Anda Kesulitan melakukan Meditasi?

Anda Kesulitan melakukan Meditasi?



Tanggal 15 Februari 2016, ini adalah hari ke 2, saya mengadakan program 21-Days Gentle Birth Meditation.


Sebenarnya program ini adalah sarana belajar saya. Saya bukan Guru maupun ahli meditasi, namun saya ingin belajar meditasi. Namun saya ingin mengajak Anda untuk belajar bersama dan bertumbuh bersama.


Belum lama saya belajar meditasi, namun saat saya melakukan meditasi dan mencoba untuk menjadikannya sebagai “sarapan” dalam kehidupan saya, ternyata banyak sekali manfaat yang saya dapatkan.


untuk itulah saya membuat program ini, supaya tidak hanya saya saja yang merasakan manfaatnya, namun Anda juga.


nah di hari kedua ini, saya mencoba mengevaluasi beberapa pengalaman dari klien klien “jarak jauh” yang juga mengikuti program ini. dan salah satu yang sangat lucu adalah sebuah komentar dari klien saya bernama Shanti : “baru dengerin panduannya, belum lanjut tp langsung ketiduran” padahal panduan yang saya berikan hanya panduan 10 menit saja.


padahal seharusnya ketika kita bermeditasi, kita tidak tertidur. namun tetap terjaga dan sadar sepenuhnya.


So…Apakah Anda butuh perjuangan saat melakukan meditasi? Jika iya, berarti Anda tidak sendirian.

sayapun demikian. Butuh waktu sekitar 2 tahun untuk bisa bermeditasi selama 30 menit setiap hari dengan baik.


tertidur saat melakukan meditasi, rasa tidak sabar muncul, rasa penasaran kapan berakhir muncul, pikiran yang mengembara, ngantuk, dan masih banyak lagi hal hal dan kejadian kejadian yang terjadi dan saya alami saat melakukan meditasi.


Makanya saya butuh waktu lebih dari 2 tahun untuk sekedar hening bermeditasi selama 30 menit. karena di awal saya belajar meditasi , benar benar butuh perjuangan. namun seiring dengan waktu … akhirnya saya menemukan beberapa alasan mengapa seseorang menjadi merasa sangat berat dan butuh perjuangan khusus untuk melakukan meditasi.


Apakah Anda jelas tentang tujuan Anda?

Apakah Anda tahu mengapa Anda bermeditasi? Apakah Anda memiliki visi tentang apa yang ingin Anda capai dengan bermeditasi? karena Sangat penting untuk menentukan dan mendapatkan “Goal” yang ingin Anda capai (penting menentukan Goal Setting)


Apakah Anda ingin mengalami keadaan relaksasi? Apakah Anda ingin meningkatkan kemampuan Anda untuk konsentrasi? Atau mungkin Anda ingin mendapatkan pencerahan?


Jika Anda tidak jelas tentang tujuan Anda, bisa dipastikan Anda tidak mendapatkan hasil maksimal dari latihan meditasi Anda.


Namun, Kabar baiknya adalah, Anda dapat mengubah segera. Tuliskan alasan Anda untuk bermeditasi dan kemudian putuskan bagaimana Anda ingin mencapainya. Artinya Anda harus menentukan “Goal Setting” dari latihan meditasi yang Anda lakukan.


misalnya begini:


Jika Anda ingin merasakan tenang dan rileks saat menjalani masa kehamilan dan persalinan, maka tulislah dan tentukan bahwa ini adalah NIAT dan GOAL anda saat bermeditasi.


Apakah Anda memiliki rutinitas?

Jangan meremehkan kekuatan rutinitas. Ya..konsistensi…adalah sebuat tantangan tersendiri dalam meditasi. menempatkan meditasi menjadi sebuah rutinitas dan kebiasaan merupakan sesuatu yang harus di upayakan.


karena untuk menjadi konsisten, akan sulit sekali apabila Anda tidak memiliki waktu  dan tempat tertentu yang dialokasikan untuk latihan Anda. untuk itulah saya membuat program selama 21 hari.


supaya terbentuk kebiasaan atau rutinitas.



Kita semua sibuk. Tetapi jika Anda benar-benar ingin latihan Anda untuk menghasilkan manfaat, Anda perlu mem-plot waktu dan tempat untuk latihan Anda. Ketika Anda melakukannya, itu pertanda kepada diri sendiri bahwa meditasi adalah penting untuk Anda dan tindakan ini akan memperkuat niat Anda. Semakin kuat niat Anda, semakin besar manfaat meditasi yang Anda rasakan


Apakah Anda punya jaringan atau komunitas yang mendukung?

Kita semua membutuhkan dukungan.  ini dapat berasal dari berbagai sumber. Dahulu saat awal saya belajar meditasi, saya sering merasa malas karena seolah oleh saya sendiri yang melakukan meditasi. namun setelah saya mencoba mencari komunitas yang memang mendukung kegiatan ini saya jadi merasa punya banyak teman yang bermeditasi bersama dengan saya.


saat ini banyak sekali aplikasi yang bisa membuat Anda menjadi semakin bersemangat. salah satu yang saya gunakan adalah aplikasi insight timer dimana setiap kali saya usai melakukan meditasi, selalu ada sekian banyak orang yang juga bersama sama melakukan meditasi di seluruh dunia. dan itu tanpa disadari membuat saya merasa semakin bersemangat.







untuk itulah mengapa saya membuat program ini http://www.bidankita.com/21-day-challenges-gentle-birth-meditation-with-bidan-kita/ dan mengajak Anda untuk saling berbagi pengalaman karena saya ingin Anda merasa mempunyai banyak dukungan.


Apakah Anda terinspirasi untuk bermeditasi?

Inspirasi adalah bagian penting dari proses ini. Jika Anda tidak terinspirasi, Anda tidak akan memberikan segalanya untuk latihan Anda.


Itu sebabnya inspirasi adalah kunci. Jika Anda menemukan bahwa Anda tidak benar-benar termotivasi atau kurang semangat untuk berlatih, atau jika Anda merasa bahwa Anda tidak membuat kemajuan apapun untuk waktu yang lama, penting untuk memperbaharui Anda motivasi dan mendapatkan inspirasi.


terus terang sayapun demikian, saat saya belajar meditasi dulu, saya sering sekali gagal dan tidak mendapatkan hasil yang maksimal. karena saya tidak mendapatkan dan mempunyai inspirasi. namun saat saya terinspirasi, maka saya benar benar merasakan perbedaannya.


Ada banyak cara untuk “membakar” semangat Anda untuk meditasi. Anda dapat membaca buku-buku rohani, mendengarkan audio atau menonton video meditasi. Pada akhirnya, latihan Anda sendiri akan menjadi sumber inspirasi Anda, tapi itu membutuhkan waktu.


Apakah Anda berkomitmen untuk mempraktekkannya?

Apa inti dari latihan meditasi Anda? Jika Anda tidak dapat menjawab pertanyaan ini, mungkin Anda tidak mendapatkan banyak kemajuan dalam bermeditasi


Pada titik tertentu, setelah mencoba berbagai tehnik, cara dan metode meditasi, penting bagi Anda untuk memilih satu yang Anda rasa  terbaik untuk Anda. Dan ketika Anda melakukannya, Anda harus komitmen. Sangat penting untuk membuat komitmen untuk mempraktekkan meditasi.


Apakah Anda berpikir bahwa pikiran Anda perlu tenang untuk bermeditasi?

Jika jawabannya adalah ya, maka ijinkan saya sedikit memberikan nasehat. pikiran manusia itu ibarat Monyet yang lompat kesana kemari. mereka sangat liar. saat Anda baru memejamkan mata saja bisa jadi pikiran Anda melompat kesana kemari. nah, jika menunggu pikiran itu hilang untuk membuat Anda tenang, maka Anda tidak akan pernah mengalami kedamaian, sukacita, dan kemudahan untuk melakukan meditasi


Mengapa? Karena Anda akan terlalu sibuk memerangi pikiran Anda.


karena pada dasarnya Anda hanya perlu fokus pada tidak mencoba untuk mengontrol atau mengubah semua itu. Meditasi berarti membiarkan semuanya megalir. Hal ini juga menunjukkan perhatian kita ke dimensi diri yang terletak di luar pikiran. Belajar bagaimana mengakses dimensi tak terbatas adalah bagian besar dari meditasi itu sendiri


 


 


 


Apakah anda benar benar mengikuti petunjuk?

Ada banyak cara untuk bermeditasi. ada yang cukup diam dan hening namun ada juga yang membutuhkan panduan baik audio maupun audio visual.


Nah salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan ketika Anda bermeditasi adalah untuk tetap fokus pada petunjuk. Pikirkan tentang bagaimana mudahnya pikitan Anda terganggu-di menit menit saat Anda berusaha fokus, bahkan seringkali Anda tidak menyadarinya, seringkali Anda benar-benar terpesona oleh pikiran, perasaan, atau fantasi tertentu. saat mengikuti panduan meditasi. Ini layaknya seperti ketika Anda mengemudikan mobil kemudian Anda melihat pemandangan yangnindah dan tiba tiba pikiran anda melayang karena terpesona dengan pemandangan tersebut dan tidak fokus di jalan, padahal anda sedang mengemudikan mobil dijalan.


Tapi ada satu hal. Jika Anda tidak mengikuti instruksi meditasi Anda dengan komitmen, niat, dan fokus, Anda akan mengalami kesulitan.


Berikan semua  perhatian Anda -100 persen-untuk mengikuti instruksi meditasi Anda. Jika Anda telah mencoba setengah hati, maka Anda akan mengalami kesulitan dan bisa saja tidak mendapatkan hasil yang maksimal.


Apakah Anda memiliki motivasi yang kuat untuk melakukan meditasi?


Meditasi biasanya membutuhkan motivasi yang kuat dan komitmen untuk berbuah dan bertumbuh. Memiliki motivasi  berarti bahwa Anda bermeditasi karena Anda benar-benar ingin.


Jika Anda hanya bermeditasi karena guru, teman sebaya, atau saran dari dokter atau bidan kepada Anda, maka Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal dan itu mungkin akan menantang untuk membuat banyak kemajuan.


 


Nah…bagaimana dengan Anda?


apakah Anda benar benar mempunyai niat dan motivasi yang kuat untuk bermeditasi?


untuk ikut belajar dan bertumbuh bersama sama dengan saya?


di sini? =  http://www.bidankita.com/21-day-challenges-gentle-birth-meditation-with-bidan-kita/



salam hangat









Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar