Trimester Pertama Kehamilan

Trimester Pertama Kehamilan


Trimester pertama adalah waktu yang paling penting bagi Anda dan bayi Anda.Semua sistem tubuh utama terbentuk, dan tubuh Anda dan emosi dengan cepat berubah. Hal ini penting untuk makan makanan sehat dan untuk mengevaluasi kebiasaan gaya hidup Anda untuk memastikan mereka berada dalam kepentingan Anda dan bayi Anda.  Pada bagian ini, anda akan mendapatkan diagram dari tubuh Anda dan bayi Anda, sebuah daftar dari apa yang Anda harus makan, makan sehat selama kehamilan, latihan , apa yang akan terjadi pada Anda prenatal kunjungan pertama , dan pertanyaan untuk meminta penyedia layanan kesehatan Anda selama Anda prenatal kunjungan. Anda juga akan belajar tentang prosedur rutin dan tes .


Anda Tubuh di Trimester Pertama Kehamilan Selama 14 minggu pertama kehamilan, tubuh Anda akan mulai mengalami perubahan dramatis karena mulai untuk mendukung pertumbuhan bayi Anda. Rahim (organ, otot berongga yang mendukung pertumbuhan dan pengembangan janin) akan mulai bertambah besar untuk menahan janin tumbuh Anda. Anda mungkin merasa kedutan kuat (dikenal sebagai nyeri ligamen bulat) di kedua sisi dari perut Anda sebagai rahim tumbuh. Kandung kemih tertekan oleh rahim tumbuh. Anda mungkin merasa ingin buang air kecil lebih sering. Otot-otot dalam usus rileks karena aliran meningkatnya hormon kehamilan tertentu, sehingga Pencernaan melambat dan ini dapat menyebabkan sembelit, mulas, dan gas. Meningkatkan asupan cairan dan makan serat ekstra dapat membantu. Dalam serviks (leher rahim), kelenjar mulai melepaskan lendir tebal yang membentuk struktur yang disebut secret lendir. secret ini segel kanal yang mengarah ke bagian dalam rahim untuk mencegah infeksi. Pernafasan dan denyut jantung meningkat. Payudara Anda membengkak dan mulai terasa lebih penuh dan lembut disentuh. Puting dan areola (daerah pigmen yang mengelilingi puting susu) akan mulai gelap, dan kelenjar keringat yang ditemukan di sekitar areola tampak lebih besar (seperti merinding). Anda mungkin akan melihat pembuluh darah di payudara Anda lebih dari biasanya, ini adalah karena suplai darah mereka meningkat. Metabolisme Anda (perubahan mekanik dalam tubuh Anda yang mengontrol pencernaan, eliminasi, bernapas, dan energi) akan lebih cepat. Sekitar bulan ketiga, Anda mungkin mulai melihat peningkatan nafsu makan Anda. Anda mungkin merasa lebih hangat dari biasanya.



Perubahan dalam tubuh Anda juga dapat menyebabkan Anda merasa mual atau muntah. hal ini disebut “morning sickness”, bisa terjadi pada setiap saat sepanjang hari. Hal ini biasanya hilang dengan 12 minggu kehamilan. Bicara dengan dokter/bidan Anda tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk merasa lebih baik. Anda mungkin memiliki lebih sedikit energi dan mungkin akan merasakan peningkatan kebutuhan tidur. Ambil tidur sesering mungkin. Anda mungkin akan mengalami perubahan mood. Anda mungkin merasa kurang dalam mengendalikan perasaan Anda dan kadang-kadang mungkin memiliki perasaan campur aduk tentang menjadi hamil.


Anda Emosi


Kehamilan dan kelahiran adalah peristiwa besar. Ini sangat normal untuk merasa bahagia dan murung atau sedih dan sebagainya dalam satu waktu, Namun, sejumlah kecil wanita hamil mengalami depresi yang cukup serius dan memerlukan perhatian profesional. Jika Anda khawatir tentang perasaan Anda yang sensitif, berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda atau mendapatkan rujukan untuk profesional kesehatan mental/psikologis.


Fisik dan emosional stres merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari dan biasanya dikelola. Banyak faktor yang dapat berkontribusi terhadap stres dalam kehamilan seperti perubahan tubuh Anda sedang mengalami, kemungkinan perubahan dalam hubungan Anda dengan, rekan kerja pasangan Anda, dan keluarga, dan kekhawatiran keuangan. Ada kemungkinan bahwa stres terlalu banyak dapat berkontribusi pada prematuritas dan berat lahir bayi rendah.


Belajar mengelola stres akan membantu Anda dan pasangan menghindari kebiasaan yang dapat merugikan Anda dan bayi, seperti minum alkohol, merokok, atau menggunakan obat-obatan terlarang.



Berikut adalah beberapa cara hanya untuk membantu Anda menangani stres dalam kehamilan (dan orang tua):


Mengakui hal-hal yang menyebabkan Anda stres, dan mencoba untuk menghindari nya Meminta orang lain untuk membantu Anda. Ambil break – bermeditasi, tidur siang, melakukan sesuatu yang menyenangkan, secara fisik aktif. Bicara dengan seseorang – pasangan Anda, teman, penyedia layanan kesehatan. Tetapkan prioritas Anda hati-hati.


Bayi Anda di Trimester Pertama Kehamilan


Trimester pertama adalah waktu yang paling penting bagi janin Anda. Ini adalah masa ketika semua sistem tubuh utama terbentuk.


Dalam minggu pertama setelah pembuahan, telur dibuahi memulai periode pembelahan sel. Pada minggu keempat, tunas yang lengan dan kaki muncul, dan sistem saraf, otak, sistem kemih, kulit, tulang, paru-paru, mata, telinga, dan hidung mulai terbentuk. Jantung juga mulai untuk mengalahkan. Sekitar waktu ini, embrio (bayi tidak disebut janin sampai sekitar delapan minggu) tidak lebih besar dari butiran kecil beras, dan tampak seperti berudu.


Pada sekitar minggu keenam kehamilan, embrio mengapung dalam kantung ketuban, struktur berisi cairan asin.Pada akhir bulan kedua (delapan minggu), plasenta – organ dimana makanan dan nutrisi (dari ibu) aliran dan limbah produk (dari bayi) meninggalkan – mulai berkembang. Plasenta terhubung ke bayi dengan tali pusat. Organ utama, jantung, hati, dan ginjal (dan juga setiap sistem tubuh utama yang akan muncul dalam jangka penuh baru lahir) terbentuk namun belum sepenuhnya dikembangkan. Tulang tumbuh. Pada delapan minggu, janin sekitar satu inci panjang dari kepala sampai pantat.


Pada minggu ke-14, jenis kelamin bayi dapat dibedakan dan dia bisa bergerak tersenyum, cemberut, mengisap, dan menelan.


Selama bulan ketiga, plasenta dikembangkan dan berfungsi. Anda akan mampu mendengar detak jaung bayi melalui penggunaan Doptone, sebuah alat yang memperbesar suara. Bayi sekarang beratnya sekitar satu ons, dan pada akhir bulan ini akan tumbuh hingga sekitar tiga sampai empat inci panjang. wajah adalah pembentukan dan jari dan kaki memiliki awal kuku.


 


Salam Hangat


 


Bidan Kita


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar