Prosedur dan pemeriksaan diawal persalinan

Prosedur dan pemeriksaan diawal persalinan

Dalam beberapa hari ini saya mewawancarai beberapa ibu tentang pengalaman mereka ketika pertama kali memasuki proses persalinan dalam hidup mereka. Ada yang menyatakan takut, ngeri dan tidak mengerti apa saja yang terjadi dan dilakukan terhadap tubuh dan bayinya. Dan ada pula yang terkaget-kaget dangan semua prosedur yang di berikan yang mana belum pernah terbayangkan sebelumnya olehnya. Nah dalam artikel ini saya akan mencoba memberikan gambaran kepada Anda tentang apa dan bagaimana prosedur yang biasanya dilakukan di dalam awal proses persalinan


 


Ketika Anda tiba di rumah sakit yang akan Anda temui biasanya bidan. Dan bidan tersebut yang akan menilai tentang persalinan Anda dan kemajuannya. Dan sebelum melakukan pemeriksaan awal bidan Anda akan mengajukan beberapa pertanyaan tentang apa yang telah terjadi sejauh ini, seperti:


– Berapa minggu usia kehamilan Anda?


– Apakah Anda memiliki masalah selama kehamilan Anda?


– Apakah Anda sudah mengalami flek dan keluar lendir atau darah?


– Apakah ketuban Anda pecah, jika iya, berapa banyak dan warna apa?


– Apakah Anda merasa bayi Anda bergerak hari ini?


– Apakah Anda sudah merasakan  kontraksi , dan seberapa sering kontraksi itu terjadi berikut durasinya?


Setelah mencatat semua data yang dibutuhkan, Selanjutnya, bidan akan melakukan pemeriksaan pada Anda:


– Urin, darah


– berat badan dan indeks massa tubuh (BMI)


– tekanan darah


– suhu


– nadi


kemudian Bidan melakukan pemeriksaan leopold yaitu pemeriksaan dengan melakukan perabaan di perut untuk mengetahui bagaimana posisi janin serta apakah kepala bayi Anda yang masuk panggul Anda atau tidak. Dia juga akan menilai berapa lama, kuat dan seringnya kontraksi terjadi, dan seberapa serta di bagian mana terasa rasa kurang nyaman.


Bidan Anda kemudian akan memeriksa kesejahteraan bayi Anda dengan mendengarkan AndaÂdetak jantung bayi setelah kontraksi.


Bidan mungkin meminta izin untuk melakukan pemeriksaan (vagina) internal, untuk mengetahui seberapa lebar pembukaan serviks Anda.


Jika Anda tidak ingin di laukan pemeriksaan dalam, maka itu tidak akan jelas berapa banyak serviks telah membuka (melebar). Tapi bidan yang terampil mungkin dapat memberitahu kira-kira berapa jauh persalinan Anda hanya dari mengamati dan “mendengarkan”  tubuh Anda.


Apa yang terjadi setelah pemeriksaan pertama?


Jika Anda masih berada di awal persalinan , Anda dapat memilih untuk pulang, tergantung pada keadaan individual dan waktu perjalanan. Bidan mungkin menganjurkan Anda pulang sehingga Anda bisa berada di lingkungan yang akrab sampai kontraksi lebih kuat.  Jika Anda lebih memilih untuk tinggal di rumah sakit, Anda mungkin akan dikirim ke bangsal antenatal atau ruang tunggu, kadang juga di ruang nifas. Namun biasanya ini justru membuat Anda lebih stres dan panik lagi. Jadi saran saya adalah ketika persalinan masih sangat awal, lebih baik Anda pulang dan menikmati proses berjalan.


Jika kontraksi sudah semakin banyak dan sering juga kuat, maka Anda akan pindah ke ruang kelahiran di mana Anda akan tinggal sampai Anda melahirkan. Sewaktu proses persalinan, bidan Anda akan menyimpan catatan tentang bagaimana kondisi Anda pada sebuah partogram. Ini adalah bagan yang diisi dengan simbol yang berbeda dan bagian untuk memonitor dan mencatat setiap detail dari proses persalinan Anda.


Bagaimana bayi saya akan dimonitor?


Kesejahteraan bayi Anda akan dipantau oleh bidan saat ia mendengarkan detak jantungnya. Untuk melakukan ini, dia akan menggunakan monitor genggam disebut Doppler atau Sonicaid juga dengan USG untuk bangkit kembali suara detak jantung bayi anda  Sebuah Sonicaid atau Doppler tidak akan terlalu banyak mengganggu kenyamanan Anda. Anda hanya harus tetap diam selama satu menit atau lebih sementara bidan Anda mendengarkan dan kemudian Anda dapat bergerak lagi.


Apakah saya perlu memiliki rencana persalinan?


Memiliki dan membuat birth plan atau rencana persalinan memang sangat penting bagi Anda, karena ini dapat membantu bidan Anda lebih memahami apa jenis pengalaman persalinan yang Anda inginkan.  Tapi jika Anda tidak mempersiapkan rencana kelahiran, jangan khawatir. Anda bisa memberitahu bidan Anda dan mengkomunikasikan tentang apa yang Anda inginkan.


 


Semoga bermanfaat


Salam hangat


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar