SERBA-SERBI TENTANG KELAS PERSIAPAN MELAHIRKAN

SERBA-SERBI TENTANG KELAS PERSIAPAN MELAHIRKAN

proses kehamilan adalah proses yang panjang. 9 bulan 10 hari atau lebih tepatnya  rata-rata 268 hari, saking panjangnya maka seringkali para calon orang tua “terlena” dengan “waktu” yang sudah di sediakan sehingga banyak sekali calon orang tua yang abai bahkan tidak melakukan persiapan untuk menghadapi “hari Besar” dalam keluarga mereka, yaitu hari persalinan dan kelahiran. dan banyak sekali calon ibu yang tiba tiba terhenyak karena menyadari bahwa sebentar lagi, beberapa minggu lagi dia akan melahirkan padahal dia baru menyadari ternyata ada dia belum mempersiapkan segalanya. nah inilah “lingkaran” tersebut:   proses kehamilan adalah proses yang panjang SERBA-SERBI TENTANG KELAS PERSIAPAN MELAHIRKAN karena terlena dan lupa untuk mempersiapkan segalanya (mind, body, soul) untuk persiapan persalinan (do nothing), maka akhirnya seorang ibu merasa bersalah (feel guilty), nah karena merasa bersalah, maka sang ibu tersebut merasa tidak percaya diri bahkan panik akan masa depan khsuusnya akan proses persalinannya. banyak sekali ketakutan yang akhirnya menghantui dirinya sehingga membuatnya panik (panic about future), mulai dari takut proses persalinan tidak lancar, takut tidak kuat mengejan, takut terjadi apa apa (komplikasi) pada dirinya dan bayinya, dan masih banyak ketakutan dan kepanikan lain yang menghantui. karena rasa takut dan panic tersebut, maka sang ibu menjadi merasa tidak berdaya (feel powerless). dan akhirnya sang ibu ini akan sangat rentan terhadap stress, kepanikan pada saat menghadapi proses persalinan yang sebenarnya hal ini justru membuat resiko kesakitan, komplikasi dan trauma menjadi semakin besar terjadi pada dirinya. Untuk itulah mengapa seorang calon orang tua WAJIB memberdayakan diri. calon orang tua disini berarti bukan hanya sang ibu tetapi juga sang ayah. ada cara yang luar biasa untuk meredakan kegelisahan, kekhawatiran, dan kecemasan, serta menambah kepercayaan diri ketika Anda mengalami proses persalinan terutama datangnya kontraksi pertama: dengan cara mencari informasi. Pengetahuan dan persiapn akan sangat membantu Anda merasa lebih nyaman ketika Anda memasuki ruang bersalin. Membaca segala sesuatu tentang kelahiran anak dapat memberikan Anda wawasan tentang hal-hal yang akan Anda hadapi, tetapi kelas persiapan melahirkan dapat membuat Anda mengerti tentang apa yang terjadi pada tubuh Anda atau pada tubuh istri Anda, juga mengetahui apa cara yang bisa Anda lakukan supaya proses persalinan tersebut menjadi proses yang nyaman dan lancar serta minim trauma bagi Anda dan keluarga.


Manfaat mengikuti kelas persiapan melahirkan Apakah manfaat kursus ini bagi Anda dan pendamping persalinan Anda? semua ini bergantung pada kelas yang Anda ikuti, profesionalisme instrukturnya, dan sikap Anda. Beberapa manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:



  • Apabila kelas ini dilakukan dalam bentuk GROUP, maka inilah kesempatan untuk mengisi waktu bersama calon orangtua lain yang berada pada tahap kehamilan yang sama dengan Anda-berbagi pengalaman dan kiat-kiat; membandingkan perkembangan kehamilan; bertukar cerita tentang kekhawatiran dan rasa nyeri; dan berbagi informasi tentang produk bayi, perlengkapan untuk kamar bayi, dokter anak, dan perawatan anak. Dengan kata lain, banyak persahabatan dan empati yang menanti Anda. Tetaplah berkomunikasi dengan teman-teman Anda setelah Anda atau mereka melahirkan, dan Anda akan memiliki kelompok orangtua yang siap membentuk kelompok bermain baru untuk putra-putri Anda bersama. Banyak kelas mengadakan “reuni ” setelah “siswa” di kelas itu melahirkan

  • ini adalah kesempatan untuk menanyakan pertanyaan yang muncul di antara waktu pemeriksaan kehamilan atau yang segan Anda tanyakan kepada dokter atau bidan Anda (atau pertanyaan yang memerlukan waktu lama untuk dibahas sehingga tidak pernah sempat Anda tanyakan ketika menjalani pemeriksaan). karena biasanya inilah yang terjadi = Anda mempunyai keluhan dan berfikir hendak menanyakan keluhan tersebut pada saat melakukan pemeriksaan kehamilan dua atau tiga minggu lagi di dokter atau bidan langganan Anda, namun pada hari H tiba tiba Anda lupa tentang keluhan dan apa yang hendak Anda tanyakan, karena waktu periksa yang singkat, atau karena Anda terlalu excited ketika melihat gambaran Janin Anda melalui USG, sehigga Anda lupa hal penting yang akan Anda tanyakan.

  • Kesempatan untuk mempelajari semua tentang persalinan melalui ceramah, diskusi, model, dan video. Anda akan berkesempatan untuk memahami gejala-gejala sebelum persalinan hingga cara memotong tali pusar. Semakin banyak yang Anda ketahui, semakin nyaman perasaan Anda ketika Anda mengalaminya.

  • Kesempatan bagi calon ayah untuk bergabung. Sebagian besar persoalan kehamilan hanya menyoroti sosok ibu. Hal ini terkadang membuat calon ayah merasa bahwa dirinya bukan bagian dari kehamilan itu. kelas persiapan persalinan biasanya  dirancang bagi kedua calon orangtua dan membantu para calon ayah untuk lebih menyadari perannya sebagai anggota tim yang penting, apalagi jika tidak dapat hadir dalam pemeriksaan kehamilan di tempat praktik dokter atau bidan. Dengan demikian, para calon ayah dapat turut mempersiapkan diri menghadapi kelahiran buah hatinya, dan dapat menjadi pendamping persalinan yang lebih efektif Suami Anda dapat berbincang-bincang dengan pria lain yang pernah menjalani pengalaman serupa. Beberapa kursus menyediakan sesi khusus untuk para calon ayah sehingga mereka tidak canggung untuk mengutarakan kekhawatiran yang biasanya enggan mereka ungkapkan.


  • Kesempatan untuk mempelajari semua pilihan pereda rasa nyeri baik pilihan medis maupun alternatif.

  • Kesempatan untuk melatih keterampilan bernapas, relaksasi, dan terapi alternatif lain untuk meredakan rasa nyeri di bawah bimbingan seorang ahli. Menguasai strategi ini dapat membantu Anda merasa lebih relaks dan mengurangi rasa nyeri ketika Anda melahirkan. Keterampilan tersebut juga bermanfaat jika Anda berencana menggunakan epidural atau obat pereda rasa nyeri lainnya.

  • Kesempatan untuk mengenal penanganan medis yang sesekali digunakan selama persalinan, diantaranya alat pemantau janin, infus, pompa vakum, dan bedah sesar. Anda mungkin tidak mengggunakan salah satunya, tetapi mengetahui hal ini lebih awal akan membuat Anda lebih tenang saat menjalani persalinan. sehingga apabila ternyata Anda harus menggunakan alat alat tersebut, maka Anda merasa lebih siap dan tenang.

  • Kesempatan untuk menjalani persalinan yang relatif lebih ringan berkat semua informasi di atas. Pasangan yang lebih siap menghadapi persalinan umumnya menilai pengalaman tersebut lebih menyenangkan dari pada pasangan yang tidak mempersiapkan diri.

  • Kesempatan untuk dapat lebih mengendalikan diri. Pengetahuan adalah kekuatan. Dengan menghilangkan ketakutan akibat ketidaktahuan (ketika melahirkan. Hal-hal yang tidak Anda ketahui dapat meruntuhkan keprcayaan diri Anda), Anda akan merasa lebih mampu mengendalikan diri dan lebih siap untuk mengatasi setiap skenario persalinan yang akan Anda hadapi.


Memilih Jenis Kelas Jadi, Anda sudah memutuskan untuk mengikuti kelas persiapan persalinan. Akan tetapi, dimana Anda harus mulai mencari? Lalu, bagaimana memilihnya? Beberapa pelatihan atau kelas sudah dimulai sejak trimester pertama atau kedua. Topik-topik yang disampaikan meliputi gizi, olahraga, perkembangan janin, dan hubungan intim; ada pula kelas yang diberikan dalam 6-10 minggu terakhir kehamilan (dimulai pada minggu 28 atau 32) yang menitikberatan pada proses persalinan dan perawatan ibu dan bayi pasca-persalinan. Intinya, kelas persiapan melahirkan seperti apa pun yang Anda ikuti akan lebih baik daripada tidak mengikuti kelas apa pun. Jika Anda dapat memilih salah satu dari beberapa penyedia layanan kelas semacam itu di sekitar tempat tinggal Anda, pertimbangkanlah beberapa hal berikut ini saat membuat keputusan.


Siapa penyelenggaranya? kelas persiapan persalinan hendaknya di selenggarakan oleh Bidan, Dokter atau Doula. karena dengan demikian Anda bisa belajar banyak hal dari mereka


Berapa jumlah pesertanya? Kelas Group dalam kelompok kecil akan lebih baik. sepuluh hingga limabelas pasang peserta dalam satu kelas adalah pilihan yang ideal. namun akan lebih baik lagi apabila Anda dapat menemukan dan mengikuti Kelas PRIVAT. Instruktur dapat memberikan lebih banyak waktu dan perhatian kepada setiap peserta dalam kelas yang lebih kecil, hal ini terutama penting dalam kursus teknik pernapasan dan relaksasi. Selain itu, keakraban dalam kelompok kecil cenderung lebih kuat.


Apa saja materi yang diajarkan? Kelas atau pelatihan yang baik mencakup materi tentang proses persalinan normal dan bagaimana cara mempersiapkan dan mengupayakannya, intervensidalam proses persalinan (apa saja dan bagaimana cara mencegah atau menghindarinya), komplikasi dalam persalinan hingga bedah sesar  selain dibahas pula mengenai aspek psikologis dan teknis dalam proses persalinan.


Bagaimana cara penyampaian materinya? Apakah ada penayangan film proses melahirkan yang sebenarnya? Apakah Anda akan mendengar penuturan dari pasangan yang baru memiliki bayi? Apakah ada cukup waktu untuk sesi tanya jawab? Apakah tersedia cukup waktu selama pemberian materi untuk mempraktekan teknik-teknik yang diajarkan?


Beberapa pilihan


Beberapa pilihan yang paling umum antara lain sebagai berikut:


Hypnobirthing. Kelas ini mengajarkan penggunaan teknik hipnosis untuk mengurangi ketidaknyamanan dan nyeri (dan bagi beberapa wanita yang mudah dipengaruhi/tersugesti, ketidaknyamanan dan nyeri tersebut dapat dihilangkan sepenuhnya), mencapai kondisi relaksasi dalam, serta memperbaiki suasana hati dan sikap selama proses persalinan. dalam kelas ini akan membahas lebih dalam tentang tehnik hipnosis yang bisa dilakukan dan harus dikuasai oleh Anda dan pasangan Anda sehingga dapat membantu membuat proses persalinan terasa nyaman dan lancar.



 



Gentle Birth Balance. Kelas ini adalah paduan dari berbagai metode yang digabung jadi satu, sehingga kelas ini merupakan kelas yang sangat lengkap dan holistik. karena tidak hanya mengajarkan tentang hypnosis tetapi juga tentang bagaimana cara agar Anda bisa menguasai nafas Anda, apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat Anda merasa nyaman (selain dengan menggunkana tehnik hypnobirthing), hingga olahraga apa dan bagaimana gerakan yang dilakukan agar persalinan menjadi lebih lancar




 


 


Birth Partner Class. ini adalah kelas yang dikemas khusus untuk para pendamping persalinan terutama suami atau calon ayah karena tidak jarang bahwa seorang calon ayah merasa cemas dan panik karena tidak mengerti apa yang terjadi dan tidak tahu apa yang harus dia lakukan untuk meringankan rasa sakit yang dialami istri tercintanya, sehingga tanpa disadari banyak sekali pendamping persalinan yang justru “menjadi sumber masalah” atau menjadi sumber stres yang alhasil membuat seorang ibu merasa “down” bahkan akhirnya mengambil keputusan yang kurang bijak.




 


Birth Coach. ini adalah program baru yang kami rancang terutama untuk para tenaga kesehatan agar mereka bisa membimbing para calon orang tua untuk merasakan nyamannya dan lancarnya proses persalinan mereka.


proses kehamilan adalah proses yang panjang SERBA-SERBI TENTANG KELAS PERSIAPAN MELAHIRKAN


Belajar di rumah. Jika Anda harus berisitirahat total, tinggal di kawasan terpencil atau karena beberapa alasan lain tidak dapat atau tidak ingin menghadiri kursus berkelompok, Anda dapat mempelajari program tersebut melalui website www.bidankita.com, melalui buku buku dan cd panduan yang kami sediakan secara online.


namun dari semua itu kuncinya adalah PRAKTEK.


salam hangat


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar