Tips untuk Memiliki Persalinan Alami

Tips untuk Memiliki Persalinan Alami


banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan persalinan yang alami.


mari siapkan sebai-baiknya.


berikut ini tips untuk memiliki persalinan alami semoga bisa menginspirasi Anda.


Pra-Konsepsi


1. Mulai makan dengan pola yang baik, tidur yang sehat dan rajin olahraga!


2. Hilangkan stres. Luangkan waktu untuk diri sendiri.


3. Mulai mencatat kapan Anda mendapatkan menstruasi, ini untuk mengetahui siklus Anda. Informasi ini akan sangat berharga ketika Anda hamil, atau jika Anda mengalami kesulitan hamil. Dengan informasi ini Anda akan dapat mengetahui kapan tanggal ovulasi atau tanggal pembuahan Anda! Dengan Mengetahui tanggal ini akan mengurangi stress Anda ketika hasil USG beda..


4. Pertimbangkan terapi alternatif untuk mendapatkan kesuburan yang optimal


5. Jangan ragu untuk mulai ikut kelompok ibu-ibu hamil ini bisa Anda dapatkan dengan bergabung di milis atau facebook dimana beranggotakan banyak ibu hami. Karena ini akan membuat Anda menambah pengetahuan dan bisa mendapatkan support yang baik. Fb Bidan Kita atau Fan Pages nya bisa menjadi salah satu pilihan Anda! (http://www.facebook.com/pages/Bidan-Kita/215563711787505 dan http://www.facebook.com/profile.php?id=100001736028119).


6. Apabila memungkinkan, lihatlah film documenter yang sangat bagus yaitu” Bussiness Being Born”


Ketika Anda Hamil!


7. Cari tahu tentang berbagai pilihan kelahiran di daerah Anda. Bahkan jika Anda tahu “di mana” Anda ingin melahirkan, mulailah melakukan wawancara kepada beberapa orang. Bidan dokter, atau rumah sakit kebanyakan memberikan konsultasi gratis.


8. Cobalah untuk merumuskan daftar pertanyaan untuk wawancara. Cobalah untuk mengetahui prosedur di setiap pelayanan kesehatan dimana Anda akan melahirkan


9. Ingat, melahirkan di rumah adalah pilihan yang aman, layak untuk ibu yang sehat dan beresiko rendah.


10. Perbedaan utama antara perawatan yang diberikan dokter dan perawatan yang diberikan bidan adalah bahwa bidan biasanya lebih menganggap Anda sebagai seorang individu. Perawatan yang diberikan biasanya tidak terburu-buru, dan akan melih sabar menjawab semua pertanyaan Anda.


11. Mintalah referensi. Anda dapat belajar banyak dengan berbicara kepada pasien atau klien yang lain.


12. Harap jangan menggunakan asuransi sebagai faktor penentu dalam membuat keputusan penting.  Tolong jangan berpikir bahwa Anda akan melahirkan dengan SC karena Asuransi Anda akan mengcover semuanya atau jangan memutuskan untuk bersalin di RS A atau RS B hanya gara-gara Asuransi Anda hanya bekerjasama dnegan RS tersbut, padahal RS yang dipilih Asuransi Anda adalah RS yang Pro SC atau sebagaian besar pasiennya berakhir di meja operasi. Ini akan sangat saying sekali. Kelahiran bayi Anda dan pengalaman melahirkan adalah sesuatu yang tak ternilai harganya.


13. Cari kelas melahirkan alami sebuah kelas persiapan melahirkan yang mengajarkan tentang tips dan triks menghadapi proses persalinan, mengikuti kelas hypnobirthing bisa menjadi pilihan yang bijak.


14. Jangan pernah berfikir bahwa kelas hypnobirthing itu mahal, karena sebenarnya relaksasi yang diajarkan akan bermanfaat selamanya dalam kehidupan sehari-hari Anda. Ketika Anda mengetahui manfaatnya, maka saya yakin Anda tidak akan pernah ragu untuk berinvestasi mengikuti kelas ini.


15. Carilah kelas prenatal yoga di daerah Anda, apabila tidaj ada, setidaknya lakukan yoga dengan tuntunan buku atau DVD yang banyak tersedia di toko buku. Ikuti petunjuk dan instruksinya dan lakukan secara rutin.


16. Dapatkan panduan untuk nutrisi kehamilan cerdas. Karena gizi pada kehamilan itu sangatlah penting.


17. Dapatkan sinar matahari, udara dan olahraga setiap hari.


18. Jika Anda merasa kurang nyaman Anda bisa melakukan massage khusus untuk ibu hamil atau mengikuti therapy chiropractic, bahkan ketika tidak ada yang “salah.” Dalam tubuh Anda.


19. Ambil waktu untuk diri sendiri setiap hari. Lalu lakukan relaksasi dan meditasi ini akan sangat penting untuk membantu Anda tetap tenang dan nyaman.


20. Luangkan waktu untuk berhubungan dengan bayi Anda setiap hari. Berbicara dengan bayi Anda dan berusaha merasakan apa yang dia rasakan.


21. Sangat wajar ketika Anda merasa takut atau bahkan tidak menikmati hamil.  Lakukan yang terbaik yang Anda bisa.


22. Cari teman lain yang juga sedang hamil, baik lokal atau online dan mendukung satu sama lain melalui kehamilan!


Intervensi


23. Mintalah semua salinan hasil laboratorium, catatan prenatal dan pastikan Anda memahami dan mengerti hasilnya.


24. Sadarilah bahwa setiap intervensi, tidak peduli seberapa alami (herbal, dll) mungkin, memiliki risiko dan manfaat.


25. Rutin USG (“alasan” medis) atau tidak beralasan dan mungkin tidak perlu dan justru akan merugikan.


26. Tanyakan kepada dokter atau bidan seberapa sering mereka melakukan beberapa hal berikut: episiotomi, SC dan / atau induksi.


27. Daripada mencari masalah, pertimbangkan percaya, dan menghubungkan dengan tubuh Anda dan bayi Anda.


Mempersiapkan Persalinan


28. Lihatlah beberapa video tentang persalinan baik waterbirth atau persalinan di atas tempat tidur, serta video kisah pribadi tentang persalinan di You Tube.


29. Ajukan pertanyaan! Apabila Anda ingin mengetahui sesuatu. Jangan ragu, setiap tindakan dan intervensi Anda harus tahu manfaat dan resikonya.


30. Kenali dan pahami juga yakini bahwa proses persalinan dan kelahiran bayi bukan peristiwa medis.


31. Perhatikan fakta bahwa kelahiran tidak hanya fisik, tetapi emosional dan spiritual. Setiap segi tidak dapat diremehkan atau berlebihan, dan perlu adanya keseimbangan untuk setiap wanita.


32. Memahami bagaimana proses persalinan itu.


33. Memahami bagaimana caranya supaya posisi janin menjadi optimal (baca www.bidankita.com)


34. Mempertimbangkan untuk menyewa pendamping persalinan semacam doula (kalau di luarnegeri) dimana dia bertugas mendukung dan membantu Anda melewati proses persalinan dengan lebih tenang, ini HARUS untuk kelahiran rumah sakit dan mungkin untuk homebirths.


35. Pelajari tentang waterbirth.


36. Bekerja sebaik mungkin dalam mengurangi ketakutan Anda. Carilah bantuan jika Anda ingin seseorang untuk membantu Anda ini bisa bidan Anda, adik, teman atau konselor spiritual. Percayai tubuh dan percayai bayi Anda.


Saat Persalinan


37. Pilihlah pendamping yang tenang dan yang energinya memberikan kontribusi pada kelahiran, damai penuh kasih.


38. Bergerak! Sebanyak yang Anda bisa, dan mungkin lebih. Gunakan air untuk membantu rileks.


39. Ketahuilah bahwa bayi Anda kuat dan sehat dan bekerja sama keras-nya seperti Anda.


40. Jika bayi Anda membutuhkan intervensi, pastikan Anda memahami mengapa dan bagaimana dan apa risiko / manfaat. JANGAN takut pahami intervensi.


41. Nyanyikan lagu ke bayi Anda. Berbicara kepada bayi diantara kontraksi dan merasakan bagaimana bayi anda bergerak.


42. Pertimbangkan apa yang dibutuhkan wanita untuk melahirkan secara efektif: kehangatan, suasana yang remang-remang, tenang, merasa aman dan dicintai.


43. Pertimbangkan merekam per stiwa ni (gambar, video) karena ini adalah peristiwa besar yang layak untuk diabadikan.)


44. Sebisa mungkin lakukan relaksasi hypnobirthing di antara kontraksi, bicara pada bayi dan tubuh Anda agar proses persalinan lancar.


45. Setiap kali merasakan kontraksi, tarik nafas yang dalam dan gunakan pernafasan perut. Ini akan sangat membantu Anda untuk mengatasi rasa kurang nyaman.


46. Ketika pembukaan sudah lengkap, usahakan untuk mengejan dengan posisi tegak (jongkok, duduk bahkan berdiri, karena dengan demikian, Anda akan memanfaatkan gaya gravitasi bumi dan akan meluruskan jalan lahir sehingga memudahkan kepala atau bagian terendah janin Anda turun.


47. Ingat tersenyumlah maka leher rahim Anda pun akan “tersenyum”


Postpartum


48. Ini adalah bagian yang PALING diremehkan dari keseluruhan siklus adalah setelah bayi ini lahir.


49. Batasi pengunjung dan sopan meminta agar semua yang datang mencuci tangan mereka.


50. Menjaga kotak dengan kulit bayi Anda t adalah yang terbaik untuk bayi, dan juga memastikan produksi susu yang menakjubkan


51. Menikmati kebersamaan dengan bayi Anda.  Menikmati setiap saat.


52. Konsumsilah makanan yang benar-benar baik dan bergizi. Minum BANYAK cairan. Jangan berharap untuk menurunkan berat badan terlalu cepat.


53. Susuilah bayi Anda sesering mungkin, tanpa di jadwal


 


Nah semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda


Selamat mencoba


Salam Hangat


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar