Melahirkan Aman, Nyaman, Lancar Dan Minim Trauma ? Ini 6 Langkah Praktisnya

Melahirkan Aman, Nyaman, Lancar Dan Minim Trauma ? Ini 6 Langkah Praktisnya

Sebenarnya apa saja langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk mendapatan proses melahirkan aman, alami, lancar, nyaman, minim trauma dan tentunya aman (Gentle Birth)?


berikut ini saya tuliskan langkah praktis nya


1. Temukan Dukungan (Support System)


pada hari H nanti, sangatlah penting bagi Anda untuk memiliki tim pendamping persalinan yang mendukung Anda, yang tepat dan yang memberikan energi positif bagi Anda. selain itu temukan penyedia layanan kesehatan yang nyaman dan mendukung rencana Anda untuk melahirkan secara alami. Carilah bidan atau dokter yang setuju dengan perspektif Anda dan memastikan Anda bahwa dia akan mengambil semua tindakan untuk menghindari intervensi kecuali jika benar-benar diperlukan.


sebenarnya pilih Bidan Atau Dokter ya? kalau ingin melahirkan secara alami?


jawabannya adalah BIDAN. mengapa? karena secara wewenang, bidan hanya berwenang menangani proses persalinan normal yang beresiko rendah. sehingga secara mind set, bidan akan berusaha mengupayakan supaya kliennya berhasil melahirkan secara normal. berbeda dengan dokter. karena mereka juga berwewenang untuk menangani proses persalinan dengan resiko tinggi dan dengan tindakan, maka mind set dan cara pandangpun berbeda.


selain itu, penelitian menunjukkan bahwa bidan memberikan layanan melahirkan aman, nyaman, lancar dan minim trauma satu persatu dan kehadiran serta dukungannya dilakukan terus-menerus saat berada di sisi ibu melahirkan, yang memiliki efek positif pada hasil kelahiran. (1) Baru-baru ini, bidan memainkan peran penting selama persalinan di banyak rumah sakit,  sebagai  lini pertama atau sebagai bagian dari tim dengan dokter. (2) Itu berarti Anda tetap bisa melahirkan di rumah sakit namun tetap didampingi bidan.


selain dukungan dari tenaga kesehatan, penting juga mendapat dukungan dari pendamping persalinan profesional seperti DOULA. Doula juga berfungsi sebagai pelatih persiapan persalinan yang mendukung yang benar-benar ada untuk Anda. seorang doula selalu tetap berada di sisi Anda di ruang persalinan dan berfungsi sebagai penyemangat Anda, terutama jika Anda ingin melahirkan secara alami.


Sebenarnya apa saja langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk mendapatan proses melahir Melahirkan Aman, Nyaman, Lancar Dan Minim Trauma ? Ini 6 Langkah Praktisnya


Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa ibu hamil didampingi seorang doula bisa mendapatkan pengalaman persalinan yang lebih baik.


Ibu dengan pendampingan Doula empat kali lebih kecil kemungkinannya memiliki bayi dengan berat lahir rendah, dua kali lebih kecil kemungkinannya mengalami komplikasi kelahiran yang melibatkan diri atau bayi mereka, dan secara signifikan lebih baik keberhasilan menyusuinya. penelitian juga menunjukkan bahwa komunikasi dan dukungan dari doula selama kehamilan dan persalinan meningkatkan keefektifan kemampuan ibu untuk menjaga kehamilannya agar tetap hamil sehat dan persalinan nya agar melahirkan dengan nyaman (3)


2. Pilih Lingkungan yang Sempurna untuk Anda


Ketika datang untuk memilih tempat untuk melahirkan, Anda selalu punya pilihan. Anda dapat meneliti rumah sakit dengan Angka kejadian operasi Caesar yang rendah di daerah Anda sembari terus melakukan survey dan tour r untuk melihat apakah Anda merasa nyaman di tempat itu.


pada ibu hamil terutama hamil pertama kali, sebagian besar lebih memilih untuk melahirkan di rumah sakit karena merasa aman dan nyaman karena Rumah Sakit memiliki peralatan dan tim medis yang sesuai jika sewaktu waktu ternyata diperlukan intervensi. namun pilihan ini tetap harus Anda pertimbangkan ulang  sebelum secara otomatis memilih untuk melahirkan di rumah sakit.


Penelitian yang dipublikasikan di Midwifery Today with International Midwife menunjukkan bahwa merencanakan proses persalinan di rumah sakit tidak lebih aman daripada merencanakan melahirkan di rumah untuk wanita dengan usia kehamilan 37-42 minggu, janin tunggal, kepala sudah masuk panggul dan beresiko rendah. (4)


sebenarnya selain pilhan melahirkan di Rumah Sakit, Ada juga Rumah Bersalin atau Tempat Praktek Bidan Swasta, yang mana biasanya yang melayani adalah bidan. Manfaat melahirkan rumah bersalin atau tempat praktek bidan swasta mandiri adalah bahwa ibu bersalin biasanya diperbolehkan membuat keputusan sendiri mengenai proses kelahiran mereka. mereka dianjurkan untuk makan jika mereka lapar (yang biasanya tidak diijinkan di rumah sakit), mereka bisa bebas bergerak, menghabiskan waktu berendam di bak mandi jika mereka menginginkan dan memilih posisi yang membuat mereka merasa nyaman.


Anda juga bisa memilih untuk melahirkan di rumah. tentu untuk ini Anda haruslah tergolong ibu yang beresiko rendah dan telah mempersiapkan diri dengan sangat baik. Menurut penelitian yang dipublikasikan di the International Journal of Women’s Health, manfaat kelahiran di rumah yang direncanakan mencakup tingkat intervensi dan morbiditas ibu yang lebih rendah. ibu yang telah merencanakan melahirkan di rumah memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terkait dengan rumah menjadi lingkungan yang lebih nyaman dan merasa lebih mengendalikan diri. (5)


3. Siapkan Diri Anda Secara Fisik


jika ingin proses persalinan yang nyaman dan lancar, maka memerlukan beberapa persiapan sebelumnya. Saat proses persalinan, Anda merespons rasa sakit akibat kontraksi rahim dengan bergerak. Gerakan adalah strategi mengatasi rasa sakit, dan kebebasan untuk bergerak dalam proses persalinan menjadi sangat penting.


Menurut penelitian yang diterbitkan dalamthe Journal of Perinatal Education, ibu bersalin yang menggunakan posisi tegak lurus dan bergerak selama proses persalinan maka proses persalinannya memerlukan waktu  yang lebih pendek, intervensi menjadi sangat berkurang, dan rasa sakitpun sangat sedikit.dan merasa lebih puas saat melahirkan dibandingkan dengan ibu ibu yang melahirkan dengan posisi tidur berbaring


Menurut penelitian yang diterbitkan the Journal of Perinatal Education, ibu bersalin yang menggunakan posisi tegak lurus dan bergerak selama persalinan memiliki tenaga kerja yang lebih pendek, kurang mendapat intervensi, melaporkan rasa sakit yang kurang parah dan menggambarkan kepuasan lebih pada pengalaman persalinan mereka daripada wanita dalam posisi berbaring. (6)


Untuk mempersiapkan diri Anda agar berhasil melahirkan alami  akan mengharuskan Anda untuk mengubah posisi selama masa pembukan Anda, tetap aktif secara fisik selama kehamilan Anda. jalan cepat, yoga dan pengangkatan beban ringan selama kehamilan Anda membantu meningkatkan daya tahan dan fleksibilitas Anda saat melahirkan. prenatal gentle yoga juga dapat sangat membantu karena Anda dapat menggunakan pose pose yoga untuk membantu memperlancar pembukaan  serviks dan mengurangi rasa sakit saat melahirkan secara alami – selain itu, yoga mengubah otak Anda dan membantu Anda mengurangi kecemasan dan Andapun akan merasa lebih terkendali.


4. Ambil Kelas persiapan GentleBirth (baik Private maupun Group)


KNOWLEDGE is POWER


bagaimanapun juga ibu yang memberdayakan diri dengan ilmu pengetahuan pasti akan sangat nyaman proses persalinannya, karena dia pasti akan melakukan persiapan dan pemberdayaan diri dengan tepat untuk mampu melahirkan secara alami. Meski melahirkan adalah kejadian alami dan wanita terlahir dengan kemampuan ini, namun dengan pengetahuan yang tepat, dengan mengikuti kelas kelas terutama kelas private tentu akan sangat  membantu ibu untuk mempersiapkan strategi yang matang untuk menghadapi dan menjalani hari H dengan nyaman dan tenang.


 


Selama kehamilan Anda, ambil kelas persiapan persalinan Gentle Birth


Anda bisa mengambil kelas private off Line di Bidan Kita, baik di Jakarta maupun di Klaten, atau Anda dapat pula mengambil kelas private Online melalui website ini.


selain itu Anda juga bisa mengambil kelas kelas group yang di adakan oleh Bidan Kita.


kenapa harus mengambil kelas? karena Ini sangat membantu mempersiapkan Anda dan pasangan dengan memperkuat rencana kelahiran Anda dan memberi Anda berbagai alat dan petunjuk untuk melahirkan aman, alami tanpa intervensi.


5. Tetap menjaga asupan gizi dan kesehatan fisik


gizi yang buruk dapat dikaitkan dengan proses persalinan yang lebih lama dan lebih menyakitkan. Di kebanyakan rumah sakit saat ini, ibu bersalin tidak diperbolehkan untuk makan atau minum air saat dalam proses persalinan . Inilah salah satu alasan mengapa melahirkan di Rumab bersalin/ di rumah bidan praktek mandiri atau di rumah mungkin menjadi pilihan yang lebih baik untuk Anda. untuk itu usahakan sebelum pergi ke rumah sakit, makanlah makanan yang seimbang atau minum smoothie jika Anda terlalu banyak makan. Pada hari-hari menjelang hari H, tetaplah terhidrasi dan tetap berpegang pada diet sehat dan seimbang untuk memastikan bahwa Anda memiliki gizi baik untuk persalinan.


6. Tetap Positif


Proses melahirkan aman, nyaman, lancar & minim trauma setiap orang  berbeda, dan penting untuk diingat bahwa Anda akan menulis kisah kelahiran Anda sendiri. Itulah mengapa Anda sebaiknya tidak membandingkan diri Anda dengan wanita lain dan pengalaman mereka. Anda akan mendengar banyak cerita horor tentang operasi caesar, induksi dan ekstraksi vakum, hingga Anda ketakutan. namun  ini hanya akan menghalangi kemampuan Anda untuk tetap kuat di ruang bersalin.


fokus pada pemikiran positif menjelang tanggal jatuh tempo Anda. Bahkan membangun sugesti dan affirmasi positif atau doa untuk fokus pada saat melahirkan aman bisa sangat membantu. Untuk itu kuasailah hypnobirthing dan self hypnosis karena ini sangat membantu.


 


nah demikianlah langkah praktisnya


semoga bermanfaat


salam hangat


Yesie


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar