Gentle Birth Meditation

Gentle Birth Meditation

Bagi saya, meditasi adalah salah satu cara untuk menenangkan hati dan pikiran.


meditasi merupakan sarana untuk men selaraskan hati, pikiran, tubuh dengan alam semesta.


dengan sejenak saja hening…maka pikiran kita menjadi lebih segar dan hati menjadi lebih nyaman.


Bagi ibu hamil, meditasi merupakan sarana untuk terhubung dengan tubuh dan bayinya.


mengapa seorang ibu hamil harus terhubung dan selaras dengan tubuh dan bayinya?


Ya,…banyak sekali perubahan yang di alami seorang wanita ketika di hamil. dan ini adalah perubahan yang sangat besar. Perubahan bentuk tubuh dan kesejahteraan fisik , Perubahan suasana hati yang umum seperti rasa kehilangan kontrol, terutama selama persalinan dan melahirkan.


“Gentle Birth Meditation” dapat membantu untuk mendukung mampu mengontrol diri. dn juga membantu menstabilkan emosional.


“Gentle Birth Meditation” juga dapat membantu menciptakan sebuah oasis yang tenang.  ketenangan batin dan kedamaian ketika ada perasaan ketegangan bahkan perasaan terancam.

Tapi saya tidak punya waktu untuk Bermeditasi


ya ini adalah alasan klasik yang sering dikemukakan oleh para ibu. dan memang satu satunya cara adalah Anda mau tidak mau harus meluangkan waktu sejenak. walaupun itu hanya 5-10 menit sehari.

Ngomong-ngomong…Apa sih Meditasi?









Ada banyak definisi untuk meditasi . Pada dasarnya itu berarti menghentikan semua aktivitas fisik dan berkonsentrasi pada pernapasan dan rasa yang ada di diri kita. Mencoba untuk menciptakan perasaan ketenangan dan kesadaran serta menjadi “di sini dan saat ini” adalah tujuan dari meditasi.

Aspek lain untuk meditasi adalah fokus pada pernapasan – baik ketika menghirup maupun ketika menghembuskan napas. memvisualisasikan atau membayangkan  nafas yang memasuki dan keluar dari paru-paru dapat membantu denyut jantung menjadi lebih lambat dan membawa manfaat yang signifikan di semua sistem tubuh.

Manfaat “Gentle Birth Meditation”  untuk Ibu



  • Meningkatkan perasaan damai dan ketenangan.

  • istirahat fisik dan emosional. meditasi  dapat membantu mengatasi insomnia dan umumnya meningkatkan durasi dan kualitas tidur.

  • Membangun pikiran positif, dan meningkatkan kesadaran tubuh dan jiwa.

  • “gentle birth meditation” memiliki manfaat ganda karena tuuh dan pikiran bisa menjadi lebih rileks, sehingga meningkatkan semangat ibu.

  • manfaat fisiologis seperti penurunan tekanan darah, memperlambat denyut jantung, meningkatkan sirkulasi  dan meningkatkan oksigenasi.

  • Meningkatkan energi – ini sangat bermanfaat bagi wanita hamil yang masih bekerja dan / atau merawat anak-anak.

  • Menciptakan “Me Time”. karena seringkali seorang ibu hamil sangat sulit untuk menemukan waktu untuk diri  sendiri.

  • meditasi ini membantu untuk menghadapi perubahan suasana hati hormonal. Jika Anda merasa labil sedikit, kemudian menemukan kedamaian batin melalui meditasi akan membantu Anda merasa Anda tidak kehilangan kendali atas pikiran Anda!

  • Meditasi dapat membantu untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Menghindari penyakit ini selalu berguna tapi khususnya selama kehamilan.

  • Endorfin alami diproduksi dan hormon ini yang juga membantu untuk mengurangi rasa sakit fisik. meditasi kehamilan dapat membantu meningkatkan tingkat sirkulasi hormon endorfin yang membantu mengurangi nyeri persalinan.

  • Dapat membantu dengan meningkatkan hubungan dengan pasangan. Ketika meditasi dilakukan bersama-sama, dapat menciptakan koneksi.


Manfaat Meditasi Kehamilan untuk Bayi

Ada banyak klaim yang dibuat tentang efek positif dari meditasi kehamilan pada bayi yang belum lahir. Namun,belum banyak bukti ilmiah untuk ini. tapi bagi saya, mencoba untuk Berpikiran lebih terbuka tidak ada salahnya. karena jika kita logika, apabila sang ibu merasakan nyaman dan tenang , tentu bayi di dalam kandungan juga akan merasakan hal yang sama.



  • Bayi Anda akan mendapatkan keuntungan dari ketenangan hati dan pikiran Anda.

  • hubungan emosional dan ikatan dapat ditingkatkan melalui meditasi ini. Dalam hari yang sibuk, mencari waktu untuk hanya duduk, mengamati, mengobservasi, fokus dan terhubung dengan bayi Anda pasti akan membawa rasa sukacita dalam hati dan diri Anda


Mulai kapan Gentle Birth Meditation ini bisa dilakukan?


Gentle Birth Meditation di Trimester Pertama

Ini adalah saat ketika gejala awal kehamilan Anda rasakan. perubahan yang besar dimana ada perubahan hormonal yang sangat signifikan. Mual, gangguan pencernaan, perubahan pola tidur dan meningkatnya frekuensi kencing seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi ibu hamil muda. dengan melakukan Gentle Birth Meditation, paling tidak bisa membantu Anda untuk bisa berdamai dan menerima semua perubahan yang Anda rasakan saat ini.



  • Cobalah untuk memvisualisasikan bayi Anda tumbuh dan organ-organnya terbentuk dengan sempurna . Anda mungkin sudah merasakan hubungan emosional dengan bayi Anda dan melihat meditasi sebagai kesempatan untuk berkomunikasi dengan si kecil.

  • Selama periode tiga bulan ini indra bayi Anda semua akan berkembang, termasuk telinga mereka dan sistem pendengaran. Jadi musik, lembut bersenandung atau bernyanyi untuk bayi Anda bukanlah sesuatu yang sia sia.


Gentle Birth Meditation di Trimester Kedua

Ini adalah waktu ketika banyak wanita hamil menjadi kelihatan lebih “bersinar”. karena sang ibu sudah mulai bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada didalam tubuhnya.



  • Gunakan waktu ini untuk memvisualisasikan bayi Anda karena mereka tumbuh, semakin berkembang dan bergerak di rahim.

  • Bayangkan wajah kecil bayi Anda dan membayangkan apa pengalaman mereka di rahim.

  • Letakkan tangan Anda di perut Anda dan lihat apakah Anda bisa merasakan anggota badan mereka. Berbicara diam-diam untuk bayi Anda jika Anda ingin, atau hanya mengirim pesan kepada mereka melalui bathin atau pikiran Anda.

  • Ini adalah trimester ketika untuk pertama kalinya, Anda akan merasa bayi Anda bergerak. Bagi wanita yang pernah memiliki bayi sebelum ini akan menjadi sekitar 15 -18 minggu, tetapi jika ini adalah bayi pertama Anda, mungkin lebih dekat ke 18 -20minggu.


Gentle Birth Meditation di Trimester Ketiga


“bersarang” atau menciptakan kondisi dan posisi yang paling nyaman dengan banyak bantal yang menyangga tubuh Anda. Visualisasikan bayi Anda mencoba untuk menemukan posisi yang sama nyaman dalam rahim Anda, yang menjadi semakin ketat.

Jika Anda merasakan Anda semakin tidak nyaman, coba untuk memvisualisasikan waktu dan tempat dimana  tidak ada tekanan atau nyeri, nyeri atau ketegangan.



  • Berbicara dengan bayi Anda dan peka terhadap tanggapan mereka saat Anda berbicara dengan mereka.

  • sedikit memberikan tekanan lembut pada perut Anda dan berkomunikasi melalui jari-jari Anda dan telapak tangan Anda. Pikirkan tentang kelahiran bayi Anda dan semua yang Anda harapkan.

  • Dengan setiap napas visualisasikan bayi Anda dan rasakan


Nah mari kita belajar melakukan meditasi bersama


silahkan ikuti program saya di


https://dennypedia.com/21-day-challenges-gentle-birth-meditation-with-bidan-kita/


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar