8 Fakta dalam Proses Persalinan yang Harus Anda Ketahui

8 Fakta dalam Proses Persalinan yang Harus Anda Ketahui

Proses persalinan merupakan proses alami yang sangat transformasional 8 Fakta dalam Proses Persalinan yang Harus Anda Ketahui


Proses persalinan merupakan proses alami yang sangat transformasional, sebuah proses tau peristiwa di dalam hidup yang tidak bakalan terlupakan dan selalu meninggalkan KESAN dan PESAN.


namun, Seringkali mereka mendapatkan “pesan” bahwa Proses persalinan adalah satu-satunya peristiwa dalam hidup di mana Anda akan mendengar kisah yang paling mengerikan, dramatis, menakutkan, dan sebuah penderitaan yang lama dan semuanya bisa saja salah “everything Will Go Wrong”, tau sell saga ada pesan dan pesan…“jangan jangan….?” (Sekolah kejadian tidak menyenangkan atau tragedi akan mengancam) meskipun bukti statisical membuktikan yang sebaliknya.


Ya, memang proses persalinan dan kelahiran itu sendiri melibatkana faktor fisik dan psikis dan emosional yang kompleks. Namun ini juga merupakan  proses yang paling alami dan normal.


Sayangnya, banyak banyak wanita yang melewati dan menghadapi proses persalinan mereka dengan perasaan khawatir, takut, malu, dan kecemasan tentang proses. dimana mereka selalu takut bahwa sesuatu akan tidak beres, takut akan merasakan sakit luar biasa dan merasa di luar kendali. Sehingga pengelolaan dalam prosedur medispun didasarkan pada paradigma untuk menghindari segala krisis yang dirasakan bukannya membantu melewati proses persalinan dengan keberanian, kekuatan, dan kepositifan.


Padahal fakta yang sebenarnya terjadi dalam proses persalinan adalah sebagai berikut:


Fakta 1: Proses Persalinan Bisa Menyakitkan, tetapi sangat bisa di kelola (Manageable)


Bagi kebanyakan orang, penghalang terbesar untuk proses persalinan alami adalah rasa takut akan rasa sakit. Mengapa demikian? Ya karena begitu banyak cerita negatif tentang proses persalinan di luar sana. Padahal ketika seorang ibu bersalin bebas dari rasa takut, maka rasa sakit yang terjadi dalam proses persalinan dengan mudah dapat dikelola.


Beberapa ibu yan mau dan rajin memberdayakan diri dengan mempersiapkan fisik, mental dan spiritualnya maka proses persalinannya relatif mudah dengan sedikit ketidaknyamanan. Namun sebaliknya ketika seorang ibu hamil tidak mau memberdayakan diri, maka proses persalinan bisa terasa sangat sulit dan sangat menyakitkan.


Sebenarnya, bagi Anda wanita hamil dengan kehamilan berisiko rendah Anda harus selalu percaya bahwa Anda BISA memiliki dengan persalinan normal, lancar dan nyaman.


 


Fakta 2: Sebagian besar Kehamilan dan Persalinan adalah beresiko rendah (Low-Risk), alami, dan  Achievable


Penting untuk dicatat bahwa, sebagian besar kehamilan dan persalinan adalah berisiko rendah, yang berarti bahwa sebagian besar wanita dengan risiko rendah dalam kehamilan dengan aman dapat melahirkan bayinya tanpa medis intervensi. (Catatan:.. “Intervensi” adalah tidak sama dengan “bantuan” Kebanyakan wanita membutuhkan bantuan saat proses persalinan, tetapi tidak memerlukan intervensi medis untuk memfasilitasi proses)


 


Fakta 3: Persalinan adalah Proses Alamiah, Bukan Prosedural


“teknologi” yang digunakan dalam persalinan alami adalah teknologi yang sama yang telah membawa anak ke dunia selama ribuan tahun – atas dasar kemauan tubuh Anda, kehendak bayi Anda, dan kekuatan dan energi universal yang lebih besar. Ketika Anda bisa mendengarkan isyarat tubuh dan melalui proses persalinan dengan mengandalkan energi pada alam semesta maka proses persalinan akan terjadi dengan sangat efisien dan dengan hasil yan positif.


Namun ketika kita melawan atau mengganggu setiap bagian dari proses alami tersebut, maka proses persalinan bisa saja berubah menjadi rumit dan sulit dan melelahkan.


 


Fakta 4: Kebanyakan Intervensi Medis Selama Proses Persalinan Terjadi Karena Kebijakan Rumah Sakit, Tidak Selalu Karena Anda dan Bayi Anda memerlukannya


Sebagian besar rumah sakit memiliki kebijakan dan prosedur pada semua aspek persalinan. Ini bagus, dalam kasus-kasus tertentu ketika ada hal yang mungkin salah.Tapi sebenarnya sebagian besar kehamilan dan proses persalinan TIDAK AKAN salah.


Sayangnya, kebijakan dan prosedur rumah sakit diikuti dengan harapan  bahwa proses segera akan segera terjadi, dan tanpa banyak pertimbangan dari kebutuhan individu, keinginan, atau bahkan tahapan proses persalinan dari ibu hamil.


Bersiaplah bahwa bahkan  mereka akan tetap menerapkan kepada Anda dan disinilah risiko intervensi medis yang tidak perlu dimulai, dan di mana kemungkinan memiliki  persalinan normal dan nyaman mulai berkurang.


 


Fakta 5: Bahkan Satu Intervensi Saja Sangat Mengurangi Kemungkinan Proses Persalinan Alami


Bahkan satu saja intervensi yang tidak perlu, akan sangat mengurangi kemungkinan dengan persalinan normal.


Sebagai contoh, kebanyakan rumah sakit ketika seorang ibu sudah masuk ke ruang bersalin secara otomatis di “paksa” untuk berbaring dan dibatasi untuk bergerak bahkan seringkali mereka dipasangi infus yang mungkin sebenarnya tidak atau belum perlu di pasang sehingga ibu bersalin tidak bisa bergerak dengan nyaman dalam menanggapi kontraksi yang terjadi dalam tubuhnya.


Karena tidak bisa bergerak maka ibu bersalin akan merasa tidak nyaman dan akhirnya dia mulai meragukan bahwa dia bisa mengelola rasa sakit dan intensitas kontraksi dalam persalinan. hingga Tiba-tiba seorang wanita mulai kehilangan fokus dan keyakinan bahwa semuanya akan baik-baik saja.


Fakta 6: Bayi yang Lahir Tanpa anestesi akan lebih Sehat dan  Kuat


Bayi yang lahir tanpa obat nyeri (dari epidural) lebih waspada dan terjaga setelah dilahirkan. Mereka memiliki Apgar skore lebih tinggi saat lahir. Mereka memiliki pola tidur yang lebih baik, dan umumnya lebih nyaman dan tenang.


 


Fakta 7: Bayi Lahir yang lahit secara Alami Memiliki tingkat kesuksesan menyusui lebih tinggi. 


Ada bukti statistik yang menunjukkan bahwa ibu yang memiliki persalinan alami,  lebih cenderung untuk memulai menyusui lebih cepat dan mudah, membuat ASI lancar, dan berhasil menyusui selama enam bulan atau lebih.


Mengingat bahwa kita tahu menyusui memiliki manfaat kesehatan ganda untuk ibu dan bayi, sehingga Melahirkan alami memiliki dampak yang besar bagi bayi.


Fakta 8: Ibu yang melahirkan secara alami jarang mengalami post partum blues


Percaya atau tidak, ibu yang melahirkan bayi mereka secara alami :

– tidak terlalu  lelah setelah persalinan,


-stres emosional dan fisik akibat prose persalinan sangat minim


– memiliki energi LEBIH dalam 24 jam setelah Melahirkan.

selain itu Bayi Anda menjadi jauh lebih tenang.


Mari Berdayakan diri Anda

siapkan segalanya demi sang buah hati dan keluarga


salam hangat


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar