TIPS Latihan Ringan untuk Persalinan Normal

TIPS Latihan Ringan untuk Persalinan Normal


Bagi wanita yang sedang mempersiapkan diri untuk melahirkan, ada beberapa latihan yang hasur mereka lakukan dan menjadi bagian dalam rutinitas sehari-hari. Latihan-latihan ini sederhana dan sebenarnya  bisamembantu Anda tetap lebih nyaman selama periode kehamilan dan persalinan nanti.


Goyang panggul


Keuntungan


Menghilangkan rasa sakit karena meregangkan otot-otot punggung bagian bawah. Membantu dalam merangsang pencernaan. Membantu dalam mengurangi rasa sembelit. Meningkatkan penataan kembali rahim. Cara yang aman menjaga otot-otot perut kencang. Latihan ini apabila dilakukan sebelum waktu tidur dapat membantu Andatidur nyenyak . Kosongkan kandung kemih saat berlatih posisi ini. Membantu bayi dalam mendapatkan keselarasan bersalin terbaik karena meregangkan dan membuka daerah panggul & mengurangi kemacetan di sana dengan memanfaatkan arah gravitasi.


Cara Melakukan panggul Goyang


Ambil posisi merangkak, sambil melepaskan nafas, panggul harus dimiringkan di bawah dengan mencoba mengegangkan otot perut bagian dalam.


lalu saat menarik nafas lengkungkan punggung dan masukkan tulang ekor kedalam


lakukan secara bertahap, mungkin bisa 10 kali, 20 kali hingga 50 kali.


Berjongkok


Keuntungan


Posisi berjongkok membuat bagian panggul cenderung untuk membuka & perineum mampu mengalami peregangan.


Posisi ini memungkinkan gravitasi untuk membantu janin dalam bergerak melalui jalan lahir.



 


Cara Melakukan Jongkok


Menanam kaki dengan cara perusahaan di tanah, menurunkan tubuh menjadi sedikit tertekuk berpose.


Menurunkan pantat ke tanah sebagai salah satu lutut lengkungan & daerah pinggul.


Dalam hal menjaga keseimbangan dalam posisi ini bisa dengan berdiri dengan berpegangan pada kursi besar atau suami atau meja untuk sementara mendukung ketika Anda menurunkan tubuh.


Latihan Kegel


Keuntungan


Membantu dalam mencegah inkontinensia karena memperkuat otot-otot dasar panggul. Melalui kegel, ibu hamil dapat mencegah kejadian episiotomi ataupun robekan perineum Menguatkan otot-otot yang mendukung rahim & perut


Cara Melakukan Latihan Kegel


Mulailah dengan mencoba di mengisolasi panggul melalui konstriksi seolah-olah sedang berusaha untuk menghentikan air seni mengalir.


kemudian melepaskan penyempitan ini.


Kekuatan otot dasar panggul bisa dibangun dengan mempertahankan penyempitan untuk satu, dua & akhirnya sampai tiga detik sebelum melepaskannya.


Sekali kontraksi bisa diadakan selama tiga detik kemudian menambah kontrol otot lebih lanjut oleh konstriksi dan kemudian bersantai .


latihan ini harus dilakukan sehari-hari dan melakukan sepuluh sampai dua puluh kontraksi sepanjang hari.


Posisi Penjahit Duduk


Keuntungan


membantu tubuh kita semakin siap untuk kelahiran alami


Membantu dalam menjaga kelenturan daerah kaki sehingga tetap nyaman saat melakukan berbagai pose pada saat proses persalinan nanti


Ini bahkan membantu dalam mempertahankan kelenturan panggul dan membantu dalam membuka panggul dan juga membantu bayi dalam menyesuaikan diri dengan posisi terbaik untuk kelahiran.



Cara Melakukan posisi penjahit  Duduk


duduk dengan posisi bersila.  Gunakan dalam rutinitas sehari-hari sebagai cara duduk.


selamat berlatih


Salam Hangat


BidanKita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar