Representasi ilustrasi visual proses Melahirkan

Representasi ilustrasi visual proses Melahirkan

Bagaimana kita secara visual menggambarkan proses kelahiran bukan sekedar detail kecil, tetapi sebuah refleksi dari keyakinan mendasar tentang sifat persalinan dan tubuh seorang perempuan. Dengan kata lain, penggambaran visual dari perempuan yang melahirkan secara politik dibebankan teks, bukan representasi realitas.


Misalnya, posisil lithotomy hampir merupakan posisi yang selalu ada pada ilustrasi dari proses kelahiran. Padahal posisi ini sangat tidak menguntungkan bagi ibu, dan hanya menguntungkan bagi Bidan atau dokter yang menolong persalinan. Selain itu selama ini dalam gambar atau video animasi selalu saja di ilustrasikan bahwa proses persalinan adalah secara terlentang.


 


Nah Saran saya saat ini adalah: silahkan memiringkan kepala anda atau layar komputer Anda 90 derajat untuk melihat sebuah proses persalinan yang tegak lurus (dengan posisi jongkok atau duduk di toilet) dan 180 derajat untuk melihat proses persalinan dengan posisi merangkak. Sebuah teknologi yang sederhana namun efektif!


Jika Anda bidan atau salah satu dokter, Anda dapat menumbangkan pesan ilustrasi yang hanya ada dengan posisi terlentang dengan memutarkan posisi mereka, ini akan menekankan kepada klien Anda pentingnya melahirkan di posisi yang tegak, posisi fisiologis yang bekerja dengan memanfaatkan gaya gravitasi bumi dan panggul ibu. Dan, tentu saja, menekankan bahwa wanita harus selalu memiliki kebebasan bergerak dan perubahan posisi selama persalinan.


Saya sangat senang dengan gambar dan ilustrasi proses persalinan seperti yang akan saya tunjukkan ini. Karena gambar ini dirancang untuk memungkinkan ibu bersalin puntuk mengembangkan kepercayaan tentang kemampuan melahirkan. Ilustrasi ini menunjukkan “seorang wanita benar-benar melahirkan anaknya, bukannya melahirkan bayi.”


Tujuannya adalah untuk mengajarkan perempuan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk melahirkan bayi mereka tanpa bantuan.


Perhatikan bahwa gambar ini menampilkan seluruh wanita sehubungan dengan proses fisiologis. Perempuan itu tegak dan bergerak, dan karena ia dekat dengan tanah, maka mereka tidak memerlukan satu orang untuk “menangkapkan” bayi untuknya.









Nah menarik bukan….


Patut di coba …


Salam hangat


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar