Keuntungan melahirkan Normal Alami

Keuntungan melahirkan Normal Alami

seperti kita ketahui bahwa banyak sekali penelitian yang telah menunjukkan dan membuktikan Keuntungan melahirkan Normal Alami


seperti kita ketahui bahwa banyak sekali penelitian yang telah menunjukkan dan membuktikan bahwa bagaimana cara seseorang saat hamil dan melahirkan, saat di dalam kandungan dan di lahirkan sangat berpengaruh dengan hubungan (bonding) antar ibu dan anaknya serta sangat berpengaruh dengan sistem kesehatan si anak tersebut di masa yang akan datang.


namun sayangnya di era serba modern ini, justru semakin banyak dan semakin meningkat intervensi obstetrik dan peningkatan persalinan secara Caesar nasional.walaupun di Indonesia belum di data dan mungkin belum ada data yang tertulis, namun seperti yang kita lihat dan kita rasakan, terutama di kota besar, Angka persalinan dengan operasi Caesar sangat meningkat.


Menurut Dr. Judith Lothian, yang menulis “Why Natural Childbirth (Mengapa Alamiah Alamiah?)” Untuk Journal of Perinatal Education, pada dasarnya semua wanita mampu melahirkan secara alami dan mereka memiliki naluri mendalam dan intuitif tentang kelahiran, dan bila didukung dan bebas untuk menemukan kenyamanan, maka mereka mampu untuk melahirkan tanpa intervensi dan tanpa penderitaan. (1)


Memilih persalinan alami, tanpa intervensi, memungkinkan seorang ibu merasa benar-benar mengendalikan pengalaman melahirkannya dan memiliki banyak manfaat bagi ibu dan bayi.


seperti kita ketahui bahwa banyak sekali penelitian yang telah menunjukkan dan membuktikan Keuntungan melahirkan Normal Alami


Apa itu persalinan alami?


Persalinan alami adalah saat seorang wanita memilih untuk melahirkan tanpa menggunakan obat atau intervensi. Sebagai gantinya, dia menggunakan teknik seperti pengendalian dan penguasaan NAFAS dan berbagai GERAKAN TUBUH yang dapat membantu menghilangkan nyeri untuk mengatasi nyeri persalinan dan tehnik pengendalian pikiran (RELAKS MIND).


Dengan persalinan alami, ibu mengendalikan tubuhnya, dan dia dipandu melalui tahap persalinan dengan sistem pendukung yang dia pilih.


merekapun akhirnya  merasa diberdayakan oleh pengalaman. dan penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mampu mengendalikan dirinya dan mampu melahirkan secara alami saat dalam persalinan merasa lebih puas sebagai hasilnya.


Menurut penelitian yang dipublikasikan di Yale Journal of Biology and Medicine, persalinan alami adalah sistem persiapan intelektual, emosional dan fisik untuk melahirkan untuk memastikan bahwa ibu menikmati kehamilan dan kelahiran yang lebih sehat dan bahagia. (2)


Keuntungan Melahirkan Normal Alami


1. Memungkinkan Anda Menghindari Intervensi


Manfaat  persalinan alami adalah Anda menghindari campur tangan intervensi yang seringkali ada dalam proses persalinan. seringkali karena kurangnya pengetahuan membuat si Ibu menjadi tidak memahami apa yang terjadi dalam tubuhnya, sehingga ketika rasa sakit datang, karena kurangnya pengetahuan tentang strategi penanggulangan untuk mengatasi rasa sakit, maka akhirnya memilih epidural untuk manajemen rasa sakit. padahal Ketika seorang ibu bersalin memilih menggunakan epidural, sejumlah kecil obat bius disuntikkan ke dalam ruang epidural yang mengelilingi sumsum tulang belakang. maka Anestesi mematikan saraf tulang belakang dan menghalangi sinyal nyeri, yang menyebabkan efek samping. Efek samping epidural yang umum termasuk penurunan tekanan darah dan demam.


proses persalinanpun juga akan memakan waktu lebih lama saat epidural digunakan, dan mungkin akan membuat  beberapa bayi kesulitan untuk masuk ke posisi terbaik dan optimal untuk kelahiran. Untuk alasan ini, penelitian menunjukkan bahwa ketika seorang ibu bersalin yang menggunakan epidural, maka kemungkinan penggunaan vorcep dan vaccum menjadi lebih tinggi dalam proses persalinannya  (3)


Epidural biasanya merupakan intervensi pertama selama persalinan, dan ini dapat menyebabkan lebih banyak intervensi diperlukan. Tubuh wanita dirancang untuk melahirkan secara alami, dan hormonnya membantu memperlancar persalinan. Salah satu hormon terpenting adalah oksitosin, yang bertanggung jawab untuk merangsang kontraksi. Oksitosin membantu kemajuan persalinan secara alami, namun dengan produksi epidural, oksitosin alami terhambat, mengakibatkan penurunan konsentrasi plasma oksitosin.


Karena epidural biasanya memperlambat proses persalinan, ini mengarah pada intervensi berikutnya – pitocin atau syntocinon, yang merupakan bentuk oksitosin sintetis , maka Kadang pitocin digunakan untuk menginduksi persalinan juga. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Anesthesia menemukan bahwa pasien yang diinduksi beresiko tinggi mengalami operasi sesar . (4)


Operasi sesar menghasilkan peningkatan rasa sakit, termasuk sakit kepala dan sakit punggung, serta peningkatan risiko perdarahan dan ruptur uterus (pecah rahim). Operas sesar juga menyebabkan risiko cedera pada kandung kemih lebih tinggi dan infeksi kandung kemih pasca persalinan atau inkontinensia. operas sesar juga menimbulkan risiko pada bayi.  penelitian di Rumah Sakit Ninewells dan Sekolah Kedokteran di Inggris melaporkan 69 persen insiden kematian janin yang lebih tinggi dalam operasi sesar dibandingkan dengan kelahiran per vaginam. Ada juga kemungkinan laserasi janin, kesulitan pernafasan, transisi yang tidak memadai hingga kelahiran dan peningkatan insidensi penggunaan ventilasi. (5)


2. Memungkinkan Anda Bergerak dengan BEBAS


Berbaring telentang saat persalinan bisa mengakibatkan kualitas kontraksi tidak baik, distosia (kegagalan kemajuan persalinan), dilatasi lambat (proses pembukaan serviks yang sangat lambat), persalinan yang berkepanjangan, dan kegagalan kepala bayi untuk turun ke panggul . proses persalinan yang dilakukan dengan berbaring telentang meningkatkan tingkat operasi C-section karena gawat janin atau kegagalan kemajuan dan penurunan kepala janin. Sayangnya, istirahat di tempat tidur diperlukan setelah epidural karena kaki ibu itu mati rasa dan dia berisiko jatuh, dan mereka harus dipantau untuk memastikan detak jantung bayi distress.


Selain itu, istirahat di tempat tidur dapat menyebabkan lebih banyak rasa sakit, yang memerlukan obat nyeri tambahan.


Penelitian menunjukkan bahwa gerakan tak terbatas selama persalinan memungkinkan sang ibu untuk menemukan posisi yang lebih nyaman baginya. dan ketika si ibu bisa bergerak sesuai dengan yang dia inginkan, maka rasa sakit ibu akan berkurang, memudahkan sirkulasi Oksigen pada ibu dan janin, meningkatkan kualitas kontraksi rahim, dan memudahkan penurunan kepala janin. Posisi seperti cat cow (merangkak) dapat mengurangi nyeri punggung yang berhubungan dengan posisi janin posterior, dan penggunaan shower atau bak mandi dapat membantu menghilangkan rasa sakit. (6)


3. Mengijinkan dan memungkinkan Anda Makan dan Minum


Penelitian dari American College of Nurse-midwife menunjukkan bahwa kurangnya dukungan nutrisi selama persalinan dapat menyebabkan dehidrasi pada ibu, ketosis, hiponatremia dan peningkatan tekanan darah ibu. ibu yang melahirkan secara alami di rumah bersalin atau rumah sakit dapat makan dan minum dengan bebas, yang mendukung energi mereka selama persalinan.


4. Inisiasi Menyusui dengan Lebih Mudah


ketika proses persalinan menggunakan berbagai intervensi dan obat obatan, maka Bayi mungkin terkena dampak obatobatan tersebut, sehingga bisa mengganggu proses pemberian ASI. Proses persalinan dan kelahiran yang alami akan lebih mempersiapkan ibu dan bayi untuk menyusui. Praktek proses persalinan dengan diinduksi, intervensi rutin, epidural dan pemisahan ibu dan bayi dapat mengganggu proses menyusui dini.


Penelitian menunjukkan bahwa cara proses kelahiran mempunyai pengaruh kuat pada jam dan hari pertama menyusui. (7)


5. Membuat Anda Merasa dalam Kontrol penguasaan diri


ketika seorang ibu bersalin merasa mampu mengontrol dan mengendalikan dirinya sendiri pada saat proses persalinan, maka pengalaman mereka akan kemampuan dalam menangani rasa sakit dan kesulitan lainnya adalah sumber kepuasan yang memberi kontribusi pada pengalaman positif mereka. 


Ketika seorang ibu bersalin merasa seperti dia mengambil komando dalam proses kelahirannya, ini membuat dia merasa lebih mampu melahirkan secara alami, dan ini memberi dia rasa pemberdayaan. Dan setelah melahirkan, dia merasa bangga dengan pengalaman tersebut. Bahkan jika Anda akhirnya membutuhkan semacam intervensi, fakta bahwa mereka adalah bagian dari pengambil keputusan ini akan sangat berkontribusi positif pada pengalaman positif mereka. (8)


6. dukungan dan pendampingan yang terus menerus


Menurut sebuah studi tahun 1999 , dukungan yang diberikan oleh pasangan selama persalinan sangat berdampak positif bagi para ibu bersalin.  Persalinan alami memungkinkan pasangan Anda untuk terlibat dalam proses ini dengan membantu Anda melakukan posisi yang beragam untuk bisa mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit. (9) Strategi sederhana seperti memberi pijatan pada punggung bawah dan pinggul saat berkontraksi, berdiri dan bersandar pada suami sehingga ibu dapat bergoyang maju mundur dll.


7. Perbaiki kualitas kesehatan Bayi


penelitian  di Universitas Columbia menemukan bahwa  penularan bakteri dari ibu ke bayi melalui persalinan C-section dapat meningkatkan risiko penyakit celiac, asma, diabetes tipe 1 dan obesitas pada anak.


berbeda dnegan proses persalinan alami pervagina, karena Selama persalinan per vaginam, bakteri menjajah usus bayi, dan setelah dilahirkan, ASI mempromosikan kolonisasi dan pematangan mikrobioma dalam usus bayi. Hal ini penting karena membantu bayi mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang kuat.(10)


nah demikianlah keuntungan melahikan secara alami.


mari berdayakan diri untuk melahirkan secara alami


salam hangat


Yesie


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar