Prenatal Yoga dan Meditasi

Prenatal Yoga dan Meditasi

Banyak sekali perubahan yang terjadi dalam tubuh ketika Anda sedang hamil Prenatal Yoga dan Meditasi


Banyak sekali perubahan yang terjadi dalam tubuh ketika Anda sedang hamil. Mulai dari hormonal hingga perubahan bentuk tubuh serta beban tubuh. Nah Prenatal yoga sanga membantu Anda tetap fit, fokus, bahagia dan santai, dan membantu Anda mempersiapkan persalinan menjadi lebih lancer dan nyaman?


Prenatal yoga membuat ibu dan bayi sehat! Prenatal yoga dirancang untuk keselamatan dan kenyamanan ibu baik tubuh maupun pikiran. Ini adalah sebuah pendekatan lembut untuk olahraga dan meditasi (yoga adalah jenis meditasi bergerak) yang menggabungkan nafas-fokus, peregangan, fleksibilitas dan berpusat pada mental.


Bagaimana bisa yoga prenatal membantu Anda tuk menikmati masa kehamilan?


Yak arena dengan rajin melakukan Prenatal yoga dapat:


1. Mengurangi stres: stress banyak sekali dialami apalagi oleh ibu yang hamil pertama kali. Ada rasa Kecemasan, keraguan diri, khawatir dan emosi negatif lainnya semua bisa dilepaskan dengan yoga prenatal.


2. Meningkatkan kualitas tidur: bahyak ibu hamil yang merasa kesulitan untuk tidur, karena stres, aktivitas bayi atau hanya karena perut yang semakin membesar dan terasa kurang nyaman! Yoga membantu Anda untuk relaksasi yang ini juga dapat Anda gunakan untuk tidur nyenyak.


 


3. Mengurangi gejala yang tidak menyenangkan dari kehamilan seperti mual, sakit kepala, sesak napas dan nyeri punggung bawah. Yoga meningkatkan sirkulasi, pencernaan dan keseimbangan musculo-skeletal.


4. Meningkatkan kesejahteraan tubuh Anda (dan bayi Anda


5. Memperkuat dan mengendurkan otot-otot yang digunakan saat melahirkan


6. Penelitian telah menunjukkan bahwa yoga juga bisa digunakan untuk mencegah dan menurunkan hipertensi


mengikuti Kelas Prenatal yoga adalah cara terbaik bagi Anda agar dapat menikmati masa kehamilan dengan nyaman bahkan mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk proses persalinan yang lancar dan nyaman: Anda akan dipandu oleh instruktur yang berkualifikasi, dan Anda akan berada dalam lingkungan yang mendukung, saling menguatkan antara ibu hamil satu dengan yang lainnya.


Yang terpenting adalah Anda harus tahu bahwa tidak semua pose yoga dianjurkan untuk wanita hamil. Namun jika instruktur yoga prenatal Anda adalah tenaga medis tentu dia sudah sangat memahami akan hal ini. Dan Bidan Kita (Bidan Yesie Aprillia S.Si.T, M.Kes) akan menjadi instruktur bagi Anda yang ada di Klaten dan Jogja.


Jika tidak ada kelas yoga prenatal yang tersedia di mana Anda tinggal, carilah studio yoga yang mengajarkan hatha yoga (“yoga lembut”) dimana kelas ini lebih fokus pada gerakan yang lambat, peregangan yang lembut.


Dan yang pasti hindari Bikram yoga (atau “hot yoga”) selama kehamilan karena suhu tubuh Anda bisa sangat tinggi. Atau, jika Anda tidak dapat menemukan instruksi yoga terdekat, cobalah download video yoga prenatal yang tersedia untuk latihan di rumah. kelas yoga prenatal akan mencakup latihan napas, peregangan dan pose penguatan serta relaksasi. Menggabungkan yoga dengan meditasi sangat membantu pikiran Anda lebih cepat rileks.


 


Pernapasan yang tepat merupakan bagian penting dari pengalaman kehamilan positif. Teknik pernapasan yang tepat membantu mengalihkan pikiran Anda dari ketidaknyamanan dan mengajarkan Anda untuk bernapas dalam-dalam untuk mengelola sesak napas. Dan ketika Anda siap untuk melahirkan, fokus pada nafas- akan membantu Anda untuk manajemen rasa sakit selama kontraksi selama proses persalinan. Relaksasi, peregangan dan penguatan akan membantu Anda dengan lebih siap menghadapi proses persalinan. Anda mungkin mengalami ketidakseimbangan yang dapat mengakibatkan nyeri punggung dan leher kaku. peregangan Lembut dengan sedikit penekanan pada keseimbangan otot dan fleksibilitas akan membantu meringankan ketidaknyamanan dan membantu mengendurkan otot Anda selama kehamilan dan persalinan. Pada saat yang sama, yoga membangun kesadaran diri, disiplin diri, dan mempromosikan ketenangan batin karena saat yoga Anda di ajarkan untuk fokus.


Bagian terakhir dari kelas biasanya adalah relaksasi. Ini pada dasarnya adalah meditasi, sering dilakukan dengan berbaring. Biasanya Anda akan diminta untuk benar-benar merilekskan tubuh Anda dan fokus pada napas Anda, dan instruktur Anda dapat memandu meditasi untuk membantu Anda rileks, menjadi lebih sadar diri dan mempromosikan ketenangan.


Bagaimana untuk mendapatkan hasil maksimal dari yoga prenatal:


1. Konsultasikan dengan dokter kandungan/ bidan Anda: biarkan dia tahu tentang niat Anda untuk berlatih yoga prenatal (jika Anda punya masalah dengan kehamilan di masa lalu, atau jika Anda memiliki masalah punggung atau kondisi jantung, dokter mungkin akan tidak merekomendasikan Anda utmenjauhkan untuk yoga). Pastikan untuk memberitahu dokter Anda jika Anda mengalami rasa sakit yang tidak biasa atau gejala yang muncul selama atau setelah yoga!


2. Jadilah realistis dalam tujuan Anda: banyak wanita menjadi kesal harus menyerah mereka merasa ini adalah latihan berat selama kehamilan. Yakinlah, yoga prenatal adalah baik, cukup menantang dan cukup lembut untuk membuat Anda tetap fit, dan pada saat yang sama dengan aman mempersiapkan Anda untuk melahirkan. Jika Anda tidak dapat melakukan yoga, berjalan-jalan, dan berenang merupakan kegiatan favorit juga! Di atas segalanya, jangan berlebihan, tapi tidak menggunakan kehamilan sebagai alasan untuk “sofa-surfing” atau “leyeh-leyeh” dan bersantai serta bermanja ria saja. Kelas Prenatal Yoga adalah ideal, tetapi jika Anda tidak dapat menemukan nya di dekat Anda, ikuti kelas hatha yoga adalah pilihan yang baik. Tapi – berhati-hati untuk menghindari pose-pose yang twist, menekan atau melakukan ketegangan perut Anda.


3. Untuk manfaat yang maksimal, gabungkan meditasi/relaksasi hypnobirthing dan yoga: jangan memaksakan diri ke titik dimana Anda mengalami kesulitan akan posenya atau jika Anda merasa sakit, mempertahankan suhu tubuh Anda dengan menghindari pengerahan tenaga terlalu banyak; tetap terhidrasi, dan menghormati tubuh Anda – jika Anda merasa ada sesuatu yag tidak benar, atau jika Anda tidak merasa sanggup melakukannya, jangan lakukan itu! Jika Anda mengalami APAPUN seperti kontraksi, perdarahan, penurunan gerakan janin atau nyeri yang tidak biasa atau ketidaknyamanan, segera periksa ke dokter kandungan Anda! Yoga juga memberikan Anda cukup waktu untuk menyadari pikiran-pikiran dan emosi Anda dan berurusan dengan mereka dengan cara yang sehat.


Nah Bagi Anda para ibu Hamil yang ada di daerah JOGJAKARTA dan Klaten, Bidan Kita mempunyai kelas Prenatal Yoga For Gentle Birth dengan jadwal berikut:


1. Prenatal Yoga For Gentle Birth di JOGJA


Hari : SELASA


Pukul : 09:00 s.d 11:00 WIB


Tempat : Studio Yoga Balance di Hotel Puri Artha Demangan, Jogjakarta


Biaya : Rp. 75.000


Contact : 0274 566717


2. Prenatal Yoga For Gentle Birth di KLATEN


Hari : KAMIS


Pukul : 16:00 s.d 18:00 WIB


Tempat : Bidan Kita Jl Piere Tendean no 20, Klaten


Biaya : Rp. 40.000


Contact : 0272 3111884


Semoga bermanfaat


Salam Hangat


Yesie


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar