Rahasia 2. Melahirkan Alami

Rahasia 2. Melahirkan Alami

 


Kalau rahasia pertama untuk memiliki proses persalinan yang alami dan lancar adalah melakukan goyang inul saat proses persalinan, bisa anda lihat DISINI: https://dennypedia.com/rahasia-1-melahirkan-alami/


Nah sekarang rahasia yang selanjutnya adalah ada di NAFAS ANDA.


Tindakan yang sederhana dan setiap manusia pasti mempunyai pengalaman untuk bernafas.


Saat mengajar di kelas ibu hamil, di tiap pertemuan selalu saya ajarkan bagaimana tehnik nafas pada saat kontraksi, pada saat relaksasi bahkan saat mengejan. Karena ini adalah sangat penting dan harus dikuasai oleh ibu.


Ketika nafas digunakan dengan ‘potensi penuh, maka napas Anda dapat membantu Anda untuk melahirkan alami, yang tidak hanya dapat bebas dari rasa takut dan rasa sakit, namun lebih dari itu Anda akan mendaatkan pengalaman yang luar biasa dan benar-benar menyenangkan!


Dalam artikel ini saya akan berbagi bagaimana menggunakan kekuatan nafas untuk membantu Anda dalam kodisi tetap tenang, fleksibel dan rileks selama waktu melahirkan bayi Anda, untuk secara efektif fokus pada energi dari gelombang rahim, untuk meminimalkan ketidaknyamanan, dan memungkinkan Anda juga bayi Anda yang jauh lebih nyaman dan menyenangkan.


Karena kita selalu bernapas setiap saat, kita cenderung melakukannya sebagai rutinitas dengan spontan begitu saja, dan justru seringkali tidak bisa mengenali potensi besar yang terletak dalam kekuatan napas kita sendiri!


Padahal sebenarnya melalui nafas, kita mendapatkan segala segala sesuatu yang kita butuhkan untuk membawa bayi kita lahir ke dunia: kekuasaan, cinta, kekuatan, keyakinan, gairah, kebijaksanaan dan tekad.


Ketika Anda bernapas dengan kesadaran di dalam hati, Anda akan mengaktifkan semua system di dalam tubuh Anda yaitu, saat Anda menghirup dan mengumpulkan nafas, dan kemudian menghembuskan perlahan-lahan ketika Anda melahirkan.


Aturlah Irama Nafas Anda untuk Melahirkan Alami 


Napas Anda akan memberikan efek positif ke seluruh tubuh Anda. Jika napas Anda rileks maka tubuh Anda rileks.


Dengan nafas, Anda bisa mencapai keselarasan dan harmonisasi dalam tubuh dan pikiran selama proses melahirkan. Jadi dengan nafas, tubuh Anda bisa tetap rileks , dan menjadi terbuka dan luas , tetapi pada saat yang sama pikiran Anda tetap tenang dan kuat .



Guruji Iyengar seorang tokoh yoga di dunia bahkan mengatakan bahwa : Mind is the king of the senses, but Breath is the king of the mind



 


Latihan Persalinan alami: Menguasai Nafas Persalinan


Ketika Anda fokus dan dengan penuh kesadaran Anda mau meluangkan waktu untuk berlatih nafas dan memperhatikan kualitasnya, ini akan sangat memudahkan Anda untuk mengatasi semua rasa ketidaknyamanan yang bisa saja tercipta ketika pross persalinan berlangsung.


Ketika berlatih prnafasan, tugas Anda adalah hanya membawa kesadaran Anda ke napas Anda dan menyadari kekuatan yang ada di dalamnya.


Pernapasan yang tepat untuk Melahirkan Alami


Pertama, Anda harus mempelajari kembali cara untuk bernapas dengan benar:


yaitu saat Anda menarik napas perut Anda naik atau menggembung, dan ketika Anda menghembuskan napas maka perut Anda mengecil/mengempes inilah yang disebut pernafasan perut. Pada dasarnya kita semua lahir dengan cara bernapas yang sempurna, tetapi adanya stress dalam kehidupan membuat kita secara otomatis belajar untuk mengambil napas pendek-pendek melalui dada kita (pernafasan dada). Cara pernapasan yang dangkal benar-benar membatasi potensi napas kita dan cenderung untuk memutuskan kita dari hubungan primordial dengan nafas atau aliran energy universal. Dalam rangka untuk menghimpun kekuatan waktu melahirkan sangatlah penting bagi Anda untuk berhubungan kembali dengan napas primal yang kuat, karena ini dapat memberikan kekuatan dan energi yang dapat mendorong proses persalinan berjalan sealami mungkin.


 


kebanyakan ibu secara naluri sebenarnya akan menemukan pola nafas yang paling pas untuk mereka dan tidak ada cara yang benar atau salah untuk melakukannya. Tetapi seringkali mereka sudah terlanjur panik ketika merasakan ketidaknyamanan saat kontraksi sehingga pola nafas menjadi tidak beraturan dan tidak membantu mengurangi ketidaknyamanan tersebut. Nah untuk itu penting bagia Anda untuk belajar focus pada nafas sejak Anda hamil dengan tujuan semakin sering dilatih sejak kehamilan maka ketika persalinan tiba Anda bisa secara otomatis melakukannya.


Namun, ketika Anda tegang dan takut, secara otomatis pernapasan Anda menjadi dangkal dan cepat. Bahu Anda ditarik ke arah telinga, leher dan otot bahu terasa tegang dan kaku. Jika Anda beralih ke keadaan panik, Anda akan mulai bernapas secara cepat, berlebihan, nafas pendek, dangkal dan terengah-engah. Dan saat anda panik, maka jumlah oksigen yang mengalir ke tubuh anda juga bayi Anda akan sangat berkurang sehingga menyebabkan Anda merasa pusing dan tak terkendali.


Nafas yang panik/ terengah-engah adalah reaksi umum untuk situasi yang sangat menegangkan atau menakutkan. Ini normal, namun tubuh anda tidak dapat bertoleransi dalam jangka waktu yang lama, karena tubuh Anda akan menjadi lelah. Dalam proses persalinan tujuan Anda adalah untuk menghemat energi Anda sebanyak mungkin, dan berikan bayi Anda banyak oksigen untuk membantunya mengatasi stres. pernapasan berirama dapat membantu Anda melakukan hal ini.


 


Nafas Spiral


Sepanjang Anda latihan cobalah untuk selalu menjaga rahang rileks dan mulut terbuka lebar.Tarik dan buang napas melalui mulut Anda, ini akan mendorong pembukaan sfingter di tubuh Anda. Ketika Anda menarik nafas Anda akan merasakan napas Anda mengalir ke dalam dan keluar dari tubuh Anda.


Sekarang lakukan lagi, tapi kali ini tidak ada jeda antara menghirup dan menghembuskan napas, bayangkan nafas itu mengalir masuk dan keluar dari Anda seolah-olah seperti energi spiral yang mengalir terus menerus.


Rahasia Menakjubkan Untuk Menggunakan Nafas Anda dalam persalinan adalah Mengumpulkan (Gather), Menahan (Compress), dan melepaskan (Disperse)


Saat Anda menarik napas bayangkan Anda mengumpulkan energi atau “chi” seperti cahaya yang indah rasakan gambar itu mengalir ke tubuh Anda melalui napas Anda. karena mengalir ke tubuh Anda nafas ini akan mengumpulkan dan mengaktifkan semua potensi Anda: kekuatan pribadi Anda, cinta Anda, keyakinan, gairah, kebijaksanaan, dan seterusnya, kemudian tahan sejenak, dan ketika Anda menghembuskan napas biarkan energy tersebut mengalir melalui tubuh Anda dan mengeluarkan semua energy negative.


Memfokuskan Energi Gelombang nafas dan menghilangkan semua rasa sakit saat melahirkan


Selama waktu proses melahirkan Anda dapat menggunakan menggunakan tehnik Mengumpulkan (Gather), Menahan (Compress), dan melepaskan (Disperse) untuk menangani intensitas gelombang dan tekanan pada rahim.


Mengumpulkan (Gather)- saat Anda menarik napas Anda mengumpulkan dan memungkinkan tekanan dan intensitas dari gelombang rahim mengalir ke tubuh Anda, mengumpulkan dan mengaktifkan semua kekuatan ketenangan batin Anda, cinta, keyakinan, dan kekuatan pribadi


Menahan (Compress)- Anda kemudian memungkinkan menggabungkan dengan kekuatan pribadi Anda, dan karena kompres energi difokuskan ke tubuh Anda bagian bawah


Melepaskan (Disperse)- saat Anda menghembuskan napas Anda mengambil semua intensitas gelombang rahim, energy negatif, ketidaknyamanan dan lain lain yang memungkinkan untuk sepenuhnya melepaskan kembali ke bumi membersihkan jalan nafas Anda untuk mengumpulkan kembali energy positif di setiap gelombang rahim yang akan datang.


Memperbaiki Nafas Pembersihan (Cleansing Breath)


Mengatur dan focus pada napas adalah sebuah pilihan. Dengan Anda focus pada napas saat persalinan berarti Anda memilih untuk relaksasi.


Dengan tetap focus pada napas Anda memilih kesenangan dan terbebas dari rasa sakit, merasakan cinta bukan rasa takut. Dengan tetap focus pada napas Anda memilih untuk mengumpulkan dan membawa kekuatan ketenangan batin Anda, dengan tetap focus pada napas setiap kali Anda bernafas anda akan mengumpulkan energy dan kekuatan.


Latihan Nafas Pembersihan (The Cleansing Breath)


o Cara: Pada awal setiap kontraksi, ambil napas dalam dalam melalui hidung, lalu buang napas melalui mulut Anda dengan keras/ menyentak hingga orang lain dapat mendengar hembus Anda. Ketika kontraksi berakhir, ambil napas dalam, lalu perlahan hembuskan perlahan untuk melepaskan ketegangan yang Anda rasakan.


o Manfaat: napas ini akan memberikan ibu dan bayi ekstra oksigen, berfungsi sebagai sinyal pada tubuh untuk lebih bersantai dan fokus, serta dapat memberitahu secara tidak langsung kepada pendamping persalinan Anda bahwa kontraksi sudah mulai. Mengakhiri dengan nafas dalam dan perlahan berfungsi untuk meirilis dan menginformasikan kepada pendamping Anda bahwa kontraksi telah berlalu, dan berfungsi sebagai pengingat untuk bersantai antara kontraksi.


Light Breathing/ Hee-Hee Breathing


o Cara: Tarik napas panjang melalui hidung dan menghembuskan napas melalui mulut. Bibir santai, sedikit terbuka, dengan senyum kecil. Pada saat membuang nafas atau menghembuskan nafas, buat suara “lunak/lembut”  Untuk menghindari hiperventilasi, fokus sebagian besar perhatian Anda pada napas ini – membiarkan Anda menghirup nafas dengan mudah. Nafas dangkal namun lambat Sekitar satu napas per detik.


o Kapan menggunakan tehnik ini? Tehnik ini digunakan Ketika pernapasan dalam tampaknya tidak lagi cukup untuk membantu mengatasi rasa kurang nyaman saat kontraksi.


o Manfaat: Membantu ibu lebih rileks menghadapi kontraksi dan mengalihkan perhatian dari kontraksi.


Hee – Hee – Hoo Breathing/ Pernapasan Hee – Hee-Hoo


o Cara: caranya hampir saman dengan tehnik hee hee breathing, namun dalam tehnik ini nafas pendek dengan hee-hee dilakukan sekitar 4 s.d 5 kali lalu nafas panjang dan dalam kemudian hembuskan dengan perlahan hingga seluruh udara di paru-paru keluar.


o Kapan menggunakan tehnik ini? Ini dilakukan ketika Anda masuk dalam fase transisi atau ketika Anda merasa pusing saat melakukan pola pernafasan yang ringan saja.


o Manfaat pola pernafasan hee – hee-blow: Membantu untuk menghindari hiperventilasi. Nafas pukulan /terakhir / blow akan membantu untuk melepaskan ketegangan.


Pernapasan Berirama


o Cara: Ambil napas dalam-dalam. Buang napas dalam empat nafas pendek, ringan, napas terengah-engah.. Jadi,tarik nafas panjang dan dalam, lalu huh-huh-huh-huh (pendek-pendek).


o Kapan menggunakan tehnik nafas ini?: kapan saja dalam kala I fase aktif


o Manfaat: hampir sama dengan manfaat Hee-Hee- Hoo terutama pada ibu penderita asma.


Berlatih Teknik Pernapasan sebelum Persalinan


Pernapasan perut dapat dilakukan setiap saat: saat mengemudi, membaca, atau menonton TV, di tempat kerja, pada waktu stres, dll . tehnik ini bukan hanya bermanfaat selama persalinan, tetapi dalam semua kehidupan.


Penting juga untuk berlatih teknik-teknik lainnya sampai anda merasa nyaman dan terbiasa, dapat digunakan setiap selama dua menit tanpa merasa kehabisan napas. Jika Anda mulai merasa pusing atau pusing, ambil napas dalam dan pembersihan lalu mulai dari awal lagi. Jika perlu, bernafaslah dengan menangkupkan tangan di atas hidung dan mulut, atau pernapasan ke dalam kantong kertas. Praktekkan berbagai tehnik pernafasan tersebut dalam berbagai posisi: duduk, sisi-berbaring, berdiri, jongkok.


Untuk membantu Anda ingat agar berlatih teknik pernafasan, Anda boleh menggunakan petunjuk, Misalnya, setiap kali Anda berada di lampu merah, lakukan- pernapasan hee hee. Selama iklan TV, lakukan pernafasan Hee-Hee-Hoo. dll


Tip: jika mulut anda terasa kering, cobalah menyentuh ujung lidah Anda ke langit-langit mulut Anda.


 


Anda harus mengizinkan diri Anda untuk bernapas dengan lega dan bebas.


Meskipun tubuh bergerak, usahakan pikiran tetap terpusat dengan aliran nafas menciptakan dinamisasi karena ketenangan dan kekuatan internal.


 


Nah Mari berlatih dan Rasakan Manfaatnya


Selamat Mencoba



 


Salam Hangat


Yesie Aprillia (Bidan Kita)


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar