiran normal dengan bayi sungsang. Mintalah dan diskusikan kepada mereka tentang versi sefalik eksternal Anda mungkin harus mencari untuk menemukan tenaga kesehatan yang memiliki kemampuan dan pengalaman dengan teknik ini, lalu ikuti tips-tips di www.bidankita.com tentang mengubah posisi sungsang menjadi posisi normal.


Bagaimana jika saya memiliki masalah emosional yang belum terselesaikan?


Beberapa wanita yang telah memiliki pengalaman melahirkan sangat sulit atau menakutkan sebelumnya atau pengalaman traumatis lainnya seperti pelecehan seksual emosinya seringkali kurang stabil sehingga ini dapat mengganggu kemampuan mereka untuk membuat keputusan. Masalah yang belum terselesaikan juga dapat mengganggu kelancaran proses persalinan juga. Jika Anda merasa bahwa Anda memiliki masalah emosional yang belum terselesaikan, segera temukan therapisuntuk membantu Anda atau setidaknya buatlah buku harian dan ungkapkan semua keluhan Anda di buku harian tersebut, berbicaralah dnegan sahabat atau orang terdekat Anda tentang peristiwa yang mengganggu atau carilah dukungan dari wanita sebaya lain dengan pengalaman yang sama. Mendapatkan konseling profesional dari seorang profesional kesehatan mental yang kompeten yang baik-informasi tentang masalah bersalin membantu banyak wanita mengatasi ketakutan mendalam dan kecemasan. Dan Klinik Bidan Kita bisa menjadi rujukan Anda.


Pertimbangkan juga, apa yang akan Anda perlukan selama kelahiran ini untuk merasa aman dan nyaman. Jika Anda tidak puas dengan perawatan sebelumnya, atau Anda akan ingin menentukan dengan pasti sumber ketidakpuasan Anda dan berencana untuk melakukan sesuatu yang berbeda kali ini.


 


Bagaimana jika saya tidak dapat menemukan rumah sakit dan provider yang akan mendukung keinginan saya untuk VBAC?


Di Indonesia memang agak sulit menemukan provider yang pro VBAC namun bukan berarti tidak ada lho. Jika Anda sudah ber-NIAT untuk VBAC berarti Anda harus siap dengan segala “Kerepotannya” termasuk hunting Rumahsakit atau Provider yang mampu memfasilitasi Anda. Artinya ketika Anda berniat VBAC otomatis Anda harus Hunting sedini mungkin.


Lalu coba cari komunitas atau informasi dari beberapa komunitas yang berhasil VBAC untuk menemukan praktisi yang bersedia melayani VBAC.


Namun hal yang terpenting adalah BERDAYAKAN diri Anda dengan meningkatkan pengetahuan tentang seluk beluk proses persalinan dan upaya apa saja yang dapat Anda lakukan dan latih untuk mencapai persalinan normal tersebut. Sekali lagi www.bidankita.com dapat menjadi rujukan Anda untuk mencapai proses persalinan yang nyaman, lancar dan tentu saja NORMAL.


Mulai cari jurnal ilmiah dan Evidance Based medecine tentang VBAC untuk menguatkan Anda dan sebagai bahan diskusi dengan dokter atau provider Anda.


 


Ketika ternyata saya harus SC lagi, apa ada tips yang lebih aman?


1. Jika Anda merencanakan SC ulang, upayakan untuk menjadwalkannya setelah minggu ke-39 kehamilan jika tidak ada alasan mendesak untuk melahirkan bayi lebih cepat: Bayi lahir sebelum minggu ke-39 kehamilan lebih mungkin untuk memiliki pernapasan dan masalah lainnya.


2. Gunakan anestesi epidural atau spinal: anestesi lokal (Anda mati rasa dari tulang rusuk ke bawah) lebih aman untuk Anda dan bayi Anda daripada anestesi umum (yang “ditidurkan”).


3. Permintaan antibiotik pada saat sesar ini: Antibiotik mengurangi kemungkinan infeksi. Anda tidak perlu mereka setelah itu kecuali jika ada tanda infeksi.


4. Mintalah rahim anda harus ditutup dalam dua lapisan jahitan (double-layer rahim penjahitan): Dalam beberapa tahun terakhir, banyak dokter telah mulai menutup rahim dengan satu lapisan jahitan bukan dua. Penelitian yang menetapkan bahwa ada kemungkinan yang sangat rendah adanya pembukaan jahitan spontan selama persalinan dilakukan ketika lapisan ganda jahitan adalah normal.


5. Meminta perawatan setelah operasi untuk mengurangi kemungkinan penggumpalan darah: Tergantung pada seberapa besar kemungkinan Anda untuk memiliki masalah ini, perawatan pencegahan dapat mencakup mengijinkan Anda bangun dan berjalan segera setelah operasi, setelah Anda mengenakan stoking elastis , atau memberikan obat untuk tujuan ini.


 


Apa adalah beberapa tips untuk memiliki pengalaman sesar yang memuaskan?


Memiliki pengalaman melahirkan yang memuaskan adalah penting. Diskusikan pilihan ini sebelumnya bahkan jika rencana persalinan Anda adalah untuk VBAC. Jika masalah tak terduga muncul pada akhir kehamilan atau selama persalinan, mungkin jauh lebih sulit atau tidak mungkin Anda mendapatkan pengalaman yang memuaskan tersebut.


 


Beberapa pilihan mungkin tidak tersedia, yang lainnya mungkin membutuhkan beberapa usaha di pihak Anda. Yang lain mungkin tidak tersedia sama sekali. Dalam hal ini, Anda harus memutuskan apakah cukup penting untuk Anda untuk mencari perawatan di tempat lain. Anda mungkin ingin memilih dokter dan / atau rumah sakit didasarkan pada preferensi Anda.


Berpartisipasi penuh dalam pengambilan keputusan tentang kelahiran: seorang ibu akan merasa puas dengan kelahiran mereka ketika mereka merasa diberi kebebasan untuk mengambil keputusan dan kontrol atas dirinya dan tubuhn ya


Mulai diskusikan kepada provider Anda tentang keinginan-keinginan spesial Anda Misalnya, Anda mungkin ingin:


Mempunyai rekaman video kelahiran atau waktu setelah kelahiran Diijinkan untuk memainkan musik pilihan Anda Meminta untuk tidak diikat lengan Anda memiliki tirai yang menyaring pandangan Anda dari operasi ditempatkan cukup rendah sehingga bayi dapat diletakkan di dada Anda, jika lengan Anda bebas, Anda bisa memegang dan menyentuh bayi Anda. memiliki dokter atau perawat menjelaskan apa yang terjadi di seluruh proses Diperbolehkan untu tirai diturunkan atau Anda dapat melihat langsung melalui cermin pada saat proses bayi Anda lahir(perut Anda akan ditutupi sehingga Anda akan melihat bayi diangkat ) mengumumkan atau memiliki pasangan yang mengumumkan jenis kelamin bayi atau menjadi yang pertama untuk berbicara dengan bayi


Mulailah minum dan makan lagi bila Anda merasa siap: Akses ke makanan dan minuman ketika Anda merasa siap akan membantu Anda merasa lebih normal dan dapat menghindari rasa lapar dan haus.


Dapatkan bantuan dengan ASI: ASI bisa benar lebih sulit keluar setelah operasi dan sementara luka sayatan sedang dalam proses penyembuhan. Carilah tenaga kesehatan yang dapat membantu Anda menemukan cara untuk menjadi lebih nyaman selama sesi menyusui. Pasangan Anda atau orang lain dapat membantu dengan sisi switching, bersendawa, dan popok berubah.


Nah semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda


Ayo POSITIF dan OPTIMIS…mari Berdayakan Diri dan yakinkan diri Anda bahwa ANDA BISA!


Untuk membantu Anda menemukan informasi yang lebih jelas, silahkan Buka :


1. Studi dari http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19191776


2. Sebuah situs web yang hebat tentang informasi berbasis bukti tentang VBAC: http://www.childbirthconnection.org/ V


3. ACOG Bulletin 115 pada VBAC: http://www.childbirthconnection.org/pdfs/ACOG-VBAC-guideline-comparison.pdf


4. Sebuah panduan untuk kenyamanan dalam persalinan : http://www.childbirthconnection.org/pdfs/comfort-in-labor-simkin.pdf


5. Sebuah studi menunjukkan VBAC itu pilihan yang wajar dan aman: http://www.ahrq.gov/clinic/tp/vbacuptp.htm


6. Sebuah studi yang sangat baik tentang Pecahnya rahim : http://www.aafp.org/afp/2002/0901/p823.html


7. Sebuah studi yang sangat baik makrosomia : http://www.aafp.org/afp/2001/0115/p302.html


8. Olahraga untuk persiapan persalinan: http://patelife.blogspot.com/2011/03/bradley-birth-exercises.html


9. Yoga untuk membuka pinggul: http://www.yogabasics.com/hip-opening-poses.html


10. Sebuah studi pada manajemen kehamilan lewat waktu http://www.aafp.org/afp/2005/0515/p1935.html


11. http://www.who.int/maternal_child_adolescent/documents/who_frh_msm_9624/en/


12. Mengelola proses persalinan yang berkepanjangan, terhambat: http://www.who.int/maternal_child_adolescent/documents/3_9241546662/en/


13. Perawatan Kehamilan, Persalinan, postpartum, dan Bayi : http://www.who.int/maternal_child_adolescent/documents/924159084x/en/


 


Salam hangat


Mari memberdayakan diri


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar