Sepuluh Alasan Untuk Memilih Melahirkan Alami

Sepuluh Alasan Untuk Memilih Melahirkan Alami

Banyak alasan untuk mempersiapkan melahirkan normal. Beberapa alasan adalah fisik, emosional dan rohani. Nah Daftar berikut ini adalah alasan paling umum seorang wanita untuk memilih melahirkan normal


1.Persalinan alami sangat mengurangi risiko bagi ibu dan bayi


pada dasarnya  potensi efek samping dan risiko selalu saja ada, bahkan walaupun potensinya kecil. namun pkita harusnya mengingat kembali bahwa proses persalinan adalah proses yang alami. sehingga tidak perlu menambahkan risiko yang sebenarnya tidak perlu ada.Dengan menggunakan obat selama persalinan akan menambahkan risiko sebenarnya mungkin tidak perlu ada dalam kelahiran. Beberapa ibu memilih untuk tidak menambah risiko tersebut dan menghindari obat-obatan untuk persalinan kecuali ada keadaan darurat.


 


2. Tubuh Anda mempunyai kemampuan yang luar biasa untuk segera pulih setelah Melahirkan Alami.


“Saya mengalami SC pada anak pertama saya. Dan saya merasa pemulihannya cukup lama hingga 6 bulan saya tidak bisa leluasa menggendong anak saya karena perut saya masih sering merasakan nyeri dan sakit. Berbeda dengan anak kedua saya yang berhasil dilahirkan secara alami, segera setelah melahirkan saya sudah bisa bangun, berjalan bahkan menggendong dan melakukan kegiatan sehari-hari dengan sangat leluasa dan saya merasa jauh lebih sehat.” Operasi sesar adalah operasi perut besar. Sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk pemulihannya. Berbeda dengan melahirkan secara alamiah, tubuh akan dengan cepat pulih.


karena pada dasarnya tubuh seorang wanita di ciptakan untuk melahirkan normal


3. Kurangi risiko intervensi lain


“Ketika saya meminta epidural, saya tidak menyadari saya akan terjebak di tempat tidur dengan infus, terhubung ke monitor janin secara terus menerus. Kemudian, saya tidak bisa berjalan karena saya di pasangi kateter. Pada saat bayi saya lahir, saya diberikan masker oksigen, manset tekanan darah selalu ada dan terpasang di lengan saya. Ada begitu banyak alat yang menempel di tubuh asya sehingga suami sayapun takut menyentuh saya. Aku tidak akan melakukannya lagi.” Menggunakan obat untuk menghilangkan rasa sakit memerlukan beberapa intervensi, seperti monitor janin eksternal dan infus. Selain itu, menggunakan obat meningkatkan peluang Anda untuk dilakukan intervensi lain seperti kateterisasi, penggunaan pitocin, forsep dan ekstraksi vakum.


4. Jika memerlukan Obat, maka hanya sedikit obat yang dibutuhkan


“Saya pikir tak ada salahnya untuk mencoba, jadi saya belajar semua yang saya bisa dan mempraktekkan teknik relaksasi supaya meningkatkan kenyamanan” Persiapan untuk melahirkan normal tidak berarti Anda harus melahirkan tanpa obat., Tapi tanpa belajar teknik persalinan alami mencoba untuk memenejemen rasa sakit adalah yang terbaik. Kadang obat tetap diberikan namun hanya dalam keadaan dan kondisi darurat saja.


5. Persalinan alami membantu Anda belajar untuk bekerja sama dengan tubuh Anda


“ketika saya mendampingi kakak saya yang sedang bersalin, saya lihat dia begitu santai dan begitu selaras serta harmoni dengan tubuhnya selama persalinan, ia tampaknya tahu persis apa dan bagaimana yang dibutuhkan bayi selama proses persalinan.Dia masih tampak memahami apa yang dibutuhkan tubuhnya. Dan bahkan proses persaliannya begitu santai lancar bahkan tanpa mengejan.Saya ingin belajar untuk mendengarkan tubuh saya seperti itu.” Proses persalinan alami sangat memerlukan kemampuan Anda untuk mendengarkan dan menanggapi sinyal tubuh Anda. Untuk mempersiapkan, Anda harus mulai belajar membaca sinyal tersebut selama kehamilan. Siapkan fisik, mental dan spiritual untuk menghadapi proses persalinan yang alami.


6. Persalinan alami dapat membantu Anda menemukan kekuatan Anda tidak pernah tahu


“Sangat kuat, semuanya. Aku ingat saat saya berpikir saya tidak bisa melakukan ini dan dan tidak sanggup meneruskan proses persalinan ini, tapi ketika saya mendengarkan suami dan bidan saya, apalagi ketika saya mencoba menyentuh kepala bayi saya yang hampir keluar, tiba-tiba ada kekuatan yang luar biasa besar muncul dalam tubuh saya dan saya menjadi yakin bahwa saya bisa.” Selain kekuatan fisik, Melahirkan normal alami juga memerlukan kekuatan emosional dan mental untuk tidak menyerah. Bagi banyak wanita, melahirkan adalah pertama kalinya mereka mengalami dan belajar tantangan seperti itu.


7. Persalinan alami memungkinkan Anda mengalami proses alamiah yang sudah dirancang oleh alam semesta.


“Saya pikir Tuhan tidak pernah membuat sistem yang cacat, dan jika Ia menciptakan proses ini berarti Ia sudah siapkan tubuh kita sempurna untuk menjalani proses ini. Dan yang saya yakini adalah Tuhan tidak menciptakan vagina hanya untuk hiasan, namun untuk melahirkan secara alami dan Tuhan hanya ciptakan satu pintu yaitu VAGINA dan tidak menciptakan Jendela di perut” Tubuh wanita secara unik dirancang untuk melahirkan alami. Kontraksi rahim dan mendorong bayi melewati leher rahim yang melembutkan dan menarik kembali sekitar kepala bayi. Ketika bayi turun ke jalan lahir, vagina membentang dan terbentang untuk membiarkan bayi Anda melewatinya.


8. Melahirkan alami dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan


“memang melahirkan alami saya rasa tidak bisa bebas dari rasa sakit, namun ketika saya melahirkan saya berusaha untuk serileks mungki dan menikmati sriap gelombang rahim yang datang. Rasanya nyaman kok, semua organ seksual saya melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan.” Beberapa wanita mengalami persalinan yang menyenangkan. Bukan hanya sakit namun proses yang nyaman dan bahkan mengalami orgasme. Karena pada dasarnya proses melahirkan adalah puncak dari semua proses seksualitas seorang wanita.


9. Persalinan alami meningkatkan rasa percaya diri Anda


“Semua yang saya lakukan untuk mempersiapkan persalinan alami mendorong saya lebih percara diri. Saya harus bisa dan berani berbicara dengan dokter saya untuk mengungkapkan birth plan saya. Saya harus belajar untuk mengatakan tidak kepada orang lain dan untuk mandiri. Ketika mencoba melihat ke belakang, Aku merasa malu ketika menyadari betapa lemahnya saya sebelum ini.” Melakukan persiapan persalinan normal membuat Anda semakin percaya diri dan semakin tahu akan apa yang harus Anda lakukan. Dengan Persiapan untuk melahirkan normal Anda tidak akan mudah untuk dibujuk agar melakukan intervensi dan. Ini tidak berarti Anda menjadi keras kepala atau memaksakan, tetapi Anda akan lebih bijak menentukan apa yang akan Anda lakukan.


10. Mampu melahirkan alami membuat Anda bangga akan diri Anda dan bayi Anda


“saya sangat bersyukur dan bangga bisa melewati proses melahirkan alami dengan tenang dan nyaman. Ketika saya menjenguk adik saya yang operasi sesar tempo hari, saya sampai merinding. Karena sudah empat bulan berlalu dan adik saya masih belum bisa melakukan tugasnya sebagai ibu (menyusui, menggendong) dengan baik.”


Menyadari bahwa proses persalinan alami adalah proses yang istimewa akan membuat Anda semakin bangga kepada diri Anda. Dan Andapun akan semakin yakin bahwa Anda dapat melakukan nya lagi kelak.


 


Nah ayo berdayakan diri, dan upayakan fisik, mental dan spiritual Anda untuk melahirkan alami


Semoga bermanfaat


Salam hangat


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar