Pilihan dalam Melahirkan

Pilihan dalam Melahirkan


Kehamilan adalah waktu yang ideal bagi ibu untuk merencanakan masa depan dan perubahan yang harus mereka buat dalam hidup mereka ketika anak mereka lahir. Ini juga merupakan waktu untuk mengeksplorasi pilihan Anda dan memutuskan bagaimana dan di mana Anda ingin membawa anak Anda ini ke dunia.


Hal lain yang Pertimbangkan


Saat ini, ada beberapa pilihan yang tersedia untuk persalinan . Anda dapat memilih untuk bersalin normal per vagina, bersalin dalam ait (waterbirth), bersalin dengan SC, atau bahkan bersalin dengan ypnobirthing jika Anda ingin. Demikian juga, Anda dapat memilih untuk melahirkan bayi Anda di rumah sakit, klinik swasta, bidan praktek swasta atau rumah Anda. Apa yang harus diingat adalah apakah pilihan Anda memenuhi kebutuhan Anda, dan bayi Anda.


Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah:


· Jika ini kehamilan pertama Anda


· Pengalaman Anda ada dalam persalinan sebelumnya


· Jika Anda mengharapkan kembar


· Anda mempunyai kebutuhan khusus


· Usia Anda dan perawatan khusus yang diperlukan dengan itu


· Jika ada kemungkinan komplikasi


· Jenis perawatan antenatal dan postnatal yang Anda ingin memiliki


· Lokasi untuk melahirkan


Berbagai pilihan yang Anda miliki untuk melahirkan adalah:


Kelahiran/melahirkan di Rumah Sakit


ini merupakan pilihan terbaik jika Anda ingin teknologi medis terbaik yang tersedia untuk merawat Anda dan bayi Anda sepanjang Anda  melahirkan. Rumah sakit memiliki akses mudah ke mesin-mesin, perawat dan dokter terlatih dan mempunyai fasilitas untuk menangani keadaan darurat.


Sementara memikirkan opsi ini, Anda harus mempertimbangkan hal-hal seperti jarak rumah sakit dari rumah Anda, kebijakan dan praktek institusi, baik bidan atau dokter konsultasi akan mudah tersedia di sana dan biaya.


Ini adalah ide yang baik untuk bertanya tentang pengalaman teman-teman dan kerabat yang telah melahirkan di rumah sakit, dan jika seseorang pada khususnya telah menggunakan fasilitas di rumah sakit yang ingin Anda gunakan. Ini akan membantu Anda mendapatkan informasi untuk membuat keputusan yang lebih baik.


melahirkan di rumah sakit kadang-kadang terasa terlalu klinis, tetapi jika ada risiko komplikasi, rumah sakit mungkin pilihan terbaik.


Melahirkan di rumah


Pengalaman melahirkan di rumah adalah salah satu hal yang khusus. Di sana Anda memiliki kenyamanan dengan kamar Anda sendiri dan wajah-wajah yang akrab. Anda juga lebih terlibat dalam pengambilan keputusan untuk melahirkan. Jika tidak ada kemungkinan adanya komplikasi, dan kehamilan Anda telah bebas masalah, melahirkan di rumah dapat aman seperti kelahiran di rumah sakit dan masih biasa dilakukan di banyak Negara, di Indonesia ini biasa dilakukan di daerah atau pedesaan.


Untuk melahirkan di rumah, Anda harus merencanakan terlebih dahulu. Bicaralah dengan dokter atau bidan tentang pilihan dan memastikan bahwa semua fasilitas baik disediakan. Sebagian besar kelahiran di rumah yang cocok untuk kelahiran vagina saja, sehingga jika diperlukan untuk SC darurat, bidan harus siap untuk merujuk Anda ke rumah sakit terdekat.


Kelahiran di rumah tidak cocok untuk mereka rentan terhadap dengan tekanan darah tinggi, masalah jantung, atau diabetes , seperti komplikasi mungkin timbul selama persalinan.


Melahirkan di Rumah Bersalin


Untuk tingkat yang lebih personal dengan perhatian dikombinasikan dengan teknologi modern, melahirkan di rumah bersalin adalah pilihan yang baik.


Di sana, Anda akan mempunyai kekuasaan lebih besar membuat keputusan daripada di rumah sakit. Biasanya mereka juga menganggap persalinan sebagai peristiwa hidup yang sehat, daripada pengobatan atau operasi, penekanannya adalah pada persalinan alami. Anda harus periksa dari awal untuk memastikan bahwa Anda memiliki kehamilan berisiko rendah.


Meskipun rumah bersalin mungkin dilengkapi untuk menangani kasus-kasus darurat, bidan harus siap untuk merujuk Anda ke rumah sakit jika diperlukan. Rumah Bersalin adalah pilihan yang baik bagi mereka yang ingin intervensi medis yang kurang, tetapi tidak ingin melahirkan di rumah.


Pastikan untuk mengecek bagaimana RB di daerah Anda dijalankan, fasilitas apa yang tersedia dan bagaimana sikap para pegawainya sebelum menyelesaikan pilihan Anda.


Klinik Bidan atau Bidan Praktek Swasta (BPS)


Ini diJalankan oleh bidan, klinik ini nyaman dan memiliki suasana yang lebih santai daripada instansi medis. Beberapa BPS, Bidannya juga akan dapat berhubungan dengan dokter untuk instruksi mengenai obat, tes atau operasi, jika perlu. Dan jika Anda memeilih melahirkan di Bidan Praktek Swasta Anda merasa lebih Hommy dan biasanya para bidan jauh lebih sabar dan selalu mengupayakan untuk Anda supaya dapat melahirkan secara alami.


Metode melahirkan.


Banyak ibu hamil yang bersedia untuk mencoba sesuatu yang baru dan bereksperimen dengan pilihan yang berbeda untuk melahirkan. Beberapa pilihan tradisional dan lebih modern untuk melahirkan adalah:


Melahirkan Normal Melalui Vagina


Praktek ini merupakan metode yang paling umum melahirkan. Wanita yang melahirkan dengan cara ini dapat menyusui dengan lebih mudah, tidak harus tinggal di rumah sakit atau klinik untuk waktu yang lama dan dapat menghindari risiko dengan operasi besar, seperti SC.


Tentu saja, sekarang ada obat yang tersedia untuk mengurangi rasa sakiy , tetapi Anda masih bisa memilih untuk tidak menggunakannya. Jika Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang berbagai metode alternatif manajemen nyeri, Anda dapat dengan mudah menghindari epidural dan memiliki kelahiran alami. Bahkan di rumah sakit, keputusan Anda akan dihormati jika Anda menginformasikan ke dokter Anda terlebih dahulu.


Jika Anda memilih untuk menggunakan pembunuh rasa sakit, seperti epidural, mereka akan membantu Anda sambil menjaga Anda cukup waspada untuk secara aktif berpartisipasi dalam proses melahirkan.


Melahirkan Dalam Air (Waterbirth)


Saat ini melahirkan dalam air (waterburth) belum terlalu banyak yang menyediakan. Tapi akhir-akhitr ini Metode ini cukup popular. Terutama di BALI, sudah ada beberapa klinik dan rumah sakit yang menyediakan layanan ini. Sedangkan di beberapa daerah masih sangat jarang. Seperti di Klaten, hanya Bidan Kita saja yang menyediakan layanan ini. Dan saat ini banyak ibu yang lebih memilih melahirkan dalam air karena kenyamanan yang disediakan.


Ketika Anda sudah memasuki persalinan aktif, Anda akan diminta oleh dokter atau bidanAnda untuk memasukkan bak air, Setelah masuk, Anda kondisi bayi Anda akan dipantau menggunakan perangkat Doppler khusus.


Pada tahap akhir persalinan, Anda mungkin memiliki pilihan untuk melahirkan bayi di dalam bak atau di atas permukaan air. Melahirkan di air adalah pengalaman sangat lembut (gentle) untuk ibu dan bayi, yang telah mengambang di kantung ketuban selama sembilan bulan terakhir dan akan merasa seperti masih di dalam ketuban ketika dia dilahirkan di dalam air. Begitu bayi keluar, dia akan keluar dari air dan mulai bernapas.


Melahirkan di air sangat baik untuk mengurangi kecemasan, relaksasi otot dan memungkinkan lebih banyak kebebasan bergerak untuk ibu.


Jika Anda menemukan opsi ini menarik, cobalah mencari tahu apakah prosedur ini tersedia di daerah sekitar Anda, dan jika ada, apakah bidan dan dokternya telah terlatih untuk menolong persalinan di dalam air. Metode ini tidak cocok untuk melahirkan dengan posisi sungsang (walaupun beberapa bidan “berani & berpengalaman” dalam hal ini) , kehamilan ganda, atau jika ada risiko komplikasi.


Melahirkan dengan Hypnobirthing


Seperti namanya, opsi ini adalah melahirkan menggunakan hipnosis untuk membantu menangani ibu dengan rasa sakit. Menurut praktisi metode ini, melahirkan merupakan proses normal dimana tidak ada bagian tubuh sebenarnya yang rusak. Oleh karena itu, rasa sakit Anda merasa lebih berkaitan dengan efek psikologis dari kontraksi pada tubuh Anda.


Untuk menghadapi situasi ini, ibu diajarkan beberapa metode self-hypnosis dan pengendalian pernapasan. Proses mengendalikan pikiran Anda dapat membantu untuk mendapatkan kontraksi yang lebih baik dan menciptakan pengalaman melahirkan lebih menyenangkan.


Jika Anda tertarik, cobalah untuk mencari praktisi yang berpengalaman di daerah Anda. Metode ini pasti dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa sakit, santai dan menghindari obat penghilang rasa sakit jika Anda inginkan.


Melahirkan dengan Sectio Caesar (SC)


Ini adalah metode melahirkan bedah di mana dokter membuat sayatan di perut dan rahim untuk melahirkan bayi. SC memiliki waktu pemulihan lebih lama dari persalinan normal, dan bahkan beberapa minggu dan bulan setelah kelahiran, dan mungkin ada pembatasan tertentu yang Anda harus ikuti seperti puasa, pembatasan gerak dll.


Metode ini biasanya disarankan untuk perempuan yang beresiko komplikasi atau cacat lahir, beberapa bayi mengalami atau yang memiliki kondisi kesehatan tertentu yang dapat menimbulkan masalah selama kelahiran per vagina. Akhir-akhir ini, banyak rumah sakit menggunakan SC sebagai metode melahirkan yang lebih cepat sehingga memeriksa apakah Anda benar-benar membutuhkan operasi caesar sebelum menyetujui operasi. Dan untuk mengambil keputusan ini Anda harus mempertimbangkan masak-masak. Karena selain ini traumatic bagi Anda, SC juga sangat traumatic bagi bayi Anda terutama pada masalah psikologisnya kelak.


Nah keputusan Ada di tangan Anda, persiapkan matang-matang dan buatlah keputusan yang paling bijak karena ini akan mempengaruhi seluruh kehidupan Anda dan keluarga Anda.


Semoga Bermanfaat


Salam Hangat


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar