Tips untuk tetap “SURVIVE” ketika Anda merasa STRESS selama Masa Kehamilan

Tips untuk tetap “SURVIVE” ketika Anda merasa STRESS selama Masa Kehamilan

 


Stress selama masa kehamilan memang sangat lazim Anda Alami. Namun ketika stres itu berlarut-larut, terus menerus hingga menyebabkan gangguan, keluhan atau gejala yang kurang nyaman bagi Anda maka ini disebut distres!


Ketika saya menyebarkan selebaran di sebuah kelas ibu hamil, ternyata saat saya menanyakan tentang “Apa yang biasanya memicu timbulnya stres dan kekawatiran pada ibu hamil (Anda)? Ternyata jawabannya rata-rata hampir sama yaitu:



  1. Khawatir tentang Kesehatan Janinnya


Nah biasanya yang di khawatirkan pada point ini antara lain:



  • Khawatir jika bayinya cacat/ tidak sempurna secara fisik

  • Khawatir jika bayinya terlalu besar / kecil

  • Khawatir akan hasil pemeriksaan USG yang baru saja di lakukan (pengapuran plasenta, kondisi ketuban, letak plasenta, lilitan tali pusat)



  1. Khawatir tentang kesehatan tubuhnya



  • Khawatir tubuhnya semakin melar dan tidak seksi lagi

  • Khawatir tidak bisa melakukan kegiatan dan pekerjaannya karena hamil



  1. Khawatir tentang proses persalinan nanti



  • Khawatir akan rasa sakit saat melahirkan

  • Khawatir proses persalinan lama dan menyakitkan

  • Khawatir proses persalinan menyeramkan seperti yang dilihat di TV dan penuh komplikasi

  • Khawatir meninggal setelah melahirkan

  • Khawatir di operasi (jika Anda memang tidak menginginkan Operasi)



  1. Khawatir tentang paska melahirkan kelak



  • Khawatir tidak bisa merawat bayi

  • Khawatir ASI tidak lancar

  • Khawatir tidak bisa merawat bayi dengan baik


wah banyak sekali ya daftar kekhawatirannya? Nah bagaimana dnegan ANDA? Apakah daftar kekhawatiran yang saya tuliskan diatas juga Anda rasakan?


Lalau Bagaimana Anda bisa bertahan dan terhindar dari stres dan distres tersebut?


Apapun yang membuat Anda merasa stres , berikut adalah 10 langkah-langkah positif yang dapat Anda lakukan:



  1. Luangkan waktu untuk beristirahat


Luangkan waktu untuk diri sendiri. Seringkali kita memikirkan orang lain tapi justru tidak memikirkan diri sendiri. Nah ini adalah waktunya “Me Time”. Dan Ini baik untuk Anda dan bayi Anda, jadi jangan merasa bersalah tentang hal itu. Ketika Anda berada Di tempat kerja, coba carilah tempat untuk menyandarkan kaki Anda dan bersantai selama istirahat makan siang Anda. Setelah Anda di rumah, cobalah untuk mengurangi pekerjaan rumah tangga.


Jika Anda merasa lelah, tidurlah lebih awal. Tubuh Anda bekerja keras untuk memberi makan bayi Anda tumbuh dan tidur bisa membantu meringankan pekerjaan tubuh Anda.


Jika Anda sudha menjadi seorang ibu atau ini adalah bukan kehamilan yang pertama, memang kadang sulit untuk menemukan waktu untuk beristirahat. Adalah ide yang baik untuk meminta suami, teman, pembantu atau orang tua Anda untuk menjaga anak Anda untuk sejenak, sementara Anda istirahat.


 



  1. Bicarakan tentang ketakutan, kekhawatiran dan perasaan yang Anda rasakan


Jika Anda khawatir tentang apakah bayi Anda sehat, apakah ia akan lahir dengan selamat, atau apakah Anda bisa melaksanakan tugas sebagai orangtua, Anda tidak sendirian. Tenang, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter atau bidan untuk meyakinkan dan memastikan tentang kesejahteraan bayi Anda. Tapi berbicara dengan suami Anda, juga. Membahas kekhawatiran Anda karena ini dapat membuat Anda berdua merasa lebih baik.

Jangan lupa bahwa teman-teman dan anggota keluarga dapat memberikan dukungan yang baik. Anda mungkin bertemu dengan calon ibu lainnya sedang hamil seperti Anda, mungkin di kelas prenatal, di group facebook, di twitter atau milis-milis, ayo sharing. Ungkapkan dan obrolkan perasaan Anda, mungkin di antara mereka kasus nya sama seperti yang Anda rasakan. Sehingga Anda bisa saling berbagi adn menguatkan.


 



  1. Makan dengan pola yang baik


Makan dengan pola yang baik dan menu seimbang baik untuk pikiran Anda serta tubuh Anda. Diet sehat yang mencakup banyak omega-3 asam lemak esensial, vitamin dan mineral, dapat meningkatkan dan memperbaiki suasana hati Anda. Diperkirakan bahwa asam amino esensial triptofan dapat meningkatkan kadar melatonin dan serotonin kimia dalam otak Anda. Melatonin dan serotonin membantu Anda untuk tidur nyenyak dan meningkatkan perasaan Anda dengan baik, Tryptophan ditemukan secara alami di banyak makanan, termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian, yang mudah untuk di jadikan camilan.


 


Anda tidak perlu melakukan dengan diet ekstrim Anda untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi ini . Sumber yang baik meliputi ikan berminyak, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, unggas, dan sayuran


 



  1. Mari Berolahraga


Olahraga benar-benar dapat meningkatkan mood Anda selama kehamilan, selama aktivitas yang Anda lakukan seperti berenang merupakan kegiatan olahraga yang sangat ideal.


Yoga kehamilan pun juga sangat aman, karena Yoga tidak hanya meregangkan dan membentang tubuh Anda, tetapi mengajarkan Anda bernapas, relaksasi dan teknik meditasi. Teknik ini baik untuk membantu Anda untuk mengatasi kecemasan Anda.


Cobalah untuk olahraga secara rutin dalam kehidupan sehari-hari Anda. Di tempat kerja, bangun dan berjalan-jalan secara teratur, terutama jika Anda pekerjaan Anda lebih banyak duduk di belakang meja.


 



  1. Mempersiapkan kelahiran


Anda mungkin khawatir tentang apa dan bagaimana “rasanya” melahirkan. Bagaimana Anda mengatasi rasa sakit dan kurang nyaman ? Bagaimana suami Anda mengatasinya? Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi selama persalinan dengan mendaftar untuk kelas antenatal atau prenatal. Mengikuti kelas prenatal dan hypnobirthing for gentle birth di Bidan Kita sangatlah di rekomendasikan.

Jika Anda sedang mengalami operasi caesar yang direncanakan , berbicara dengan dokter kandungan Anda tentang apa yang akan terjadi pada hari itu. Menyusun rencana persalinan caesar dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri dan terkendali.


Anda mungkin dapat mengunjungi rumah sakit dan ruang persalinan sebelumnya. Mengetahui apa yang diharapkan dari tempat di mana Anda akan melahirkan bayi Anda dapat membantu pikiran Anda tetap tenang saat istirahat. Ini juga akan membantu Anda menyusun rencana persalinan (birth Plan) Anda.


Jika ketakutan melahirkan Anda begitu besar, hingga Anda lebih suka langsung Operasi caesar daripada melahirkan normal, berbicaralah dengan dokter Anda. Dan ikuti kelas prenatal, sekali lagi ikuti kelasnya. Dengan dukungan yang tepat, dapat membantu Anda untuk mengatasi keraguan Anda


 



  1. Persiapan untuk kehidupan keluarga


Ini cukup wajar untuk khawatir tentang bagaimana jika setelah Anda memiliki bayi ini akan mempengaruhi hubungan Anda dengan suami Anda atau bagaimana Anda akan mengatasi semua masalah pengasuhan karena status Anda sudah berubah yaitu sebagai orangtua. Parenting adalah sesuatu yang Anda pelajari sepanjang hidup. Jika Anda memiliki teman yang juga sedang memiliki bayi yang mungkin seusia bayi Anda, Anda bisa menghabiskan waktu bersama mereka untuk mengambil tips berguna.

Mungkin Anda sedang stres tentang Anda keuangan, pekerjaan, hubungan atau perumahan? Ayo bicarakan dengan pasangan dan sahabat Anda, pasti akan ada solusi.


 



  1. Masalah Uang


Tidak ada keraguan tentang itu, memiliki bayi dapat membuat perubahan nyata dalam hal keuangan Anda. Jika Anda khawatir tentang bagaimana Anda akan membayar segalanya, buatlah daftar item yang Anda pikir Anda butuhkan. Tentukan mana yang Anda bisa meminjam dari teman atau keluarga. Dan mana yang harus dibeli.


Anda mungkin tidak akan harus membeli semua yang ada di daftar Anda. Beberapa item, seperti keranjang bayi, hanya bisa digunakan selama beberapa bulan, cobalah untuk meminjam saja. Pastikan Anda mendapatkan hak penuh atas gaji Anda ketika Anda cuti hamil.


 



  1. Cobalah terapi komplementer


Pijat adalah cara yang fantastis untuk mengatasi di-stres. Cari tahu tetang tehnik pijat yang aman di lakukan pada ibu hamil, Anda dan suami bisa mencoba mereka sekarang. Jika Anda menggunakan minyak esensial dalam pijat aromaterapi atau perawatan lain, penting untuk memastikan mereka aman untuk digunakan dalam kehamilan.


Teknik meditasi, relaksasi hypnobirthing dan visualisasi positif, yang juga digunakan dalam yoga, dapat membantu. Meditasi adalah cara bersantai dengan memusatkan pikiran pada satu hal. Visualisasi positif adalah jenis meditasi, dimana Anda menciptakan gambaran batin yang damai. Pilihlah waktu ketika Anda tahu Anda tidak akan terganggu dan mencoba untuk melakukannya setidaknya 30 menit. Ini benar-benar bisa menguntungkan Anda.



  1. Tertawalah


Tertawa adalah salah satu cara tubuh terbaik santai. Jadi bertemu dengan teman-teman, menonton DVD lucu dengan suami Anda, atau pergi ke bioskop yang memutar film komedi (jangan film yang horor!). Jika Anda mampu, pergilah untuk istirahat akhir pekan di villa atau hotel, resort & spa dan habiskan waktu Anda bersama-sama dengan suami tercinta.


Kehamilan juga merupakan waktu yang tepat untuk memperlakukan diri Anda untuk semua perawatan kecantikan Anda biasanya dilakukan. Hanya saja ayo mulai seleksi bahan-bahan yang aman untuk ibu hamil. Bersikap baik kepada diri sendiri. Anda layak mendapatkannya.


 



  1. Masalah tehnis persalinan


Lagi-lagi mulailah susun birth plan atau perencanaan persalinan sedari sekarang, lakukan “tour” pilih dan seleksi dokter atau bidan mana, serta rumah sakit mana yang Akan Anda percayai untuk menyambut buah hati. Komunikasikan segalanya dnegan provider. Berdayakan diri.


Bagaimana jika saya masih merasa stres?


Cari tahu semua yang harus Anda ketahui selama kehamilan dan menjadi ibu baru. mempersenjatai diri dengan pengetahuan dapat membantu menghilangkan kekhawatiran yang keluar dari ketidakpastian. Baca buku kehamilan, www.bidankita.com bisa menjadi solusi dan mendengarkan cerita teman Anda yang ‘positif dan bahagia tentang kehamilan mereka serta pengalaman persalinan dan kelahiran tentunya semua yang positif.


Anda mungkin mendengar beberapa cerita yang tidak begitu positif dari ibu yang pernah berada di sana, tetapi sebaiknya fokus pada perasaan Anda dan apa yang terjadi pada Anda sekarang.


Jika Anda sudah depresi, kemungkinan untuk membuat kekhawatiran Anda semakin buruk Jika tingkat stres Anda telah meningkat ke titik di mana Anda tidak bisa lagi mengatasi, berbicara dengan dokter atau guru kelas antenatal. Mereka mungkin dapat mengarahkan Anda kepada seorang kelompok pendukung, konselor atau psikoterapis.


Nah semoga bermanfaat bunda


Salam Hangat


Yesie


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar